170

Install 2 Antivirus atau lebih dalam 1 Komputer

Info gambar

Beberapa kali muncul komentar atau pertanyaan tentang bagaimana jika kita menginstall 2 Antivirus atau lebih dalam satu komputer. Sebagian kita mungkin menyimpulkan dengan hal itu komputer akan lebih aman dari virus, dan sebagian yang lain mungkin memberikan pendapat bahwa itu tidak perlu.

Bagaimana sebaiknya ? apakah kita perlu menggunakan 2 antivirus atau lebih dalam satu komputer ? Berikut sedikit ulasan mengenai hal tersebut.

Sebenarnya jika tidak begitu diperlukan, tidak disarankan menginstall 2 Antivirus atau lebih, kecuali mungkin dengan antivirus lokal yang sekedar untuk membersihkan virus saja (scan manual). Dari vendor antivirus sendiri biasanya juga menyarankan untuk menggunakan satu antivirus saja.

Perlu Dipertimbangkan

Jika memang ingin menginstall 2 antivirus atau lebih dalam satu komputer, mungkin harus dipertimbangkan beberapa hal seperti :

  • Spesifikasi Komputer, pastikan CPU dan Memory (RAM) cukup. Bisa melihat kebutuhan minimal atau yang disarankan dari masing-masing antivirus.
  • Pengguna bisa menangani jika dua-duanya mendeteksi virus. Selengkapnya bisa dibaca bagian “Bagaimana jika 2 Antivirus sama-sama mendeteksi virus”
  • Kecocokan antara antivirus satu dan lainnya. Jika antivirus sudah memberikan peringatan tidak bisa atau tidak cocok dengan antivirus tertentu, maka jangan dipaksakan.
  • Mana yang akan di berikan prioritas yang lebih tinggi.
  • Dan mungkin juga perlu di baca informasi/penjelasan masing-masing antivirus.

Beberapa Antivirus yang bisa berjalan Bersamaan

Ada beberapa antivirus yang kadang bisa berjalan bersamaan dalam satu komputer dan tidak begitu bermasalah, kecuali mungkin pemakaian Memory / CPU yang bertambah. Dari pengalaman saya sendiri, pernah mencoba AVG Free Edition bagi versi 7.5 atau 8.0 dengan Avira 8.0 Free dan tidak mengalami masalah. Begitu juga ketika menambah Avast 4.8 Home Edition ( Free ). Bahkan pernah mencoba ketiga-tiganya dan tidak menimbulkan masalah ke sistem, hanya saja kerja komputer terasa sangat lambat.

Demikian juga ketika mencoba avira dengan Rising antivirus free edition, bisa berjalan tanpa masalah pada sistem, juga Bit Defender 10 Free Edition dan Avira. tetapi ketika mencoba Kaspersky 2009, ternyata tidak bisa di install jika ada antivirus Avira, kemungkinan juga dengan antivirus lainnya. Untuk antivirus-antivirus lainnya belum pernah dicoba.

Bagaimana jika 2 Antivirus sama-sama mendeteksi virus

Ketika ada 2 antivirus atau lebih dan di install di komputer, hal ini bisa dan sangat mungkin terjadi. Dan kadang hal ini bisa menimbulkan masalah, karena jika virus terdeteksi biasanya antivirus akan mengunci virus (file) tersebut, sehingga tidak bisa diakses, di jalankan atau bahkan di hapus manual.

Mungkin terjadi ketika antivirus akan menghapus atau memasukkan ke karantina, tidak berhasil/gagal karena virus tersebut di lock (dikunci) aksesnya oleh antivirus lainnya. Jika ini terjadi, maka bisa salah satu antivirus di non aktifkan terlebih dahulu, baru yg lain menghapus atau memasukkan ke karantina. Meskipun bisa saja tidak berhasil dan antivirus masih tetap mengunci file tersebut.

Masih Ingin tetap menginstall 2 Antivirus ?

Jika ingin tetap mempertahankan menginstall 2 antivirus atau lebih, tetapi khawatir akan crash, error, konflik, kerja komputer lambat dan sebagainya, bisa di siasati dengan hanya mengaktifkan satu antivirus saja. Maksudnya ?

Tiap antivirus biasanya mempunyai menu yang bekerja aktif memonitor komputer setiap saat, seperti : Active guard, Real time guard, Proactive defense, Resident shield, Resident Protection dan sebagainya. Untuk mencegah konflik dan mengurangi beban komputer maka bisa dilakukan dengan hanya mengaktifkan fitur tersebut untuk satu antivirus saja. Sedangkan antivirus lainnya dimatikan (tidak diaktifkan), jadi hanya dipakai untuk melakukan scan manual jika diperlukan saja.

Atau bisa juga dengan mematikan fitur autorun atau mencegah antivirus otomatis berjalan dengan windows, bisa di diatur melalui program seperti Autoruns. Disana akan terlihat antivirus apa yang berjalan ketika windows start (booting). Tetapi dengan autorun saja kadang tidak cukup, karena antivirus bisa mengaktifkan dirinya melalui service windows ( Bisa dicek di menu Control Panel > Administrative Tools > Services)

Pengalaman juga penting

Ini juga mungkin bisa di jadikan pertimbangan, yaitu pengalaman orang lain yang pernah menginstall 2 antivirus atau lebih dalam satu komputer. Jika teman-teman ada yang pernah menggunakan dua antivirus atau lebih silahkan memberikan masukan/komentar. Entah pernah ada masalah atau tidak, sehingga bisa saling melengkapi dan menjadi ilmu bagi kita. (ebsoft.web.id)

ebta

170 Comments

  1. Infonya bagus, menurut saya lebih baik install satu antivirus aja sudah cukup.dari pada 2 antivirus malah bikin komputer lambat.pakai antivirus yg guard kayak AVG, Avira, atau avast dan pakai antivirus ansav klik http://www.ansav.com atau PCMAV dari majalah PC MEDIA untuk hapus virus.

  2. Antivirus kayak AVG, AVIRA, AVAST itu untuk melindungi komputer dari virus yang akan menyerang dari luar misal dari flashdisk, CD ROOM, disket.kalau antivirus ansav dan PCMAV untuk membasmi atau membersih kan virus yang sudah infeksi komputer.jadi saran saya pakai antivirus seperlunya aja.

  3. buat saya kalo install antivirus lebih dari 1 di komputer (avg, avira, norton, atau antivirus luar lainnya) merupakan tindakan yang konyol, tidak efektif dan tidak efisien. kalo mau, pilih satu antivirus luar negri terus pake satu antivirus dalam negeri (tapi ga perlu dinstall) buat jaga2.

  4. @ebta
    iya mas sy dulu jg pernah install AVG dan Avira bersamaan dan emg ndk ada mslh (misal crash),tp krn kinerja kompie jd agak lambat ya sy uninstall AVGnya

    @maseko n kautsar

    setuju mas,sy saat ini jg menginstall 1 antivirus luar yaitu avira dan pcmav+clamav sy pakai klo diperlukan aja utk mendeteksi virus2 lokal krn pcmav ndk perlu diinstall jd ndk memberatkan komputer

  5. …akhirnya datang juga!!! sy yakin info ini byk ditunggu2 (tmsk sy). sy jg pernah kena kasus yg akhirnya ada file yg terkunci “lock”-akhirnya sy pilih 1 saja scr bergantian. Tp utk file yg terkunci sy blm tahu solusinya…sepertinya hingga saat ini msh terkunci.Jazakallah mas Ebta…mudah2an dilain kesempatan ulasannya bisa lebih detil lagi.

