46

Performa Antivirus Terbaik versi PassMark

PassMark Test

Setelah sebelumnya pernah menuliskan tentang antivirus terbaik berdasarkan test dari AV-test.org dan Av-Comparatives, kali ini kita akan melihat performa berbagai antivirus yang ditest oleh PassMark. PassMark merupakan perusahaan pengembang software dan hardware untuk pengetesan Komputer yang berpusat di Sydney, Australia.

Berbeda pada 2 test sebelumnya yang berfokus pada kemampuan antivirus dalam mendeteksi malware ( virus, trojan, worm dan sebagainya), PassMark lebih berfokus pada kinerja /performa. Antivirus apa saja yang ditest, apa kriterianya dan bagaimana hasilnya ?

Antivirus yang di Test

Jumlah antivirus yang ditest adalah 12, dan memang tidak tidak selengkap/sebanyak yang dilakukan oleh Av-Test dan Av-Comparatives. Berikut daftar antivirus tersebut :

  • Norton Antivirus 2009
  • ESET NOD32 Antivirus 3.0
  • Avira AntiVir Free AV 8 129
  • Avast! Antivirus 4.8
  • Rising Security Antivirus
  • Kaspersky Antivirus 8
  • SourceNext Virus Security ZERO 2008
  • AVG Free AV&AS 2008
  • Norton Antivirus 2008
  • Trend Micro Antivirus 2008
  • G-Data Antivirus 2008
  • McAfee VirusScanPlus 2008

Berbagai Kriteria /Test yang digunakan

  • Boot Time Waktu windows booting setelah AV di install, dengan masing-masing produk diulang rata-rata 15 kali.
  • Kecepatan Scan Waktu scan, dengan jumlah 6159 file, total 982 MB. Sebagian dari file sistem windows dan lainnya dari file-file office, image, dan lainnya.
  • Kecepatan Tampilnya Antarmuka (User Interface) waktu diukur baik dengan software maupun dengan manual (dengan stop watch)
  • Penggunaan Memory Setelah komputer booting maka penggunaan memory di ukur, setiap 5 menit sampai 15 kali pengukuran. Software yang digunakan adalah Sysinternals Process Explorer.
  • Kecepatan Loading Internet Explorer (IE) Mengukur seberapa besar efek antivirus/produk dengan kecepatan loading IE.
  • Waktu Instalasi Mulai dari awal proses sampai produk siap digunakan. Sehingga mencakup Extraction dan Setup, Copy File dan Post Installasi.
  • Ukuran File Installasi mengukur penggunaan space di hardisk.
  • Jumlah Key di Registry Tiap antivirus yang sudah di install, biasanya akan menambahkan key di registry, dan tahap ini akan menghitung jumlah total key yang di buat setelah antivirus di install.
  • Performa Real Time Test ini meliputi seberapa cepat proses Copy, Move dan Delete file ketika antivirus sudah terinstall di komputer. Dengan jumlah sample 812, total 760,867,636 bytes.
  • Installasi program lain (pihak ketiga) Test ini mengukur seberapa lama ketika antivirus sudah terinstall dan digunakan untuk menginstall dan uninstall program lainnya. Digunakan sample Microsoft .NET Framework 2.0 (*.msi).
  • Download file Binary Waktu yang diperlukan untuk download file binary dari internet ( media dan dokumen), total sekitar 550 MB.
  • Konversi format File Waktu untuk mengkonversi audio dari MP3 > WAV dan MP3 > WMA.
  • Kompresi dan Dekompresi File Waktu yang diperlukan program 7Zip untuk membuat arsip file zip dan dekompresi zip tersebut. Total 404 file dengan ukuran 277 MB meliputi dokumen dan media.
  • Menulis file, membuka dan Close Proses ini melakukan test Input/Output (I/O), dengan software OpenClose.exe yang melakukan proses baca tulis file di hardisk.

Sistem yang digunakan

IBM/Lenovo A55 ThinkCentre Desktop, Core2 6300, 1GB of RAM, 220GB Hard Disk Drive. Sistem yang digunakan adalah Windows Vista Ultimate (32-bit).

