98

Sabily, Ubuntu Moslem Edition 9.04

Sabily Ubuntu 9.04

Setelah Ubuntu 9.04 di rilis pada 20 April 2009 kemarin, tidak lama kemudian muncul distro Ubuntu yang telah di modifikasi (ditambah) dengan berbagai software islami. Linux ini sebelumnya lebih populer dengan nama Ubuntu Moslem Edition dan kali ini diubah dengan nama Sabily.

Sabily 9.04 dengan kode nama Taibah ini menyertakan berbagai software islam, seperti pengingat sholat, Al-Qur’an browser, bacaan Al-Qur’an beberapa syaikh, dan lainnya

Sabily 9.04 ini tersedia dalam 3 paket yang dapat dipilih :

  • Small version (935 MB), yang berisi Paket utama Sabily, aplikasi islami dan dukungan Arabic
  • Full version (1.4 GB), isinya seperti diatas dengan tambahan multimedia, paket edukasi dan tambahan lainnya. selengkapnya
  • Full version with recitations (2.8 GB) Isinya seperti paket full version dengan tambahan bacaan Qur’an dari Muhammad Siddiq al-Minshawi, Huzify, Sa’ad al-Ghamadi dan Mushary Rasyid Al-afasy

Download paket CD (184 MB) juga disediakan untuk meng-konversi Ubuntu 9.04 menjadi Sabily 9.04.

Apa Saja isi Sabily 9.04 ?

Seperti halnya Ubuntu 9.04, Sabily tetap seperti induknya, menyertakan fitur utama Ubuntu disertai dengan program-program islam seperti :

  • Tampilan wallpaper sabily, theme, cursor san lainnya
  • Minbar, aplikasi pengingat sholat
  • Zekr, Aplikasi yang berisi Al-Qur’an dan terjemahnya
  • Monajat, aplikasi yang memberikan informasi waktu sholat setiap waktu tertentu
  • Firefox-praytimes, tambahan aplikasi di browser Mozilla Firefox untuk menampilkan waktu sholat
  • webstrict, Aplikasi untuk memfilter konten website
  • thwab, Sistem Ensiklopedia elektronik
  • hijra, kalender islami
  • mus-haf Othman, Aplikasi browser Qur’an
  • Mendukung Arabic, meliputi : tampilan/antarmuka berbahasa arab, dictionary untuk pengecekan kata, acon (text console) dan bicon ( console yang mendukung tampilan text bidirectional).

Fitur-fitur diatas adalah fitur paket Small version. Untuk paket Full version ditambah dengan paket ubuntu lainnya seperti : w32codec, vlc multimedia player, flash plugins, Microsoft TruType core fonts, berbagai program edukasi seperti : stellarium, celestia, kstars, kalzium, tuxmath, dan lainnya. Selain itu disertakan juga paket java-runtime-environment (JRE), rar, unrar, linscape, virtual box, ubuntu tweak, gparted dan lainnya. Selengkapnya

Untuk paket Full version with recitations, disertai dengan tambahan bacaan Al-Qur’an dari Muhammad Siddeeq al-Minshawi (16kbps, 193 MB), Huzify (24 kbps, 322 MB), Sa’ad al-Ghamadi (40 kbps, 433 MB) dan Mishary Rashed Alafasy (40 kbps, 508 MB).

Beberapa tampilan Sabily 9.04
( klik untuk memperbesar gambarnya )
sabily-gdm-login

sabily-gdm-splash

sabily-theme

sabily-zekr

sabily-hijra

ebsoft ( sumber : Sabily Website )

ebta

98 Comments

  1. Assalamu’alaikum wr wb
    Nice post Kang…

    Wah…ubuntu ME makin mantep aja nih…tp btw semakin canggih ubuntu makin minta spek komputer yg mumpuni juga Kang…
    Ubuntu ME 8.04 aja udah empot-empotan di PIII RAM 256 ane…

    Wass. wr.wb.

  2. masih pakai windows, moga ja ntar ada windows yang insyaf ky gini..hehehehe…
    no 2 nich

  3. aslmkm.. slm knl sblmny, kbr bgs niy, thx 4 sharing! jzkAllahkhair..