  6. Informasi tambahan mas.
    Saya pernah mencoba beberapa macam antivirus sekaligus bahkan sampai 4 AV. Begini perpaduannya:
    1. AVIRA + BIT DEFENDER + WINDOWS DEFENDER = TIDAK MASALAH
    2. AVIRA + AVG 8 + BIT DEFENDER + WINDOWS DEFENDER = TIDAK MASALAH
    3. AVIRA + AVG 8 + WINDOWS DEFENDER = TIDAK MASALAH
    4. AVIRA + NORTON 2009(NIS 2009)+ WINDOWS DEFENDER = TIDAK MASALAH
    5. AVIRA + AVAST + WINDOWS DEFENDER = TIDAK MASALAH
    6. KASPERSKY 7 + WINDOWS DEFENDER = TIDAK MASALAH
    7. AVIRA + RISING + WINDOWS DEFENDER = TIDAK MASALAH
    8. AVIRA + G-DATA + NIS 2009 + WINDOWS DEFENDER = TIDAK MASALAH
    9. G-DATA + NIS 2009 + WINDOWS DEFENDER = TIDAK MASALAH
    10. NIS 2009 + WINDOWS DEFENDER SAMPAI SAAT INI DAN TIDAK ADA MASALAH.

    CATATAN : PC/LAPTOP SAYA SBB;
    – PROCESSOR AMD TURION64 X2
    – OS WINDOWS VISTA HOME BASIC ORIGINAL
    – RAM 4 GB

    DAN TIAP HARI UPDATE.

    Semoga dapat dijadikan bahan pertimbangan dan tambahan informasi bagi mereka yang ingin menginstall 2 antivirus atau lebih.

  7. cukup satu aja,…yang penting up to date database nya…kalo masih kurang mungkin pake yang portable aja kaya PCMAV,buat nambahin…

  8. Kalau pengalaman saya,tidak ada anti virus yang sempurna.Tapi tanpa anti virus juga seperti orang maju perang tanpa senjata.Saran saya kita harus pakai tool seperti:fdguard,yang bisa merename ekstensi yang berpotensi virus.cuma kelemahan fdguard kalau ada file virus yang ke rename kemudian kena virus lagi sudah nggak bisa kerename.seharusnya diprogramnya ditambahkan:bila ada file yang sudah direname>hapus.. 😛

  9. @Anang
    wuah keren mpe 4 skaligus,tp dgn RAm 4Gb ya ndk memberatkan kinerja kompie ( ndk jd lemot )

    jd mungkin kesimpulannya klo emg bnr2 dibutuhkan y bisa2 aja diinstall lbh dr 1 cmn mesti memperhatikan RAM (spesifikasi) kompienya

  10. lebih baik pakai satu antivirus luar ditambah satu antivirus lokal PC MEDIA atau ANSAV. dan selalu di UPDATE tiap hari. pengalaman saya pakai KASPERSKY INTERNET SECURITY 2009 + ANSAV ga ada masalah.

  11. Pengalaman sy pake 2 antivirus sekaligus yaitu; AVG 8 free & Mc Afee Virusscan 8 sangat aman. Karena ada yg tdk terdeteksi AVG 8 ternyata sama Mc Afee terdeteksi. Tapi memang kalo gak selalu di update, pas konek internet dia langsung update jadinya agak lambat & setelah selesai update kompie lancar-2 aja

  12. Pengalaman saya pakai 2 antivirus… 1 nya avast dan 1 ansav.. ternyata tidak klop… sam-sam saling menuding yang lain sebagai virus… avast bilang ansav virus, sebaliknya juga ansav bilang avast sebagai virus.. akhirnya saya putuskan pakai avast saja… samapai sekarang alhamdulillah masih aman-aman saja..:)

  13. Sy mncoba scan mnggunakan antivirus kaspersky 2009 dan ternyata ada yg terdeteksi seperti ‘Password Protected’ !!!
    apa ini yg dinamakan virus yg melock dirinya sendiri??
    bg yg tahu tlg bantu sy donk u/ menangani mas alah ini…tq

  14. Supaya aman dari virus terutama pada sistem, lebih baik ‘kunci mati’ dengan menggunakan hardware berupa ‘recovery card’. Dijamin komputer bebas virus 1000 persen. Hardware ini jauh lebih baik daripada program ‘Deep Freeze’ yang justru akan bermasalah dua atau tiga bulan kemudian.

    Bila sistem aman, cuek saja pada semua VIRUSHIT and VIRUSUCKS!
    Satu-satunya yang sangat berbahaya bila sistem terinfeksi. Update antivirus apapun, tak menjamin bisa menahan gempuran virus dan keluarga besarnya.

  15. Bagi yang pernah menggunakan dua atau tiga bahkan empat virus sekaligus, pasti tahu bahwa ternyata ada juga virus yang tak terdeteksi oleh satu antivirus, namun terdeteksi oleh antivirus lainnya.

    Sebagai contoh untuk produk lokal yang benar-benar hebat seperti ANSAV, Smadav dan PCMAV, ternyata memiliki kemampuan berbeda. Bila PCMAV gagal meng-clean, dan hanya memberitahukan adanya virus suspected, maka cobalah ANSAV atau Smadav, demikian pula sebaliknya. Cara ini bisa meng-clean virus dengan lebih baik.

    Mcafee, meskipun teratas (menurut Google) dalam download untuk database antivirus (sdat) namun selalu gagal mendeteksi virus lokal yang sakti mandraguna. Kaspersky juga idem dito.

    Jangan percaya sistem anda aman, jika virus sudah pernah menginfeksi. Bila virus telah di-clean, maka performa komputer juga akan melambat. Virus mungkin hilang, tapi ia telah memakan sistem anda. Sistem yang ‘termakan’ itu tak bisa dikembalikan oleh antivirus, karena memang ada yang tak dibuat untuk keperluan demikian. Virus itu ada yang dibuat dengan peran, “kalau saya hancur, sistem anda juga demikian”.

  16. Kalau dalam satu komputer punya lebih dari satu sistem operasi, kayaknya bagus kalau masing-masing dipakai antivirus yang beda supaya saling melengkapi.

  17. @Maseko
    Terimakasih atas informasinya.. ( Tetapi mengapa anda meggunakan nama Maseko dan URL/alamat web maseko.com, setelah saya tanya/konfirmasi Maseko sendiri (maseko.com) ternyata komentar ini bukan beliau )

    @Kautsar
    Memang rekomendasi tetap 1 antivirus saja, atau yg lain hanya untuk scan manual

    @Kisman
    Ya..

    @valen
    Yupz, memang berpengaruh ke kinerja (jadi lebih lambat)

    @asep
    jika di kunci memang harus di matikan process yang mengunci file tersebut

    @ANANG CHRIS
    Terimakasih atas tambahan informasinya, banyak sekali yg telah dicoba…

    @yudiero12
    Ya segabian juga berpendapat seperti itu..

    @mpuelcom
    saya belum pernah menggunakan fdguard, dimana informasi selengkapnya ?

    @echa bintang timur
    Ya..

    @Aris
    Terimakasih atas informasinya

  18. ‘Guard’ yang merupakan pengaman dari sebuah antivirus, sama sekali tak bisa diandalkan. ‘Guard’ itu merupakan benteng rapuh, bila terlambat diupdate. Bukankah laju virus selalu beberapa langkah lebih maju daripada antivirus!

