73

Data Flashdisk tidak bisa dibuka? Atasi virus Shortcut VBS

virus-worm-vbsBeberapa hari (minggu) terakhir ini, saya banyak menerima ‘pasien’ yang terkena virus (worm tepatnya). Laptop dan flashdisk saudara, tetangga dan teman ternyata banyak yang terkena virus, yang setelah dicek, ternyata semuanya virusnya sejenis. Semua data di flashdisk juga tidak bisa dibuka atau tiba-tiba ‘hilang’ dari tampilan.


Ketika USB flashdisk dimasukkan ke komputer yang terkena virus ini, langsung saja semua data di flashdisk tersebut berubah menjadi shortcut dan data didalamnya ‘hilang’. Setelah di periksa ternyata semuanya terkena virus (worm) yang identik (sama), yaitu sebuah script kecil yang merupakan kode program dalam bahasa Visual Basic (tepatnya Visual Basic Script atau VBS).

Nama worm ini berubah-ubah dan menggunakan nama acak, misalnya arejwygjro..vbs, uwpkhsaqup..vbs dan lainnya. Ketika virus ini sudah berjalan di komputer, maka begitu ada flashdisk yang dimasukkan, semua file dan folder didalamnya akan disembunyikan (hidden), dan akan diganti dengan shortcut yang namanya sama dengan nama file dan folder isi flashdisk tersebut, sehingga bagi yang kurang jeli merasa flashdisknya aman-aman saja. Tidak lupa dicopy-kan juga virusnya sendiri (sebuah file vbs) dengan nama acak seperti yang sudah saya sebutkan.

worm-vbs

Semua shortcut yang ada di flashdisk jika dijalankan (klik 2 kali), maka sebenarnya akan menjalankan file vbs (worm atau virusnya) yang sudah dicopykan sebelumnya dan komputer akan terinfeksi virus ini. virus ini akan otomatis berjalan (senantiasa aktif) ketika windows dinyalakan dan akan menulari flashdisk baru ketika dimasukkan.

Mendeteksi Adanya virus VBS ini

Cara mendeteksi adanya virus ini cukup mudah. Gunakan saja sebuah software yang namanya Autoruns (software “wajib” yang harus dimiliki pengguna komputer sebenarnya). Ketika autoruns dijalankan, periksa Tab “Logon“, maka ketika disana ada aplikasi atau daftar file yang bertipe VBS di beberapa tempat (biasanya lebih dari 2 tempat), dan aktif (ada tanda centang), itu merupakan tanda kemungkinan besar komputer sudah terkena virus ini. Seperti diperllihatkan dalam gambar berikut.

Sekedar untuk memastikan, masukkan saja flashdisk yang bersih (belum terkena virus) ke komputer tersebut. Jika didalam flashdisk file dan folder hilang dan berganti dengan shortcutshortcut, maka dapat dipastika virus ini aktif (berjalan) di komputer. Jangan dilakukan jika tidak yakin akan hal ini atau banyak data penting di flashdisk.

Membasmi virus VBS

virus ini sebenarnya cukup mudah untuk dihapus, ikuti saja langkah berikut, dan pastikan program Autoruns sudah ada di komputer dan letakkan di lokasi yang nantinya mudah dibuka, misalnya drive D: atau C:. Langkah-langkanya:

  1. Restart komputer, setelah itu tekan tombol F8 berkali-kali sampai muncul banyak pilihan (opsi) untuk masuk ke komputer (windows)
  2. Pilih “Safe Mode“. Panduan untuk bisa masuk ke Safe Mode ini juga bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya Safe Mode, Manfaat dan Penggunaannya
  3. Setelah berhasil masuk Safe Mode, jika ada pilihan pengguna (User), pilih terlebih dahulu Administrator (biasanya tanpa password).
  4. Setelah masuk windows, cari program Autoruns yang sebelumnya sudah disiapkan, dan jalankan.
  5. Pilih tab “Logon” dan periksa daftar file yang merupakan file VBS. Hapus saja semua file vbs ini dari daftar (atau jika tidak ingin menghapus, bisa juga hanya dihilangkan tanda centangnya agar tidak otomatis berjalan di komputer)
  6. Setelah selesai, jika sebelum masuk Safe Mode ada beberapa user selain administrator, ulangi langkah 1 sampai 5 untuk pengguna (User) lain tersebut.
  7. Setelah itu restart kembali komputer, kali ini biarkan komputer masuk ke keadaan normal (bukan safe mode) dan harusnya virus sudah tidak aktif di komputer lagi. Jika sebelumnya dari Autoruns tidak dihapus, buka lagi autoruns dan hapus dari sini (kecuali jika ingin di koleksi)

