34

Firefox 5, versi perbaikan atau web browser baru ?

Bagi pengguna web browser Mozilla Firefox dan senantiasa mengupdate web browser ini, mungkin sudah tahu bahwa versi terbaru Mozilla Firefox 5 baru saja di rilis beberapa waktu yang lalu. Padahal Firefox 4 belum lama sebelumnya juga baru saja di rilis, setelah sebelumnya versi terakhir adalah Firefox 3.6.x. Apakah versi 5 ini yang merupakan perubahan dari versi 4 tampil dengan berbagai fitur baru ?

Mulai Versi 5 ini sepertinya Firefox mulai mengubah penamaan versi web browsernya. Jika sebelumnya setiap versi baru Firefox ( versi besar / Major Version) kita akan melihat dan merasakan banyak fitur dan tampilan baru (misalnya dari firefox 2 ke 3 dan dari 3 ke 4), tetapi mulai versi 5 sepertinya hal ini berubah, dan Mozilla sepertinya akan merilis versi 6 sekitar september 2011 nanti.

Fitur dan Perbaikan di Firefox 5

Setelah menggunakan Firefox 5 beberapa hari, maka saya sendiri tidak merasakan hal baru di versi ini dibanding versi sebelumnya, Firefox 4. Dan setelah googling dan baca-baca memang ternyata Firefox 5 dapat dikatakan hanya perbaikan dari Firefox 4 dan kita tidak akan mendapatkan berbagai fitur baru disini. Apa saja yang bertambah di versi 5 ini ?

Beberapa tambahan fitur dan Perbaikan di Firefox 5 adalah

  • Tambahan menu atau opsi “Do not Track Me”
  • Perbaikan performa JavaScript, Memory, networking dan Canvas
  • Perbaikan dan peningkatan masalah keamanan penggunaan fitur WebGL
  • Mendukung Animasi CSS
  • Peningkatan terhadap standardisasi HTML5, XHR, MathML, SMIL dan Canvas
  • Perbaikan integrasi dengan desktop di Linux
  • Beberapa perbaikan masalah stabilitas dan keamanan

Fitur Do not Track Me dapat ditemukan di Options > Privacy Firefox 5. Jika opsi ini diaktifkan, maka web browser tidak akan menyimpan jejak yang biasa di tinggalkan aau digunakan oleh website yang kita kunjungi, seperti misalnya Cookies.

Animasi CSS disini berarti kita (pengembang web) akan bisa memanfaatkan fitur untuk menggerakkan gambar menggunakan CSS3. Meskipun dukungan fitur ini masih belum sepenuhnya lengkap. Sebagai contoh bisa melihat Animasi CSS Matrix dan juga Halaman 404 Net Magazine. Jika kita menggunakan web browser Chrome, maka animasi Matrix diatas akan terlihat, tetapi di Firefox 5 masih belum jalan, Untuk animasi cover di firefox 5 sudah terlihat.

Untuk score HTML5 ( test web browser terhadap dukungan HTML5) Firefox 5 ada peningkatan, meskipun masih dibawah Chrome.

Selain dari penambahan fitur diatas, beberapa perbaikan juga dilakukan terhadap firefox 4, tetapi sepertinya secara umum kita tidak akan melihat banyak perbedaan ketika menggunakan Firefox 4 dengan Firefox 5. Sehingga versi 5 sepertinya tidak bisa dikatakan Versi yang hadir dengan fitur-fitur baru (versi baru), tetapi lebih ke perbaikan dari versi sebelumnya.

Pengalaman saya pribadi, sejak menggunakan FF 4 dan 5 kadang ketika web browser sedang mengolah data atau membuka web, tidak jarang akan terlihat “hang” selama beberapa detik, dan kadang ini cukup mengganggu. Semoga versi berikutnya terdapat perbaikan akan kan ini termasuk penggunaan Memory (RAM) yang masih lumayan besar.

ebta

34 Comments

  1. pertamax..hehehe ane masih cinta mati sama chrome..FF mah jauh..

