50

Kidkeylock, software gratis untuk mengunci tombol Keyboard & Mouse

Ketika kita mempunyai adik atau anak yang masih kecil, biasanya mereka senang bermain dengan keyboard atau mouse komputer. Jika komputer masih aktif, ketika mereka menekan sembarang tombol di keyboard kadang bisa merepotkan, karena bisa saja menghapus data atau membuat proses yang sedang berjalan menjadi bermasalah. Hal ini bisa kita atasi dengan software gratis KidKeyLock.

Program sederhana ini berfungsi untuk mengunci tombol keyboard dan mouse, meskipun tombol keyboard di klik atau di tekan sembarangan, windows tidak akan merespon atau menanggapinya, sehingga sangat bermanfaat jika anak kecil sering bermain dengan keyboard.

Aplikasi untuk windows 2000, Xp, Vista dan windows 7 ini selain ukurannya kecil dan gratis, tersedia juga versi portable. Penggunaannya sangat mudah, setelah dijalankan, maka program akan berada di pojok kanan bawah layar ( system tray) dalam bentuk icon dengan gambar kunci. Untuk mengaktifkan atau mengunci keyboard, tinggal klik saja icon tersebut dan pilih menu yang di inginkan.

Beberapa fitur KidKeyLock antara lain:

  • Tersedia versi portable, sehingga bisa langsung dijalankan tanpa perlu install
  • Kemudahan akses melalui icon tray
  • Mengunci Mouse, mencakup tombol kiri, tengah, kanan, double klik dan scroll yang ada di mouse ( bisa semua atau kita pilih masing-masing tombol)
  • Mengunci tombol keyboard, mencakup tombol Standard (huruf, angka, tanda baca), tombol tambahan ( home, del, ins, dll), dan windows shortcut (alt-tab, tombol windows, dll)

Ketika tombol keyboard di kunci, kita bisa membuka kuncinya melalui klik icon program ini dan pilih menu “Lock no keys”. Jika tombol mouse juga di non aktifkan, maka untuk membukanya kita harus menggunakan kombinasi tombol di keyboard yang bisa kita set sebelumnya melalui menu “setup”. Informasi selengkapnya silahkan mengunjungi website KidKeyLock.

Tersedia versi installer ( kita harus menginstall terlebih dahulu untuk menjalankannya) dan juga versi portable ( dalam zip, kita tinggal buka zip dan extract isinya, kemudian lihat folder bin dan jalankan file kidkeylock.exe). Silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan kita, karena fungsinya sama saja. Seperti telah dijelaskan diatas, program ini bisa dijalankan di windows 2000, Xp, Vista dan windows 7.

Download versi installer KidKeyLock_setup.exe ( 757 KB) atau versi Portable KidKeyLock.zip ( 536 KB)
Alternatif link download : http://dl.dropbox.com/u/5626376/100dof_kidkeylock.zip

ebta

50 Comments

  1. Ini nih software yg sedang saya cari-cari,terkadang saya suka meeninggalkan PC/Laptop dalam keadaan menyala.Terimakasih banyak mas eb atas informasinya

  2. Jika mouse sdh trkunci, apakah touchpad pada laptop ikut trkunci juga (sy belum coba sih)?? Pd laptop sy tdk ada tombol pengunci touchpad (biasanya kombinasi F…+Fn), sy pingin ngunci touchpad itu krn jika sdng ngetik dan touchpad trsenggol telapak tangan, kursor akan pindah posisi. Ini sngt mengacaukan pengetikan. Trims.

  3. Mas, ada program sejenis gak, tapi yang digunakan untuk workstation..
    Soalnya ane ngelola warnet, berguna untuk ngunci keyboard dari server kalo usernya dah selesai main..

  4. wow…kerreeen…mantap banget, makasiiiih banget ya bang…artikel2 dan software2nya sangat bermanfaat sekali…

  5. thanx utk softwarenya, lagi2 software yg dishare disini selain bermanfaat tp jg selalu Clean dan bebas trojan. layak dicoba softwarenya. benar2 Recommended Blogger Sejati mas Ebta. sukses slalu. doain jg ya agar blog saya bs sukses kyk EbSoft hehe..

  6. nah ini yg aq tgg” dri kmrn”…
    agar komp atw laptop kita gk di acak” org laen pada saat lgi nyala…

  7. wah ini ada kekurangan ny…
    klw aq lock smua mouse dan key d lock, gmn cara buka ny gk ada petunjuknya

  8. ternyata banyak teman yang adicted ama agan ebsoft. saya kenal kidkeylock dah lama. saya pikir sudah diposting ama agan ebsoft sejak dulu. tenyata baru nongol. matur nuwun mas ebta.

  9. sebenarnya sebelum artikel ini ditulis ane udah pernah pake software ini, tapi agak bingung juga pake nya karena seting an lock nya gak membuat bingung, karena ketika ane coba “lock all keys except … ” key yang tidak ane lock juga kelock, tapi dengan artikel ini moga nggak bingung lagi deh

  10. terima kasih, mas. semoga dengan bantuan aplikasi pengunci tombol keyboard dan mouse ini bisa meminimalisir penyalah gunaan laptop kita oleh pihak lain.

  11. ketika mau download kok ada ada bacaan “berkas ini berbahaya untuk keamanan komputer anda. apakah anda tetap ingin mengunduhnya”. apakah file dl tsb memang berisi virus????

  12. trima kasih banyak ebsoft untuk semua softwarenya….be the best ebsoft

  13. Pingback: Kidkeylock, software gratis untuk mengunci tombol Keyboard & Mouse | Warung Kopi Bisnis News
  14. slm sukses mas,,sy punya lptop,,tidk mau brfungsi tombol A, ctrl, cpslock, shift, tab, esc, biar dsblh knn mupun kiri,,mslhx gmn trus solusinya,,thnksss…

  15. bagaimana cara aktifkan kembali kan mouse sama keyboard sdah di disable

  16. mas sya ada masalah dengan laptop saya,… key eror,… seolah-olah Fn itu hidup terus,… gmn yh>?

  17. wah, ini dia yang aku cari. Biar kalau laptop ditinggal, ga kepencet tombolnya. Seringnya di injek kucing kalau laptop ditinggal 😀

  18. @mas ebta : lapor semua linknya sudah dead, @ate : klik saja lock no keys untuk mengembaikan ke semula

Comments are closed.