54

Perbaikan Kerusakan Sistem Komputer akibat Virus

Komputer yang sudah di bersihkan dari virus atau malware (worm, trojan dan sebagainya), tidak berarti komputer sudah normal kembali. Biasanya dampak setelah komputer terkena virus cukup banyak sehingga beberapa setting windows tidak bisa diakses, misalnya Task Manager, Registry Windows, Folder Options dan sebagainya. Untuk memperbaiki setting-setting itu kita bisa menggunakan software gratis Re-Enable.

Dengan hanya satu klik saja, maka berbagai setting windows yang tidak bisa diakses karena dampak virus akan dikembalikan ke keadaan semula (normal). Penggunaan Re-Enable sangat mudah, karena hampir tidak perlu kemampuan ahli untuk menggunakannya. Re-Enable dibuat untuk mengembalikan berbagai setting windows yang biasanya diubah oleh virus, seperti :

  • Registry Editor “regedit”
  • Command console / prompt “cmd”
  • System Restore
  • Start Menu, Run Command
  • Task Manager
  • Task Scheduler
  • Safe Mode, jalankan dari menu Tools
  • Restore F8 Safe mode “xp only” jika “NTLDR has been modified”
  • Menu Klik kanan (contect menu)
  • My Computer Properties
  • Search di Folder Options windows Explorer dan menu
  • MS Config (khusus win xp)
  • Restore key registry explorer
  • dan berbagai fitur lainnya

Pastikan bahwa komputer sudah sudah bebas dari virus untuk mendapatkan hasil yang di inginkan. Karena jika komputer masih terkena virus (virus masih aktif), setelah di aktifkan dengan Re-Enable, kemungkinan setting akan di ubah lagi oleh virus.

Re-Enable dikembangkan dengan Microsoft .Net Framework, sehingga untuk menjalankannya di komputer harus terinstall Microsoft .Net framework 3.5 sp1 atau diatasnya. Tetapi bagi yang belum ada .net, tersedia juga versi yang sudah menyertakan .net didalamnya, hanya saja ukurannya cukup besar (sekitar 22.8 MB)

Jika di komputer sudah terinstall .Net 3.5 sp1, maka kita tinggal download Re-Enable Lite yang ukurannya sekitar 773 KB saja. Untuk mendapatkan software ini silahkan langsung mengunjungi Halaman Download Re-Enable.

ebta

54 Comments

  1. Top Markotop infonya..bertambah lagi referensinya..Btw Keduaaxx..tapi ga pa lah.

  2. Syukron untuk infonya. Jazakallah khair katsir. BTW maaf, kalo windows bajakan apa masih bisa ?

  3. Makasih infonya Mas..
    Mas…microsoft office saya yg dikomputer kalo lagi mau buka dokument knapa langsung close ya mas (officenya dan documentnya)? apa karena virus ? ada yang salah diregistrinya sehingga ada perintah close kalo buka document dengan mcrs office

  4. thanks banget mas infonya, karena barusan komputer saya habis kena virus trojan… nunut sedot mas…

  5. Makasih lagi mas, mau tanya klw microsoftnya non ori ada pengaruhnya ngga kalau sy download. Thxs

  6. Terima kasih banyak untuk ini. Aku virus di komputer saya, aku membersihkan mereka, tetapi komputer itu tidak berjalan baik. Sekarang aku tahu kenapa! Aku tetap masalah berikut saran Anda!

  7. Ass..Makasih Mas….cuma kalau yg rusak bukan yang dicontohkan gimana ya…?

  8. info wajib yg diperlukan bg pemake internet…mantap,,

  9. Ass.Wr.Wb. Utility ini kayak Sreng dari Kztechs ya?? Kira2 bagusan mana seh?? Wass.Wr.Wb.

  10. Bagi konco2 yang lagi puyeng ,,? mau solusi ‘refiessing’ mengetahui suasana tempat wisata dijepara silahkan kunjungi yaaaccc,,?

  11. Mas, kalo folder komputer kita nggak ada namanya kenapa yah, Mas? Padahal kalo di-rename atau dirubah ‘View’ nya baru keliatan. Misalnya dirubah dari ‘thumbnail’ ke ’tiles’ baru atau sebaliknya.
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  12. Mas Ebta, klw kita beli software melalui internet bayarnya pakai kartu kridit aman ngga? atw menurut pengalaman mas Ebta paling aman pakai cara apa? thxs alot.

  13. @Abi Nadia
    Seharusnya nggak masalah, karena nggak ada hubungannya dengan ori ata tidaknya

    @rinaldi
    bisa jadi ada yang rusak, terken virus atau yg lain
    coba di repair saja

    @Anton aja
    seharusnya tidak masalah..

    @bambang
    misalnya seperti apa ?
    berarti mungkin tidak bisa pakai tools diatas

    @Yadek
    Portable utilities yang mana ya ?

    @joel
    iya, seperti kztechs, hanya ini lebih mudah saja, terutama bagi kebanyakan pengguna komputer..

    @Edi
    hmm.. belum tahu kalau yang ini..

    @Ryan Bram
    ada beberapa file windows yang memang disembunyikan, seperti misalnya thumbnail itu..

    @Anton Aja
    asalkan dari website yang terpercaya insyaAllah aman
    alternatifnya menggunakan Paypal

  14. assalamu alaikum mas ebta,disk defragment pada window xp saya tidak berfungsi.bagaimana caranya supaya bisa aktif lagi.saya lebih suka pakai defrag bawaan window dari pada software defrag yg lain sep.defragler/puran/auslogig dll.terimakasih wassalam

  15. a,kum bagaimana klu komputer itu background dia tak mau muncul dan bagaimana nak padam software yg tak leh pakai @ tak sesuai…

  16. mas ebta untuk windo 7 Re-Enable nya ada nggak mas…makasih mas ebta

  17. baik mas ebta,pesannya sbb “The disk defragmenter is not installed on your computer.To install it double click the add and remove program icon in controll panel.click install/uninstall tab and then follow the instruction on your screen.Saya sudah coba mengikuti istruksi tersebut tapi belum bisa juga.Semoga mas ebta bisa membantu saya to solve the problem.thanks

  18. thanks u so much …mas…info yg baik …n manfaat…dri pd di repair system or format…saya kira software re-enable cukup bermanfaa wa syukron.

  19. gan virus apa klo semua program dah gak bisa kita buka apapun dah gak bisa seperti txt. exe. jenis virus apa ini apaad cara untuk memperbaikinya

  20. Om mau tanya nich… ini virus hebat banget. padahal udah aku scan ama avira yang terbaru update bulan april 2011. dan virus terdeteksi dan di hapus, namun setelah di restart virus itu kembali lagi. ada saran nggak om untuk ini.klo tool re-enable nya, emang berfungsi banget. dan jempol deh pokoknya

Comments are closed.