28

Google Translate Bahasa Indonesia sudah tersedia

Google translate

Setelah sekian lama, akhirnya google saat ini mendukung translate web site (kalimat) ke bahasa Indonesia. Bersama dengan ini saat ini google translate manambah lagi 11 bahasa, yaitu : Catalan, Filipina, Hebrew, Indonesia, Latvia, Lithuania, Serbia, Slowakia , Slovenia, Ukrainia dan Vietnam. Sehingga saat ini google mendukung 35 bahasa Internasional.

Di sebagian fasilitasnya, google melakukan translate bahasa ke Inggris dahulu baru kemudian ke bahasa yang di inginkan, termasuk Indonesia. Misalnya ingin terjemah Indonesia ke Vietnam, maka google akan melakukan translate ke Inggris terlebih dahulu kemudian baru ke Vietnam.

Dengan begitu memang hasil yang didapat akan lebih baik jika salah satu bahasanya Inggris. Meskipun begitu ini termasuk kemajuan yang sangat bermanfaat, karena permasalahan bahasa yang menghambat laju informasi mulai bisa diatasi.

Jika dibandingkan dengan software komersial translate bahasa yang banyak beredar, maka google mengklaim berbeda dengan mereka. Mereka biasanya mengembangkan berdasarkan pendekatan aturan-aturan tertentu dan memerlukan banyak kerja untuk mendefinisikan vocabulary dan grammar. Untuk Google translate menggunakan pendekatan yang berbeda karena lebih mendekatkan pada sample terjemahan oleh manusia, yang selanjutnya dilakukan pembelajaran teknik statistik untuk menghasilkan model terjemahan. Tentu saja dengan data jutaan kata atau text. Selengkapnya baca Metode Google translate.

Dengan pendekatan itu google mengklaim kelebihannya yaitu skalabilitas. Sehingga meski awalnya hanya beberapa bahasa, bisa ditambah dengan berbagai bahasa di dunia dengan hasil yang cukup bagus. Selengkapnya bisa dibaca blog goolge tentang hal ini disini

Setelah mencoba sendiri, hasilnya memang cukup bagus, berikut contoh terjemahan 2 paragraf dari blog google :

Bahasa Inggris :

Google Translate added 11 new languages: Catalan, Filipino, Hebrew, Indonesian, Latvian, Lithuanian, Serbian, Slovak, Slovenian, Ukrainian and Vietnamese. Google’s machine translation service now supports 35 languages and you can use it to translate text between any combination of languages.

In most cases, Google uses English as an intermediary language, so when you translate a text from Indonesian to Vietnamese, Google translates the text to English and then it translates the result to Vietnamese. You’ll get the best results when one of the languages is English, since Google needs a single translation.

Hasil terjemahan :

Google Translate menambahkan 11 bahasa baru: Indonesia, Filipina, Yahudi, Indonesia, Latvia, Lithuania, Serbia, Slovakia, Slovenia, Ukraina dan Vietnam. Google mesin layanan terjemahan sekarang mendukung 35 bahasa dan Anda dapat menggunakannya untuk menerjemahkan teks antara kombinasi bahasa apapun.

Dalam kebanyakan kasus, Google menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa perantara, sehingga ketika menerjemahkan teks dari Indonesia ke Vietnam, Google menerjemahkan teks ke Bahasa Inggris dan kemudian menerjemahkan hasil ke Vietnam. Anda akan mendapatkan hasil yang terbaik, ketika salah satu adalah bahasa Inggris, sejak Google kebutuhan satu terjemahan.

Ingin mencoba langsung ? Bukan saja Google Translate (ebsoft )

28 Comments

  1. Sep nich..
    Translator lokal bisa kalah nich, menidng pilih yg Free
    Bbr wktu lalu mnecoba translate dr Bhs Inggris ke Belanda.
    Hasilmny oke juga, bisa dimengerti oleh orng Belanda (yg leluhuirnya dari jawa) 🙂

  2. sip..sip…sip…ni dia ni yg di tunggu2 akhirnya muncul juga …
    makasih mas ebta infona…

  3. Thanks for google..! tugasku bisa selesai berkat google translate ini.
    Trims jg buat ebsoft atas infonya…

  4. Assalamu ‘alaikum….
    Hmmmm…. syukron jazakallah atas infonya.
    Mas, biasa….mo usul. Jangan bosan ya. Tolong dong dibahas windows Se7en….terus, katanya Windows Vista kurang begitu sukses menggantikan XP. Permasalahannya klasik: Vista terlalu banyak memakan resource. Bener ga?…..

