66

Aplikasi Office Gratis Kingsoft Office Suite Free 2012

Tidak dipungkiri bahwa Microsoft Office mungkin merupakan aplikasi office yang paling lengkap, sebanding dengan harganya. Alternatif office gratis sebagian kita mungkin menggunakan OpenOffice atau LibreOffice. Tetapi, kini bertambah satu lagi software office berbayar menjadi freeware (gratis), yaitu Kingsoft Office Suite Free 2012.

Menemukan aplikasi office yang bisa menggantikan microsoft office memang tidak mudah. Dari segi fitur, OpenOffice/LibreOffice mungkin bisa dikatakan cukup lengkap, tetapi dari segi tampilan atau antarmuka masih belum semudah menggunakan Word atau Excel (belum userfriendly). Tetapi sepertinya kesan itu akan berubah ketika menggunakan Kingsoft Office Suite Free 2012.

Aplikasi Office dari Kingsoft ini sebelumnya merupakan aplikasi berbayar seharga sekitar $69.95, tetapi kini dirilis gratis (Free). Kingsoft Office Suite Free 2012 memang tidak menggunakan tampilan “Ribbon” khas office 2007 atau 2010, tetapi masih menggunakan tampilan seperti Office XP atau 2003. Tetapi hal itu tidak masalah, karena sebagian besar kita sepertinya masih tetap terbiasa menggunakan tampilan office 2003, apalagi menu-menunya sangat familiar (user friendly).

Dalam paket ini disertakan 3 aplikasi, yaitu Word Processing, Spreadsheets dan Presentation. Masing-masing menyertakan fitur yang mirip dengan microsoft word, excel dan powerpoint. Meskipun ukuran installasi relatif kecil, tetapi fitur-fitur yang disertakan sangat banyak, bahkan kompatibel dengan Microsoft Office 97,2000, 2003, 2007 dan 2010.

Berikut beberapa fitur unggulan Kingsoft Office Suite Free 2012 :

  • Tampilan yang userfriendly, sangat mirip dengan Microsoft Office 2003
  • Strong Compatibility, Kompatibel (bisa membuka, edit dan menyimpan) dokumen MS Office Word (.doc, .docx), Excel (.xls, .xlsx) dan Powerpoint (.ppt, .pptx) baik versi 97/2000/2003/2007 atau 2010.
  • Sudah terintegrasi dengan PDF Converter, untuk mengkonversi dokumen menjadi PDF
  • Automatic Spell check
  • Multiple dokumen Tab, membuka banyak dokumen dalam tab-tab seperti web browser
  • Proteksi dokumen dengan enkripsi (memberi password dokumen)
  • Kemudahan mengatur tabel di dokumen, dengan adanya shortcut ketika mengedit tabel
  • Ringan ketika membuka dan menjalankan, 3 aplikasi dengan ukuran installasi hanya sekitar 70 MB

Fitur diatas hanya beberapa fitur kelebihan atau unggulan dibanding aplikasi office lainnya. Untuk fitur-fitur tiap aplikasi, Kingsoft Office Suite Free 2012 menyertakan fitur yang sangat banyak (misalnya saja untuk Kingsoft Writer, terdapat 15 toolbar yang bisa kita tampilkan atau sembunyikan, untuk Spreadsheet tersedia banyak fungsi untuk kalkulasi berbagai data) dan saya yakin akan mencukupi kebutuhan penggunaan sehari-hari kita.

Dibandingkan dengan aplikasi Office gratis lainnya seperti OpenOffice, Ashampoo Office, atau sejenisnya, saya melihat aplikasi ini memang paling lengkap fiturnya terutama dengan tampilan yang userfriendly (sangat mirip dengan MS Office 2003). Sehingga bagi yang mencari alternatif dari MS Office, program ini merupakan pilihan yang tepat.

Aplikasi office ini bisa di install di Windows 2000/Windows XP/Windows Vista/Windows 7, dengan CPU minimal Pentium II 266 MHz RAM 128 MB dan space hardisk 200 MB.
Download : office_suite_free_2012.exe (68.3 MB)

66 Comments

  1. Gimana kecepatan loadingnya, atau saat buka file berukuran besar ??
    Tapi patut dicoba nih. Syukron infonya

  2. Saya pernah cobain sekitar dua bulan yang lalu versi trial satu bulannya. Kalau sekarang jadi freeware oke banget, Kang.
    Sayange tampilannya nggak kayak MO 2007 / 2010.

  3. “Strong Compatibility, Kompatibel (bisa membuka, edit dan menyimpan) dokumen MS Office Word.”
    tapi apakah kompatibel juga dengan page setting MS Office Word?
    coba dulu ah.
    ijin download ya mas
    matur nuwun infonya

  4. adakah Kingsoft Office yang dapat di instal pada OS Linux,
    matur nuwun,

  5. lagsung coba,,,
    mantap sekali nih sepertinya…
    apa lagi kalau ada yang buat linux

  6. aku sdh 3 thn emaang good tp untuk yg 2012 ini, tidak bisa melihat tampilan halaman (page number)… jadi aku pikir masih bagus yg 2010

  7. Jazakallahu khair kang,
    semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan ber-lipat2.

  8. Sayangnya saat saya coba ketik huruf Arab di Writer-nya, font-nya sama sekali tidak bisa diperbesar. Apakah ini Bug ? Mudah2an kedepannya diperbaiki.

  9. Walaupun (kata developernya) statusnya freeware ternyata KingsoftOfficeFree 2012 punya batasan waktu juga. Saya coba memajukan waktu komputer ke tahun 2012, dan muncul warning!!!!

