114

Pengalaman mengatasi Masalah Bad Sector Hardisk

Beberapa hari yang lalu saya service komputer dan laptop yang mengalami permasalahan yang hampir sama, yaitu kerusakan pada hardisk (HDD). Karena terdapat bad sector di hardisk tersebut, komputer tidak bisa masuk windows atau berhenti loading sebelum masuk windows. Berikut pengalaman, beberapa tips dan sharing yang semoga bermanfaat.

Pada awalnya saya mengira masalah tidak bisa masuk windows karena memory (RAM) atau juga Motherboard, tetapi setelah di periksa lebih lanjut, ternyata terdapat bad sector (bagian hardisk yang rusak) di hardisknya. Dengan adanya bad sector, akses hardisk menjadi sangat lambat dan tidak jarang akan berhenti sehingga komputer terkesan “hang” ( not responding ).

Memeriksa adanya Bad Sector

Ada berbagai cara untuk memeriksa dan memastikan apakah ada bad sector di hardisk komputer atau laptop kita, tergantung seberapa jauh permasalahan yang kita alami. Berikut penjelasan lebih detailnya.

  • Jika kita masih bisa masuk windows, gunakan software gratis seperti HDTune dan juga HDDScan yang memang dibuat untuk melakukan scan hardisk dan memeriksa apakah ada bad sector (selengkapnya bisa membaca artikel saya terdahulu Periksa kondisi hardisk komputer anda ). Selain itu bisa juga menggunakan Easeus Partition Master Home Edition, disana ada menu untuk memeriksa hardisk (Check Partition, selengkapnya ada di artikel saya : Memperbaiki Hard disk yang terkena Bad Sector)
  • Jika tidak bisa masuk windows, bisa dibagi menjadi 2 hal sebagai berikut :
    1. Jika Masih ada komputer/laptop lain (jika belum ada, bisa pinjam), lepas hardisk yang bermasalah (jangan dilakukan jika masih ada waktu garansi) dan pasang hardisk di komputer/laptop yang masih normal. Untuk hardisk laptop, kita bisa menggunakan kabel USB 2.0 to SATA/IDE (bisa dibeli di toko accesories komputer dg harga sekitar Rp.60.000-an). Selanjutnya kita bisa melakukan scan atau recovery melalui windows dengan software gratis yang saya sebut sebelumnya.
    2. Jika kita tidak punya (tidak ada) komputer atau laptop lain, siapkan bootable CD atau USB yang berisi tools-tools untuk memeriksa hardisk, semisal UBCD4Win, Hiren’s Boot CD, Wondershare Live Boot, linux live CD seperti ubuntu dan sebagainya. Gunakan Tools yang ada untuk memeriksa kondisi hardisk

Meskipun kita bisa mengecek melalui bootable CD/USB di komputer sendiri, tetapi saya tetap merekomendasikan melakukan pengecekan di komputer atau laptop lain, kecuali hardisk masih dalam masa garansi. Karena dengan memasang di komputer lain, ada beberapa kelebihan seperti akses relatif lebih cepat, mudah mencoba dengan berbagai software lain yang bisa di install di windows, respond komputer juga lebih cepat ketika memeriksa.

Ketika Hardisk terdeteksi adanya bad sector, langkah pertama adalah segera menyelamatkan atau melakukan backup data penting, baik disimpan di CD/DVD, Flashdisk, Hardisk Eksternal atau hardisk komputer lain. Jika bad sector mulai banyak terlihat, disarankan untuk menghentikan scan dan segera backup data-data penting terlebih dahulu. Karena dengan scan lebih dalam, ada kemungkinan (meskipun kecil) menambah bad sector di hardisk.

Menyelamatkan Data di Hardisk

Salah satu tantangan terbesar ketika hardisk rusak (terdapat bad sector) adalah menyelamatkan data atau dokumen didalamnya. Apalagi biasanya pengguna jarang melakukan backup data ke media lain seperti CD atau DVD. Untuk mempermudah proses menyelamatkan (recovery) data yang ada di hardisk, pasang hardisk di komputer lain. Asalkan hardisk masih terdeteksi, recovery data kemungkinan masih bisa dilakukan.

Ketika hardisk sudah terpasang di komputer lain dan sudah terdeteksi, gunakan software recovery yang bisa kita dapatkan di internet. Salah satu yang bagus adalah Easeus Data Recovery Wizard. Dengan software ini saya berhasil menyelamatkan data dari hardisk yang sudah cukup parah. Software lainnya yang bisa kita gunakan adalah MiniTool Data Recovery Wizard.

Jika tidak ada komputer atau laptop lain, bisa kita coba menyelamatkan data melalui media seperti Bootable CD/USB (Live CD) yang berisi utility atau program yang bisa digunakan untuk memeriksa dan menyelamatkan (recovery) data. Saat ini banyak yang bisa kita gunakan, misalnya Ultimate Boot CD, UBCD4Win, System RescueCD, Wondershare Live CD, Mini PE, CD Linux Ubuntu dan sejenisnya.