Mengapa harus dari Safe Mode? karena dari safe mode, virus ini tidak akan aktif, sehingga dengan mudah kita hapus atau non-aktifkan jalan masuknya. Untuk memastikan di komputer sudah tidak ada file ini lagi, bisa dilakukan pencarian dengan kriteria file yang ber-ekstensi *.vbs. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua file vbs adalah virus, jadi hati-hati jangan asal hapus. virus ini biasanya menggunakan nama acak dan besarnya diatas 100 KB atau sekitar itu.

Mengembalikan data di USB flashdisk

Setelah komputer sudah bersih dari virus ini, maka langkah selanjutnya adalah menghapus virus dan mengembalikan data-data di flashdisk jika ada. Langkah pertama adalah menghapus virus dan shortcut yang ada di flashdisk, baru kemudian mengembalikan datanya.

  1. Tahan tombol SHIFT di komputer/laptop dan masukkan flashdisk. Menekan dan menahan tombol SHIFT adalah untuk pengamanan saja, memastikan agar tidak ada program di flashdisk yang langsung dijalankan tanpa sepengetahuan pengguna (autorun.inf)
  2. Setelah itu hapus semua file dan folder yang merupakan shortcut (silahkan melihat kolom TYPE di windows Explorer). Pastikan yang dihapus adalah shortcut, dan jangan sampai salah melakukan klik dua kali (membuka shortcut) tersebut.
    type-shortcut
  3. Untuk mengembalikan semua data yang disembunyikan virus, bisa menggunakan program buatan saya Hidden File Tool atau langsung melalui Command Prompt. Silahkan memilih salah satu atau jika dengan Hidden File Tool ada yang tidak berhasil ditampilkan (misalnya nama file menggunakan huruf unicode: Arabic, China, Jepang dll) bisa ditambahkan menggunakan Command Prompt.
    • Menggunakan Hidden File Tool, klik tombol Browse dan pilih drive flashdisk. Selanjutnya klik tombol -=SEARCH=-. Setelah hasilnya ditampilkan, pilih semua semuanya (klik file yang paling atas, tekan dan tahan SHIFT dan klik file yang terakhir). Selanjutnya klik tombol APPLY, sehingga semua file dan folder di flashdisk akan muncul semua
    • Menggunakan Command Prompt. Buka Command Prompt melalui Start Menu > Run dan tulis atau ketikkan:CMD lalu Enter. Atau melalui Start Menu > All Programs > Accessories > Command Prompt. Selanjutnya ketikkan huruf yang merupakan drive flashdisknya. Misalnya flashdisk ada di drive E, maka ketikkan E: (E diikuti tanda titik dua) dan tekan Enter. Setelah berhasil tampil E:> di layar Command prompt, ketikkan perintah berikut: ATTRIB -S -H -R *.* /S /D kemudian tekan Enter.

Jika virus/worm VBS ini belum bisa diatasi dengan cara diatas, silahkan menuliskan di komentar atau langsung email saya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

73 Comments

  1. mas ebta, bagaimana pula kalau kita jumpai di flashdisk folder yg berupa tulisan china, ukuran foldernya bergiga2, tapi folder tidak bisa dibuka dan dihapus, ini termasuk jenis virus apa dan gmana membasminya.. Mohon pencerahannya terima kasih..

  2. gman mengatasi flasdish yg nama foldernya tulisan cina dan folder tersebut tidak bisa dibuka/dihapus,mohon pencerahannya ..

    • kenapa flashdisk tidak bisa menjalankan file secara ke seluruhan padahal file sudah ter simpan di flashdisk dan kapasitas flashdisk masih tersisa banyak

  3. assalamu alaikum mas ebta dkk,
    selamat datang kembali, lama gak muncul.. semoga tetap sehat dan bahagia. terima kasih infonya. jazakallah. wassalam

  4. Mas @muspis itu bukan tulisan cina tapi flasdisnya rusak, jangan diformat, repair aja dengan klik kanan pada flasdis, properties, tool, checkdisk..

