36

Akses Kamus Besar Bahasa Indonesia Online melalui kbbi.web.id

Setelah sebelumnya membuat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Offline yang sederhana, kini Alhamdulillah saya bisa menghadirkan KBBI versi online/daring (dalam jaringan). Meskipun tidak bisa sama persis, saya berusaha membuat seperti KBBI versi Offline untuk kemudahan pencarian dan pembacaan lema, sublema maupun definisi/arti.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ini merupakan KBBI Daring (Dalam Jaringan / Online) yang sengaja dibuat untuk memudahkan pencarian, penggunaan dan pembacaan arti kata (lema/sub lema). Meskipun sudah ada beberapa website sejenis, termasuk website resmi KBBI PusatBahasa, tetapi KBBI daring ini menyajikan dengan nuansa (tampilan) yang berbeda, semoga semakin menambah khasanah referensi pendidikan di Indonesia dan bisa memberikan manfaat yang luas.

Database KBBI Daring ini tetap mengacu pada KBBI Daring Edisi III, sehingga isi (kata dan arti) merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (dahulu Pusat Bahasa). KBBI Daring ini memberikan fitur pencarian kata dasar(lema) maupun kata turunan (sublema) dengan penggunaan yang mudah. Beberapa fitur unggulan KBBI daring ini antara lain:

  • Pencarian satu kata atau banyak kata sekaligus
  • Tampilan yang sederhana dan ringan untuk kemudahan penggunaan
  • Proses pengambilan data yang cepat, pengguna tidak perlu me-load ulang window atau website untuk mencari kata berikutnya
  • Arti kata ditampilkan dengan pewarnaan yang memudahkan mencari lema maupun sub lema. Berikut beberapa penjelasannya:
    • Jenis kata atau keterangan istilah semisal n (nomina), v (verba) dengan warna merah uda (pink) dengan garis bawah titik-titik. Arahkan mouse untuk melihat keterangannya (belum semua ada keterangannya)
    • Arti ke-1, 2, 3 dan seterusnya ditandai dengan huruf tebal dengan latar lingkaran
    • Contoh penggunaan lema/sub-lema ditandai dengan warna biru
    • Contoh dalam peribahasa ditandai dengan warna Orange
    • Ketika diklik hasil dari daftar kata “Memuat”, hasil yang sesuai dengan kata pencarian akan ditandai dengan latar warna kuning
  • Menampilkan hasil baik yang ada di dalam kata dasar maupun turunan, dan arti atau definisi akan ditampilkan tanpa harus me-load ulang data dari server

Informasi Tambahan

Tidak semua hasil pencarian (terutama jika kata yang dicari terdisi dari 2 atau 3 huruf ) akan ditampilkan semua. Jika hasil pencarian dari daftar kata “Memuat” sangat banyak, maka hasil yang dapat langsung di klik akan dibatasi jumlahnya. Selain itu, untuk pencarian banyak kata sekaligus, sistem hanya akan mencari kata yang terdiri dari 4 huruf atau lebih. Misalnya yang dicari adalah “air, minyak, larut”, maka yang akan ditampilkan adalah hasil pencarian minyak dan larut saja.

Untuk pencarian banyak kata sekaligus, bisa dilakukan dengan memisahkan masing-masing kata dengan tanda koma, misalnya :ajar,program,komputer (untuk mencari kata ajar, program dan komputer). Jika ditemukan, hasil utama akan ditampilkan dalam kolom “kata dasar” dan hasil yang berupa kata turunan akan ditampilkan dalam kolom “Memuat”. Pencarian banyak kata ini hanya akan mencari kata dengan minimal panjang 4 huruf, jika kata yang panjangnya 2 atau 3 huruf maka akan diabaikan.

