28

Membuat dokumen PDF gratis dan mudah

Saat ini Portable Document Format (PDF) sudah menjadi distribusi dokumen standard dalam hal keamanan dan dapat diandalkan di seluruh dunia. Sebagian besar dokumen yang disertakan dalam email untuk kelengkapan data, biasanya disertakan dalam pdf. Untuk menghasilkan dokumen dalam format pdf sudah banyak software yang tersedia secara gratis. Jika hanya ingin menghasilkan dari Word, Excel dan sejenisnya, maka bisa digunakan OpenOffice. Semua aplikasinya sudah menyertakan fasilitas untuk menyimpan data dalam format pdf. Tapi bagaimana jika kita ingin menghasilkan dokument dari aplikasi lain, seperti pengolah vektor, gambar, web site dan lainnya ?


pdf logo

 

Jawabannya adalah dengan fasilitas print langsung ke format PDF. Jadi jika aplikasi tersebut menyertakan fasilitas print ( biasanya menu File > print ), maka dapat dihasilkan dokumen dalam format pdf. Berikut beberapa aplikasi gratis / opensource yang dapat dijadikan alternatif untuk menghasilkan pdf.

 

1. CutePDF Writer

Dengan CutePDF writer, kita dapat menghasilkan pdf dengan mudah. CutePDF Writer menginstall dirinya sebagai “printer subsystem”, sehingga kita dapat mencetak secara virtual ke format pdf. CutePDF Writer (CutePDF Printer) merupakan versi gratis dari CutePDF Profesional.

CutPDF Writer berlisensi FREE untuk personal dan commercial, tidak ada watermarks juga Popup Web Ads. Untuk dapat memanghasilkan pdf, CutePDF memerlukan PS2PDF converter seperti Ghostscript, yang juga disediakan link di websitenya. Jika hanya untuk menghasilkan pdf, tanpa tambahan fasilitas lainnya, maka cutePDF merupakan aplikasi yang cukup bagus.

Download selengkapnya ( termasuk PS2PDF) bisa dilihat disini :
http://www.cutepdf.com/Products/CutePDF/writer.asp

 

2. PrimoPDF

Seperti CutePDF, PromiPDF juga diinstall sebagai virtual printer, sehingga kita bisa mencetak untuk menghasilkan pdf. Seperti cutePDF, primoPDF juga gratis dan tanpa pesan iklan. Dibanding CutePDF, aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain :

  • Fasilitas untuk mengoptimalkan hasil untuk screen (prioritas utama untuk dibaca), print (standard laser printer), ebook, dan prepress.
  • Menambah keamanan dengan enkripsi 40- or 128-bit.
  • manambah Informasi dokumen (title, author, subject, keywords) di dokumen yang dihasilkan.
  • Mendukung Double byte character.
  • Mendukung non-TrueType fonts.
  • Kemampuan untuk menggabung atau menambahkan PDF ketika konversi.

Ukuran Instalasi sekitar 13.5 MB.
Download disini
http://www.primopdf.com/primopdf_free_idx.aspx

 

3. Pdf955

Dibanding aplikasi sebelumnya pdf955 mungkin merupakan pdf creator yang mempunyai fasilitas paling lengkap, tetapi untuk memanfaatkannya berbagai fasilitasnya mungkin kurang praktis, karena melalui aplikasi terpisah. Dan satu hal yang membedakan dengan aplikasi sebelumnya bahwa pdf955 versi gratis selalu menampilkan PopUpWindow ketika dijalankan (Pesan sponsor), yang mungkin terkadang menjengkelkan. Pdf955 juga menggunakan GPL Ghostscript, seperti CutePDF.

 

Untuk mengedit pdf, diperlukan aplikasi tambahan yaitu pdf955edit. Dengan pdfEdit995 hasil keluaran dapat dicustomisasi, misalnya : menyisipkan bookmarks, menambahkan links, menggabung beberapa files pdf menjadi satu pdf, mengubah page orientation, menambahkan stempel “Confidential”, mengatur resolusi gambar,ringkasan dokumen, membuat batch print untuk aplikasi Microsoft Office dan lainnya.