  5. terima kasih mas, sangat bermanfaat. saya dulu juga pernah menggunakan cara yang sama untuk masalah tersebut :)

  6. Ehm, Sudah lama tidak update website, terimakasih atas semua infonya

  7. Assmlkm wr wb, Mas Ebta kalo fd (4 gb) ngak bisa di copi paste, ngk bisa di format, muncul tulisan write protected. di diskmanagement dan explorer terdeksi, saya pakai win 7 home prem 64. gmana solusinya Mas? matur suwun
    wassalam

  8. Mas Ebta. Alhmdulillah, setelah saya mencoba apa yang mas aebta terangkan (menghapus VBS/virus shorcut dan langkah mengembalikan file yang terhiden dgn hidden file tool) itu dapat ditemukan lagi dengan utuh, padahal saya memakai harddisk eketernal 1 Terabyte dengan file yg tersimpan 173 Gbyte. Menakjubkan..! Hatur nuhun. Katampi kasaeanana.

  9. #13 samsul hadi
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    setahu saya write protected bisa 3 penyebabnya :
    – registry windows (coba ditest di komputer/sistem operasi lain, jika tetap sama, berarti bukan ini)
    – ada pengunci di flashdisk tersebut (saklar), jika tidak ada, mungkin yg ketiga
    – ada kerusakan perangkatnya.. kalau tidak ada data penting, coba di format saja

    #15 Cecep
    Alhamdulillah bisa bermanfaat…

  10. 😎 😯 MENGAGUMKAN!! paparannya ttg virus VBS jelas dan detil,
    mas Ebta emang MuanteEebbb 😎

    makasih byk buat sharing ilmunya

  11. terima kasih banyak mas Ebta. saya baru pertama kali kunjungi web ini. moga bermanfaat

  12. Maaf ya mas Ebta OOT (Out Of Order) nih, mau Tanya kalau permasalahan saat buka kamus Arab tapi tulisan arabnya gak tampil hanya (tanda) “???????” aja itu kenapa ya mas? Padahal saat nulis di MS Word misalnya bisa tampil.
    Kalo benar mesti install Arab language. Apa bisa install-nya tanpa CD Drive? Mohon bantuannya, trims :)

  13. ini kunjungan pertama ane, artikelnya menarik sekali tuk disimak
    Makasih agan Ebta…moga membawa manfaat :)

  14. Terima kasih bang ebta,ilmu ini suatu saat pasti akan berguna untuk saya dan rakan-rakan semua.saya sedang dahaga ilmu perkomputeran.Terima kasih

  15. mas, saya buka file video dari flash disk, setelah saya matikan videoan, saya mau buka file yang lain…pas saya cari, filenya sudah tidak ada, saya cek ke properties juga flashdisk nya hampir kosong..saya Udah coba pake cara yg dikasi mas tapi tetap ga bisa..gimana caranya biar file saya bisa kembali.. terima kasih

  16. alhamdulillah mas…. semua file saya sudah bs kembali lagi…. mantap massss…. trm kasih atas infonya

  17. saya kena cirus ini dari laptop teman saya. dan file yang jdi shortcut udah balik. saya melakukan cara yg anda kasih di laptop saya.
    apakah virus itu menyebar di lapto saya. tolong di balas.

  18. mas tapi shortcutnya masih muncul ik? dan waktu saya scan masih terdeteksi virus vbsnya, minta pencerahan dong mas?

  19. trimakasih atas artikel yang berjudul “Data Flashdisk tidak bisa dibuka? Atasi virus Shortcut VBS”.
    sangat bermanfaat buat saya dan semoga bermanfaat juga buat yang lainnya :)

  20. Nice bro, thank you postingan nya. membantu sekali saat data kantor tiba2 hilang x_x

  21. Makasi mas atas tulisan mas. Berguna banget :)
    Tapi, kalo uda dihapus dari flashdisk apa bisa masih ada worm yang tertinggal di laptop?

  22. Thanks gan,, haduhhh hampir puyeng gan gwe cari artikel gie mana cara hapus two virus, padahal gwe uadah pakek bitdefender yang full sama smadav pro tetep gak ilang, untung ketemu agan. Salamet dech data2 gwe mna data penting buwat smester akhir. Oh ya gan ada saran gx bwat gie mana flasdisk kebal virus.??

  23. mass, saya sudah lakukan petunjuk dari mas , tetapi ketika sudah saya lakukan kembali , file itu masih saja tidak ada . saya bingung mas , tolong bantu saya

  24. keren ajib solosinya, makasih om ebta, tapi saya mau nanya, ada networkinfoblabla.vbs apa itu juga dihapus, ukurannya ndg nyampe 100 kb

  25. Masih ga ngerti mas -_- padahal itu fd isinya penting banget u,u

  26. Terima kasih mas ebta. ilmu nya sangat membantu… sukses terus. kabarin kalo ada ilmu baru ya mas..

  27. mas itu udah bisa cuma sebentar, setelah itu kok balik jadi shorcut lagi, gimana itu mas?