Jika hardisk tidak terdeteksi lagi ketika dipasang di komputer lain, maka proses recovery bukan pekerjaan yang mudah. Karena kemungkinan harus membuka hardisk dan ini memerlukan keahlian dan peralatan khusus. Saya sendiri belum pernah recovery sampai seperti ini.

Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Ketika data-data penting di hardisk sudah berhasil diselamatkan, langkah selanjutnya adalah mengatasi atau memperbaiki hardisk yang terdapat bad sector. Meskipun tidak semua bad sector bisa diperbaiki (terutama jika sebabnya kerusakan fisik), untuk bad sector yang ringan, bisa kita atasi dengan salah satu cara berikut :

  • Menggunakan tools Scan Disk bawaan windows. Untuk drive selain sistem operasi (misalnya drive D:, E: dst), kita bisa langsung klik kanan driver tersebut melalui windows Explorer > Properties dan dari tab Tools, bagian Error-checking klik Check Now..
    Selain melalui Windows Explorer kita juga bisa langsung melalui command prompt (DOS) memalui perintah ChkDsk /R X: (X silahkan diganti dengan drive yang ingin di perbaiki/cek jika ada bad sector-nya).
  • Full format drive tersebut (ingat, ketika full format, maka data di dalamnya akan hilang dan kemungkinan tidak bisa di recovery lagi), baik melalui windows atau dengan software semisal Easeus Partition Master. Dengan software seperti easeus proses lebih cepat
  • Ketika dengan Scandisk atau Full format juga belum bisa menghilangkan bad sector, kita bisa menggunakan Low Level Format (efeknya data sudah tidak akan bisa di recovery lagi). Low level format dengan software ini hanya bisa untuk satu hardisk, tidak per drive, sehingga seluruh isi hardisk akan di “putihkan” alias benar-benar dikosongi lagi.
  • Menggunakan software-software “advanced” berbasis DOS, seperti misalnya Active Kill Disk, HDAT2, DiskWipe, MHDD dan sebagainya. Bagi yang belum familiar dengan masalah hardisk, mungkin perlu pemandu yang lebih paham menggunakan software semacam itu.
  • Menggunakan software-software bawaan pembuat hardisk tersebut. Bisa di cek langsung di website pembuat hardisk seperti seagate, Western Digital, Maxtor, Hitachi, Samsung dan lainnya.

Dengan cara diatas, 2 PC yang saya service alhamdulillah data-data penting berhasil di recovery. Untuk hardisk komputer desktop, dengan full format biasa bad sector bisa hilang, sedangkan untul hardisk notebook, karena bad sector sepertinya cukup parah dan sangat banyak, akhirnya belum bisa di perbaiki lagi, sehingga harus ganti dengan hardisk baru.

Ketika beberapa cara diatas hardisk masih tetap rusak atau terdapat bad sector, kemungkinan kerusakan hardisk sudah parah (bisa jadi kerusakan permukaan/fisik), dan sepertinya memang harus mengganti dengan hardisk yang baru. Semoga beberapa tips diatas bisa membantu yang sedang mengalami masalah bad sector atau sebagai tambahan informasi bagi kita, jika ada masukan, pertanyaan seputar masalah ini silahkan disampaikan melalui komentar atau langsung email.

ebta

114 Comments

  1. jazaakallaahu khairan mas ebta, tipsnya bagus.. sering2 aja posting tentang servis hardware ya mas..

  2. tips yg bagus,,,gw sering menemukan maslah nih pada pc/laptop konsumen,,,semoga lebih bnyk tips yg lain ttg hardware

  3. mas,gimana kalo dengan masalah reallocated… (saya lupa terusannya)? ter-detect 2 lewat HD Tune Pro di hardisk saya,berwarna kuning.apa itu termasuk bad sector jg & bisa lebih mudah diperbaiki?karena saya nyerah udah nyoba scan lewat HDD Regenator bootable 3 jam lebih masih belum juga kelar baru 10% & belum juga ketemu bad sectornya.tolong pencerahannya ya mas, & boleh untuk yg lainnya jika tau/pernah mengalami! NB: hardisk saya WDC Green 500 Gb SATA II 32Mb.

  4. oke banget tipsnya mas ebta..
    pengalaman ane repaire hardisk harus “extra sabar”
    jazakallaahu khairan katsiran

  5. mksh ilmuny sangat b34manfaat sekali…
    skali lgi saya ucaokan terma kasih mas ebta..maju teruss..

  6. Seringkali kita mengalami hal demikian, tapi gak tau mengatasinya. Info yang bermanfaat sekali.
    Syukran ya akhii. Jazakallah khairan katsir.

  7. Saya ada servisan laptop yang harddisknya bad sector cukup parah. Ketika saya cek menggunakan tool Harddisk Sentinel dibilang bahwa prosentase Healthy dari harddisk tersebut 4%. Apakah ada kemungkinan harddisk ini bisa diselamatkan mas ?