  2. Firefox 5 memang ada banyak perubahan dan perbaikan. tapi, untuk masalah HTML5 dan CSS3 belum sempurna. bahkan ada animasi CSS3 yang tidak bergerak pada browser firefox. Google Chrome adalah browser terbaik dan mendukung semua fitur.

  3. Ada nggak ya aplikasi semacam “Orbit downloader” (pemercepat download sekaligus juga bisa ‘get-it’ pada video spt Youtube) yang bisa jalan di Chrome. Salah satu alasan sy kadang masih pakai Firefox karena ‘orbit downloader’ tidak maksimal di Chrome (fungsi ‘get-it’ videonya nya tidak jalan).

  4. entah kenapa tidak semua komputer cocok dg browser yg satu ini. salah satu komputer kantor contohnya,browsing dg firefox (versi 3.6,4,5) jika buka web dg flash di dalamnya pasti ngadat,hang,tersendat-sendat. makanya sejak pakai chrome enggan selingkuh dg browser lainnya 😀

  5. Tadinya sempat bingun juga karena ada FF 5, padahal FF 4 baru release.

  6. wah!!kalo ane masih nyaman pake versi 4,banyak addon yang tidak support dsb!!..thank’s infonya mas ebta..

  7. firefox 5 banyak add ons yang gak support, terutama IDM…
    firefox tanpa IDM bagai sayur tanpa daging :p

    not recommend dah,, masi setia dengan versi 4 🙂

  8. Saya kira kalo penggunaan RAM tidak jauh beda dengan browser Chrome. Bedanya kalo chrome terbagi-bagi hingga 15-16 proses di task manager. Yah memang Chrome ada keunggulan didesign minimalis, lebih mendukung css3 dan cepat. Untuk versi firefox 5 agar bisa compatible ada solusinya kok silahkan ke link ini untuk integrate dengan browser firefox 5 terbaru http://www.internetdownloadmanager.com/support/firefox_integration.html

    Terima kasih.

  9. Firefox msh jd pilhan utama sy,coz lbh cepat.
    Klo urusan download sy lbh suka pakai Opera coz lbh stabil apalagi klo fitur turbonya diaktifkan trsa lbh maknyus 🙂

  10. Firefox5 Oke, cuma perlu diperhatikan yang sering make Add-on. Belum semua add-on support ke versi5. 🙂

  11. kalo buka Tab baru masih saja nge-hang mas…sekarang baru migrasi ke Chrome dulu..smoga ff5 semakin baik.

  12. Selama pakek FF 3.6.x saat start up aman aman aja, Tapi setelah pindah Ke versi 4 atau sekarang yang versi 5 setiap start up selalu nge-hang untuk sementara..

  13. kirain cuma gw doang yg ngerasa firefox 4 sering ngehang, slama ini gw slalu mikir ad yg salah dgn laptopnya, pdhl ram 1 gb udh cukup lah bwt laptop gw yg ga masang software berat2…ternyata mas ebta dan yg lainnya juga sering ngalamin toh…sempet kepikiran bwt upgrade ff5 tiap dia pop up, cuma ngeliat review ini jadi makin males deh…ya udhlah terima versi 4 apa adanya aja, mau downgrade ke versi 3 juga males ngulik lagi hehehe
    thx reviewnya mas…

  14. Solusi untuk add-ons
    ————————-
    Bagi para pengguna FF 5.0 yg mempunyai masalah dengan add-ons, sebenarnya FF 5 itu bisa menjalankan semua add-ons FF 4…!!! gak percaya???

    gini caranya:
    1. buka about:config di address bar
    2. buatlah sebuah boolean baru (klik kanan -> new -> boolean)
    3. isi namanya dengan extensions.checkCompatibility.5.0
    4. atur value nya dengan false
    5. restart firefox

    works with me…..