Bagaimana Hasilnya ?
Secara keseluruhan, hasil test untuk Antivirus adalah sebagai berikut :

Berikut hasil detail dari beberapa test yang mungkin cukup penting bagi sebuah antivirus ( Semua grafik berikut, Semakin kecil nilainya semakin baik ): . Untuk hasil lengkapnya silahkan mengacu pada dokumen di PassMark.com

Kecepatan Scan

Penggunaan Memory (RAM)

Waktu membuka IE (Internet Explorer)

Jumlah Key di Registry

Proses Write, Open Dan Close File

Perlu diingat bahwa PassMark tidak mengetes kemampuan untuk mendeteksi malware, tetapi hanya kinerja (performa) saja, sehingga hasil diatas saja tidak bisa memutuskan antivirus yang terbaik. Tetapi bisa dijadikan pertimbangan atau perbandingan untuk memmilih antivirus, terutama jika sistem memiliki kinerja yang pas-pasan. ( http://ebsoft.web.id)

Sumber : www.passmark.com ( Hasil lengkap dalam bentuk PDF )

ebta

46 Comments

  1. jagoan untuk basmi virus di komputer saya juara 4 hehehe… berarti lumayan bagus ya mas ebta. Penggunaan memory yang sedikit berarti meminimalisir kinerja komputer itu sendiri… tapi yang salut untuk hal itu adalah norton !! keren pisan cuma memakai 5.38 Mb untuk menjalan kan sistem proteksi virus di komputer na…. Congrat for norton.. but i still use my avast hehehe…

    Thx mas ebta info berguna nya.. share lebih banyak informasi menarik mas 🙂

  2. @Bayu
    Iya, Symantec itu perusahaannya Norton Antivirus..

    @dihanpramana
    Ya, untuk kinerja cukup bagus sudah no.4 perlu dilihat juga kemampuan menangan virus..

  3. Assalamu’alaikum…….

    Kang Ebta, ada gak ya key license Avira Antivir sampai beberapa tahun seperti AVG??? atau cara memperpanjang masa aktifnya??? syukran Kang Ebta ^_^

    Wassalamu’alaikum…….

  4. Assalamu’alaikum.

    Mf agak melenceng nih!
    Microsoft .NET Framework 2.0 (*.msi).berfungsi untuk apa mas?
    Coz kpn hari aku disuruh install Microsoft .NET Framework 3.5 untuk dapat membuka website.
    Sebelum dan sesudahnya aku ucapkan terima kasih.

  5. Saya pakai AVG Free 8.0, kayaknya kalah dalam persaingan performance. Tetapi masih jago dalam melawan virus, trojan, dan sejenisnya ^_^

    Masih tetap setia ama AVG free. Mau coba license gratis AVG tapi download installernya lambat banget.

  6. @Cahyana Putra
    Wa’alaikumsalaam
    Sampai saat ini sepertinya belum ada…

    @Ghofur
    Wa’alaikumsalaam
    Wah kalau membuka website jangan mudah percaya dulu, bisa-bisa malah berisi trojan, virus dsb.
    Biasanya diperlukan untuk software-software yang dibuat dengan teknologi .NET (misalnya dibuat dengan Visual Basic .NET). Biasanya ada keterangan jika suatu software memerlukan .NET Framework

    @Haris
    Iya memang besar, sekitar 66 MB..

  7. mas ebta

    komp gw cm puna memori 256
    bgusan make AV yg mana y ?

    skrg lg make avg8 n spy hunter

    mohon pencerahan ny. . .

  8. Saya pernah coba AVG Free 8 AV hanya saja kalo saatnya update yang diseting otomatis sering “nyangkut” karena koneksi internet gak selalu aktif, akhirnya install ulang AVG-nya lalu update lagi deh. Gaktau mungkin saya salah setting ato emang gitu

    Nah untuk Avira Free 8 itu asik banget update-nya mudah bahkan file update-nya bisa didownload tanpa koneksi langsung seperti Avast.