    Bagi yang memiliki akses internet yang langsung dengan update otomatis, maka masalah ini sedikit teratasi. ‘sedikit’ berarti ‘guard’ punya celah ketidak-aman sehingga, bisa dijebol. Selalu ada ‘virususpected’ yang mampu menembus ‘guard’ itu.

  19. @abulkahfi
    Ya.. salah satu contoh 2 antivirus yang tidak cocok

    @gha
    Saya belum tahu, sepertinya informasinya kurang jelas

    @ostafalmustafa
    Dimana bisa mendapatkan informasi mengenai recovery card tersebut ?

    @AZ
    Ya bisa seperti itu..

  20. Klo gw sih ga usah berlebihan…cukup 1 aja asal sering2 diupdate pasti bisa ngilangin virus n temen2nya…
    Klo untuk ngatasi virus yg asalnya dari luar negeri ya mungkin bisa pake Kaspersky Internet security 2009 ato norton…n klo virusnya dari lokal sih pake ansav ato pcmav aja…

    Mungkin juga bisa menginstal antivirus buatan luarnegeri+lokal

    Jadi semua itu tergantung kebutuhan

  21. saya punya pengalaman dari temanku yang menginstall 2 antivirus
    akibatnya komputer temanku lambat banget padahal pentium 4. anti virusnya avg dan …..(lupa ku), sampai disini smg menjadi pengalaman untuk saudara pembaca.

  22. Wah 😀 bagus…
    Ini yg saya tunggu2…
    Makasih mas ebta…

    Saya mau nginstal avira & pake pcmav, tp di kompiQ dah ada avg…

    Apa bnr utk menguninstal avg dg brsih dibutuhkn avg remover? Atau cukp dg uninstaller yg sdh ada ?

  23. kalo pengen lebih aman pake Windows SteadyState aja plus satu AV, itu sudah cukup. kalo ternyata AV nya gagal mendeteksi virus yg masuk, tinggal di restart komputernya, jadi ketika hidup kembali, SteadyState sudah menghilangkan kembali virus yg menginfeksi (mirip dengan Deep Freeze, tapi lebih aman dan lebih mudah digunakan). kalo memang butuh AV kedua, tinggal pake yg portable aja, seperti ClamWin atau Dr.Web CureIt, yg hanya scan on demand aja.

  24. Pa Ebta Setiawan, saya mau tanya tapi enggak ada hubungannya dengan topik ini, begini
    word 2003 yang ada di PC saya tidak bisa mendeteksi printer, setiap mau print ada jawaban “The Printer has nor yet responded, but the microsoft office program may be able to proceed without printer information. do you want continue to wait for the printer? yes no”
    jika dipilih yes malah jadi error, trus klau no kadang bisa print tp lambat sekali.
    minta tolong gmn cara mengatasinya.
    terima kasi sebelumnya

  25. mas eb saya memang belum berpengalaman dalam dunia internet untuk tambahan saja saya menggunakan anti virus avas dan AVG dan pernah mengalami masalah dengan virus(setelah download mp3 di limewire) dan ke2nya sama2 bisa mendeteksi dan setelah di scan dengan k2nya kini tidak masalah lagi gimana tu mas..?? dan setelah membaca artikel ini saya tambah bingung yang bagaimana ya…? yang tepat cara menggunakan anti virus pakek 1 atau lebih??

  26. pengalaman saya sampe sekarang pake 2 anti virus ga’ ada masalah..

    anti virus yg saya pake nod32 v2(full protection) dengan kaspersky internet security 7(cm jadi mesin scanner doank) ditambah comodo firewall(tuk system firewall) & returnil sementara untuk antivirus lokal saya pake smadav,morphost dan ansav(portable)..

    kesemuanya ga’ makan proses bnyak PF usagenya cm 318MB, oya spesifikasi Laptop saya intel celeron dengan RAM 1GB

  27. Untuk Avira dgn Spyware Terminator plus a-squared Free gak masalah dipasang ketiganya langsung pada Laptop saya (Toshiba). Krn 2 software seperti Avira + Spyware langsung memfungsikan diri sebagai ‘Shield Guard’ and a-squared Free sebagai backup jika kedua antivirus tsb bisa tertembus oleh virus lainnya. So far sampai dengan saat ini..ketiga Anti virus and Anti Spyware tsb, saya jadi gak pernah format Laptop lagi. Semua sofware ALL Free, lhooo…try it, guys !!!?

  28. saya jg pernah pakai 2 antivirus AVG 7.5 dan Avira yg free edition. tapi tak ada masalah kok. memang agak lambat se kerja komputernya.

    nah sekarang saya pakai Kaspersky 2009. waktu mau instal kaspersky 2009 tdk bs karena masih ada AVG 8.0 nya so AVG nya harus di uninstal dulu. so sekarang ku pke 1 Antivirus aja yaitu Kaspersky 2009 yg bukan free. yg beli paketan untuk 3 computer Rp.260rb. dan hasilnya memuaskan kok dr pada Anti virus yg free.

  29. oya, klw kaspersky 2009 tidak menghapuz file yg terkena virus tapi klw avast mehilangkan file. coz tmn saya pakai avast, file2 nya hilang pdhl penting semua.

  30. computer saya ada spam masuk bagaimana cara menghilangkan/delete soalnya muncul terus dengan penawaran yg pay by $,saya rasa mahal.Jadi tolong saya mendelete.thx

  31. percayakan komputer anda dengan 1 antivirus saja. yang penting jangan sampe ketinggalan updatenya. kalau masih ragu2, ya sebaiknya ditambah ma yang portable ja. terus juga kalau milih antivirus sebaiknya yang cocok dengan kebutuhan dan spesifikasi komputer anda.
    eh mas, kok yang dibhas cuma antivirus ja seh. kpn kita bahas cara ngedapetin virus yang terbaru?bukan antivirusnya lho……
    tapi virusnya.

  32. install anti virus di komputer, saya kira ga masakah.
    contohnya aku pake AVG 8.0 bersanding dg Norton Internet Security 2007 –> akur-akur coba. aku pasang di windows Vista.
    kemudian aku install Norton Internet Security 2007 bersanding dg PC MAV 1.9 di windows XP –> ngga ada masalah. kebetulan di notebook aku pake DUAL BOOT antara Windows Vista >< XP

  33. @ bongki coba scan dengan spybot search and destroy sama malwarebytes

  34. Assalamulaikum…
    Thank you banget buat ilmunya mas… bagi-bagi ilmu terus yaa…
    oiya mas, saya kan pasang antivirus mcafee buat scan lewat system32, sementara saya udah punya avira. Giaman ni mas? apa tar bisa kemungkinan terjadi crash ato engga? Mohon Dijawab…
    Wassalam…

  35. mas, klo AVG 8.0 sama symantex kira2 erorr dan agak lemot ngga ya??