  28. Alhamdulillah,work 100%. Thanks yoo infonya :)

  29. Makasih infonya Gan..
    sampai2 mau install ulang tadi..

  30. terima kasih atas infonya, sangat membantu! (y)

  31. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    terimakasih atas informasinya mas…caranya berhasil virusnya sudah hilang file yang hilang juga kembali. sangat bermanfaat .. jempol..work 100%

  32. makasih mas, akhirnya virus vbs hilang dri laptop saua πŸ˜€
    ilmu yang sangat berharga (y)

  33. thanks banget..?.file di flash disk saya selamat smwnya.

  34. masbro kalo pake command prompt kok tiba-tiba data ane ilang lagi ? kalo keluar dari directorynya trus abis itu diklik lagi directornya kok filenya tiba-tiba tetep jadi shortcut ? apa emang begitu ? apa abis make command prompt langsung di copy semua filenya ke hide itu ? trims sebelumnya πŸ˜€

  35. mas saya ada masalah dgn flashdisk.
    awalnya saya copy data dari komputer lain dan akhirnya semua data dalam flshdisk saya berubah menjadi “folder : found.000 dan recycler” size tidak terlihat.

    saya sdh coba cara yg mas ajarkan diatas tp tetap masih seperti itu.
    di autoruns tdk terlihat ada worm dgn nama acak.vbs.
    dgn hidden file tool yg terlihat (sample) :
    file names : I:found.000file000.chk
    folder : chk
    attributes : kosong
    information : attribute changed

    via cmd jg sdh saya coba.
    hasil dari semua sama, isi flashdisk saya hanya “folder : found.000 dan recycler” total kapasitas 500an MB.

    kira2 flashdisk saya ini kena virus apa ya mas?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  36. Masbro kok hbis saya ketik attrib bla bla terus saya enter kok file saya ttp gak muncul yah,tulisannya file not found –“

  37. flashdisk anak panti ada yang rusak:
    1. ketika di colokan datanya thilang semua
    2. data corrupt. ada pertanyaan do you want to format
    3. akhirnya pilih yes
    4. dan dapat digunakan kembali tetapi setelah menngcopy file file tersebut tidak dapat di buka

  38. sudah di lakukan command prompt tp file ttp saja jadi shortcut,saya hapus tp muncul lagi..kira2 gimana ya?

  39. Saya sudah melakukan seperti yg di atas…tp ternyata ini virusnya mengganti file2 saya dg nama memakai lambang2 simbol. Sehingga pada command prompt yg muncul “The target of the symbolic link G:….. does not exist”
    Apa ini virus yg lain ya Mas?
    Data saya masih tidak bisa ditemukan…bahkan sekarang nama flashdisk saya malah berganti dg simbol2 juga.
    Apa yg harus saya lakukan mas? Data saya masih bisa ditolong ga ya mas?

  40. Terimakasih banyak atas penjelasannya dan program Hidden File Toolnya, berkat program tersebut saya bisa dengan mudah menyelamatkan data-data di flashdisk saya :)

  41. Mas, flashdisk sy ga bs kebuka. Datanya msh bisa diselamatkan tidak ya? Saya bingung harus gimana? Awalnya sy buka foto dlm memoricard camera digital di laptop, terus dicopy k flashdisk (ceroboh sy…file ga dicopy dulu k laptop). Ketika mau lihat lagi foto2 tsb di camera udah ga bisa ” no images”. Langsung sy buka flshdisk di laptop, ternyata sama. Foto2 tsb penting banget, bisa minta sarannya sy harus bgmn?
    Trmks….

  42. gan gimana nih saya udah berulang kali mencoba tapi selalu gagal.sudah berhasil tapi setelah saya buka kembali muncul gan.autoruns saya ga ada gan ..gimana ini padahal ada folder yang penting ?

  43. kok gak bisa ya di command prompt nya padahal udah nyoba segala kode dari website a sampe z tetep gak bisa di buka videonya.

  44. saya ucapkan ribuan terima kasih atas penjelasannya…. data saya selamat semua… sekali lagi terima kasih banyak mas… semoga Allah SWT membalas kebaikan mas dengan pahala yang berlipat ganda… πŸ˜€

Comments are closed.