  4. Assalamu’alaikum.. Ada pa tidak ya yang udah punya dalam format CD/DVDnya ? Ngopy donk….

  5. Assalaamu’alaikum…
    ada juga linux islami.gimana cara mendapati CD ato DVDnya?

  6. Assalamu’alaikum.
    Wah,bagus banget. Kalo boleh Mas Ebta bisa tolong copykan DVDnya, biar kita ganti ongkosnya. Soalnya kalo download file seged

  7. Ass wr wb mas ebta setuju ama usul musrofa kalo donlot bergiga waw bisa lama

  8. assalamu’alaikum
    Yup, another nice ubuntu linux distro…
    Windows will follow soon ???
    Who knows…

    Thanks bgt atas arikelnya
    ZonS

  9. Wah tampilannya dan fiturnya lumayan bagus juga.
    Tapi mau download besar amat.
    Copy donk mas ebta, kirim lewat pos.
    Sukron infonya.

  10. Assalamu’alaikum…
    Wah, akhirnya dah kluar versi 9.04. UbuntuME ane masih 8.04, blm sempet upgrade, untung aj masuk kategori LTS (Long Term Support).

  11. Jadi tertarik pengen nyoba…
    cara installnya gimana mas? Ada yang versi ngga perlu diinstal ngga (loading dengan CD/DVD)?

  12. Boleh tuh cara dapetin CD/DVD nya gimana yach info dong!

  13. Assalamu’alaikum…
    Hmmm…mantep neh. Mantep Infonya, Mantep OS nya mantep juga Donlotnya (lama banget)… 😀

  14. Assalaamu`alaikuM!

    bener bang ide teman yg lain, gimana klo mas ebta copy DVD`y
    ya biar kita ganti ongkosnya….!

    Smg Alloh membalas kebaikan mas ebta!Amiiiiiiiinnnn………

  15. makasih mas infonya….
    di unduh dulu ne…

    mama q kebetulan nyuruh nyari ubuntuME
    hehehe
    pas bgt….

  16. pengen deh ganti ubuntu ME tapi apa mau dikata…kompie ku ngak kuat….

  17. Assalamualaikum wr. wb.
    Mas m0 tx tp kluar dr artikel ni.
    Pa da aplikasi Adobe Flash Player for Mobile? L0 da donludx dmn? Ksih tw alamatx dunk n gmn cara donludx?…
    Thanx ya mas..

  18. Assalamualaikum
    Sodara2 dimana ya saya bisa deli CD Sabily tersebut tolong dong kasih alamat dan berapa infaqnya

  19. ada gak ya themanya ubuntu ME ini buat windows xp

  20. Linux ya..? Ehm..sebenarnya seh pengen nyobaiin tuh Mas, biar ada OS yg legal buat kompi yg satunya(Nah, ketahuan tuh..). Tapi kalo liat gedenya segitu..ALAAMAAAK, bisa abis quota sekali donlot..

  21. Assalamu’alaikum.

    Saya seorang pecinta Linux Ubuntu. Alhamdulillah saya berhasil mengunduh Ubuntu 9.10. Begitu Ubuntu ME 9.10 aka Sabily ini rilis (kalo ga salah sih, 6 hari lalu), saya langsung kepincut juga.

    Nah, bagi rekan2 yang pingin pake Sabily ini, tapi punya kendala dengan unduhannya, saya sarankan cari/beli aja CD/DVD-nya. Sekarang sudah cukup banyak kok, toko online yang menyediakannya. Cukup dengan biaya yang relatif murah dan -menurut saya- sangat2 terjangkau. Maaf, saya tidak sebutkan nama2 tautannya, supaya fair. Silakan googling aja dengan kata kunci “DVD linux sabily”

    Oya, untuk Windows mania yang pingin pake Windows ori dengan gratis, pake aja Windows 7 RC (Release Candidate). Bisa dipake dengan GRATIS & LEGAL sampe Juni 2010. Langsung aja unduh dari situs Mikocok, eh Microsoft. Tersedia mulai 5 Mei 2009 s.d. Juli 2009. Buruan unduh sebelum tutup!! Saya sendiri udah pake. Lumayan, Asli loh! Gratis lagi.