  36. bagi saya yang pro proligami he 3x

    dan punya rental
    dan menyediakan jasa scan virus dan data recovery gratis
    dan 90 % lebih servis komputer adalah pembersihan virus
    bagi saya memformat komputer adalah jalan terakhir
    kalau semua senjata anti virus dan registry sudah saya coba

    jelas 2 sampai 4 anti virus jelas lebih baik
    saya memakai anti virus remover untuk menghapus virus autorun baru

    kadang kaspersky detect, avira nggak, avast nggak
    dan sebaliknya
    dan contoh virus hakalan (smadav) atau hagkalan (avast) sudah lama terdeteksi anti virus yang lain,
    tapi antivir nggak detect-2 sampai beberapa hari yang lalu
    amburadul juga sudah lama tredeteksi berbulan-bulan
    tapi norton nggak mendeteksi (walalupun sekarang sudah)

    tapi yang pastinya saya sering menemui virus baru yang nggak terdeteksi anti virus manapun

    oya, pengumuman killav.awt yang ganas kemarin buatan anak banjarmasin lama nggak terdeteksi bahkan dengnan scan online internet akhirnya terpaksa saya submit (setelah susah payah belajar sebelumnya) ke beberapa penyedia (yang pertamna kaspersky) karena ini anti virus utamanya saya

    killav.awt = kill anti virus. a widespread threat

    saya usul berat agar mas ebta bersedia mengajarkan pada teman-teman cara mensubmit anti virus

  37. klo bisa pake yang berbayar aja. biar kualitas n performanya bagus. cos biasanya yang gratis pasti ujung2nya suruh beli yang versi pro(berbayar)

  38. ikut nimbrung ya mas! infonya menarik juga. saya jg pernah pakai 2 AV yaitu Avira sama AVG, tidak ada masalah sih, tapi kinerja komp. saya terasa lebih berat. lebih baik pakai satu AV saja deh, ditambah portable dari Antivirus lokal macam PCMAV, Ansav, Smadav. ditambah Spyware Terminator yang resident shieldnya di nonaktifkan. Sekarang lagi pakai Avast 4.8 home.
    http://yudha-arch.blogspot.com

  39. jangan dong….
    ntar antivirusnya pacaran lagi…
    ntar virusnya masuk dibiarin aja
    antivirusnya lagi asik
    hehehehe just kidding

  40. berikut resep dari saya untuk komputer generasi pentium:
    1. instal antivirus luar negeri (saya cenderung pakai avira yang free), terus
    2. untuk menghadang masuknya virus lokal pasang PCMAV-RTP, terus
    3. untuk scan flasdisk yang ada virusnya pakai ansav atau avira saja yang scan-nya cepet.

  41. He he he, saranku pilih satu aja, tapi patternnya harus upto date. aku udah ngeliat pc tetangga yg make lebih dari satu, amburadul dalam segala hal, lemot udah pasti, dan sepertinya registrynya saling tabrakan (mau menang sendiri). Selin itu, hasil scanningnya jadi aneh2x. Yg satu bilang virus, yg laennya bilang engga.

  42. akhi ana mau nanya, kl mau instal windows 7 itu apa harus instal terlebih dulu windows vista atau bisa langsung instal windows 7?, syukron.

  43. Usulan dari salah satu ikhwan..

    Antivirus dengan menginstal AVG 7.5 plus Symantec Antivirus. Ternyata lumayan bagus, padahal komputernya pentium 3 dengan RAM 512

  44. Satu saja, Mas. Kadang masing-masing antivirus mendeteksi bahwa antivirus yang laen adalah virus. Karena kalo dipahami, perilaku antivirus tu sama seperti virus, yaitu tiap file yang diakses diperiksa.

  45. saya pake 2 antivirus yaitu avg 8.0 dan avast pro edition, alhamdulillah akur-akur aja. Untuk Trojan/malware avast yang lebih dominan deteksi & bantai virus-virus tersebut tapi untuk spyware avg-nya yang lebih dominan dan cepat deteksi keberadaan spyware-spyware yang coba-coba untuk bertamu.. gitu mas…

  46. Pake dua. Satu av luar negeri + satunya lagi dalam negeri.Coz virus ada yang nggak kedetek sama av buatan LN tapi kena sama av lokal.

  47. klo bisa,,, kenali komputer anda.
    dan tentukan apa yang terbaik buat komputer anda.
    dan coba tanyakan pada komputer anda, apakah perlu instal 2 antivirus ato ga.
    ato perlukah antivirus lokal mengacak acak komputer anda.

  48. mas ebta, saya mau tanya neh….pc saya terinfeksi virus “boo/sinowal.a”, udah kedetect ama avira sih. tapi avira nyuruh download tools tambahan yang ada di web resmi avira. btw, saya udah download & pake tools itu, btw lagi…saya ga bisa pake itu tools,^^. tolong kasih pencetahan yah mas…thaks

  49. @Rembangese (24)
    AVG remover untuk lebih memastikan uninstallasi benar-benar bersih..

    @sulaeman (26)
    Sepertinya ada masalah koneksi, pastikan kabelnya tidak terlalu panjang, dan sebaiknya USB mendukung USB 2.0 ( install driver motherboard)

    @tovix (28)
    Sebenarnya satu saja cukup, asal dibarengi dengan penggunaan yang lebih waspada..

    @bongki (33)
    Nama program yang harus bayar apa itu ?
    JIka namanya ada coba di search dengan kata kunci “nama program remover”

    @shofwatul (35)
    Wah kalau mbahas dapatkan virus manfaatnya apa ? jangan-jangan malah ikut menyebarkan virus.. jadi tolong-menolong dalam keburukan

    @GeniusBoy (38)
    wa’alaikumsalaam
    saya kurang tahu kalau mcafee saat ini, tapi kalau tidak aktif seharusnya tidak mengapa..

    @!cha (39)
    Kalau masalah lambat, sepertinya iya. kalau error saya kurang tahu pasti

    @alhikmah99@plasa.com (40)
    Iya, semoga kedepan bisa diulas masalah itu
    terimakasih atas informasi yang cukup panjang, semoga bisa bermanfaat

    @ yulis (47)
    saya belum mencoba, sebenarnya juga sudah mendapatkan Installer windows 7 dan Product key, tetapi belum sempat menginstall. Dan harusnya bisa tanpa windows..

    @ardi (49)
    Ya memang antivirus juga harus memahami perilaku virus dan sebaliknya..

    Terimakasih kepana pengunjung lain yang telah memberikan masukan, informasi dan komentarnya. Maaf belum bisa menanggapi semuanya..

  50. @ox69xo
    toolsnya apa itu ?
    karena informasinya kurang jelas. Mungkin di web-nya ada penjelasan pemakaiannya

  51. Maz..
    Mnta saran donk?
    Laptop saya dg os vista kena virus indo.. Namany malingsih.. Pdhl dlaptop saya udh ad kis 2009.
    udh saya scan pake pcmav tp pcmav gbs clean tuh vrus! Saya harus gmana lagi ya?

  52. @Azura
    jika virus lokal, mungkin antivirus lokal lainnya perlu dicoba… jika belum terdeteksi mungkin karena virus baru

  53. wah memang berat,pake 2 antivirus……..

    komtrku pake 2:avira + avast

    malah jadi lelet buanget… nget…..nget….

  54. Recovery Card dapat diketahui dengan mengunjungi toko komputer, sambil melihat alatnya secara fisik. Bisa juga cari informasinya di Google, pasti dapat. Harganya jauh lebih ringan daripada harus mengintal ulang windows yang sudah terinfeksi. Instal ulang bikin capek deh, karena semua program harus di instal juga. Harganya kurang dari 100 ribu rupiah. Bung Ebta, pasti bisa memberikan gambaran tentang Recovery Card, kita tunggu tanggapan pakar komputer favorit kita semua.