  8. Mantabs Infonya…

    Sekedar sharing juga… Pake HDD Regenerator juga oke untuk memperbaiki Bad Sector (non-fisik)…

  9. Sy mungkin sudah 4 s/d 5 kali ngalamin Bad Sector pada HDD, penyebabnya rata2 karena goncangan / benturan walaupun ada juga faktor umur. Solusinya sih kita simple aja, bawa ke Tukang khusus HDD, minta Back Up dan selesai.

  10. Thanks Solusinya Mas…..
    Mapir ya kalau sempat di blogku
    Full Version Software | Games

  11. hehe..saya baru aja mengalaminya, dan terjadi pada laptop saya. Karena masih garansi (hmpir habis, untung injury time), akhirnya saya bawa ke service center aja, kali aja dapat HD baru. ^^

  12. kalo bad sector tdk bisa hilang tapi jumlahnya sedikit mngkin hard disk msh bs dipake. Dgn Easeus Partition Magic bad sector posisinya bs dikira2 (dlm hitungan persen) kmd hard disk dibuat bbrp partisi dan posisikan bad sector itu pd salah satu partisi dan tdk usah diformat. Sedangkan partisi lain yg sehat/bersih bs diformat dan dimanfaatkan lagi. tapi hard disk yg tdk utuh spt itu sbaiknya hanya digunakan sbg secondary saja. OK.

  13. @nafas
    coba di scan dengan HDDScan
    mungkin perlu juga download tools dari WDC

    @accbali
    jika masih bisa terdeteksi, perlu dicoba..

    @Thata
    Terimakasih tambahan informasinya
    sayangnya HDD Regenerator bukan software gratis

    @joel
    terimakasih atas tambahan tipsnya..

    @mainelyqual
    -komputer sering hang (not responding) atau bahkan sering restart
    -gagal booting
    -tidak bisa mengakses data
    semakin lama bad sector bisa semakin banyak jika tidak segera diatasi..

  14. Bingung nih mas . Baru aja beli PC dengan hd 500 gb dan beli eksternal harddisk 320 gb . karena keseringan mati lampu.pas saya cek dua-dua pake hdtune ternyata pada hd 500 gb merahnya 1 dan pada hdd 320 merahnya 11 .(T_T)

    kalau karena mati listrik itu apa kerusakan fisik mas ?
    sudah pake hdd regenerator.dia tungguin 2 jam dan programnya bilang kalau semua bad error sudah di fix.eh ternyata pas dicek pake hdtune tetap aja masih ada.

    apa saya harus low level format dulu mas ?
    atau menurut mas apa yang harus saya lakukan.terima kasih

  15. HD pc ane kena bad sector dah ane low level format tp tetep masih ada bad sectornya, gmn mas. Sekarang sesudah di format gak bisa instal XP, minta pencerahan donk.

  16. haa,, itu thu yang sering diderita ma lepi tmen saya,, ksian dya..

    hmm,, tapi berhubung skarang da nemu tipsnya.. saya kasih taw dah ma dya.. kasian, mas bro..

    thanKs ya..

    Visit me..

  17. syukron, atas tipsnya semoga ini bisa membatu saya, tapi saya ingin nanya nih, kalau komputer kadang bisa masuk windows kadang tidak apa itu termasuk bed sektor hardis, maaf baru belajar service

  18. Kemaren laptop saya error ngeblank hitam tidak mau masuk windows trus saya install ulang partisinya ilang semua dan data”nya juga ilang.. Udah saya coba recovery pake DRW tapi masih banyak yang ilang.. kira” yg ampuh buat recovery seperty kasus di laptop saya ini apa mas ? trimakasih

  19. Sy dah pake tuh EASUS Master emang mantaf bisa bikin partisi langsung lagi… aman deh HD GW thanks informasinya… 😀

  20. coba bantu bagi pengalaman mas. @nafas, yg kuning kalo masih ok infonya dan reallocated biasanya cuma spin retry doang, oya cek juga persentase diatas 30 (artinya hdd mu masih bagus aja)
    setuju ama bang @joel hehehe…
    @safie, kalo garansi mending ditukar aja tuh hdd, soalnya berdasarkan pengalaman hdd bisa badsec gak mutlak krna lampu/arus listrik gak stabil
    @setiawan, cepat2 bekap data penting bro

  21. salam.
    mas numpang nanya nih,belakangan ini ketika saya mendefrag hardisk saya dari 3 volume ada dua (C: dan E:)yang ketika selesai proses selalu muncul notifikasi ‘tidak semua bagian berhasil di defrag’. Namun ketika saya liat di view report listnya kosong. Bukankah jika ada file yg gagal terdefrag akan muncul di list tersebut? Apa ini termasuk gejala hardisk mengalami bad sector?

