44

Sumatra PDF, Pembaca dokumen PDF ringan dan cepat

PDF reader merupakan aplikasi yang sudah menjadi kebutuhan pengguna komputer saat ini. Ada aplikasi dengan fitur lengkap seperti Adobe Reader tetapi dengan performa yang berat serta ukuran installasi yang tidak kecil, aplikasi sedang seperti Foxit Reader, pembaca PDF online seperti Google docs Viewer serta aplikasi super ringan dan cepat seperti Sumatra PDF.

Salah satu pembaca PDF yang paling ringan dan cepat adalah Sumatra PDF. Jika kita hanya perlu membaca dokumen PDF saja (tidak memerlukan fitur edit atau menambah anotasi dan sebagainya) serta mungkin mencari alternatif yang lebih ringan dari Adobe Reader atau Foxit Reader, maka Sumatra PDF bisa menjadi solusinya. Belum lama ini Sumatra PDF merilis versi terbaru, Sumatra PDF 1.6 dengan berbagai perbaikan dan tambahan fitur.

Selain mampu membuka file PDF dengan cepat, Sumatra PDF juga bisa digunakan untuk membaca file XPS, DjVu, CBZ, LaTeX dan CBR. DjVu termasuk format dokumen yang mulai banyak digunakan untuk hasil scan dokumen karena ukurannya yang relatif kecil dibanding PDF, dan fitur ini mulai ditambahkan di versi 1.6 ini. Khusus untuk membaca file XPS, maka diperlukan Ghostscript di komputer.

Selain loading dengan sangat cepat, aplikasi ini juga tampil dengan menu-menu yang sederhana (standard) dan mudah digunakan. Sumatra PDF juga dapat digunakan sebagai Image Viewer atau aplikasi untuk membuka/melihat gambar ( tarik saja folder yang berisi gambar dan letakkan di sumatra PDF). Aplikasi ini juga akan menampilkan daftar PDF yang sudah dibuka dalam thumbnail sehingga cukup membantu.

Sumatra PDF dapat berjalan di Windows XP, Vista dan Windows 7. Dan aplikasi ini selain gratis juga bersifat Open Source sehingga bagi programmer yang ini mempelajari atau mengembangkannya bisa juga download Source codenya. Oh ya, Sumatra PDF ini dikembangkan oleh Krzysztof Kowalczyk.

Download
– Versi Intaller: SumatraPDF-1.6-install.exe ( 4.3 MB)
– Versi Portable: SumatraPDF-1.6-portable.zip ( 2.2 MB)

Atau silahkan langsung mengunjungi halaman download sumatra PDF

ebta

44 Comments

  1. Informasi yang menarik, bangga juga ada yang pakai nama Sumatra untuk software.

  2. Terima kasih infonya, sgt bermanfaat. kebetulan sy pake sumatra pdf versi portable sdh lama.Lumayan nambah2 koleksi portable sw.Imho, better than fox*it PDF reader. Just my 2 cents…Btw, atas gue useless & pointless junk

  3. makasih infonya…
    lumayan banyak referensi software pdf…

  4. makasih….
    lumayan banyak referensi software pdf, jadi banyak pilihan…

  5. Saya penggemar berat FOXIT Reader, semua teman-teman saya pasti saya rekomendasikan untuk pakai Foxit karena kecepatannya. Coba dulu deh ini Sumatra PDF, siapa tau lebih cepet.
    Thanks mas Ebta.

  6. Sudah saya coba yang portable memang lebih cepat loadingnya, tetapi tampilan pdf yang dibuka termasuk kecil, beda dengan Foxit Reader tampilan pdfnya bisa satu halaman full, trim mas Ebta.

  7. Thanks Mas ebta atas infonya.. Bisa nambah koleksi nih,,
    Sukses slalu, semoga mas ebta diberi balasan yang lebih baik atas ilmu-ilmu yang telah disharing di web ini..^_^

  8. Saya sebelumnya dah pernah coba, memang bener2 cepat (juga ringan) lebih cepat ketimbang foxit dan adobe. Tapi, untuk alasan tertentu foxit masih jd default pdf reader di pc saya.

  9. komen ke-11…hehe
    kebetulan saya lg merantau di P.Sumatera
    jadi pengen nyobain nih software…
    nice share…makasih mas Ebta!

  10. Bener2 enteng lebih cepat daripada Foxit Pdf Reader … top dah ..

  11. sebenarnya dari sekian PDF Reader Mana Sih yang paling baik , karena aku masih awam?

  12. Baru tau ada orang Sumatra yang namanya “Krzysztof Kowalczyk”.
    Syukron infonya…

  13. Oh ya, meskipun namanya Sumatra tetapi tidak ada hubungannya dengan Sumatra, Indonesia. Programmernya juga bukan orang sumatra ( sepertinya daerah Rusia ), dan katanya menggunakan nama Sumatra karena kedengaran bagus saja..

    @pakdhenono
    menyesuaikan kebutuhan dan performa komputer kita saja pak, kalau hanya untuk baca, ingin yang ringan dan cepat, maka sumatra pdf mungkin pas. Kalau ingin fitur lebih lengkap bisa menggunakan adobe reader atau foxit reader

  14. Setelah Java dan Sumatra, sebentar lagi Borneo dan Papua.

  15. Dengan Nitro PDF ,lebih bagus yang mana?
    Mohon numpang di blog aku ya http: //newinfotechno.blogspot.com

  16. Syukron, jazakallah khair.
    Selamat hari libur, may Allah bless you.

  17. Jazakallahu khair…
    Sumatra PDF memang lebih ringan, saya sudah coba sejak lama…, tapi default PDF Reader saya masih buatan Foxit…, tapi kayaknya versi ini ada pembaca djvu..
    Bagi teman2 silahkan berkunjung ke http://ibnumajjah.wordpress.com/ untuk download Ratusan EBook Islam, InsyaAllah bermanfaat..

  18. wehehee.. ane kirain beneran buatan indonesia..
    ternyata namanya doank..
    tp lumayanlah..nama pulau Sumatra jadi inspirasi membuat program..

  19. makasih bang eb, infonya. dah lama ni softaware, sekarang baru buming
    bagus sekarang aplikasinyA, bisa buat baca berbagai format ebook.
    bang ebta, kalo utk baca format help.file bisa ngk ya? soale win 7 tdak bisa membukanya.

  20. Sudah cukup lama menggunakan software ini. Salah satu alternatif yang patut diperhitungkan. Tambahan untuk membuka DJVU di versi terbaru juga sangat membantu. Aku gak perlu instal aplikasi lainnya….

  21. Krzysztof Kowalczyk sepertinya nama orang Polandia, namanya mirip dgn pemain tengah salah satu klub sepak bola Polandia bernama OKS 1945 Olsztyn, yg bermain di thn 1997-2001.*
    Entahlah, apa dia itu salah seorang mantan pemain sepakbola yg kini menjadi developer software Sumatera PDF, atau nama tsb hanya hasil sebuah inspirasi nama dari nama yg sebenarnya, seperti juga nama Sumatera.

    *searching di Wikipedia…

  22. Pingback: Beberapa Tips Komputer « dimasnaghsoyus

Comments are closed.