  55. saya meu nanya kalo cara menghapus norton 2009 gimana caranya ? sudah beberapa kali di hapus tapi tidak bisa

  56. Ini cuma informasi produk hardware berupa Recovery Card (RC), tapi tidak direkomendasikan untuk membelinya. RC terdiri atas dua jenis yakni untuk PC dekstop dan laptop. RC untuk PC desktop, hanya bisa dipakai mengunci sistem (C), sedangkan untuk laptop bisa dipilih untuk mengunci folder lainnya. Untuk laptop berbentuk seperti flashdisk, sedangkan untuk PC desktop harus dicantol ke mainboard.

    Pemilik warnet dan yang server LAN, seharusnya menggunakan RC agar sistem dan setting tak ada yang merubahnya. Virus juga tak bisa menembusnya. Virus tak bisa menyerang seketika, jadi butuh beberapa waktu untuk meng-infeksi secara total. Gunakan saja perasaan atau feeling dalam penggunaan RC. Bila Anda merasa performa komputer melambat, berarti ada virus dan keluarganya sedang beraksi. Saat itu lakukan saja reset dan selanjutnya aktivitas virus langsung hilang.

    Tak usah nginstal antivirus apapun bila ada menggunakan RC, karena tak bisa di-update. Gunakan saja tool antivirus yang berbentuk portable dan antivirus portable lainnya produk anak negeri.

    To be ostafinued…!

  57. Lebih baik 1 antivirus saja. Tapi saya pernah juga sih install dua antivirus (Symantec & AVG Free 7.5) soalnya waktu itu ada beberapa virus yang gak terdeteksi oleh Symantec. Pada saat instalasi AVG Free 7.5 memang ada warning tetapi tetap saya jalankan. Tapi pada penggunaannya saya hanya pakai 1 antivirus saja yaitu AVG Free 7.5 dan Symantec saya non-aktifkan dari msconfig

  58. @alfi
    saya kurang tahu apakah ada norton removal toolsnya.. sudah coba dicari ?

    @ostafalmustafa
    Terimakasih atas informasi yang berkelanjutan, semoga bisa bermanfaat

  59. Hai… Kang EBTA dan para pembaca EBSOFT…

    Sya ini pembaca setia artikel-artikel EBSOFT…
    Gini loh Kang EBTA… Sya bingung, dari semua artikel yang membahas tentang antivirus… kok, nga ada yang nyinggung2 sedikit tentang NORMAN VIRUS CONTROL siih…
    Karena, pasti para pengguna NVC (Norman.red) juga ingin sekali mengetahui kelebihan dan kekurangan antivirus ini..
    Gitu Kang EBTA….
    Mohon dipertimbangkan dan dijawab ya….
    Terimakasih… hehehe…

    Salam EBSOFT…!

  60. @alfi
    Coba di uninstal pake your uninstaler 2008, cz software ini bisa mengunsinstal suatu software dengan sangat bersih, sampai ke registrynya juga…trs klo ada file yang ga bisa dihapus, km hapus aja pake unlocker. Itu bisa mendelete file yang terkunci termasuk sisa2 file norton…semoga berhasil 🙂

  61. Assalamu’alaikum..
    pak ebta,tau cara ngilangin virus fullhouse drive ga?
    terima kasih.

  62. Mbah ada g antiVirus yg slalu meMonitoring tp ga bikin PC lemot.Jd klo PC d pake buat main game tampilannya g patah2 kyk CD rusak wkwkwkkwkwkwkw (upz lalat masuk k mulut nih mbah)

  63. Oh yah Mbah PC ku Sering d pake buat NgeNet(kbayakan buat ngedownloads),slama ini ku g pke AntiVirus satu pun alasanny ayah ituh td takut bikin lemot,jd klo PC kena Virus biasanya d install Ulang Mbah. #:-S

  64. @Hi2 8@
    Iya.. terimakasih
    mungkin kedepan bisa, itu karena Norman tidak memberikan edisi gratis dan jarang sekali ada promosi lisensinya…

    @ana
    wa’alaikumsalaam
    saya belum tahu, sudah coba googling ?

    @Djahe_Stevanus
    sepertinya ada antivirus yang didesain khusus untuk penggunaan seperti itu, misal Norton dan Bitdefender

  65. saya pernah menggunakan nod32 bersamaan dengan avast dan avira dan tidak ada masalah…. tapi ketika mencoba menggunakan norton dengan antivirus lainnya, komputer akan menjadi super2 lambat bahkan “hang”…. saya juga pernah menggunakan kaspersky dengan ansav terbaru yang tidak portabel, pada awalnya saya kira ansav yang saya download ini berbentuk portabel. karena yang saya tahu ansav itu antivirus portabel, tapi ternyata yang ini berbentuk instalan. dan hasilnya komputer menjadi sangat lambat dan hang ketika mulai menampilkan start menunya… komputer pada saat itu tidak dapat dioperasikan sama sekali dan harus kembali merestart 2-3kali barulah komputer dapat beroperasi seperti biasa. akhirnya saya menguninstall kedua antivirus tersebut. dan sekarang menggunakan 1 antivirus saja yaitu avira.

    thx. semoga informasi ini bermanfaat.

  66. Saya sih cukup satu antivirus aja,
    soalnya saya orangnya ga maruk.
    maksudnya :
    satu antivirus lokal dan satu antivirus interlokal.
    tapi tak selamanya antivirus lokal saya aktifkan mas.

  67. @arana
    Terimakasih atas informasinya. semoga bermanfaat bagi yg lainnya

    @Secret
    Iya sepertinya seperti itu juga tidak masalah..

  68. pake satu aja udah cukup kali
    pake NOD32 3.0.684 + Comodo Firewall

  69. kira2 2 minggu yang lalu saya pernah pake kapersky 2009 dengan NAV 2009,bisa jalan bareng, bisa scan jg tapi internetnya jadi gak mau jalan
    terus coba tak nonaktif yang kapersky langsung jalan lagi internetnya.
    ampe pusing nyeting2 kaperskynya
    akhirnya terpaksa pilih salah satu
    pilihan jatuh pada kapersky ampe skrang ^_^

  70. makasih infonya ?
    sebelumnya saya juga pernah pakai avg dan antivir juga gak ada problem !
    sekarang saya pakai antivir,PC mav ,sama zone alarm !

  71. Ass, akhi.
    Sekarang di laptop saya pakai 4 program antivirus: NOD, Avast!, Avira Free edition, dan AVG free.
    Sejauh ini belum ada masalah. Laptop gak jadi lemot walau prosesornya masih intel celeron.
    Tapi, kalau mendeteksi virus biasanya NOD dan Avira yang kasih alert. Dan saya bingung menangani keduanya. Biasanya langsung saya delete saja virusnya.
    Terus, kemarin berhubung lisensi berlangganan Avast! saya sudah habis, saya update lagi pakai internet. Eh, pas di instal ada Trojannya.
    Avasat! berkhianat nih, mas. Gimana cara ngilanginnya ya?
    Sudah di scan pake NOD dan Avira gak bisa di delete.
    Apa saya hapus saja program Avast! dari laptop saya?
    Terima kasih atas jwbnnya.
    Wsslkm.

  72. @Mariam
    wa’alaikumsalaam ( oh ya, lebih baik salamnya tidak disingkat ya.. )
    Wah sampai 4 antivirus ya..
    Apa yang mendeteksi trojan di avast, kemudian nama trojannya ?
    Jika download program dari situs resminya, kemungkinan ada trojan sangat kecil..

