21

Mengubah huruf Hard Disk / Removable Drive dengan mudah

 

Bagi yang sering menginstall sistem operasi Windows, terkadang setelah selesai dan Hardisk terbagi dalam beberapa partisi, urutan partisi tidak seperti biasanya, mungkin drive CD-ROM tidak berada di akhir urutan. Hal ini sebenarnya tidak berpengaruh terhadap kinerja komputer, hanya saja biasanya drive CD-ROM berada di urutan paling akhir dan jika tidak, sering membuat bingung. Hal itu biasanya disebabkan ada partisi yang belum di format ketika menginstall windows, sampai selesai installasi. Jika menggunakan aplikasi pihak ketika mungkin bisa menggunakan Partition Manager dan sejenisnya, tetapi sebenarnya Windows (Xp) sudah memiliki fasilitas ini, termasuk memformat partisi yang tidak terdeteksi oleh Windows Explorer. Bagaimana caranya?


Disk Management

 

Caranya sebagai berikut :

  1. Buka Control Panel. Start Menu > Control Panel
  2. Pilih Administrative Tools
  3. Pilih Computer Management
  4. Di bagian storage, pilih Disk Management
  5. Maka setelah ditunggu sebentar, akan ditampilkan formasi partisi hardisk kita. Termasuk partisi yang belum diformat
  6. Untuk mengubah Drive letter, klik kanan partisi yang diinginkan atau CD-ROM dan pilih menu Change Drive Letter and paths..
  7. Di Window yang tampil pilih change, dan ganti nama drive yang tersedia

 

Sebagai contoh jika kita memiliki 5 partisi C: D: E: F: dan G: , dan ternyata drive CD-ROMnya F: dan ingin kita ubah menjadi G:, maka ubah terlebih dahulu drive G: menjadi H: atau yang lain, kemudian setelah selesai, baru ubah drive F: (CD-ROM) menjadi G:. Setelah drive CD-ROM berubah, baru ubah kembali drive H: menjadi F:.

 

Fasilitas ini juga bisa berguna ketika kita memasang USB flash disk, kemudian memasang kamera. Terkadang kamera kita tidak terdeteksi di Windows Explorer. Hal ini biasanya karena drive letter-nya dipakai oleh Flash disk ( ada kamera yang tidak bisa ditampilkan ketika sudah ada Flash disk atau USB port sedang dipakai alat lain). Cara mengatasi hal ini, ubah saja drive letter USB tersebut ke huruf lain, kemudian kembali masukkan kabel kamera ke port USB

ebta

21 Comments

  1. thanks bro bermanfaat banget. Ada cara setting buat nokia 3230 supaya bisa internetan di pc nggak?

  2. mAS DATA yg ada di HD yg dipindahnya ilang ga???

  3. Ini hanya mengubah Drive Letter, jadi tidak berpengaruh ke data. jadi data tetap aman..

  4. kalau gak salah, untuk computer management ada shortcut di windows explorer. klik kanan di my computer trus pilih manage. just share.

  5. asyik nih baca2 artikel mas ebta,walau sy harus ekstra mikir…maklum gaptek. mas tolong sy donk, sy ingin bisa mempartisi harddisk,pake program apa?ada ga yg gratisan.
    thanks forever!

  6. @udomat
    Iya, terimakasih atas tamabhan informasinya

    @asep
    bisa menggunakan EASEUS Partition Manager Personal, gratis dan mirip sekali dengan Partition Magic

  7. assalamu ‘alaikum, salam kenal, oya..ada yg mo sy tanyakan 1. Klo sy buka ms word 2003 selalu muncul kata “run time” gimana ngatasi,trus yg ke 2. Sy mo meremove/uninstall file pake ccleaner n tuneup tp file g bs didelet,tlng solusinya. Trims.

  8. @tho_doeri
    wa’alaikumsalaam…
    1. saya juga pernah mengalami seperti itu, sepertinya ada software lain yang menyebabkan hal itu. Coba di repair saja installasinya..
    2. Kalau tidak salah ada menu repair di Help-nya..

  9. Assalamualaikum Mas Ebta,,
    Cd drive kompiku aku tmbhin Dvd drive,
    kbel IDE ku tancepin di kedua drive, di My Computer mlah gak ndetek,tpi kalu ku tncepin ke salah satu drive, koq ndetek,,
    padahal kabelnya baru,, tlong solusinya y Mas…,, thx b4,,

  10. @andika
    wa’alaikumsalaam…
    Salah satu jumper di CD-ROM/ DVD-Rom mungkin harus diubah, satu untuk master dan lainnya slave. Atau disesuaikan dengan pilihan yang ada ( coba diperiksan ada jumper khusus di samping tempat memasukkan kabel di CD/DVD-ROM)

  11. Pas saya ubag drive kom saya ..kok tiba2 kayak not responding gitu ya…kira2 kenapa tuh ya ???

  12. terima kasih atas trik-nya, tp bagaimana klo UFD di-set di drive tententu dan selalu ada drive itu. Maksudnya, satu drive letter khusus untuk UFD, jadi misal klo nambah portable CD/DVD drive ato device lain tidak terdeteksi di drive UFD yg telah kita set-khusus hanya untuk UFD. trims.

  13. @Ko2
    Sebaiknya memang FD tidak di set khusus di drive tertentu, karena jika ada CD/DVD atau FD lain dan urutannya pas di FD yg sudah di set, tidak akan muncul.

  14. untuk memakai nokia 3230 cukup pake kabel data dku2 <trs diinstal driver kabelnya,kl ga pnya driver bisa di unduh dri situs nokia,ketik aja di google : Nokia 3230, stlah hp terkoneksi baik dngn PC, tinggal instal nokia pc suit terbaru, di sana udah ada menu dial up connectionnya, kalo gak coba buat manual connection di control panel,di menu connection. untuk kode dial ketik *99***1# usernam dan pasword sesuaikn dngn operator masing masing. jng lupa ubah access point sesuai nama APN masing msing operator.
    smoga bermanfaat

  15. kmrn kami beli kompie baru trs di drive nya mulai dari H (system) dan I (data) klo fd etc jd C,D dst. gmn cara merubah drive nya ke C utk system? ditunggu balasan secepatnya. thanks before…

  16. Thanks a lot mas,, infox bguna bnget bwt sy,,

    mas,, sy mw nanya ne,,
    knapa ya compiq, klu prtama sy aktfkn komptr slu tampil kata “infalid file boot.ini is missing”
    mhon pengarahanx ya mas,, thanks,, klu bsa krim aj d’e-mailq ya mas, lusrin@yahoo.co.id

  17. bosss…gimana merubah drive system?saya baru aja menginstal ulang kompiku.setelah selesai,ternyata driver system terdapat di drive E,bukanya di drive C ?tapi yang bikin saya bingung windows xp nya ada di drive C ?gimana nich solusinya boss ?

Comments are closed.