  22. Koq commentku gak muncul2 ya? Aq bikin lagi aja dah…!!
    Kalo agan2 mau beli hard disk baru merk “Sgt”, coba prtanyakan hal2 berikut :
    1.Mnrt satu smber yg dpt diprcaya, garansi resmi dr pabrik “Sgt” (mlalui distributor) selama 2 thn.
    2.Oleh pihak agen atau retailler trtentu biasanya dipangkas mnjadi 1,5 thn.
    3. Kmdn oleh pihak toko atau retailler yg lain dipangkas lagi mnjadi 1 thn, bahkn ada yg 10 bulan.
    Hal lain yg prlu diprhatikan kalo beli hard disk “Sgt”, jika pada sticker label pd prmukaan atas hard disk trdapat garis hijau mengelilingi label trsbt, itu mnunjukkan bhw hard disk tsb adalah hard disk “refurbish” alias rekondisi (bergaransi “tdk resmi” 1 thn dan harganya lbh murah). Sbaiknya beli hard disk dgn label stiker yg polos – tanpa garis hijau spt itu.
    Slain itu,agar klaim garansi tdk ditolak hendaknya segel garansi yg trtempel pd hard disk jangan smpai rusak. Bhkan di Jogja, ada toko trtentu mensyaratkn klaim garansi hrs dilampiri nota pmbeliannya. So, nota pmbelian jgn sampe hilang. OK??

  23. Kalo agan2 mau beli hard disk baru merk “Sgt”, coba prtanyakan hal2 berikut :
    1.Mnrt satu smber yg dpt diprcaya, garansi resmi dr pabrik “Sgt” (mlalui distributor) selama 2 thn.
    2.Oleh pihak agen atau retailler trtentu biasanya dipangkas mnjadi 1,5 thn.
    3.Kmdn oleh pihak toko atau retailler yg lain dipangkas lagi mnjadi 1 thn, bahkn ada yg 10 bulan.
    Hal lain yg prlu diprhatikan kalo beli hard disk “Sgt”, jika pada sticker label pd prmukaan atas hard disk trdapat garis hijau mengelilingi label trsbt, itu mnunjukkan bhw hard disk tsb adalah hard disk “refurbish” alias rekondisi (bergaransi “tdk resmi” 1 thn dan harganya lbh murah). Sbaiknya beli hard disk dgn label stiker yg polos – tanpa garis hijau spt itu.
    Slain itu,agar klaim garansi tdk ditolak hendaknya segel garansi yg trtempel pd hard disk jangan smpai rusak. Bhkan di Jogja, ada toko trtentu mensyaratkn klaim garansi hrs dilampiri nota pmbeliannya. So, nota pmbelian jgn sampe hilang. OK??

  24. @safii
    kalau baru beli (masih ada garansi) sebaiknya di tukar ke tokonya ( memang biasanya harus menunggu agak lama, bisa sebulan lebih, tetapi bisa dapat ganti baru )

    @setiawan
    jika bad sector tidak di bagian awal, coba install windows di partisi yang tidak ada bad sectornya ( di buat partisi di area yang bersih)

    @Muhammad Bakri
    bisa banyak hal, mulai dari RAM yg bermasalah, mtherboard (BIOS), hardisk, atau perangkat lain termasuk juga bisa jadi masalah software /driver

    @Johan
    ketika recovery dengan Easeus ada beberapa pilihan hasilnya, masing-masing hasilnya bisa berisi file dan folder yang berbeda, coba di periksa satu persatu..

    @aacoy
    terimakasih atas tambahan informasi dan tipsnya..

    @ahunv
    jika defrag terhenti atau not responding lama, kemungkinan memang ada bad sectornya..

    @joel
    komentarnya ter-filter oleh akismet antispam mas joel..
    harus dimunculkan manual.. 🙂

  25. nah itu yang saya herankan.defrag selesai dengan waktu normal,semua aplikasi sudah saya tutup saat defrag termasuk antivirus (yg semula saya curigai menghalangi proses defrag.
    dan terakhir telah saya coba dengan aplikasi Page Defrag yang saya peroleh dari searching di sitenya microsoft, hasilnya sama saja.By the way, thanks untuk masukannya.

  26. Permasalahan pada umumnya bad sector,dsb adalah HDD pd kompi jinjingan alias laptop/notebook sejenisnya krn sering bergetar dipindah2 tempat atau juga krn panas berlebih pd ruang simpan krn ringkasnya tempat simpan. Kompi2 yg statis alias pc desktop walo ada keluhan hdd-nya bad sector termasuk jarang.Walo ada karena sangat berat hdd bekerjanya (over function) pada para gamers atawa kantor2 sibuk,dsb.

  27. nungguin satu setengah jam akhirnya HDD saya masih ok ,, hijau semuanya,,pdhl prnh blue screen satu kali,, hmm jd bingung

  28. kalo blue screen pd kompie desktop sering dsebabkan oleh error pd memori ataupun kabel hard disk, coba ganti memori ataupun kabelnya. kalo pd laptop bs krn error memori atau komponen lain.