  73. Pengalaman saya penggunaan antivirus lebih dari satu jenis dalam satu komputer tidak menambah nilai plus, bahkan sering kali terjadi bentrok.
    Tetapi bagi yang mau menggunakan dua antivirus dalam satu komputer, sebaiknya pertimbangkan vendor-nya. Ada baiknya satu vendor dari luar dan satunya lagi lokal.
    Saya sendiri saat ini menggunakan Norton AntiVirus 2009 digabung dengan PCMedia Antivirus Rev 1.92, tidak ada masalah kok, dengan catatan PCMedia AntiVirus dijalankan secara manual dan khusus untuk virus-virus lokal saja.

  74. aq pake’ antivirus ad 3..

    avg, mc. afee and ansav..

    tp gk ad hang atau lambat…

  75. Mariam
    Busyet dah ada 4 antivirus n bahkan avg.
    Sy skrg pk antivirus lbh dr 1:eset nod32 smart security, usb disk security( antivirus yg size ny kcl banget n efektif bwt mencegah virus dr usb) n malwarebytes antimalware.

  76. bagusnya pakai banyak anti virus :
    1. capek instal/setupnya. (bahkan antivirus nya hasil nyolong 🙂
    2. komputernya jadi harus kerja keras menjalankan semua nya.
    3. yang lebih parah lagi kalau pakai sepuluh anti virus … tapi enggak pernah di update …

    he he he

  77. mas minta tolong kasih pendapat,laptopku pki antivirus symantec versi 10.2.0.276 di instalin lsg pas beli jd ga punya masternya,klo di bandingin dgn avg 8.0 bagusin mana ya mas…aq mo instal 2 nya tkt berat…ksh coment ya..
    maturnuwun..

  78. aku pernah 1 komputer 4 antivirus, dan hasilnya…Waoooow! Fantastik! komputer ku langsung terdiam tak bergerak…hehehe!

    Betul tuh kang! aq skrg pake 2 antivirus Avira sm Bitdefender. hasilnya fine…fine aja, mereka cocok berjuang bersama membasmi hama komputer.

  79. @Tridentz

    Jenis avira n bitdefenderny yg apa?
    Apa k2ny sama2 versiny yg free,y bkn tipe berbayar?
    Bls

  80. menurut sy lebih baik 1 PC 1 Antinrus,yg penting rajin update.

    Kalo entar nanti jebol ma virus…ganti dg antirus lainya..

  81. menurut w satu itu jauh lebih baik,,,sebab 2 antivirus kan membuat lambat kerja computer,,,karena 1 sudah sangat bagus,klw kita dari awal sudah tahu fungsi antivir

  82. kalo udah terlanjur gimana cara apus salah satunya..? antivirus yg ada di komputer sy nod32 dan sy download bitdefender..dga lama habis sy download bit defender,komputer sy langsung ga bs jalan sama skali setelah masuk windows..

  83. mau install 2 or lebih yg terpenting harus selalu diupdate antivirusnya hehehe….1 cukup brooo thx

  84. Mas ebta, sepertinya ada dampak lain mengenai dua antivirus dalam satu sistem. Kemarin baru saja kejadian! PC Teman saya Intel Core2 Duo 2.5 GHz 2GB RAM Baru selesai dirakit. Lalu teman saya coba-coba nginstal dua antivirus yaitu AVG Internet Security dan Avira premium.. tahu akibatnya mas.. RAM yang baru dipasang langsung jebol alias crash bin mati. Kata teman saya yang pakar IT pemakaian 2 antivirus bisa menyebabkan RAM CRASH.

    GITU MAS.,

  85. maturnuwun jawabannya….tp dah terlanjur deh mas pki avg 8.0 yg lisensi ribuan seet itu.kynya si lumayan,mz ebta pki jg to..

  86. 1. laptop saya core 2 duo t5550 saya instal 3 anvi :
    – nod32 stand by (gratisan tp…dah “asli” jd update)
    – avg (vitur saya akali, jd link scanner&resident saya offkan biar tidak ambil tll banyak resource, digunakan kl perlu aja
    – ansav (versi install khusus untuk virus lokal)
    2. pc rumah intel celeron saya instal 2 anvi :
    – avira versi gratisan n update terus
    – pcwav (menggunan rtp khusus untuk anvi lokal)

    kedua pc konek dgn kabel cross dgn posisi desktop sebagai server dgn koneksi speedy

    hasil :
    – koneksi sedikit lambat tapi overall no problem
    – masing2 anvi kayaknya akur aja :>
    – mudah2an dgn anvi bervariasi ini lebih tahan he3..

    kl ada juga virus yg masuk…yah udah nasib lagi,namanya juga usaha he3..

  87. saya pernah nyoba avira ama symantec, hasilnya bentrok!!!
    antivirus kagak ada yang sempurnya, termasuk antivir, kemaren aja antivirnya kebobolan, padahal dah pake premium, jadi nambah symantec, akhirnya dapat tuh biang keladi si virus. jadi kalau mau ngeinstall dua antivirus sah2 aja, tergantung performa komputer kita

  88. @Yudi
    saat ini menggunakan Avira lisensi 6 bulan kemarin

    @/rif
    wa’alaikumsalaam
    terimakasih .. 🙂

    @riki
    terimakasih atas informasinya..
    semoga bisa bermanfaat bagi orang lain

    @Muharir
    Iya memang antivirus tidak ada yg sempurna dan mungkin tidak akan ada yg sempurna selamanya.. 🙂
    tapi minimal kita memilih yg terbaik

  89. thanks infox.
    pernah jga se instal 2 antivir emng kerja kmptr jd agk lambat bhkan bsa smpe hank.

  90. Saya cuma pakai Avast Antivirus & Comodo Firewall. Selebihnya pakai beberapa antivirus portable (Lokal&NonLokal) saja untuk membantu antisipasi kalau2 terjadi kebobolan pada sistem pertahanan komputer.
    Menurut saya, cara seperti ini memang lebih efisien n aman. Sebenarnya, apapun antivirus yang kita pakai, kesemuanya memiliki tuntutan bahwa kita harus rajin melakukan update definisi untuk antivirus kemudian scanning n pengecekan terhadap sistem ataupun file2 data yang ada didalam setiap partisi secara rutin n berkala, karena memang benar apa yang dikatakan kebanyakan orang kalau tidak ada antivirus ataupun firewall yang sempurna.

  91. yupz bner bgt w jg pernah install avg 8 IS+avira free gk ada mslh… tp slalu “berebutan virus” sayangnya slalu dimenangin avira avg muncul blakangan avg, lemotz sigh… gw siasatin bgini: aktifin smua fitur AVG IS kecuali residen shield trus ignore komponen. jd bwt detek virus pk avira dan mslh security internet w serahin avg(scan removable disk di-On kan)

    w jg pernh pk BitDefender TS 2009+AVG IS tp bentrok di firewall… firewall dua-2 nya trobel… gk aktif hrs salah satu di off-in…

    UNTUK firewall, SCANING N REALTIME PROTEKSI W MILIH BITDEFENDER karena gk bawel… utk spam dll pk avg tp ttp aja gk cocok soalnya bakal makan memory n slowdown bgt tugh performa oc

    hmm… msh coba pk pk antivirus lain… adu mn yg cock dn kerjasama dlm hal menumpas “penyakit maya” BERSATU KITA KUAT!!!
    btw andai pc bisa di vaksin br gk kena

  92. saya juga pernah menginstall 2 antivirus dengan hanya satu yang diaktifkan. jadi yang satunya dipake secara manual aja. menurut saya begitu lebih efektif.

