33

Software-software Gratis Mirip Photoshop

Photoshop alternatif

Tidak diragukan lagi bahwa photoshop merupakan aplikasi yang sudah menjadi standard dalam dunia olah gambar/image. Oleh karena itu bermunculan aplikasi sejenis ( freeware maupun open source) yang berusaha memberikan kemampuan dan menu seperti halnya Photoshop, untuk memberi kemudahan penggunanya. Bagi pengguna Linux mungkin sudah tidak asing lagi dengan GIMP “Photoshop”-nya Linux

Kali ini akan dibahas 3 aplikasi gratis pengolah image yang bisa dijadikan alternatif untuk Photoshop, yaitu GimpShop, Paint.NET dan Artweaver. Semuanya merupakan Freeware dan atau Opensource.

1. GimpShop

Melihat namanya saja mungkin sebagian sudah tahu bahwa aplikasi ini di buat berdasarkan GIMP memang GimpShop merupakan modifikasi dari GIMP. Perbedaannya terutama pada menu-menunya yang sudah diubah dan dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan Photoshop, sehingga bagi yang sudah terbiasa dengan Photoshop, maka tidak terlalu sulit jika menggunakan GimpShop. Berbeda ketika menggunakan GIMP, maka pengguna Photoshop biasanya akan merasa kesulitan.

Sayangnya aplikasi ini sudah lama tidak di update, versi windows masih berdasarkan GIMP versi 2.2.8, sedangkan GIMP sendiri saat ini sudah versi 2.5.4 ( versi stabil 2.4 ). Gimp for Windows sudah versi 2.4.7

Beberapa fasilitas GimpShop :

  • Tersedia untuk berbagai sistem operasi termasuk : Mac OS X, Windows 98+, Linux, dan Solaris.
  • Photo Enhacement
  • Digital Retouching
  • Mendukung berbagai format seperi : JPEG,JPG, GIF, PNG, PSD, TIFF TGA, BMP, PCX, XPM dan lainnya.
  • Tersedia berbagai Tool pallete
  • Mendukung Layer
  • Tersedia berbagai Filter yang mirip dengan Photoshop.
  • Kemampuannya lainnya juga seperti kemampuan GIMP.

Link Download GimpShop. Jika ingin mencoba GIMP untuk windows bisa download atau melihat link di http://www.gimp.org/windows

2. Paint.NET

Jika melihat ukuran file instalasi Paint.NET mungkin akan kaget, hanya sekitar 1.6 MB. Tetapi jika melihat namanya saja mungkin sebagian sudah tahu, bahwa aplikasi ini menggunakan .NET Framework, sehingga agar bisa menjalankan, minimal harus di install .NET Framework 2.0 ( atau versi 3.5 SP1) dari Microsoft yang besarnya sekitar 23 MB.

Beberapa Fasilitas paint.NET :

  • Mendukung Layer
  • Tersedia berbagai spesial efek, seperti : blurring, sharpening, red-eye removal, distortion, noise, embossing serta 3D Rotate/Zoom effect.
  • Tersedia berbagai tools seperti curve tool, gradient tool, magic wand, CLone stamp, Simple Text Editor dan lainnya.
  • Unlimited History
  • Opensource dan Free

Link Download Paint.NET ( 1.6 MB)

3. ArtWeaver

Software yang ketiga ini mungkin terbilang baru, aplikasi ini memang sengaja dibuat dengan mendasarkan menu-menunya pada Photoshop, sehingga ketika menggunakannya, seolah kita menggunakan photoshop. Tentu saja tidak semua fasilitas/menu di Photoshop tersedia, meskipun begitu, sebagai aplikasi yang gratis, patut dicoba. Fasilitas yang diberikan juga cukup banyak, termasuk Layer.

Beberapa Fasilitas ArtWeaver :

  • Mendukung berbagai digital brush, misalnya : chalk, charcoal, pencils…
  • Standard image editing tools seperti : gradient, crop, fill dan selection tools.
  • Mendukung Transparency dan Layer
  • Flter effek seperti : sharpen, blur, emboss and mosaic.
  • Mendukung bebrgai format image seperti AWD (Artweaver), BMP, GIF, JPEG, PCX, TGA, TIFF, PNG, and PSD (no layer support).
  • 100% Freeware
  • lainnya..

Selain itu ArtWeaver juga menyediakan versi portable dan mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar, hanya sekitar ( bandingkan dengan Photoshop 7 saja yang lebih dari 150 MB)

Link Download ArtWeaver 0.5.3 ( versi install : 8.8 MB dan Portable 11.19 MB)

ebta

33 Comments

  1. Assalamu ‘alaikum
    Salahsatu “kelemahan” photoshop adalah size-nya yg terlalu gemuk. Ternyata ada software yg mmpunyai kemampuan sprti photoshop dgn size yg ramping. Syukron jazakalah atas info-nya.
    Sekalian mo tanya, .net framework itu apa seeh…? soalnya tidak sdikit user yg ga begitu tau apa itu dan untuk apa .net framework?
    Juga mo tanya, saya pengguna baru Firefox3 (baru 2 minggu). setelah update ke 3.0.2 dan update noScript, ketika start-up firefox suka muncul 3 tab sekaligus (firefox update, Firefox Start dan NoScript). Gimana men-disable-nya ya? ngeganggu banget.
    Syukron….