 

Pdf955 juga mampu menambahkan Digital Signature atau meng-encrypt PDF, dengan tambahan aplikasi Signature995.Signature995 menggunakan teknologi Microsoft Cryptographic dengan 128-bit DES encryption.

 

Fasilitas lainnya antara lain :

  • Integrasi dengan Microsoft Word toolbar
  • Konversi PDF ke JPEG, TIFF, BMP, PCX formats, HTML, Word DOC, text.
  • Otomatis menghasilkan daftar isi (Table of Contents)
  • Standard Enkripsi PDF (restricted printing, modifying, copying text and images)
  • Mendukung untuk optimasi PDF, Compressed PDF,custom page sizes, shared network printing
  • Pilihan untuk mengatur ukuran keluaran
  • Konfigurasi Font embedding
  • Konversi PS ke PDF secara mudah.
  • Dapat dikonfigurasi untuk menambah fungsi di Acrobat Distiller

Informasi dan download :

 

4. PDFCreator

PDF Creator merupakan satu-satunya aplikasi yang merupakan OpenSource, dan tidak kalah dibanding aplikasi sebelumnya, karena memiliki fasilitas cukup banyak. Hanya saja bagi pengguna windows Vista, mungkin ada beberapa permasalahan. Fasilitas tambahannya antara lain :

  • Menghasilkan dokumen dalam format berikut: Portable Document Format (PDF), Postscript (PS), Encapsulated Postscript (EPS), PNG, JPEG, BMP, PCX, and TIFF.
  • Combine multiple documents into one PDF.
  • Password protect and apply up to 128 bit encryption to your PDF documents.
  • Automatically save PDF documents with current settings without being prompted for information

Untuk Download dan Informasi selengkapnya silahkan kunjungi web :

 

Cara menghasilkan dokumen PDF

Untuk menghasilkan file PDF, secara umum tinggal piih Menu File > Print ( atau menu lainnya untuk mencetak dokumen), kemudian dibagian Select Printer, pilih nama aplikasi yang sesuai, misalnya CutePDF, PrimoPDF, PDF955 atau PDFCreator. kemudian klik Print. Jika memerlukan opsi tambahan maka akan ditampilkan, atau langsung ditampilkan lokasi dimana file akan disimpan.

ebta

28 Comments

  1. menurut anda dari ke-4 software pdf diatas, manakah yang paling bagus ?

  2. Dari semua pdf di atas, ada persoalan yang perlu ditambahkan :
    1. Hasil proses pem-pdf-an ternyata gak sama. Beda-beda. Bukan karena enkripsinya, tetapi karena kecerdasan softwarenya. Bisa jadi enkripsinya sama tapi ukuran filenya beda. (Mohon maaf gak bisa nyajikan data statistiknya)

    2. Dari semua tipe pdf printer. Untuk print dari corel X3 tercatat: 1, distorsi warna yang mengganggu, yakni warna biru donker jadi biru langit. 2. Ukuran bengkak (dibandingkan dari publish to PDFnya

    OK, begitu dulu, semoga ada respon balik

  3. Saya menggunakan SW ERP, SAP R2/3, tdk bisa mencetak dlm format PDF walaupun sdh saya install SW PDF, adakah yg dpt membantu ? thenkyu

  4. menurut saya setelah mencoba bertahun2, yang paling bagus adalah freePDF xp (sudah tidak di update sepertinya) + ghostscript , harus di install ghostscript dl lalu freePDF xp,

    bagusnya, selain pdf, output bisa berupa image (GIF, PNG, atau JPG) , bisa nggabungin PDF atau menambah password

    untuk corel, coba warna yang dipakai RGB saja, emang corel suka gitu, beda dengan AI

  5. ane punya masalah dengan fontnya, jika di publish dengan primo & di import ke corel fontnya ancur nga’ karuan terutama font2 Arabic beda kalo ai or indesign cause keduanya menggunakan link.!

