54

Konversi Dokumen ke Text dengan SuperGeek Free OCR

Pernahkah kita melakukan scan dokumen, kemudian ingin mengedit atau menyimpan tulisan yang ada menjadi dokumen berupa text? Untuk melakukan hal tersebut, kita memerlukan program atau software OCR (Optical Character Recognition) yang akan mengubah gambar text menjadi text biasa.

OCR atau teknik mengenali huruf atau kata-kata yang ada di dalam gambar (biasanya hasil scan) bukan merupakan proses yang mudah. Meskipun sudah ada beberapa software yang bagus dan berkualitas, sebagian merupakan software berbayar, sedangkan untuk software gratis belum banyak tersedia. Tetapi ada salah satu software gratis yang patut dipertimbangkan untuk dicoba, yaitu SuperGeek Free Document OCR.

SuperGeek Free Document OCR merupakan program gratis untuk melakukan konversi dokumen yang berisi tulisan atau text menjadi file text biasa yang bisa di edit (proses ini dikenal dengan istilah OCR/Optical Character Recognition. Beberapa fitur atau fungsi yang diberikan antara lain:

  • Dapat melakukan konversi dari dokumen JPG, JPEG, TIF, TIFF, BMP, GIF, PNG, PSD, EMF, WMF, DCX, PCX, JP2, J2K dll
  • Terintegrasi dengan scanner, sehingga bisa melakukan scan kemudian langsung melakukan konversi ke text
  • Akurasi yang cukup tinggi (dinyatakan akurasinya bisa sampai 99.8%)
  • Disediakan berbagai image & Document Tool untuk melakukan perbaikan gambar sebelum di konversi
  • Proses konversi relatif cepat, dengan memanfaatkan teknologi multi core CPU

Software ini sangat bermanfaat, terutama yang memerlukan data text dari dokumen hasil scan. Penggunaannya relatif mudah, tinggal membuka atau scan dokumen yang sudah ada, kemudian pilih area yag akan diambil tulisannya jika banyak area yang tidak jelas dan klik tombol OCR. Hanya saja hasil konversi tergantung kualitas gambar. Jika resolusi gambar rendah, hasilnya tidak akan akurat.

Untuk ukuran software gratis, SuperGeek Free Document OCR memang cukup bagus, meski hasil konversi belum 100% benar, terutama dokumen yang resolusinya rendah, tetapi jika kualitas gambar bagus ( paling tidak 300 dpi) hasilnya relatif bagus sesuai yang dinyakatan. Untuk kecepatan sepertinya masih belum secepat yang dituliskan di websitenya.

Program ini dapat dijalankan di Windowx XP, Vista atau Windows 7 baik 32bit maupun 64bit. Ingin mencoba? Download saja SuperGeek Free Document OCR ( 6.10 MB)

ebta

54 Comments

  1. sebenarnya ada cara yang juga terjangkau mas. Kalo punya Microsoft Office 2007/2010, buka Microsoft OneNote, [paste] gambarnya ke layar kerja. trus [klik kanan] gaambar, pilih [Copy Text From Picture]

  2. Alhamdulillah…
    Sudah ana coba tips dari @ ebta prakasa, dan ini berhasil, hanya saja tidak bisa untuk teks arab..

  3. keren nih cocok bagi mereka yang bergelut di dunia penerbitan buku yang sedang dikejar deadline – meski sarat error! *trims ya 🙂

  4. Syukran infonya akh..
    Software yang sangat membantu Insya Allah

  5. Ini merupakan tool yg jarang diperhatikan, tapi sebenarnya penting. Thanks a lot mas Ebta.

  6. Saya sudah coba caranya mas Ebta Prakasa dan sukses, terima kasih banyak. Jazakallohu khaironkatsiro.
    salam sukses

  7. terimakasih mas, sangat berguna, mempercepat pekerjaan saya, tapi belum ta cobain

  8. —“INFO PENTING untuk ikhwa yang lain agar diketahui bahwa sekarang seorang mantan sururi telah membawa lari uang ratusan juta ikhwa-ikhwa, beberapa ustadz di Ambon dan beberapa aparat ikut juga tertipu”—. nama pelakunya adalah Sunaryo atau dikenal dengan sapaan Abu Hibban, Ciri-ciri Sunaryo atau Abu Hibban tinggi besar/ gemuk wajah bulat, jenggot panjang, asal jawa tengah. Motif penipuannya adalah mengajak korbannya kerjasama dalam bisnis obat-obat herbal. jadi diingatkan untuk para ikhwa agar hati-hati jangan sampai jadi korban berikutnya.

  9. trima kasih mas ebta. Software ini cukup LIGHT dibandingkan Finereader dan Omnipage.. Mas, jujur ane lg nyari translator yang OFFLINE dan free. ada nggak mas infonya thanks.

  10. Mas, dalam penggunaan program ArabicPad, fungsi inverted dhmamma (U) dan subscript Alif (II) tidak berfungsi dengan baik. Gimana juga cara mengetik huruf lam alif yang ada tanda sukun dan fathahnya. Saya menggunakan Windows XP

  11. aplikasi ini bisa digunakan buat huruf arab atau hasil tulisan tangan nggak?

  12. Wah, kebetulan nih saya lagi ada kerjaan untuk merubah file jpg menjadi text word.
    Ijin unduh mas gan.
    Thx a lot 🙂

  13. Wah ada ya software kayak gitu. Itu langsung bisa konversi dari scan ke word juga kah?

    Bagus nih . Sayang belum punya scan sendiri padahal bisa mempercepat ketik buku ya. Thanks mas 🙂

  14. Thank`s banget…barusan langsung coba jepretan webcam juga kebaca,OK bgt..siiip!

  15. wah kelihatannya filenya corrupt. Kok ngga mau diinstall

  16. Oh alhamdulillah, yang seperti ini yang lama saya cari. Dulu yang ada cuma konversi live dari pemindai ke teks. Sekarang bisa dari bitmap ke teks langsung. Terima kasih, Pak Ebta.

  17. Mas Ebta,
    Saya coba download, ukuran filenya hanya 1 Mb.
    Saat di exekusi, muncul “file corrupt”.
    BTW; Terima kasih buat triknya di Microsoft One Note.

  18. kok ga’ bisa mas ebta diintall. setup files are currupted. mohon bantuannya ….

Comments are closed.