26

Freeware hardware diagnostics tools

Salah satu aplikasi yang diperlukan ketika menginstall sistem operasi (Microsoft Windows, Linux) adalah Driver. Aplikasi/software ini berfungsi mengatur dan menghubungkan berbagai aplikasi sistem dengan hardware, sehingga kerja hardware yang tersedia menjadi optimal. Jika driver suatu hardware tidak diinstall, kemungkinan besar kinerja komputer menjadi sangat lambat. Sebagai contoh setelah menginstall Windows Xp, dan belum ada driver Video (VGA) maka untuk membuka tampilan akan tampak lambat sekali, apalagi untuk mengolah grafik. Beberapa hardware standard memang sudah disediakan dalam sistem operasi, seperti CDROM, Keyboard, Mouse, dan lainnya. Tetapi, driver untuk Chipset motherboard, Kartu Grafis (VGA), Kartu Jaringan sebagian besar harus diinstall sendiri. Untuk itu pastikan setelah menginstall Sistem Operasi, disiapkan CD Driver yang disertakan ketika membeli Motherboard.

 

Tetapi terkadang bagi yang memiliki komputer lama, atau driver CDnya sudah tidak ada akan kesulitan untuk menginstall driver yang diperlukan. Bisa saja mencari di Internet, tetapi apa yang akan dicari ? terkadang kita tidak tahu tipe hardwarenya. Maka salah satu tips untuk mengetahui hardware yang ada di sistem komputer kita adalah dengan software yang bisa mendeteksi jenis hardware. Salah satu software yang sangat bagus dan tersedia versi gratis adalah Everest. Dulunya software ini bernama AIDA32 yang juga masih bisa download dan cukup bagus digunakan. Everest memiliki keunggulan dibanding software sejenis, yang biasanya hanya bisa mendeteksi dari registry atau jika sudah diinstall drivernya. Everest mampu mendeteksi low-level hardware-nya, sehingga meskipun belum diinstall drivernya, kita bisa mengetahui jenis/tipe hardware yang terpasang.


everest home edition

 

Selain kemampuan mendeteksi harware berdasarkan informasi low-level hardware, tools ini memiliki berbagai fasilitas hebat lainnya, seperti :

  • Informasi DirectX termasuk fasilitas Direct3D acceleration
  • Diagnostics module untuk mempermudah troubleshooting
  • Memory benchmarking
  • Web links: IT portals, software dan driver download
  • Manufacturer links: product information, driver dan BIOS download
  • Hardware information database lebih dari 38000
  • Informasi Overclock
  • Tidak memerlukan installasi, sehingga bersifat portable.

 

Melihat fasilitas yang disediakan tersebut, maka software ini sangat bermanfaat, terutama bagi yang sering memperbaiki PC/hardware komputer, bagi yang ingin mengetahui dan mengupdate driver komputer yang dimiliki, maupun sebagai software utilities yang suatu saat mungkin sangat diperlukan.

 

Untuk Download Everest bisa dibuka disini :

 

Untuk Download AIDA32 ( versi lama Everest ) bisa dibuka disini :

ebta

26 Comments

  1. Banyak imu yg saya dapat di sini,…smoga blog ente makin berkembang..tengkyu…tengkyu…

  2. Terimakasih atas artikelnya/informasinya.
    Mudah-mudahan mendapat pahala yang melimpah.

    Amiin… jazakallah khoiron

  3. tq bgd bos atas insformasinya..

    apalagi soal Multimedia controller nya,gila gw butuh bgd tuch…

    avg gw sama sekali ?(warna kuning)

    tq bgd ya bos

    salam kenal dari gw…

    afad

  4. wew salah bukan aVG maksud gw VGA nya tanda tanya warna kuning…

    maen apa2 ja males bgd ngeliat pixel nya kotak2 bgd… hehehehe…

    tq yah bos sory ad kesalahan nuliz…

    Sama-sama salam kenal juga..

  5. salam kenal mas, terima kasih infonya mas, blog mas menurut saya informatif sekali sangat bermanfaat, salam kenal dari saya mas, saya cuma mau minta tolong dipostingin dong tutorial menggunakan EVEREST ini soalnya aku dah download dan pake yang dmunculkan hanya informasi dasar dari komputer mas, bagaimana cara mengetahui driver yang belum terpasang atau yang perlu update
    Thanks banget yah mas
    best regard

  6. Assalamu’alaikum, Bang… Ini Bang saya mau nanya. Apakah suatu video card cocok dengan semua mother board yang ada ?

  7. @oemar
    wa’alaikumsalaam,..
    Tidak, harus di cek socket di Motherboard ( AGP atau PCI Express ), kemudian juga di cek port VGA ke monitor (DisplayPort), ada yang tidak support untuk monitor biasa/VGA ( karena hanya khusus monitor seperti LCD / Port DVI )..

  8. Terus, gimana cara ngecek port vga ke monitor ? Yah, maklumlah saya masih pemula. sorry ya…

  9. Mas,saya abis instal ulang sendiri pc saya ni.Pas saya mau instal driver nya saya bingung,soalnya saya gak tau apakah driver yg saya beli compatible ma pc saya,apakah dengan aplikasi yang mas sebutkan di atas saya bisa langsung mengetahui segala jenis tipe hardware di pc saya dari mulai motherboard,procesor,etc.Mohon penjelasannya mas 🙂 thanks before ya mas.

  10. @Ariz
    Ya kemungkinan bisa, dicoba saja…
    untuk memastikan drivernya, cek saja kode di motherboard..

  11. mas ebta saya mau tanya: beberapa saat yang lalu PC saya ndak bisa masuk program windows, di layar monitor tertulis disk boot failure,hal ini terjadi untuk cd-room. apa yang harus saya lakukan untuk menangani ini???
    thanks b4

  12. @ariz
    Yaa… 🙂

    @erwin
    biasanya itu masalah hardisk, coba dicek ulang pemasangan kabel ke hardisk..
    apa maksud “hal ini terjadi untuk cd-room” ya ?

  13. hewbat….makasih banyak ya..ilmunya.
    salam knal…

  14. bang, caranya install multimedia controller & multimedia video controller di other devices gmn? Ada icon warning !/? gitu, gue udah coba update tapi drivernya ga ketemu dimana2, rollback driver ga ada pilihannya. Soalnya suaranya ga keluar nih. trims

  15. nice info, akhirnya dengan bantuan everest saya bisa install VGA. thanks…

  16. One thorn of ugg sale experience is worth a whole wilderness of warning. Practical wisdom is only to be learned in the ugg cardy boots school of

  17. mas aku mau nanya cara disable auto update flash player sama program adobe !tengkyuw

  18. bro gimna klu driver hardwarenya lum di instal?
    kan kita ngk tau jg info hardware yg ada,,,

  19. Where can you findcheap Lacoste Shoes ? I like
    mens lacoste shoesvery much. welcome to
    Latest Lacoste Radiate Croc Shoesorder more will get more discount.

  20. cheap underwear set
    Asian Style Tapestry Pink Corset
    discount passions lingerie

Comments are closed.