  29. mas ebta,hdd saya ga bisa diformat knp y?dah dicoba format pk komputer lain ttp ga bs,pake software spt partition master home edition jg ga bs.HDD merk SEAG**E 80GB,apakah ada solusinya?tq

  30. saya mengalami hal tersebut.. semnjak hardisk laptop saya TOSHIBA satelit A155 rusak, dan badsectornya ga di pulihin. saya beli hardisk scnd punya accer dgn kapasitas lebih besar.. pertamanya aman.. tapi kemudian rasanya aga melambat performancenya. parahnya adalah ketika sudah masuk desktop. langsung hang (mandek) sangat berat, bahkan tidak bisa digerakkan cursornya…
    saya keadaanya lagi sumpek, saya putusin recovery laptop. alhamdulillah lancarr… cuman sayangnya, datanya hilang, dan musti install update windows lagi…..

  31. mass..kompi saya erorr noh make hdd WD saya ganti ke hdd seagate ko hdd malah ga kedetech yah ?padhal saya udah ganti sekalian sama kabel data + psu.ny..
    setelah berulang” malah hdd baru saya bunyi..(kondisi tetap ga kedetech..)padahal tu saya beli di tko bner” segel masih rapet..
    mohon pencerahannya…
    sent to my mail pls..

  32. klo diperbaiki secara manual mungkin susah…
    apakah ada apps yg bisa mengurangi bad sector??
    soalnya komp ane selalu not responding,bikin hang…stress banget
    mohon petunjuknya

  33. Mas bisa saya minta no yg bisa di hubungi???

    saya sangat butuh bantuan untuk melakukan pembackupan data, saya mengalami kesulitan dalam beberapa cara yg diterangkan..

    saya janji klo anda bisa membantu saya akan memberikan reward.. tolong mas data saya penting banget..

  34. saya mempunyai hardisk 40gb, setelah aku pasang pada windows hardisk tidak terbaca, tapi begitu aku pasang pada linux terbaca “unalocated zise”, apakah hardisk tersebut masuh bisa diperbaiki?
    trus cara memperbaikinya bagaimana?

  35. @Citra Indah
    Jika low level juga tidak berhasil dan bad masih belum banyak, bisa disiasati dengan membuat partisi tanpa menyertakan area bad sector ( memang perlu tambahan keahlian mencari lokasi bad sectornya ).

    @sakhi
    ketika akan di format, muncul pesan error apa ya?

    @No_id
    coba periksa kecepatan baca tulisnya
    jika kecepatan baca ( untuk dekstop ) sudah dibawah 50 MB/s atau bahkan dibawahnya jauh, siap-siap ganti saja, kemungkinan umurnya sudah hampir habis..

    @sinhui
    coba dicari dulu sumber not responding-nya apa.
    Bisa karena hardisk, memori, kabel data atau lainnya

    @rezqy
    jika antarmuka (interface/kabel)-nya sama dan tidak terdetekssi, coba di tukarkan saja, apalagi masih baru..

    @beritatoday
    langkah pertama, cari sumber hang ( ini bisa karena hardisk, kabel, memori dan lainnya)
    untuk hardisk, coba dengan Check Disk ( melalui klik kanan partisi hardisk, pilih Propertis dan dari tab Tools, klik tombol Check Now.. )

    @phoo
    silahkan langsung ke email saya saja ebta.setiawan [|[at]|] gmail [[dot]] com

    @faridl
    kemungkinan masih bisa..
    jika ada data penting yang masih ingin digunakan, coba direcovery dulu. Setelah data-data penting berhasil di pindah ke hardisk/media lain, coba format hardisk melalui linux atau menggunakan bootable cd/usb

  36. sebenarnya sih saya belum begitu Paham, tapi saya sudah bisa sampai Menyelamatkan Data di Hardisk, saya belum terlalu paham.

  37. Mohon bantuannya utk memperbaiki hardisk sy krn sdh direcovery d GuruHDD dan HDD comp tp msh aja tdk bs d backup

    Terima kasih atas infonya

  38. biasanya harddisk paling sensitif sm arus listrik. power supply abal2 jadi tersangkanya, mending upgrade ke power supply pure power. lebih baik mencegah drpd mengobati 😀

  39. trima kasih mas Ebta dengan pengalamannya, sudah membantu.

  40. info nya sangat banyak membantu mas. terima kasih.
    kebetulan hd netbook saya bermasalah, booting dan logout menjadi sangat2 lambat. masuk ke program juga lambat bisa sampai 5 menitan.
    Kemudian ketika saya instal ulang sangat lama sekali prosesnya, malah muncul blue screen chkdsk yg memeriksa drive D (sistem saya di C), kemungkinan sih bad sector.mudah2an dengan mempraktekan ilmu dari blog mas ini bisa menyelamatkan data saya.

  41. asslmkum mohon bantuanya laptop toshiba l630 tidak mau scanner dgn canon mp 258 muncul code 5.155.55 apa maksudnya dan bagimana solusinya,syukran

  42. Mz numpang nnya klau hdd kna badsector apakah bza nular ke hardware yg laen??tq

  43. Mas..
    Hardisk saya segeate 80 GB..
    Tidak terdeksi dan motornya pun tidak terputar..
    Sepengatahuan saya papan HD nya yang bermaslah..

