44

Telah dirilis, Microsoft Security Essentials versi 2

Belum lama ini Microsoft merilis salah satu produk gratis dalam hal keamanan (security), Microsoft Security Essentials v2 (MSE). Produk antivirus ini cukup lama bertahan di versi 1, dan kini dengan dirilisnya versi 2 ini terdapat beberapa tambahan fitur serta peningkatan performa dibanding versi sebelumnya. Selain gratis untuk penggunaan pribadi, juga gratis untuk bisnis/usaha yang mempunyai PC sampai 10 buah.

Microsoft Security Essentials (MSE) merupakan produk keamanan untuk proteksi PC atau komputer dari berbagai macam, virus, spyware dan software berbahaya lainnya. MSE gratis kita download dan digunakan serta mudah untuk di install. Fitur auto update dan real time protection lebih memastikan akan keamanan komputer.

Di versi 2 ini, terdapat beberapa tambahan dan peningkatan kinerja. Dari informasi yang ada di Help file program ini, beberapa fitur penting dan perbaikannya antara lain sebagai berikut :

  • Windows Firewall Integration, fitur untuk mematikan atau mengaktifkan windows Firewall
  • Network Inspection System, merupakan fitur proteksi real time dengan memeriksa trafik jaringan untuk membantu dalam proses mem-blok proses berbahaya yang berbasis jaringan
  • Protection Engine yang di perbarui dan di tingkatkan

Beberapa penjelasan Fitur

Windows Firewall dana membantu mencegah serangan dari luar atau software berbahaya mengakses komputer kita dari jaringan atau internet. Dengan MSE pada installasi awal, akan diperiksa apakah Firewall komputer aktif, pengaturannya dapat di cek melalui Control Panel.

Network Inspection System. Dengan banyaknya serangan berbasis jaringan (network), apalagi dengan celah keamanan komputer yang semakin lama semakin banyak, maka fitur ini akan memastikan dan memonitor trafik jaringan secara real time (terus-menerus) untuk menghasilkan proteksi jaringan yang terbaik.

Microsoft menyatakan bahwa MSE diupdate secara reguler dan di backup oleh tim Antimalware Microsoft ( Microsoft Malware Protection Center) yang memberikan respon terhadap ancaman malware terbaru 24 jam sehari. Selain beberapa fitur diatas, sepertinya Microsoft juga menambahkan beberapa pengturan yang ada di menu Settings.

Bagi anda yang sudah menggunakan MSE versi 1, sampai saat ini sepertinya belum ada fitur auto update, sehingga jika ingin menggunakannya harus download installer yang berukuran cukup kecil, sekitar 7.5- 9.5 MB ( tergantung Windows yang digunakan). Install saja langsung untuk mengupdate MSE menjadi versi 2.

Support, Update Kebutuhan dan Catatan lain

MSE dapat berjalan di Windows XP, Vista dan juga Windows 7, baik sistem operasi 32 bit maupun 64 bit. Satu hal yang perlu dicatat bahwa MSE ini diperuntukkan bagi pengguna Windows Original (asli), sehingga bagi yang belum menggunakan Windows Original, mungkin harus menggunakan Antivirus lainnya, semisal Avira atau Avast.

Meskipun ukuran installasi sangat kecil, sekitar 7.5 MB ( di windows XP), tetapi setelah di install, MSE memerlukan update definisi antivirus untuk pertama kalinya. Koneksi internet diperlukan untuk update otomatis. Setelah saya coba install, update otomatis dan periksa, besar ukuran update untuk pertama kali setelah install sekitar 62 MB. Update juga bisa diakukan secara manual, kita tinggal download file exe, dengan memilih update versi 32bit atau update 64 bit). Ukuran update sekitar 58 MB.

Seperti hanya Avira, salah satu hal yang saya sukai dari MSE adalah tidak begitu memperberat kinerja komputer (pengalaman ketika menggunakan versi 1). Semoga versi 2 ini juga tetap ringan dan tidak memperberat kinerja komputer.