  22. @Azarbhas
    Wah, boleh tuh info DVD linux-nya, Mas. Untuk Windows 7 RC, saya udah donlot hampir 30% tapi keburu musnah quota internetnya nih. Mas bisa bantu nggak ama DVD-nya? Biaya digantiin deh…

  23. To quro@75
    sebenar dvd windows 7 rc pernah di muat di bonus dvd majalah pc media bulan april (kalo ngak salah) saya udah cari di kota saya edisi tersebut tapi udah ngak ada lagi mungkin di kota quro@75 masih ada ato tanya ama teman quro@75 kalo ada yg membeli majalah edisi tersebut mungkin azarbhas ato siapa pun yg mau bantu saya juga mau

  24. Walaupun ada berjuta2 system operasi di dunia,XP tetap pilihan ku…hidup xp….hidup xp….hehehe….

  25. Untuk DVD, saya sendiri belum punya, mengingat ukurannya memang cukup besar. Semoga kita bisa segera mendapatkannya di CD majalah linux atau tabloid PC lainnya..

    Jika sudah ada yang mendapatkan dari majalah/tabloid, mungkin bisa di informasikan disini..

    @Dudi
    seperti Ubutu, seharusnya bisa dijalankan langsung dari DVD untuk mencobanya ( Live DVD)

    @steinesia
    hmm.. coba dari sini
    http://www.adobe.com/mobile

  26. iya buat yg mo beli dvd linux google aja: jual dvd linux sabily. harganya rata2 15.000 plus ongkos kirim. sekalian beli dvd repository ubuntu 9.04 buat install aplikasi offline sekitar 6 dvd 70 rb. karena turunan ubuntu hampir semua pertanyaan bisa dijawab di forum2 ubuntu indo yg udah rame.

  27. Mas, mau tanya nih… tuh linux support buat laptop 32-bit gak…? Kemaren ane dunlud n nginstall ubuntu 9.04, eh ternyata gak jalan di laptop ane…

  28. oo ya boz.. tolong bantuin.. ane gaptek…. laptop ane Celeron dual core 1.66 GHZ, 512 DDR2, 32-Bit. Cocok gak buat sabily..??? Plissss…

  29. Iya deh. Insya Allah saya siap bantu rekan2. Hubungi aja lewat email.

  30. wahhh makasih ya mas….infonya bagus…saya juga mau coba nih
    itung2 mau belajaar linux, apalagi yang islami(biar tobat).^_^

  31. thank mas ebta atas infona,,,,,,qra2x support ntuk semua software desain gak. all adobe gitu cz blum prnah pke linux….

    maju terus ebsoft

  32. duh.. maz ebta lum bales bales nih… Sabili tuh requirmentnya apa aja sih… ???
    Prosesor ane cuma celeron 1.66 GHz, Ram 512 MB, 32-bit.. support ga..???

  33. Jalankan Sabily pada Virtual Box

    Ikuti langkah berikut bila ingin menjalankan Sabily pada sistem operasi lain

    Virtual Box adalah perangkat lunak virtualisasi yang berarti Anda dapat menjalankan sistem operasi “tamu”pada sistem operasi “host”. Sebagai contoh,bila Anda menggunakan Windows pada komputer Anda, Anda dapat menjalankan Sabily seperti sebuah aplikasi di Windows. Tidak membutuhkan menulisi DVD dengan Sabily, kemudian menginstalnya… Jadi bila Anda takut kehilangan data dengan menginstal Sabily di komputer Anda, atau Anda hanya ingin mencobanya saja, instal Virtual Box, unduh image Sabily dan jalankan!