    Tapi saya lebih Cinta ama Kaspersky 7 karena dari segi tampilan lebih memikat hati + pilihan “disinfect” yang paling saya idamkan, untuk versi 8 pernah coba tapi masih pusing dengan tampilan barunya hehe…

    Eit… si Norton 2009 dah banyak perubahan tuh terutama dari kecepatan, pengen selingkuh sejenak ama Norton aaah.. Maaf ya KAV, cuma tes aja kok

  9. @lukman
    coba gunakan avira atau avast saja, kalau avg 8.0 akan memberatkan sepertinya

    @rangkayu
    Nanti kalau ada informasi setelah menggunakan Norton mungkin juga bisa di informasikan disini.. 🙂

  10. mas ebta, memang norton yang baru lebih hemat resources memori komp. kita ya?? sama Avira antivir premium yang sama2 punya fitur lebih, masih hemat mana? makasih mas atas info nya ini…:-)

  11. satu lg mas mo tanya,clamav yang disertakan di majalah pcmedia mempunyai scanner antispyware apa tidak? soalnya kan free jg.

  12. Salam…
    Trimakasih atas info-nya….
    Mo tanya mas, 2 hari belakangan ini saya kesulitan update Avira, nama filenya antivir0.dbf.gz, ukuran 15M. kalo file antivir3.dbf.gz ukurannya sekitar 200 kbyte.
    angka 0 (nol) di belakang file update itu maksudnya apa ya? update bulanan?
    Avira saya sdh terupdate smpe 2 hari yg lalu (searchengine: v8.02.00.09, vdf: v7.00.07.94
    Gmn caranya supaya sy bs update manual yg 15M itu????

  13. mas ebta komputer q kan pnya P3 933 MHZ 376 RAM, yang saya mau tanyakan apa bisa avg 8 saya install dan apa bisa memberatkan komputer saya? mohon bantuanya ya mas

  14. Ko bitdefender ga ada…???
    saya pakai Bitdefender Total Security 2009, dan bagi saya lumayan bagus,. Ko Norton yang di tes sampai ada 2 ya..??? Jadi curiga niyh… hehehehe… 🙂

  15. Mas Norton 2009 bnr2 irit memory atw cm boongan??n update na gd bgt gk cos aq make Avira neh skrg. Oya kpd tmn 2 aq mo jual PS3 ada 3 unit lngkp 2 stik+kaset+kabel HDMI msh br 1 bln jarang2 pake. msng2 Rp 4,5 Jt bs nego n 3 unit TV LCD HD READY SAMSUNG 4 SERIES Hrg Rp 5.5 Garansi 11 bln msh br hub.sms:085691472984 atw 02199155478 Jakarta Utara.

  16. @yudha
    kalau melihat hasil diatas ya..
    setahu saya clamav tidak punya fitur scan spyware.. (mohon dikoreksi jika salah)

    @abu izza
    ada artikel tentang ini, coba dibaca artikel tentang tips update avira antivir..

    @shihoo
    InsyaAllah bisa saja, tetapi sepertinya cukup memberatkan, apalagi jika aplikasil lainnya cukup banyak yang aktif

    @arsip
    Ya, bitdefender tidak masuk pengetesan

  17. @joel
    Kelau melihat hasil test PassMark memang hemat memori..

    @Yudha
    Iya, memang ukurannya berkurang, itu bisa saja. saya malah belum ngecek signaturenya..

  18. koq file2 dari ebsoft yang qur’an dsb tak bisa diextrak alias file nya nihil

  19. Assalamu’alaikum Warahmatullah
    Mas Ebta, coba dong sekali-sekali menguji cobakan antivirus lokal seperti pcmav, smadav, ansav, antv, dll. Karena itukan antivirus buatan anak negeri sendiri mas, saya kira antivirus buatan bangsa sendiri gak ada salahnya diujicobakan, biar kita bisa mencintai produk2 bangsa sendiri, terima kasih sebelumnya.
    Waalaikumsalam Warahmatullah.

  20. @b-dul
    terimakasih atas informasinya, sepertinya ketika migrasi kemarin file yang saya upload rusak.. insyaAllah saya coba cari solusinya nanti..

    @romeo
    wa’alaikumsalaam warahamtullah
    Iya usul yang bagus, ingin juga seperti itu, tetapi sample virus (malware) yang ada disini sampai saat ini masih terlalu sedikit..

  21. Wah numpang tanya boleh khan??
    Antivirus yang baik buat scan jaringan apa ya? ato yang bisa scan komputer lain lewat jaringan.
    Thanks ats jawabannya

  22. @yudha
    sama-sama mas..