Download Microsoft Security Essentials (alternatif download: MSE di FIleHippo )

ebta

44 Comments

  1. Nice articel.. πŸ™‚

    Sebelumnya da pernah install tapi pas pilih upgrade version malah ditulih da latest version..

    ada penjelasan untuk itu ga mas ebta ?

  2. Kalau di gunakan dengan Smadav 8.3 kontradiksi nggak?
    Terimakasih…

  3. Assalamualaikum Mas Ebta.
    Thanx atas sharing informasinya.
    Wah sayang yah, MSE-nya belum bisa di pasang di OS yang selain original. Dan saya mau tanya mas Ebta apakah MSE ini bisa disandingkan dgn antivirus lain spt AVira/ Avast?
    Kebetulan untuk laptop, windows kami original. Jadi apakah nantinya jika diinstal bersamaan tidak konflik, seperti penglaman mas Ebta yg pernah memeakai MSE ini??
    Terima kasih atas pencerahannya.
    Dear all, Untuk para Ebsoft lovers yang ingin update film2 terbaru yg akan tayang di Tanah Air, dari sinopsis, resensi sampai trailer & jadwal tayang, A-Z lengkap (it’s all about movies) silakan mengunjungi http://resensinema.blogspot.com/
    untuk update film terkini.
    Terima Kasih Ebsoft, Jazzakumullah,,

  4. @resensinema Sebaiknya cukup satu antivirus saja yang di instal.. Selain membebani kinerja PC, sering terjadi bentrokan dan pendektesian virus pun bisa mengakibatkan false alarm.. Saya sudah cukup puas dengan kinerja MSE.. Ringan dan selama ini tidak punya masalah terhadap kinerja PC saya.. Salam πŸ™‚

  5. kalau sudah pakai MSE v.1 mau upgrade ke MSE v.2 bagaimana mas Ebta ? langsung update atau download MSE v.2 kemudian instal ? terima kasih.

  6. Apakah link update itu terus diperbarui microsoft?
    Apa harus update setiap hari kalo komputer offline?

  7. apa tdk berkelahi kalau diinstal di komputer yg sudah ada avira-nya?

  8. @Susanto Wijaya
    Iya, seperti saya tulis diatas, belum ada fitur update versi otomatis.. Harus install lagi versi 2

    @reybabtista
    menurut saya, dari test antivirus sebelumnya sepertinya deteksinya masih bagus MSE

    @suparyono
    saya belum tahu hal itu..

    @magungh
    Iya cocok..

    @Galuh Ristyanto
    hehe, semoga saya bisa segera mengulas lagi

    @thio ade
    ada dua link alternatif
    apa semuanya begitu ?

    @resensisinema
    wa’alaikumsalaam
    konflik biasanya bisa terjadi jika mendeteksi antivirus, kalau berjalan biasa, saya coba dengan avira masih bisa. meski ini tidak direkomendasikan
    seperti kata mas iswanda (#10)

    @Arief RAkhman
    download MSE v2 dan langsung install saja ( di tumpuk )

    @subhan
    konflik bisa terjadi ketika mendeteksi adanya virus

  9. Wauuuuu, Mas Ebta jam 3 malam disempatin juga tuk balas komentar pengunjung Ebsoft, kayaknya abis Tahajud ya Mas…

  10. MAS EDTA, KALO WINDOS NYA NON ORI DI BLOKIR KAN, PENGALAMAN PRIBADI YA? SAMA DENGAN KULO HE.HE.HE.

  11. @Adek Aal
    jam 2:57 pm berarti jam 2 siang (hampir jam 3 sore)
    πŸ™‚

    @yulianto
    monggo..

    @RENDI YAHO
    saya belum tahu, mungkin akan minta validasi
    alhamdulillah windows xp saya sudah ori, jadi bisa langsung mencoba tanpa ada masalah

  12. mas mau nanya kalo dibandingkan avast free,MSE lebih ringan atau tidak?
    soalnya saya menggunakan netbook dengan RAM cuma 1Gb…pengalaman pribadi saya drpd avira masih lebih ringan avast walaupun perbandingannya sangat sedikit sekali…jadi kalau misalnya MSE lbh ringan saya mau migrasi ke MSE mumpung OSnya ori..hehe

  13. Sekedar masukan aja nih mas Ebta..apapun klo diserahkan sama ahlinya pasti beres, jd ga salah pilihan kalo kita pake MSE utk windows kita . . .makasih mas ebta utk infonya, sukses terus . . .