  2. @Abu Izza
    Wa’alaikumsalaam
    Untuk .NET Framework merupakan framework .NET buatan microsoft, detailnya saya juga tidak begitu tahu, yang jelas bisa download di microsoft dan aplikasi yang dibuat menggunakan library ini maka agar berjalan memerlukan .NET Framework ini..

    Saya kurang tahu untuk yang muncul 3 tab itu, kalau biasanya hanya muncul pertama kali setelah install saja.. selanjutnya tidak muncul lagi..

  3. assalamualaikum akhukumfillah,
    untuk firefox yang muncul 3 tab, coba tutup semua tab kecuali satu, boleh diarahkan ke alamat google.lalu pada layar atas tab klik history dan pilih menu home…insya Allah setelah itu setiap start up firefox akan menampilkan satu tab saja..selamat mencoba

  4. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

    wow nice info
    thx ok!!! 🙂

  5. assalam’alaikum.

    mau nambahin aja, .net framework itu sperti suatu engine baru yg digunakan untuk menjalankan aplikasi yg dibuat menggunakan visual studio 2003 ke atas. Dikarenakan di visual studio ini memiliki keunggulan dapat menggunakan beberapa bahasa pemograman yg dapat dijadikan satu melalui .net framework ini tadi.

    Wassalam

  6. Saya pake Photoshop aja deh, udah terbiasa sih dengan photoshop. Tapi untuk sekedar mencoba boleh juga 😀

  7. Ass. wr.wb.
    Saya pengguna Photoshop CS2. Kemarin saya pengen kompress file foto (asli dari kamera) 2 MB menjadi sekitar 25 KB aja, yg saya atur via image size.
    File memang berubah jadi kecil tapi gambarnya pecah.
    Saya pengen bisa caranya (atau ada softwarenya?) agar file foto bisa jadi kecil tapi gambar ga pecah.
    Biar bisa simpen file foto banyak tapi ga ngabisin kapasitas harddisk.
    Ada yang bisa bantu ?????
    Please help me… Thx B4…

  8. assalamualaikum
    mas aku mau tanya. aku coba pake artweaver tapi kenapa layernya selalu dalam keadaan “locked”? udah tak coba untuk men-unlocked dengan menekan tanda gembok sesuai dengan tutorialnya, tapi tetap saja ga bisa.bagaimana solusinya mas??
    trims jawabannya.
    wassalam

  9. @rosyidah
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh.. ( lebih baik jangan disingkat..)

    file jpg/jpeg sebenarnya format file yang sudah di kompress. Cara mengurangi ukurannya ada 2, dengan memperkecil ukuran pixel dan atau mengurangi kualitas..

    @guntur
    wa’alaikumsalaam
    Mungkin itu layer background. Karena sepertinya kalau background memang di lock..

  10. Mas, carikan dong Art Rage versi 2 program untuk melukis itu, dengan menu yang udah dibuka semua……he…he…. udah dapat gratis antivirus,maunya yang lain gratis juga…..memang manusia selalu ada tamaknya ya mas ?? Astaghfirullahulazim..3x
    Syukur sekali deh ada web yang seperti ini, tau yang diinginkan banyak orang…..

  11. bagus untuk orng yang kuran suka disign grafis, tp hoby ngotak-ngatik gamar heheeheh
    good luck’
    tambah softwarenya

  12. Sekalian dong mas, tolong review beberapa Picture Manager yang free/Opensource, seperti Picasa 3, Alsee, dll yang mas ebta tau…
    Trims sebelumnya…

  13. mas mau nanya ada ga program yang bisa buat komputer kita da bisa kena firus tanpa harus di pasang anti virusss… masalahnya berbagai anti virus yang mahal atau yang geratisan sama aja masih ada celah untuk virus masukkkk … sekian dan terimakasihhhhhhhh

  14. @ari
    iya terimakasih, memang cukup banyak tutorial PS di internet..

    @vels
    iya untuk yg free agak susah, saya pernah mencari juga

    @Anoda
    hehe… semoga bisa nanti..
    saya sendiri tidak mau repot-repot menginstall doftware seperti itu. Cukup menggunakan windows picture & Fax viewer.. ( bawaan windows)

    @ono
    sebagian pengguna menggunakan deep freeze, saya sendiri kurang suka dengan aplikasi seperti itu..
    kalau celah, memang selalu ada..

  15. salam

    @vels
    guna saja adobe image ready…bisa koq

    wsalam.

  16. Assalamu’alaikum;
    masEbta, apa Gimshop for Windowsnya bisa menyimpan gambar dari scanner ?

  17. @AbuHafi
    wa’alaikumsalaam
    kalau itu belum pernah mencoba, seharusnya software setingkat gimshop bisa. Saya sendiri kalau scan biasa menggunakan software bawaan scannernya saja..

  18. alow….

    gmn se cara download software photoshop???kasi tau dunks…

  19. aku pkek cs2 kapasitas / ukurannya photosop cs2 sekitar 250mb lebih mending sewa rental atau mnt tmn softwarenya dari pada donlotnya internet lama .. :p

  20. saya ambil gimpShop dan paintNet,akan saya coba dan kbrkan hasilnya, tks

  21. mungkin bisa bantu serial number untuk :Easy Banner Creator, Easy Frane Creator dan Easy Button Creator. Maklum sy termasuk gol ga gableg,maunya gratis. tk

  22. klu mo download gratis vs.net profesionall edition dmn ya mas selain dr microsoft…..????

  23. One thorn of ugg sale experience is worth a whole wilderness of warning. Practical wisdom is only to be learned in the ugg cardy boots school of

Comments are closed.