  5. Assalamu’alaikum
    sebentar lagi hari kemenangan. Mas Ebta, minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan bathin. kalo ada salah2 tulisan atau kata-kata, saya mohon maaf. saya mau berangkat mudik.. 🙂

  6. Ada yang bisa kasih tahu dimana alamat website klo mo donlot pdftypewriter 2.2.66 driver/setup/exe nya ga ya?
    Ato pdftypewriter versi 5.6….. serial numbernya.
    Aku untuk setup yang versi 5.6 atau 6….. ada tp serial s/n nya ga tau. Tp klo untuk versi 2.2.66 yang ku dapat cuma s/n nya doank. Gimanya ya? Ada yang bisa bantu ga ya?

    Klo mo kasi solusi diatas bisa langsung kirim ja sarannya ke email aku di “tosenkharefa@yahoo.com”. Untuk segala bantuan dan info ku ucapken tarimakasi yoooooo………..!

  7. wah thanks bgt artikelnya
    sbelumnya saya pakai toggletext.com, tp stelah coba google translate ternyata lbih bagus.
    mohon maaf lahir batin bwt mas ebta ‘n smuanya

  8. Google memang inovatif. Semoga bermanfaat selalu bagi kita semua. Dan semoga mereka selalu memegang teguh slogannya “Don’t Be Evil”

  9. makasih mas infonya, dah lama nih ditunggu akhirnya muncul juga. ijin copas ya…

  10. Selamat Idul Fitri (agak telat mungkin 🙂 ) taqobbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin kepada teman-teman semua..

  11. Met Idul Fitri kawan-kawan, salam kenal. Maaf Lahir batin. Kalau ada yang boleh dong diberi tutorial step by step install plugin2 wordpress yang mampu meningkatkan SEO blog kita.

  12. mas ksih tau donk gimna mau dapatin serial nummber IDM 5.14,,? tunjukin ya caranya ??? dah pning ni mas mencarinya,, ya,???? tanks y

  13. @Tanageraha
    sama-sama mas.. sepertinya sudah banyak (ada) yang membahas seperti itu, mungkin kurang googling saja..

    @jujur
    Saya sarankan menggunakan yang free saja, tidka kalah dengan IDM. misalnya Orbit downloader, Flashget, FDM dan lainnya

  14. yahhh bagus juga..tapi pembahasan sprti ini sering terlihat di web sapa saja …. jujurya web anda sungguh menguntungkan ..
    pak klou mau sukses kunjungi web saya

  15. @choirul anam
    Iya, memang ini sudah agak lama, jadi wajar kalau sudah banyak yang membahas seperti ini

  16. itu translatornya ga bener tuh … masa saya tulis saya gila di inggris nya i`m mad

  17. @toong
    memang tidak bisa sebagus manusia. kemampuannya akan semakin baik jika user ikut serta memberikan masukan terjemah yang benar..

  18. lam knal bos,maw nanya ni gma cara-y pasang widgt google translate di blog

  19. @mandala
    sama-sama…

    @CHUGY
    jika menggunakan wordpress bisa menggunakan plugins Global translator

  20. gimana ya cara mencari nomor telepon rumah lewat internet dengan cuma mengetahui alamat rumahnya aja? makasih ya…

  21. Tapi……….
    Kesulitan utama dalam menggunakan google terjemahan adalah bahasa yang digunakan bahasa grammar, jadi kita harus lebih banyak menata ulang, karena terjemahannya pakai mesin, berbeda jika yang menterjemahakan manusia, mungkin lebih mudah untuk kita pahami, contoh saja film-film barat yang ditayangkan pada stasiun televisi, seperti faham betul dengan bahasa sehari-hari kita, gitu lho !!!

Comments are closed.