  14. Sesuai pengalaman skrg , MSE saya sandingkan dgn Avast dan Smadav pro ok2 aja ga da masalah berarti, laptop tdk terlalu berat….yg penting virus2 pada ngacir…..
    Sip mas Ebta….

  15. saya ud mengunakan ini hampir satu tahun..
    bagus asal update az ..
    buat virus local deteck ny bagus.pa lg yg luar..
    gratis asal Sistem Operasi ny genuine..
    info buat update awal mending download manual az..
    seterusnya update langsung ..

  16. Wah mantap neh, tapi beneran g free buat pengguna rumahan.

    Bisa dipasang di win 7 64 bitku neh. trims gan infonya.

    oy mo minta izin buat post di blog aq.

    robi.ikc.co.id

  17. mas, kalo dibanding ama Nod32 bagusan mana, dilihat dari kemampuan bersihin virus dan beban di memori, soalnya Ramku masih SDR 256 Pent III 866 Mhz, jawab ya mas, pliz

  18. pengalaman saya nih . . .MSE kusandingkan sama smadav. kayaknya ada konflik tuh, klo buka program sering macet, kemudian smadavnya ku uninstal, setelah itu wuuuuussssssssssss . . .lancar men . . . sekali lg itu pengalaman pribadi . .

  19. Kalau aq lebih percaya MSE karena dari beberapa pengalaman menggunakan AV seperti halnya pada pendeteksian dan penghapusan virus termasuk pemeliharaan terhadap file inti yang diserang virus ternyata MSE lebih unggul sebagai contoh kompie aq pernah terjangkit virus heur level 9, dimana virus ini menurut Q susah banget dibuang pake AV baik yang free maupun yang berbayar, kalaupun dapat dibuang ternyata file yang terinfeksinya pun ikut hilang *cape kan?*. Nah setelah pake MSE ternyata virus tersebut hilang dan file inti yang terinfeksi tetap aman. *Itu hanya satu contoh kecil* semoga bermanfaat pengalaman Q ini… TQ aja mas Ebta, maju terus TI Indonesia ….

  20. Kalau aq lebih percaya MSE karena berdasarkan pengalaman selama menggunakan AV, ternyata MSE lebih maknyooooos, sebagai contoh waktu itu kompieQ terkena virus heur level 9 yang menurutQ virus ini sangat bandel cos walau udah dihapus pake AV yang free n berbayar ternyata masih nempel terus kayak perangko gitu, kalaupun dapat dihapus ternyata file yang terinfeksinya pun ikut hilang *cape dechhhhhh*. Nah, setelah aq gunakan MSE ini virus tersebut takluk dan yang lebih penting ternyata file yang terinfeksi sehat kembali… *Itu hanya satu contoh kecil aja* Pokoknya MSE maknyooooossss,,, πŸ˜€ πŸ˜€ :D. Buat mas Ebta TQ buanget, n maju terus IT Indonesia….

  21. mas ebta,,sy pake AVG internet security ma smadav,,kalo d pasang MSE bakal bntrok ga mas ???

  22. hanya pake MSE aja tanpa antivirus kira-kira aman gak tuh? terima kasih

  23. betul kata mas haat, MSE sangat bagus dalam clean file exe tanpa menghapus program tersebut.coba anda pake norton,avira,AVG,ESET,AVAST,NORMAN atau yg lain sbg perbandingan saja,dan dari pengalama pribadi mereka tak mampu membersihkan file program(exe)yang terkena virus tp mereka lgsg menghapusnya kecuali MSE dan KASPERSKY,namun bukan berarti MSE dan KASPERSKY tdk ada kekurangan jg.dari pengalaman MSE kurangnya saat membuka folder yang didlmnya ad file exe yg lebih dari 10 pasti lgsg lama membacanya,lgsg icon file exe nya lm munculnya.itu penglaman aj.