    Yang sya mau tanyakn ini..
    Apakah Papan HD nya bisa di tukar ama segeate yang sma..?

    Dan klw boleh tau..
    Apakah ada papan HD di jual..

    Mhon pencerhannya mas..
    Soalnya di HD itu banyak file2 penting..

    Makasih sebelumnya..

  44. makasih banyak… lagi berhadapan dengan masalah hardisk… hhehe ternyata keputusan saya untuk full format emang gak salah ya 🙂

  45. Hard disk saya kalo dipasang
    Tuh ga kebaca, tp kalo saya
    Pindah ke pc laen bisa kebaca.
    Gmn solusinya mas?? Apa kerusakanna

  46. gan laptop ane toshiba L630 hardisknya rusak
    kalo mau ganti hardisk
    hardisk apa yang cocok??
    apa semua hardisk suport kalo di masukin ke l630 ini??
    tolong di bantu

  47. Mas mau tanya..kan kalau hardisk sudah di format masih bisa dikembalikan dengan tools yg ada misalnya GETData Beck. nah file-file yg sudah terhapus tersebut tersimpan dimana? kok masih bisa dikembalikan?

    TErima kasih mas.
    Salam.

  48. mas, kalau sudah di format dan di scand disk pakai Easeus, partition wizard n seagate DW tapi tetep bad sector gimana?
    Apa satu2nya cara harus di low level format, soalnya belum ada hardisk buat backup data.
    Apa kalau dibiarin HD nya bisa rusak?

    Mohon pencerahannya….

  49. #69 Suwunx
    HDD bad sector tidak akan menular ke hardware lainnya..

    #70 Faishal
    Saya belum tahu sampai sedetail itu
    jika masih garansi sebaiknya di berikan ke servis saja, tetapi setahu saya memang tidak ada jaminan data bisa diambil lagi

    #72 obinote
    coba menggunakan software ISO to USB, gunakan ISO semisal hiren’s boot CD, mungkin bisa berhasil

    #73 bayu
    pastikan jumper HDD sudah benar, juga pemasangan kabel2nya. Jika memungkinkan update BIOS-nya

    #74 ahmad
    tolong untuk link sumbernya tidak hanya dengan kata sumber. Lebih baik dengan judul artikel atau minimal ebsoft.web.id

    #75 fanoy
    saya belum tahu kalau untuk ubuntu..
    belum familiar dengan tools-toolsnya

    #76 amet
    yang penting interface-nya sama ( socket atau bentuk konektor hardisk dengan laptop)

    #77 Kaka Babo
    format biasa sebenarnya tidak menghapus data, hanya alamat datanya saja yang di kosongkan atau dihapus, jadi sebenarnya datanya masih ada di lokasi yg sama..

    #78 Fajar
    sebaiknya prioritas pertama segera backup data
    karena jika ada bad sector dan senantiasa di coba format, scan atau recovery berulang-ulang, hardisk bisa semakin parah sampai tidak terdeteksi..

    Backup dulu data-data penting mumpung masih bisa terbaca..

    setelah itu coba low lvel format atau scandisk bawaan windows dengan mengaktifkan menu repair

  50. Gan, ane ad usb hardisk ekstrnal, tiap di colokin ke laptop/pc, slalu mncul blue screen n slalu ngrestart yg kta2ny “DRIVER_IPQL_NOT_LESS_OR_EQUAL ……..” ap msh bs d’prbaiki gan? krn sya rsa tu jd ky gt krn wkt sya lg mke hrdsikny tiba2 hang wkt lg co-pas jd sya matikan n cabut pksa gt gan usb ny, mhon bantuan nya gan….

  51. Saya terharu ternyata di Indonesia masih ada yang berbaik hati mau berbagi ilmu seperti di website ini… seandainya saya dapat membalas kebaikan tersebut?, karena selama ini saya merasa terbantu dengan adanya web ini. Mungkin hanya do’a yang bisa dipanjatkan semoga semua kebaikan ini mendapat balasan yang berlipat ganda… amiiin

  52. .
    neh ada yg lebih powerfull lagi.
    tingkatan menghapus isi harddisk ada 4 macam :
    1. Fast Format.
    2. Full format.
    3. Low Level Format.
    4. Zero Fill.

    Yg paling tinggi adalah Zero Fill, ini yg sering dipake teknisi untuk memperbaiki bad sector yg terjadi karena software, kalau bad sector yg terjadi karena hardware (misal krn sering mati listrik sehingga bunyi cekat-cekit) agak susah diperbaiki, tapi ada info, taruh hardisk anda di freezer kulkas selama 1 jam, lalu detect lewat PC dan cepat backup data anda, harddisk anda sulit kembali normal jika bad sector karena hardware.

