50

Mudah Membuat ebook (PDF) dari artikel-artikel Wikipedia

Wikipedia merupakan salah satu perpustakaan online terbesar di dunia saat ini, sudah ada lebih dari 3.7 juta artikel bahasa Inggris, 171 ribu artikel bahasa indonesia dan jutaan artikel bahasa lainnya. Mungkin sebagian kita belum tahu bahwa kita bisa membuat ebook (PDF) dari satu atau banyak artikel sekaligus tanpa menggunakan software tambahan.

Ketika kita membaca artikel wikipedia, kadang kita ingin menyimpan sebagai dokumen yang bisa di baca di lain waktu, untuk di cetak (print) atau untuk arsip referensi (offline). Bisa saja kita membuat satu halaman artikel menjadi PDF menggunakan software seperti PDF Printer atau menggunakan jasa PDF online. Tetapi sebenarnya Wikipedia sendiri sudah menyediakan fitur ini yang bisa kita manfaatkan.

Untuk menyimpan atau mengubah satu halaman wikipedia menjadi ebook (PDF) sangat mudah, dari menu di sebelah kiri kita melihat ada judul menu Print/Export (untuk wikipedia berbahasa Inggris) atau Cetak/ekspor (untuk wikipedia berbahasa Indonesia). Selanjutnya pilih saja Download as PDF atau Unduh versi PDF.

Selanjutnya kita tinggal menunggu proses pembuatan versi pdf selesai, kemudian dokumen pdf ini bisa kita unduh (download) melalui link yang akan ditampilkan.

Mengubah banyak artikel menjadi ebook (PDF)

Selain mengubah satu halaman menjadi PDF, wikipedia juga menyediakan fitur untuk membuat ebook dari banyak artikel sekaligus. Caranya juga mudah, kita tinggal mengaktifkan fitur Book Creator yang sudah disediakan, caranya sebagai berikut :

  1. Buka halaman Book Creator Wikipedia
  2. Selanjutnya klik tombol warna hijauStart book creator atau Mulai pebuat buku
  3. Tunggu sebentar agar fitur ini aktif di web wikipedia, yang akan ditunjukkan dengan munculnya informasi Book Creator (Pembuat buku) di bagian atas setiap artikel

  4. Selanjutnya kita tinggal browsing (mencari-cari) artikel sesuai yang kita inginkan dan jika artikel yang sedang kita lihat ingin ditambahkan ke dalam ebook, klik saja Add this page to your ebook ( Tambahkan halaman ini ke dalam buku Anda ).
  5. Kita juga bisa langsung menambahkan link yang ada di halaman agar halaman yang di link tersebut ditambahkan ke ebook (arahkan kursor mouse di link yang kita inginkan)

  6. Setelah kita selesai memilih halaman-halaman yang akan dijadikan ebook, klik saja Show book (X pages) atau Lihat buku (X halaman), dimana X merupakan jumlah halaman yang kita pilih
  7. Akan ditampilkan daftar artikel sudah dimasukkan, kita menghapus dengan klik icon kecil (tempat sampah) jika tidak jadi ditambahkan
  8. Selanjutnya kita tinggal mengisikan Title, Subtitle (Judul dan SubJudul), kemudian dibagian kanan kita bisa memilih ebook PDF atau Open Dokumen Text (ODF) setelah itu klik Download (Unduh) dan tunggu proses pembuatan ebook selesai
  9. Download ebook dari link yang disediakan

Keuntungan membuat ebook dari fitur yang disediakan wikipedia ini adalah formatnya yang rapi dan cocok untuk dibaca maupun di cetak (print). Selain itu daftar isi juga akan dibuat dengan struktur yang sesuai dengan artikel asli termasuk informasi catatan kakinya. Di bagian akhir ebook ada tambahan informasi para Kontributor artikel tersebut.

ebta

50 Comments

  1. Pingback: Mudah Membuat ebook (PDF) dari artikel-artikel Wikipedia
  2. Langsung praktek. Pertama bikin buku yang versi English. Sukses. Lalu bikin buku versi Bahasa Indonesia. Memang jos fasilitas terbaru dari Wikipedia ini.
    Thanks
    🙂

  3. mas ebi saya minta izin sebagian dari software nya saya share di web saya ya,thanks…your web is the best….

  4. Pingback: Cara Praktis Membuat E-Book dari Wikipedia | Asep Yudha Wirajaya
  5. Pingback: Membuat E-book (PDF) dari Banyak Artikel | Asep Yudha Wirajaya
  6. wah, ternyataaa bisa juga ya… makasih infonya yang sangat usefull ini, thnx brat mas Ebta

  7. wah bener bener tips yang sangat membantu. terimakasih mas ebta

  8. Infonya mantab! Wikipedia emang top, kumpulan infonya emang macem2, jadi ga perlu muter2 ga jelas di situs yg ga bisa dipercaya deh.

    Nice share

  9. @nizaar @kompunetsa
    Untuk artikel tertentu seperti teknologi, ilmu pengetahuan, komputer, wikipedia bisa dijadikan rujukan yang cukup valid. Tetapi untuk artikel yang sensitif misalnya masalah politik atau agama, memang harus dilihat siapa saja yg berkontribusi..

  10. Menarik sekali informasi nya bos, kebetulan ane sering nyari-nyari dokument buat tugas anak sekolahan. baru tau kalau wikipedia punya fasilitas convert pdfnya..

    thank untuk informasinya….

  11. kok gk bisa artikel di wikipedia lnsung unduh jdi pdf?kok sering errorr mas?

Comments are closed.