    Berikut ini instruksi selengkapnya:

    * Unduh dan instal VirtualBox 2.2.2 disini
    * Unduh image Sabily disini (unduh kedua berkas, .vmdk dan .ovf)
    * Jalankan virtualBox dan pilih “import virtual appliance”, kemudian cari berkas .ovf yang telah Anda unduh (berkas .ovf dan .vmdk harus dalam satu folder)
    * Periksa ulang mesin anda (terutama memory, di set pada 512MB, namun Anda dapat menambhakannya bila Anda memiliki memori lebih) dan jalankan.
    * Log in menggunakan: username -> test, password -> S)bilY (keyboard disetting pada qwerty pada default)

  34. wah kepengen nich cb linux sx an belajar …… dvd na bs d dapat dmn y??????

  35. Linknya ada di command no 50 (Catur Prasdianto) di atas.

  36. ubuntu memang kereeen.., sekalian nanya, ada yg tau ga caranya mengetahui procesor kita 32bit ato 64bit? apakah x86 family selalu 32bit?

  37. @hadi
    iya support, mungkin itu salah download yang 64bit

    @masakan kita
    iya sama sebenarnya, saya sudah lama tidak nulis artikel juga tidak menanggapi komentar-komentar yg masuk..

    @Hadi
    seharusnya masih bisa…

    @ Catur Prasdianto
    terimakasih atas tambahan informasinya

    @signal
    jika dengan windows, klik kanan my computer dan pilih properties. Jika tidak ada keterangan 64bit, berarti itu 32bit

  38. Assalamu’alaikum…
    Q punya Axioo versi Neon MNC,.Dual Core RAM 2G!!Suport ma sabily 9.04 g??
    Mohon bantuan cara instalasi ny,.ntar kirim lewat e-mail ja!

    Sukron,,
    wassalam..

  39. buat yang pengen sabily small version …. bisa peasn aja sama ana…. instya alllah ntr di kirim…
    cm ganti ongkos … kirimnya aj…oke…

  40. assalamualaikum

    buat temen2 yang pengen ubuntu DVD / CD Versions, silahkan PM atau email saya di hariyadi_mks(at)yahoo(dot)com
    ganti aja ongkos kirim dan DVD/CDnya ya..

    kebetulan saya punya isonya.. ntar tak burningkan
    yang penting ganti aja ongkir dan biaya CD/DVDnya ya

  41. aq dah siap Dl siap install suwun ubuntu sabily adem di liat

  42. belajar linux kepalaku sampai pucing…………
    tapi asyiki puol….
    g cuma klik exe tunggu selesai

  43. Aku punya kendala dengan Ubuntu ME 8.1, yaitu Ubuntu ME-nya ga bisa Shutdown trus saya coba ganti dengan Open suse 11.1 ga bisa shutdown, (setelah shutdown CPU ga mau mati otomatis kayak Windows). Kira2 kenapa ya? Oh ya Kompi saya P4 1.7 Ghz Intel, dengan RAM 256 MB.

  44. sayang belum ada ship it nya, tolong buat mas ebta bantuin develop sabily juga

  45. aduh gmn y dah 2x nich download sabily dah 55% putus mlu d softpedia

  46. mas ardy pake dowload manager aj lewat flashget, jd klo koneksi terputus masih bisa nyambung

  47. @aris
    mungkin saat ini baru bisa membantu menyebarkan informasinya…

    @ardi
    langsung dari servernya saja, yang penting dengan Download manager..

  48. saya sudah download updatenya sabily yang ukurang 184mb..
    gimana cara upgrade manual/offline dari sabily small version ke full version

    terima kasih

  49. Alhamdulillah saya udah pake Ubuntu Sabily bagus pisan, tapi gimana ya kadang sering ngeheng kalau komptr lama dibiarin tidak di pake?… ada yang bisa ngasih jawaban tolong donk….

  50. md5sum buat sabily 9.04 32 bits full version with recitations berapa ya??
    kok sy check pake md5sum dgn membandingkan ubuntuhashes gak sama??

    aplikasi prayer timenya kok gak isa bunyi ya/gak keluar sound..

  51. Assalamu`alaikum…..

    alow smua…aku pendatang baru nih di linux….
    gmana ya caranya dapetin ubuntu ME ni…???ksih tau dong…..
    kalo bisa plus cra nginstallnya dong……thx..