  24. mas,cara ngecek windows ori atau bkn gmn seh?,trus soal 64 bite sama brp bite tuh td,itu mksdnya apa?

  25. nanya lg mas,mCaffe klo ga slh nmanya,itu antivirus jg y?,tp yg pnya sy kyanya blm bs dpke ne,coz logonya yg dtaskbar ada tnda seru wrna kuning!, mnta pncerahan donk!,thnk b4

  26. mohon bantuannya mas ebsoft….
    saya uda download mse nya,tapi gitu di instal di suruh donlot WGAPluginInstall.exe n stelah di donlot lalu instal..
    tapi koq ada perubahan ya/icon msenya g muncul..
    sx lagi mohon bantuannya mas…

  27. wah wah wah….mas Ebta ini saya jalankan bareng MSE dengan AVira….eh kok gini ya waktu deteksi virus ma gantian terus g mau berhenti….saling saut sautan….mohon pencerahannya….

    apa mesti di remove salah satu mas….biar lancar

  28. Hmm…aq butuh bantuan ne ttg MSE versi 2, coz aq pngguna MSE dr dlu. Masalah ku d versi 2 MSE ne, aq g bs aktifin antivirus ne (g tw knp tiba2 pas selesai updating) background layar MSE ku jd merah smw, g warna hijau lg. Tertulis “get risk”, pls konfimasi maslah aq ne k email ku >,<
    puard_mouslim@yahoo.co.id
    ntr aq tampilkan layar MSE yg rusak ntu,,

  29. cra mengetahui pc kita dah punya av mse in bgaimana ya ,,cos abis di instal masuk ke aplication trus maw sy klic ko ad tulisan mandarin g paham sy ..jd y sy biarin msuk ke aplication tnpa di update ,,pertanyaan sy abis di instal msuk pc trus langkah selanjutnya bgaimana? mohon jwbanya awm sy tentang av

  30. #22 semy
    kalau menurut saya lebih ringan MSE

    #25 cakka
    sepertinya belum ada fitur update dari versi 1 ke 2

    #28 chika
    saya belum pernah menggunakan NOD32 jadi belum bisa menjawab pertanyaan tersebut, mungkin bisa melihat beberpa hasil test antivirus yang pernah saya ulas

    #34 sendi
    sebaiknya pilih salah satu saja, meskipun bisa berjalan dua-duanya, tetapi kemungkinan akan berpengaruh besar ke performa komputer

    #35 karyadi
    MSE juga merupakan antivirus, menurut saya asalkan rutin update dan hati-hati menjalankan file asing, cukup aman

    #37 rindi
    kalau windowsnya install sendiri, CD atau DVD original akan ada hologram windows dan serial numbernya. Kalau bawaan laptop/netbook akan ada sticker hologram bahwa laptop/netbook itu menggunakan windows original..

    Klik kanan my Computer, jika tidak ada keterngan 64bit, maka itu sistem operasi 32bit. Maksudnya program2 aplikasinya sedikit berbeda, untuk aplikasi 32bit biasanya bisa jalan di sistem 64 bit tetapi aplikasi 64bit tidak bisa jalan di 32bit. Dan versi 64bit biasanya akan lebih cepat terutama untuk program komputasi (perhitungan)

    #38 rindi
    klik saja logo tanda kuning tersebut, harusnya ada keterangan sebabnya

    #39 ewin
    sudah coba di install ulang?
    itu seprtinya plugins untuk memeriksa keaslian windows

    #40 dan
    berarti cr**knya lumayan ampuh itu..

    #41 Obinote
    ya itu efek menggunakan antivirus ganda
    nggak harus di remove, cukup di non aktifkan salah satu saja

    #42 PoeArt
    MSE-nya sepertinya perlu di update terlebih dahulu (ini perlu waktu agak lama setelah install pertama kali)

    #43 adinda
    kemungkinan pengaturan bahasa yang digunakan adalah mandarin, sehingga installasi program tampilannya bahasa mandarin. Coba cek di Regional Setting

Comments are closed.