KBBI Daring versi ebsoft ini juga merupakan media belajar web programming saya (PHP,Javascript,Ajax,CSS & HTML). Apalagi selama beberapa minggu terakhir banyak disibukkan dengan coding javascript yang memang belum lama saya pelajari. Jika ada masukan, perbaikan, saran atau kritikan lainnya, silahkan disampaikan baik melalui komentar dibawah atau langsung ke email saya. Kunjungi kbbi.web.id

36 Comments

  1. Assalamu ‘alaikum..
    Wah,, Mas Ebta membuat gebrakan lagi yah??
    setelah sukses dengan KBBI offlinenya,, sekaraNg keluar versi onlinenya.
    mungkin 2 minggu gg posting sibuk mempersiapkan ini yah mas??
    Maju terus bang..
    Jazakallah khairon katsiron
    http://rhyfahmad.blogspot.com

  2. Terimakasih Mas Ebta!
    Allah tak pernah salah dalam berhitung. Semoga Mas Ebta mendapat berkahNya!

  3. Benar-benar aplikasi yang sangat bagus, salut.
    Saya mau tanya apakah ada data kosakata yang digunakan di aplikasi ini yang bisa disharing, kan bisa juga dipakai untuk data spelling/proofing di aplikasi Ms. Word, Terima kasih.

  4. Yang KBBI Offline sering jadi andalan saya, sangat membantu dibandingkan harus buka2 KBBI versi buku. Sekarang ada juga yang online. mantab, Kang.

  5. KBBI nya keren mas, langsung di Bookmark (Ctrl + D)
    makasi sebelumnya ­čÖé

  6. Assalaamu’alaikum…

    Mas Ebta, boleh request?
    Kalau bisa buatkan kamus sinonim indonesia offline juga..
    He..
    Jazakumullaah khairan atas karya-karyanya.
    Semoga bermanfaat untuk Islam dan kaum muslimin..

    Wassalaamu’alaikum..

  7. wihh.. bagus banget mas ebta. terima kasih banyak, ..
    sangat membantu. semoga kebaikan mas ebta dibalas oleh Allah..

  8. #16 Abdurrahman Iman
    Jika ada referensi sumbernya (data), insyaAllah bisa..

  9. mantapz… kkbi onlie iki.
    bisa nyari kamus online lebih cepat. ringan di akses.
    terima kasih mas ebta..

  10. Ayo kita bikin Kamus Universal by Indonesia, hasil kerjasama antar Kemendikbud, ahli IT, kampus/guru besar berbagai ilmu pengetahuan & teknologi, dosen & mahasiswa se Indonesia, guru & siswa IPA/IPS/Iptek, ahli sejarah, dan budayawan / seniman. Nah, disokong oleh BUMN & bos besar perusahaan swasta. Semoga terwujud demi kemajuan bangsa / rakyat / warga negara Indonesia.

  11. mas ebta makasi yahhh berkat kamus kbbi ini pengetahuan saya alhmdulilah meningkat smoga ..imu mu jadi berkah buat semua orang

  12. KKBI daring sangat membantu kebahasaan kita yang selama ini kurang diperhatikan.
    Satu hal lagi, kita sangat membutuhkan tesaurus indonesia yang terintentegrasi dengan perangkat lunas Windows.

    Terima kasih

  13. KBBI daring sangat membantu kebahasaan kita yang selama ini kurang diperhatikan.
    Satu hal lagi, kita sangat membutuhkan tesaurus indonesia yang terintentegrasi dengan perangkat lunas Windows.

    Terima kasih

  14. Trima kasih mas Ebta dengan adanya KBBI daring yang lebih praktis dalam pencarian kata. Saya usul kapan ya data basenya bisa diganti dengan KBBI edisi IV. Apa tidak bisa dibuat sendiri PDF edisi IV. Saya sebenarnya lebih tertarik dengan KBBI offlinenya asal data base berdasarkan edisi IV.
    Sayangnya Badan Bahasa Kemdikbud juga terlalu pelit tidak menerbitkan KBBI dalam bentuk buku eletronik. (Ebook). Pada hal sekarang Pusat Bahasa sudah meningkat eselonnya menjadi Badan Bahasa.

  15. terima kasih mas softwarenya..sangat membantu dalam penulisan skripsi saya, tanpa harus beli kamus yang cetak.

Comments are closed.