  52. Assalamu’alaikum Wr. WB.
    Aku punya dalam DVD tapi bukan sabily. Punyaku ubuntu moeslim edition. Fitur-fiturnya hampir sama dengan sabily, multimedia sudah include juga. bagi yang mau silahkan kirim email ke punten@cakrawalaindonesia.com.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    best regard,
    SAEP SUHERMAN

  53. assalamu’alaikum wr. wb. mas ebta kemarin saya coba download sabily 9.04 full version with recitations (2.8 GB) di bulus.um.ac.id, tapi baru download 2.2 GB berhenti (done)dan tidak bisa dilanjutkan. kira2 hasilnya bisa digunakan gak?

  54. wah susah ternyata downloadnya apalagi kompiku sering crash alias hang

  55. Assalaamu’alaikum Wr.Wb?
    Alhmd….
    saya pengguna OS linux tingkat pemula.
    sblmya sy sering pk OS Windows.
    Emh…kalau tdk merepotkan Mas Ebta,
    Mf…saya minta dikirim info2 tentang sabily.
    JzklH

  56. Asslamu’alaikum….
    sya sdah install ubuntu sabily, trus koq pas booting langsung ke ubuntunya ya…padahal q kan nyetingnya dual booting ma vista….trus cara masuk k vistanya gmn?

    terima ksih
    mohon bantuannya

  57. @arie (81)
    wa’alaikumsalaamw arahmatullah wabarokatuh
    kemungkinan tidak akan bisa. Jika downloadnya menggunakan download accelerator, dilanjutkan saja

    @A.sahara
    wa’alaikumsalaam warahmatullah
    untuk Sabily baru sebatas itu yg saya tahu, oh ya artikelnya mungkin perlu dibaca ulang, karena kemarin ternyata terpotong. Saat ini alhamdulillah sudah dilengkapi

    @dee
    wa’alaikumsalaam
    Pada awal booting seharusnya ada pilihan mau booting ke linux atau windows. Jika ingin mengatur mana yg lebih dulu, melalui setting di linux seharusnya ada. Saya belum menggunakan linux, jadi belum bsia mencarinya

  58. assalamu’alaikum wr. wb.
    sukron katsiro ana dah terima DVD linux moeslim nya.

  59. MasyaaLLooh tampilan sabily ubuntu moslem-nya Islamiy banget ya…!! top..top deh..apalagi kalo pake madu pasti tambah ngetop deh..afwan hehehe..maksudnya operatornya sambil minum madu, ana jualan madu hutan sumatra neh..C.M.081365628784

  60. kalo pke aspire one gimana instalnya

    plissss blsssssssssssssssss

  61. mas, kalo aku sih pake yang ubuntu 9.04 biasa.
    nah kalo diupgrade aja bisa, ga, ya?
    jadi aku ga perlu install ulang lagi, cos ubuntu aku dah tak sulap jadi OS programmer.
    tar kalo aku install ulang lagi, aku musti sudo apt-get lagi dong…
    untuk install software IDE saya…
    install netbeans, eclipse, xampp, dll tu butuh waktu install yang lama buanget!

  62. السلام عليكم ورحمةالله وبركاته
    Ikhwan pecinta sabili linux, ana pendatang baru di kancah linux, pake windows xp, sabili 9.04 n openSUSE 11.2, tapi sabili n openSUSE genome n KDE nya sama aja blm bisa kuoptimalkan untuk membuka maktabah Syamilah secara sempurna. setting winenya apa OSnya?fonts arab sudah kutambah trado dan kawan-kawan,language jg udah disetting, paling banter kalo ganti bahasa ya tampilan emng huruf arab, tapi individual banget, ga mau akur n nyambung sillaturrahim, ada yang bilang kemungkinan encodingnya,any solutions?
    عفوا agak panjang tulisannya.
    مرحبابكم جميعا
    مع السلامة
    إلى اللقاء في امان الله
    السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

  63. Sabily saya suka !
    Lebih islami…
    kalo ada yang terbaru minta info nya ya !

  64. assalamu’alaikum . ana sedang belajar di arab saudi. gaimana cara mendapatkan ubuntu sabily di saudi arabia? berhubung di sini sulit mencari ubuntu trsbt. Syukran

Comments are closed.