    Low Level Format tidak saya anjurkan karena malah suka merusak harddisk (pengalaman saya).
    Lebih baik Zero Fill yg ada di program DOS Ontrack/Seagate/Maxtor/WD/Quantum (semua program DOS yg cuma dibawah 1MB/ 1 keping Floppy Disk, bisa pake UFD/Flasdisk).

    Semoga membantu …
    08989899051

  53. .
    Untuk Hard disk portable yg tidak terdetect, bisa jadi karena kabel rusak, konektor kotor atau yg paling parah ada kemungkinan sirkuit penghubung antara harddisk dan konektor USB sudah rusak bahkan harddisknya rusak.

    Saya punya harddisk portable Seagate Momentus 250GB yg tidak terdetect, ternyata sirkuit/mainboard kecilnya rusak, lalu saya bongkar dan ambil harddisknya saja, lumayan dengan kabel adapter dan power USB, bisa jadi harddisk portable lagi meski agak repot.

  54. kalau posisi bad sector terletak pada posisi paling depan kira2 bisa di potong nggak ,,, soalnya ada 1 masalah bad sector berat hanya 2 lba di bagian depan sendiri,,, terima kasih

  55. Aku punya dvd mp4 yg ada usb nya, dan aku pasang ke usb hardis exkternal 500gb kok gak bisa membaca, sedangkan plasdis 8gb kok bisa. gimana caranya dvd mp4 bisa membaca data dari hardis exkternal 500gb?….! trm ksh

  56. gan, salam kenal sekalian mo nanya, tadi malam saya install ulang laptop dengan window 7, dimulai dr jam 8 malam, baru beres jam 6 pagi, itu pun pas mau masuk window lamaaa banget (kayak hang). Saya kira ini ga normal,tp gak tau penyebab dan solusinya harus bgaimana, saya sudah install pake DVD-Rom eksternal (hasilnya sama), masa install windows hampir 12 jam gak beres2.Kejadian ini udah lebih dr 5x saya coba dan hsilnya sama kayak begitu. Mungkin agan bisa kasih solusinya? Thanks Gan.

  57. gan, salam kenal sekalian mo nanya, tadi malam saya install ulang lapto dengan window 7, dimulai dr jam 8 malam, baru beres jam 6 pagi, itu pun pas mau masuk window lamaaa banget (kayak hang). Saya kira ini ga normal,tp gak tau penyebab dan solusinya harus bgaimana, saya sudah install pake DVD-Rom eksternal (hasilnya sama), masa install windows hampir 12 jam gak beres2. Mungkin agan bisa kasih solusinya? Thanks Gan.

  58. #80 Tomy
    Coba di komputer lain, dan jika bi terdeteksi di BIOS, coba di periksa dengan bootable CD/USB under DOS

    #81 Dony
    Aamiin Terimakasih..

    #82 H3NO
    Terimakasih atas tambahan masukannya..
    Jika ada softaware bawaan vendor, maka sebaiknya memang menggunakan software tersebut

    #85 mustofa
    saya pernah mengalami hal itu, tetapi belum berhasil mengatasi jika bad ada di sector/track paling awal
    jika ada teman yang lebih tahu mungkin bisa menambahkan..

    #86 agushermansa
    bisa jadi format file systemnya berbeda, FAT32 , NTFS , dll
    atau keterbatasan membaca ukuran hardisk yang sangat besar..
    atau bisa jadi driver internal tidak/belum mendukung HDD eksternal

    #87 abu_idzul
    iya, kalau selama itu memang ada yang tidak normal
    normalnya kurang dari biasanya 30menit – 1 jam saja
    perkiraan saya hardisk bermasalah itu gan,
    coba periksa speed baca tulisnya, bisa menggunakan bootable UBCD4Win, Hiren’s Boot CD dan lainnya. Jika masih bisa masuk windows, coba install software seperti HDDTune

  59. Mau nanya mas kalo pas nyalain laptop trus ada pesan Smart Hard Disk Error itu kenapa ya??? trus solusinya gimana?? mohon bantuannya… terima kasih sebelumnya…

  60. Tolong Gan,

    Saya punya harddisk portable Hitachi 160GB yg tidak terdetect, lalu saya bongkar dan dengan kabel adapter dan power USB, ternyata OK. Tapi beberapa waktu kemudian (2-3 bulan) harddisk portable tsb. ga terbaca lagi. Gimana neh Gan mengatasinya?

  61. mas mohon pencerahannya..
    saya punya HD toshiba 500 gb..
    saya ngga tau knp datanya skrg ngga bisa dicopy kalo di copy pasti berenti di awal”..
    padahal itu data penting bgt mas, kata temen sih itu bad sector n datanya pasti rusak n ngga bisa selamet..
    kira” gmn menurut mas ebta data saya masih bisa selamet ngga ya..
    datanya lumayan banyak mas 362 gb..

  62. makasih gan ,, atas infonya ..

    di tunggu kunbal dan polbaknya gan ..

  63. gan mohon bantuan….
    hdd sya gak bisa kedetek bios…dan gak bisa masuk ke windows…
    no bootable device itu tulisannya….
    terakhir sya pake laptop buat main game…saya matiin ,,,pas di nyalain lagi udah gak bisa..
    gimana solusinya ni gan..mohon pencerahan..