    Iya memang kadang ada masalah dengan font arabic di corel, saya kurang tahu penyebabnya

  6. Mas, kalo untuk yang support vista ada ga? Saya sudah coba link yang diatas gada yg support.

    Thanx

  7. Kok masih menggunakan acrobat reader v4.0 mas Ahmad? Jika spesifikasi memang terbatas, gunakan saja versi 5.0 atau gunakan versi 7, versi terakhir 8.0 agak berat, karena banyaknya fasilitas/plugins ( meski bisa di disabled plugins-plugins yang ada). Tapi saya rasa versi yang cukup baik /standard adalah versi 5 dan 7.

  8. mz ebta gi mana caranya file pdf dari internet bisa d print Grayscale bukan warna.

  9. Setting di printer biasanya disediakan. Sebelum di print, setting printer dipilih yang hitam saja atau mungkin ada juga menu grayscale..

  10. info: sy pernah pake pdf v8.0 ada trouble tidak bisa membaca bbrp file pdf, disamping ada permasalahan dengan bbrp program antivirus yg mendeteksi bagian program dari pdf v8.0 ini sebagai virus.lebih baik pake pdf v9.0 aja yg udah dirilis.Mohon maaf lahir batin tuk mas Ebta-thanks for all.

  11. sorry, dicomment sy sebelumnya: maksud sy bukan pdf v8.0 dan pdf v9.0 tapi acrobat reader v8.0 dan acrobat reader v9.0

  12. sy, mo coba nih maklum sy pemula do’ain ya….
    semoga sy diberi kelancaran Amien

  13. Mohon info, kalau saya pake primopdf memang dia mesti minta registrasi ya…?itu kalau sudah di pake beberapa kali, ada ngak yang ngak pake registrasi dan ngak pake ribet..

    trus bisa ngak file PDF di edit kembali, pake software apa..?

    trims atas pencerahannya.

  14. @asep
    maaf agak telat.. sama-sama mas..
    Iya, memang sudah ada virus yang bisa menginjeksi PDF, saya rasa untuk acrobat reader 7 juga masih aman..

    @rovy
    iya, semoga lancar..

    @helmi
    harusnya gratis, atau mungkin salah download yang berbayar..
    Kalau pengin ngedit, coba pakai OpenOffice 3 dengan plugin PDF- untuk ngedit itu. Coba baca artikel saya tentang open office 3

  15. Mas Ebta, saya udah coba download dan install PDF955, tapi sewaktu registernya (muncul kotak dialog) bikin bingung, jadi belum terinstall sempurna…apa di delete aja yach…Kamus 2.03 nya OK banget…

  16. Ada nggak, Aplikasi gratis utk mengedit file pdf selain open office? Mas tau nggak caranya njebhol proteksi file pdf?

  17. @Rembangese
    edit PDF ? dengan adobe abrobat..
    kalau versi baru 5 keatas sepertinya susah..

  18. Selamat pagi..

    Maaf menganggu nih,saya lagi mendesign file dari power point ke PDF. Yang saya mau tanyakan gimana caranya biar file pdf yang saya ubad dari power point ini tidak bisa di copy paste ama orang lain???

    Thanks

  19. wah… keren yang ini yang aku cari sebagai pemula di internet, makasih ya kawan untuk creator PDF nya, saya sudah lama mencari tapi baru kali ini temukan sobat yang sekaligus 4 tempat untuk creasi pdf.

    salam ya dari ;

    Rachmattullah

    Budak Pempek City

    Bukan Orang Politik Kok City

  20. Postingannya keren kang..! bermanfaat banget nih. Matur nuwun pisan…semoga tambah sukses! Amiin

Comments are closed.