    @toxx
    Saya sendiri kurang begitu tahu kalau untuk jaringan. Selain itu kalau untuk jaringan, biasanya antivirus hanya bisa mendeteksi, tidak bisa menghapus atau karantina. Kecuali di client juga di install antivirus / tools..

  23. Mas?.. Bisa minta licensenya nav 2009 yg full version nggak?
    makasih ya mas..

  24. alhamdulillah………….
    setelah cari k mana2…
    ketemu jg orang yg tepat buat ditanya2… 😀

    saya make XP & dari dulu setia make AVG, palagi pas bang ebta ngasih trick buat AVG yang sampe 2018… thanks yap!!

    lg ada masalah nih… entah krn virus atau apa, taskbar saya sering berubah warna jadi putih & kotak ( kaya windows lama )
    trus, koneksi network sama sharing data nya jd error gitu…
    gmn cara benerinnya nih bos ?

  25. Wuih Norton Internet Security 2009 emang siip nih.
    Aq udah nyoba lewat program OEM nya yg gratis 90 hari (meskipun cuma bisa 2 doang alias 180 hari aja) suer bener2 irit memory aq cek di windows task manager cuma ada 2 file dari norton yaitu nvsvc32.exe (2,192 kb) sama ccSvcHst.exe (Kisaran + 5,000 kb).
    Cuman sayang aja program OEM dari mas Ebta cuma 2 aja yg bisa didownload jadi cuma bisa 180 hari itupun kudu di uninstal dulu. Di forum ini kemaren ada dari Mas Donny katanya punya Cracknya biar sampe selamanya. Tapi aq belon nyoba apa mungkin ms donny mw ngejelasin ato temen2 laen yg udah nyoba pake trial reset nya NIS 2009 ? trims

  26. mas ebta,,
    ada link biar bisa freedownload ESET NOD32 yg terbaru ga???tapi bukan yang trialnya,,
    terima kasih sebelumnya,,

  27. @ toxxk
    kalo bwt jaringan keknya cocok pake kav7 ato kis7, selain bisa ngedetek virus di jaringan juga bisa ngebersihin (delete)virus di jaringan tsb dengan syarat drive/folder clientnya harus di share full. Selama ini gw pake kav7 lumayan ampuh basmi virusnya, sayangnya key gw tinggal 2 bulan lagi abis, ada yg punya key kav7 bwt beberapa kompi gk share plz ^_^

  28. saya cuman mau bagi pengalaman aja neh…
    Norton AV 2009 yang saya pake skarang alhamdulillah puas banget.
    buat kompi saya yang bisa dibilang ‘lelet’, santai wae klo pake norton 2009.
    dulu pas peke NOD 32, kinerja kompi saya lumayan berat pas full scan.. Tp pas pake norton 2009, scannya cepet, enteng, mau ngetik sambil full scan juga ga masalah..
    cuman updatenya aj nih yang kadang2 bikin rewel. Ap jgn2 saya males update kali. hihihi…

  29. Norton 2009 mank oce bgt.. selaen performa yg stabil.. hemat resource jg bs dcrack trialny.. gw pk versi 90 hari yg g hbs.. hehehehe

  30. Kaspersky TOP.
    Ngeri! Mungkin dari segi detect kaspersky no. 1.
    I love kaspersky.
    Mas admin pakai bajakan ya?
    Hehehe (dari gaya bicaranya)
    mau key cari di kavkiskey.com aja mas!

  31. wah emang sih untuk versi NAV2009 ini lebih hemat memory yang ditampilin di taskmanager. tapi pada kenyataannya sama aja kok loading dll nya masih agak lemot. klo urusan scan sih emang jawara speednya tapi buka program yg agak beratan dikit kaya autocad 2009/ max 2009 wew berat abis loadingnya. ampe sekarang masih cinta dengan eset nod32 dah 4 taun pake ga pernah kecewa hahaha. mumpung di kasih gratis ama kantor 😛

  32. Pingback: Tips Mendapatkan Lisensi Gratis Antivirus Berbayar | ::: Rafki Rasyid.com

Comments are closed.