  93. @iinkecil loh kok 1 yg diaktifkan??? knp gak 2 dua nya saja?
    saya malah aktif 3 antivirus di 1 komputer, yg 1 AV luar yg 2 AV lokal,,,

  94. assalamuallaikum warrohmatullahi wabarakatuh mas ebta

    saya mau tanyaa

    saya punya antivirus norton
    n saya pasang software anti spyware dari mas ebta + pake mcafee stinger dari mas ebta jg…

    apa tidak apa memasang sperti itu ,,,

    kalo tidak apa apa,,apa boleh saya pasang PCMAV ??
    mhon pncerahannyaa..terima kasih

    wassalam

  95. @ruddy
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    sebenarnya memang tidak ada cara mengetahui bermasalah atau tidak selain melalui informasi resmi pembautnya atau dengan dicoba langsung..

    Jika memang diperlukan bisa dicoba, dan jika bermasalah di remove saja ( bisa melalui safe mode jika tidak berhasil)

  96. Asslamu’alikum wr.wb
    mas ebta q mo tnya… q pnya warnet dngan 10 unit computer..tuk computer warnet tu kan antara server dgn smua client berhubungan.. smisal tak kasih antivirus yang berbeda ( lebih dari 4 antivirus)diantara smua computer pa memang bisa menggangu kinerja computer? ( lemot, sering ngak konek dgn server dll) matur nuwon…

  97. @yoni ahmad
    wa’alaikumsalaam warahmatullah
    setahu saya jika itu di install di client tidak masalah..
    atau mungkin ada antivirus tertentu yang bermasalah di jaringan..

  98. Salam kenal…
    saya juga pake dua antivirus yaitu Ansav dan AVG 8 free. Sebenarnya tidak berniat demikian cuma Ansav yang lebih dulu terinstall tidak dapat di remove dari sistem. Saya sudah remove dari add/remove programs, dan disitu pun sudah tidak adalagi program Ansav. Tapi kenyataannya Ansav tetap aktif dan lebih dominan dari AVG. Untuk menghapus file Ansav secara manual saya takut akan mengganggu sistem. Mohon petunjuknya, bagaimana menghapus Ansav… trims sebelumnya.

  99. Kalo symantec dan Ansav dalam satu PC, bermasalah ga Ya?

  100. beneeeeeer bngtz mas,saya jg prnah menginstal 3 antivirus,eh virusnya malah ga hilang-hilang (karna ada antivirus yg mengunci virusnya),terus kinerjanya lambat lg.. ;-(

  101. mas Ebta, ni aku bingung, apa windows defenderku crash sama aviraku ya, kok selalu ada tulisan error ketika buka windows defender. mohon bantuannya. thx

  102. @Slump
    Untuk antivirus lokal, saya belum banyak mencoba-coba..

    @puthu
    belum pernah mencoba..

    @rizki
    Ya seperti itu bisa dan mungkin terjadi’

    @Readonez
    Memang dengan 2 antivirus atau lebih akan memungkinkan terjadi crash, sebaiknya pilih atau akifkan satu saja

  103. saya pake tiga malahan AV9, Avast, ESETnod32. Tapi gak diaktifkan semuanya sih, soalnya kalo diaktifkan semua komputer jadi lemot.Aktifkan aja 1 yang dua lagi giliran seminggu sekali n stay up to date, karena masing-masing antivirus punya kekurangan masing dalam databasenya.

  104. I’m looking for a free antivirus software for Windows XP and every one that I’ve found so far has not worked. I have a virus and nothing seems to remove it… any recommendations?

  105. iya gwe juga install Avira & Avast tapi ketika coba install Bitdefender free v10 susah kali prosesnya, trus2 an ada notice kalo BDSS ngga bisa connect.apa harus dicopot salah satu ya( Avira atau Avast ).

  106. Mending jangan lah. Pake 1 aja tapi yang maknyus. Pengalaman udah lama. Pasti trouble tu kompi. Kalo ga lemot ya crash ntar. Kalo boleh kasih saran, pake Kaspersky aja. Kalo offline pake KAV, tapi online mending pake KIS. makasih.che

  107. Iya benar itu, memang kita merasa bahwa perlindungan itu perlu makanya apapun caranya tetap dilakukan. mulai dari menginstal antivirus lebih daripada satu.

  108. saya punya 3 antivirus, yaitu avg 7,5 ,symantec antivirus dan an’s ansav antivirus ! kalo mo update ansav yg lama pake yg baru boleh ga ??

  109. halo..salam kenal. saya habis install AVG free edition 8.0 di laptop yang sudah ada McAffee security nya, tapi Mc Affeenya belum diaktivasi (karena kan harus beli ya…makanya download yang gratisan). Apakah ada kemungkinan konflik di sistemnya nanti? trims sebelumnya atas jawabannya…rada khawatir soalnyaa

  110. spada……!!!!!
    saya pernah pakai 2 AV, AVIRA n ANSAV tp stlah saya restar PCnya g mau booting ke windows dan slalu minta di DEBUG………coba safemode, tetap tdk bisa……ya saya re-Intal aja PCnya….minta jln kluarnya bang..!!!

  111. halo ….
    anti virus saya mcafee dan sekarang saya instal avira boleh gak dipake keduanya. makasih

  112. @roslinaaristo

    boleh hanya harus matikan guard mcaffe/avira,sesuai aq harusnya pake avg dan ansav siy(avg nya aja 2,satu Anti-Virus dan ID Protection)dijamin 100% komputer aman

  113. @rie

    belum aktivasi lisense mcaffe,tp avg tetap aja ga mau,pake aja ansav

  114. Saya jg skrng pke 2 antivirus ko

    pke

    Kaspersky 7.0.1.325
    &
    Avira Antivir Personal

  115. aku mau tanya nih. aku kan memakai 3 anti virus yaitu ansav pc mav dan avira dan memoriku 60gb dan memorinya roms 1gb. apa boleh memakainya

  116. Q pake 2 antivirus, avira free edition dan pc tool internet security, sebelumnya terima kasih ats infonya yach… !!!!
    di komputer q tidak ada masalah pd sytemnya, memang spesifikasai komp khsnya pd RAM harus besar…. thanks…!!!

  117. bit defender free 10 edition n avira 7, tidak ada masalah, malahan laptopku tidak pernahlagi kemasukan virus n trojan horse, kalau spyware sangat jarang kemasukan

  118. In Number one hundred thirty four, I have few ram(sedikit ram) and not problems

  119. bitdefender is powerful, safer, slow performance, faster

  120. qu dah pernah pke 5 AV sxgus…
    tp yg instalan n yg laen portable….
    gk da mslh c…….
    cm pnglmn qu wktu ,,ke antivirus avira ma kaspersky agk krg cocok……
    bs2 crash………….