  64. .
    pengalaman saya menggunakan hard disk Hitachi memang buat kepala cenat-cenut. Harddisk saya pakai 10 bulan dan ada masalah tidak terdeteksi, untung masih garansi jadi buru-buru aku garansi dan mendapat ganti.
    Bukannya mendiskreditkan merk tertentu atau mempromosikan hard disk tertentu, tapi pengalaman teknisi membuktikan mana merk hard disk yg mudah rusak dan mana yg bandel atau jarang rusak.

    Hard disk yg jarang rusak saya yakin semua setuju adalah Seagate yg pertama, WD yg kedua, selanjutnya merk lain suka rusak juga.

    Saya masih punya hard disk Seagate 20 GB tahun 1998 yg masih berfungsi dengan baik dan saya gunakan untuk sistem XP saja. Hampir ada 10 hard disk Seagate milik saya dari tahun 1998 sampai tahun 2012 yg masih berfungsi baik. tapi ada 5 hard disk Maxtor yg rusak, 2 harddisk samsung yg rusak, 2 hard disk WD yg masih baik dan 1 hard disk Hitachi hasil garansi.

    Lebih baik mahal dikit beli Seagate dibanding merk lain yg mudah rusak, apalagi tegangan listrik kurang stabil, wah tambah cepet rusak tuh.

  65. mas minta bantuan nih..knapa ya komputer saya setelah di instal dalam jangka waktu ga brapa lama smua program tersebut hilang kembali dan diminta untuk instal ulang..
    speck komputer sy mainbord sy merk foxcon pentium 4,ram 2gb ddr1,hardish 160gb,dvdrw vga nvidia geforce 256mb
    apakah yg hrs sy lakukan agar program tsb ga hilang lagi.

  66. mas kalo harddisk udah sama sekali ga kebaca masih bisa menyelamatkan data ga.?

  67. mas, saya mau nanya…
    harddisk saya ada bad sector dan weak/slow sector.. bad sectornya sudah berhasil saya hilangkan, tapi yg slow sector ga bisa saya hilangkan atau perbaiki.

    ada solusi ga mas????

  68. .. mo tanya nie,,laptop ak baru di instal ulang,pas ak bka partisi E lambat bnget kdang2 langsung restart sndiri..
    Trnyata di Disk it ad file yang gak bisa dibuka/del,, apakah itu trmasuk bad sector jga..

  69. Mas, saya tertarik dengan hdd regenerator full version (bukan trial), bgmna cara mendapatkannya.
    Apa yang ditawarkan ogaldanio full free-nya itu full version?

  70. Need help, harddisk gak ke detect sempat bunyi beep pendek 2 kali, trus saya matikan coba cabut dan pasang lagi hdd nya, suara beep hilang tapi tetep gak ke detect ma bios, masih bisa selamatkah datanya? Padahal terakhir pakai normal aja. Ada solusi gak mas, yang penting data selamat.

  71. gan,sya punya Toshiba Satellite C640, HD 500Gb,HD detect tapi tidak bisa diinstal selalu error, Low level format & EaseUS partition telh sya gunakan tetap saja tidak bisa diinstall alias selalu error, mohon petunjuk & pencerahannya..

  72. aku juga punya pengalaman biasanya hardis rusak padahal laptop masih keadaan baru dikarenakan membeli laptop di toko yang tidak resmi, harganya lebih murah. apa mungkin hardisnya diganti yang g original ya? bingung… kok bisa harganya lebih murah

  73. Problem solved, ternyata troble nya di psu, dah diganti psu nya semua lancar kembali, bahkan pas di cek hardisk nya mantap tanpa bad sector

  74. mas saya mau tanya kalo laptop mendadak blue screen knp ya??

  75. Mohon bantuannya…pc saya tidak bisa masuuk ke windows xp. Muncul pesan “NTLDR is missing….”. Tp ketika saya akan coba repair dengan CD Windows XP, cd tersebut malah tidak bisa terbaca dan muncul pesan “Fatal! Inconsistent data read from (0x80)xxxxx” Bagaimana cara memperbaikinya ? Terima kasih atas jawabannya…

  76. mas bro, hardisk laptop udah di unpartisi krn perkiraan bad sector. tetapi pas mau install windows g bisa nyape hanya 46% trus ane formatCnya eh malah formatnya g mau nyape2 hanya 20%. skrg sy pusing krn kg bisa apa2. ada solusi g ? klaupun mau di ganti HD rangka laptop udah rapuh ntar di bongkar malah bisa ngerusak.

  77. maaf mas, saya minta tolong..
    ini hardisk saya rusak, pas baru aja klik pada tombol power cuma keluar merk laptop doang trus ada bunyi” gtu stelah itu gelap semua.. udh gtu. gmna mas ngatasinya?
    pas saya liat” kyanya hardisknya tidak terdeteksi..

Comments are closed.