    NB: trik ini hanya berlaku jika add-ons yg anda pakai dapat digunakan pada FF 4

    semoga membantu…

  15. tuk add ons, coba diaktifkan fiturnya saat pake mozi ff versi 3.6 diintegrasikan update onlline ke versi 4 dilanjut dgn update v5 (work to me 100%) xpsp3 dark-ed

  16. kalo pengalaman saya beda lagi..
    setiap install FF keluaran terbaru pasti cepat dan ringan..
    giliran sudah ada update versi baru.. versi lama yg saya gunakan sering crash… apakah ada hubungan nich.. kali aja teknik pemasaran wkwk..

  17. ini mungkin perbaikan dari firefox 4,krn ada bugnya kalee

    Bagi anda yg sudah punya FF 5 dan ingin percepat loading,mari ikuti trick saya.

  18. kenapa ya firefox suka ngadat, mulai beralih ke google chrome 😀

  19. Saya udah jarang banget pakai Firefox (semenjak setahun lebih ini). Semenjak kenal Chrome, saya mulai jatuh hati dan menjadi pengguna setianya hingga saat ini. Kalau Chrome bermasalah, saya biasa pindah ke Opera. Firefox cuma saya jadikan sebagai bahan test saja 🙂

  20. Good for your article

  21. Lama2 kok firefox mirip sama google chrome ya??
    Kalau saya sampai seminggu yg lalu masih setia pake Google chrome yg ciamik, kunceng dan gak berat, extensionnya juga oke2. Adblock, lazarus extension wajib di Google Chrome saya. Kalau IDM terbaru 6.06 build 8 terintegrasi dgn baik tanpa masalah, download dari youtube pun lancar jaya hehehe 😀

    Nah itu seminggu yang lalu 😀

    Udah semingguan ini saya udah gak pake Google chrome lagi sebagai browser utama, saya sudah beralih ke lain hati yg sama2 juga turunan Chromium tapi lebih okeh, security-nya, loading dan konsumsi RAM-nya yang lebih okeh. Selebihnya, fitur2 Google chrome jg dia miliki, theme-nya bisa pakai theme google chrome, extension google chrome semuanya dia support. Haha, perkenalkan browser yg mungkin GAK FAMILIAR…………..

    COMODO DRAGON ( browser buatan Comodo Security, yang punya Comodo Firewall yg terkenal itu :D)

    Silakan agan2 yg tertarik untuk mencicipi langsung dijajal:

    http://www.comodo.com/home/browsers-toolbars/browser.php

    N.B:

    Buat agan2 yg punya IDM, jangan khawatir, silakan integrasikan IDM anda ke browser Comodo Dragon ini dengan cara:

    1. buka IDM
    2. Klik tab “Download”
    3. Plih Option
    4. Klik tab “Add browser”
    5. tentukan lokasi broser Comodo Dragon: masuk ke C, program files, COMODO, Dragon, klik “Dragon”. Kemudian “open”.
    6. Tadaaaa,IDM telah sukses terintegrasi pada Comodo Dragon 😀
    7. Selamat berdownload ria…!!! 😀

    Semoga bermanfaat………… 😀

  22. Ttg FF5 komentar saya cuma satu: menjengkelkan! Start up-nya lama (apalagi kalo banyak tab yg dibuka) dan sering hang. Selama ini saya pikir krn laptop saya yg bermasalah. Ternyata setelah saya coba Google Chrome 12, masalah saya di atas tdk muncul. Berarti browser FF5-nya yg bermasalah.

  23. kalau menurut saya pengguna chrome dan ff..terus terang saya lebih suka chrome tapi kalau membandingkan antara mana yang lebih ringan, saya rasa semua sama tergantung jumlah add-on/ekstension yang digunakan…saya memakai FF5 tapi tidak ada masalah sampai sekarang, dan chrome tidak saya gunakan sementara karena ternyata lebih berat dari FF5..:D

  24. iya memang saya juga lebih memilih memakai firefox dari pada yang lain
    karena firefox lengkap tapi berat
    hehe..

Comments are closed.