  121. gw pake empat teup biasa aja,tapi satu merek luar,3 dalam negeri,alnya dari 3 dalam negeri ga ada yang bisa dipercaya 100%,ya gw pasang aja 33ny biar virusnya puyeng
    hahahahahahahahahahahahhahahah

  122. Iy…
    Q Juga Pernah Nginstall 2 AV…
    Tp Komputernya Crash…

    Tx 4 The Info…

  123. gpp k. trnyt….kmputrQ j, q psg 3 antvrus…msh kenceng larinya kyk ulat bulu….heheheh

  124. ane pake avast yang pro workstation plus smadav. alhasil, make ampir setaun kagak pernah ada masalah.. always online.. smadav lumayan bagus. ane cobain pas kompi sepupu ane beternak virus. alhasil semua virus terbuang dan registriy langsung fine2 aja.. udah kaya windows pertama kali di instal.. smoga bermanfaat..

  125. q sering tuh pake antivirus double kya gitu,malah q pernah pake 4 antivrus s xian,ada avira,avg,kaspersky,ansav,norton….
    ya pokoknya harus pinter aja mbagi2 tugas tiap antivirus jadi ntar komputer ga lemotzzzz

  126. sdh prn avg sm avast tdk mslh mmg agak lambat dikit aja…okey…

  127. o iya aq lp sy mkai PC acer yg memori cm 1/2 giga mungkin klau makai memory 1 giga t trasa sm skl lambat…accha-makassar

  128. Pingback: Instalasi Microsoft Security Essential Pada Windows Vista 32 Bit - Kisman A. A. Mattotorang
  129. SAYA PAKE 3 SEKALIGUS, AVIRA, KASPERSKY, AND SMADAV….
    RAM 3 GIGA AMAN2 AJA KOK….

  130. Saya pake AVG ma Samadav …..
    Alhamdulillah ampe saat ini aman2 j koq ^_^

  131. menurut saya, avira* ma smadav saling kerja sama loh… ketika smadav scan antivirus, avira ngebantuin apa yang blum ada di smadav,keren…

  132. di rumah saya pakai ESSET NOD 32 dan Smadav dan di sekolah saya pakai Avira dan Smadav. Ram 1 Gb dan aman-aman saja. Saya pakai Avira / ESSET NOD 32 karena untuk Smadav versi free bayak virus yang lolos, jadi ditangkap oleh Avira / ESSET NOD 32, Smadav tetap saya pasang karena file yang terinfeksi setelah di scan dan dikarantina biasanya di hidden (super hiden)dan dibuka kembali oleh Smadav. Lebih praktis ketimbang masuk dulu ke Command Prompt C:…….. lalu gunakan attrib -S -H ……….

  133. klo menurutku memakai anti virus 2 boleh, tetapi klo memakai antivirus sama2 untuk mendeteksi virus luar ama aja bohong, lebih baik memakai anti virus yg satu luar and yg satunya lokal, klo aku sih memakai antivirus avira dengan smadav, soalnya smadav ringan dipake dibandingkan dengan pcmav. terserah mau pake antivirus apa, yg penting sering di update aja. trmaksh

  134. salam semua…
    saya pernah pake symantec/norton dengan AVG tidak cocok…
    klo sekarang saya pake avira free dg smadav 2009 baek2 saja…
    tapi waktu mencoba tambah PcMedia ternyata crash…jadi PcMedia saya delete…

  135. Pingback: AVIRA 2010 « HARS – Zero Seven's
  136. just my experience,,
    saia pernah mencoba mggunakan 2 lapisan gtuu tpii yg satu harware nama’y ahnlab cuy,,yang satu lagi antivirus biasa…bguuuus kqq..

  137. salam semuanya..
    saya pernah menjodohkan avira 8 free dengan trenmicro dan tidak ada masalah…

  138. saya memakai dua antivirus ,yaitu smadav75 dan avast 4.8 home edition .Apakah itu baik untuk membasmi semua virus yang masuk ?
    Saya kurang yakin atas semua ini ,saya minta komentar secepatnya sebelum terjadi hal yang mungkin akan berakibat fatal …

  139. saya make 3 dan gk apa-apa tuH
    avira,smadav.norton, tapi pernah saya coba instal Kapersky ternyata gk bisa…..n brat bnget

  140. wah kren jg tuh artikelnya…….Q jg pngguna antivrus dgn jmlah 2…..
    avg v.9.0.730 ma avira personal edition…….
    ternyata kedua antivirus ini bisa bekerjasama dengan baik,,,,,,kdng2 c antivir pda saat melkukn scnning, jka da vrus dia bysa_ngrm event” lngsung k avg……
    jd dbrshinnya kdng2 bs d avg……
    tpi yh gt sdkit mengurangi ferfom dr com……

    v low s’andainya dia pda saat guard dpke pda wktu yg brsamn gmn th….?dngn schedl scn yg sm….?

    pa bkkln tmbh brat knrja c kompternya…?

  141. saya jg pke Avirafree & avasthome tambah lg antispywarefre, avira+avast sama2 aktif, bs krja sama dgn baik, cm makan memory aja, kadang bs detek ke22nya bareng ato salah satu,
    klo avast ad peringatan klo kita mau akses web yg berbahaya bg kompi kita, kadang jg pake av local untuk scan manual..
    yg penting rajin-rajinlah update dev. av-nya & perhatiin tu ama USB-flashD ato removeable media yg lain & file download biar lbh aman scan dl d…sblom pake

  142. saya sudah coba avira, avast, AVG, PCMAVC, Clamav, smadav, symtech. bobol semua. yang penting rutin update. sekarang : di rumah pakai Pcmav+clamav (update rutin dari tabliodnya, maklum internetnya super lemot) dan spybot-SD. di kantor Rtp nya avira free dan Pcmav+clamav sebagai cadangan. kalau di smadav ada tambahan brangkas folder, sedang dicoba apakah berfungsi.

  143. saya sdh pernah coba avira, avast, AVG, PCMAVC, Clamav, bit defender, kaspersky, norton, mcaffee dan sebagainya. karena dl sy kurang mengerti dan berganti2 AV, kadang sampai 2AV sekaligus. hal ini tetap bkn kerja komputer berat & lambat, sedangkan efektifitas mencegahnya sama aja dgn pk 1 AV.

    sekarang sy pk Antivir utk virus2 luar sedangkan utk virus2 lokal sy pk PCMav yang digabung dgn Clamav.

    yang terpenting bukan brp banyak AV yg aktif tapi seberapa sering update AV tsb.

    untuk AV yang terbaik tp tdk memberatkan komputer, sy msh blm tau tp utk sementara AV Antivir jg tdk bermasalah

  144. Jgn berlebihan anti virusnya.. coba kasih sofware System protect, software ini bisa melindungi folder system, program file resident.
    Berdasarkan pnglman ada beberapa sofware yg berusaha merubah system shg kompie menjadi lambat(tmsuk virus,spy),hang dsbnya..

  145. betul mas sy dah coba AVIRA,kemudian sy coba KASPERSKY.ehhhhhhh….ternyata si Avira ga mau nerima tuh,malah dia bilang pokoknya gw ga bakalan musyawarah ama si Kaspersky…kwkwkwkwkwkkk

  146. ngapain pake banyak anti virus jika kita tidak tau bagaimana cara kerja anivirus dan virus tersebut…. cukup satu aja…
    jika lebih dari satu iotu malah menimbulkan masalah….
    komputer crash, hang, etc

  147. Aq sih pake NOD32 ama SmadAV . alhamdulillah , masih fine aja . jika NOD32 ga’ detek virus , smadav akan beraksi untuk perang kedua melawan virus …

Comments are closed.