    Untuk menggunakan KsOffice lagi bisa diinstall ulang atau pakai cara berikut :

    Masuk ke Regedit ke
    Kode: [Pilih]
    HKEY_CURRENT_USERSoftwareKingsoftOffice6.0

    delete ketiga key berikut :
    Kode: [Pilih]
    HKEY_CURRENT_USERSoftwareKingsoftOffice6.0etet_l
    HKEY_CURRENT_USERSoftwareKingsoftOffice6.0wppwpp_l
    HKEY_CURRENT_USERSoftwareKingsoftOffice6.0wpswps_l

  10. Trm ksh mas atas infonya.,memang ringan dan cepat loadingnya.Cuma pas waktu mengcopy tabel (mode landscap) dgn ukuran kertas custom (21.5 & 33 cm) slalu gagal (ada message bhw printer tdk support utk ukuran tsb).Sdg copy tabel dgn mode portrait bs berhasil dgn ukuran tsb.Ada solusi mas?

  11. Trm ksh mas atas infonya.,memang ringan dan cepat loadingnya.Cuma pas waktu mengcopy tabel (mode landscap) dgn ukuran kertas custom (21.5 & 33 cm) slalu gagal (ada message bhw printer tdk support utk ukuran tsb),pdhal page setup di kingsoft dan printer canon ip 1900 sdh diatur ukurannya mjd custom 21.5 x 33 cm.Sdg copy tabel dgn mode portrait bs berhasil dgn ukuran tsb.Ada solusi mas?

  12. Software bgus mas, ntar disempatkan unduhnya.
    @fahmi, pd tab general page setup printer set aja ukuran kertas letter/A4 jgn manual ukuran hvs gitu krna preview print akan terdetek bahwa ukuran realnya akan berbeda
    # pengalaman print data aplikasi mysql

  13. sebelumnya, terimakasih buat ebta setiawan yang selalu memberikan informasi yang bermamfaat dan inovatif.
    saya juga sudah menggunakan kingsoft office 2010 (6.6.0.2477), tapi tinggal 348 hari lagi (menggunakan serial nomer gratis 1 tahun).
    kingsoft benar-benar membantu saya.
    @request izin download.
    sukses buat ebta setiawan.

  14. Akhirnya release juga fersi free suite dr kingsoft office. Bisa menjadi alternatif utama pengganti MS Office, apalagi saya lebih familiar dengan MS Office. Maturnuwun Kang untuk info an share-nya 🙂

  15. wah makin nyaman aja ne pke Office tnpa harus yang ilegal,,,
    Mantap infonya bozz….

    jgan lupa kunjungi http:// klikdisini.com/join-odap
    untuk menambah penghasilan tiap bulan..

  16. Assalamu’alaikum.
    Akhi, ana udah pernah nyoba KingSoft Office versi tahun-tahun sebelumnya (sebelum 2011). Kekurangannya ada di jeleknya dukungan untuk penulisan huruf Arab (dari kanan ke kiri), sangat kacau. Begitu juga aplikasi SoftMaker Office 2008 yang digratiskan. Gak tau kalo yang versi 2010 (masih berbayar).
    Jauh lebih baik OpenOffice.org dan/atau LibreOffice secara umum, walaupun agak lebih berat.
    Gimana ya versi terbaru KingSoft Office sekarang?

  17. Setelah googling lebih mendalam, saya mendapatkan informasi bahwa Kingsoft Office 2012 tidak Free/gratis selamanya, tetapi hanya berlaku 1 tahu sejak Installasi pertama kali. Setelah itu sepertinya fitur untuk editing di non aktifkan..

  18. udah dicoba di win 7 tapi koq tetap ga bisa ya?
    tetap keluar warning dan ga bisa dipakai lagi

    Untuk menggunakan KsOffice lagi bisa diinstall ulang atau pakai cara berikut :

    Masuk ke Regedit ke
    Kode: [Pilih]
    HKEY_CURRENT_USERSoftwareKingsoftOffice6.0

    delete ketiga key berikut :
    Kode: [Pilih]
    HKEY_CURRENT_USERSoftwareKingsoftOffice6.0etet_l
    HKEY_CURRENT_USERSoftwareKingsoftOffice6.0wppwpp_l
    HKEY_CURRENT_USERSoftwareKingsoftOffice6.0wpswps_l

  19. Pingback: Beberapa Tips Komputer « dimasnaghsoyus
  20. Pingback: BEBERAPA TIPS KOMPI « jasonjoseph13th
  21. btw,kecil amat ya size installasinya.tp power full ga gan?,sm office 2010.hehe

  22. Alhamdulillah, akhirnya Kingsoft mem-freeware-kan Officenya. Syukran Mas…ditunggu info freewares terbarunya…eh sekalian minta restu download nggihh?!

  23. Alhamdulillah ada office gratis yg sebanding ms. office. Saya akan senang sekali jika kingsoftoffice 2012 ini support di linux/ubuntu. Saya menunggu info selanjutnya.

  24. Alhamdulillah cukup membantu.. sayangnya jumlah row kingsoft spreadsheet cuma 65.536. Bandingkan dgn openoffice calc yang 1048XXX. Sayangnya open office calc g ada fungsi =sumifs(). Mungkin ada yang bisa memberi solusi?

  25. Kingsoft membikin format number windows xp jadi kacau …. separatornya jadi hilang. Microsoft excel nya tidak bisa menulis 1.200.000,00 bahkan total commander explorer separatornya hilang … mohon solusinya

    thx

  26. macronya ga jalan agan agan… ada yang tau cara buka macronya…?

  27. macronya ga jalan agan agan… ada yang tau cara buka macronya…?macronya ga jalan agan agan… ada yang tau cara buka macronya…?

Comments are closed.