55

Hidden File Tool 2.0 telah di rilis

Pernahkah kita mengalami “kehilangan” data di flashdisk atau komputer karena ulah virus? atau tiba-tiba banyak file-file penting atau dokumen yang tiba-tiba “hilang”. Kadang data-data ini tidak sepenuhnya hilang, biasanya hanya di sembunyikan (hidden) sehingga kita tidak bisa melihatnya. Dulu saya pernah membuat software gratis Hidden File Tool untuk mencari file-file tersembunyi.

Setelah 2 tahun lebih tidak ada perkembangan, alhamdulillah akhirnya saya bisa memperbaiki software ini, dan kini telah hadir/rilis Hidden File Tool 2.0. Seperti software saya yang lain, saya tetap berusaha membuat program ini berukuran kecil (sekitar 40KB) dan hanya single file saja sehingga tidak perlu installasi (Portable).

HFT Versi 2.0 ini banyak mengalami perbaikan dan penambahan fitur dari versi sebelumnya, termasuk kemampuan menampilkan folder, tidak hanya file saja seperti versi 1.0. Apa saja fitur-fitur HFT 2.0 selengkapnya ? Berikut fitur sekaligus tambahan di versi 2.0 ini :

  • Mencari file dan folder tersembunyi (atribut Hidden) termasuk juga atribut : System, Archive, Read Only
  • Pencarian yang sangat cepat, mulai versi 2.0 dengan threading, sehingga proses pencarian tidak terganggu dan terhenti.
  • Mencari file-file dengan ekstensi tertentu dan menyertakan pilihan tipe file-file yang banyak diakses atau mungkin berbahaya.
  • Mengubah dan mengeset atribut file : Hidden, System, Read Only dan Archive
  • Menghapus file dari daftar yang ditampilkan
  • Menampilkan dalam warna yang berbeda untuk file-file tertentu (folder dalam warna latar kuning)

Dibanding versi terdahulu, HFT 2.0 mengalami beberapa perbaikan penting, seperti kemampuan untuk menampilkan hidden folder yang tentu ini sangat penting. Karena biasanya data-data yang disembunyikan virus termasuk foldernya.

Manfaat Hidden File Tool

Mungkin sebagian kita masih belum begitu paham apa manfaat nyata dengan menggunakan software ini. Berikut saya berikan contoh beberapa kejadian dan dengan software ini bisa membantu :

  • Mengembalikan file atau folder yang sebelumnya sempat “hilang” karena virus (hilang dalam arti disembunyikan).
    Biasanya virus akan mengganti file atau data penting di flashdisk dengan virus dan menyembunyikan file atau folder aslinya. Jika kapasitas flashdisk tinggal sedikit tetapi tidak terlihat adanya data atau banyak data yang tiba-tiba hilang, kita bisa mencoba menggunakan HFT untuk menampilkan file-file yang tersembunyi (pilih atribut Hidden ketika mencari). Setelah ditemukan kita bisa menampilkannya kembali dengan memilih file/folder yang tampil di daftar hasil pencarian, kemudian pada bagian Set Attribute hilangkan semua tanda check dan klik APPLY. Keterangan berhasil atau tidaknya akan ditampilkan di kolom keterangan
  • Dengan teknik mirip seperti diatas, kita bisa mengeset agar file atau folder menjadi tersembunyi, caranya pilih file/folder dari daftar/hasil pencarian dan dari menu Set Attribute pilih Hidden ( bisa memilih juga System serta Read only), kemudian klik APPLY
  • Jika kita ingin mencari file-file dengan ekstensi tertentu saja, pada bagian Filter isikan ekstensi file. Jika lebih dari satu pisahkan dengan tanda titik koma (;), misalnya : *.txt;*.rtf;*.doc.

Untuk mengenal tentang Atribut File ini, silahkan membaca artikel saya terdahulu : Mengenal Attribute file atau folder, download Hidden file tool, yang menjelaskan secara singkat tentang atribut Hidden, System, Read Only dan Archive.

Beberapa Tips

Meskipun penggunaannya relatif mudah, untuk melengkapi beberapa tips menggunakan Hidden File Tool :

  • Gunakan tombol Shift + klik atau Shift+ panah atas/bawah untuk memilih lebih dari satu file/folder dari daftar pencarian.
  • Bisa juga memilih beberapa file yang tidak urut dengan Ctrl + Klik.
  • Kita bisa mengurutkan daftar pencarian dengan klik pada header atau judul kolom
  • Jika menggunakan Windows 7 atau Vista dan ingin mengubah atribut file, jalankan HFT dengan klik kanan dan pilih Run as administrator

Download : Hidden File Tool 2.0 ( 36 KB). Link download lain silahkan melihat halaman Hidden File Tool

55 Comments

  1. Pingback: Hidden File Tool 2.0 telah di rilis
  2. thank’s to brother ebta. it’s really better than doing it through command prompt. πŸ˜€

  3. cool gan..
    dri pada pke command prompt kyaknya ni lebih praktis…
    Thank U gan

  4. Syukron, jazakallah khair. Khabar khair/info yang berguna.Salam.

  5. Izin untuk menginformasikan (forward email) ke teman lainnya. Karena info ini bermanfaat sekali.

  6. Wah di kira made in bule. Ternyata made in indonesia, gw bangga gan… Anak bangsa punya bakat ky mas ebta. Izin donlod nih.

  7. mas mo nanya,tp pertanyaan saya diluar topik pembicaraan.
    mas punya aplikasi tambahan untuk office XP/2003/2007 additional media content ga?
    di tunggu y,
    trimakasih banyak πŸ™‚

  8. wah, syg banget baru tau software yg canggih kyk gini sekarang…
    padahal kmrn flash aku kena virus, dan data nya terhidden sampe jungkir balik ga bisa bikin jd unhidden..

    sippppp dah, download dulu mas ebta πŸ˜€

    #GoodJob!

  9. makasih buanyak infonya…. ikutan ngedownload mas ebta…. moga makin kreatif n inovatif selalu….

  10. @Abi Nadia
    SIlahkan..

    @aam
    wah belum punya

    @Bindus Abid
    saya sudah coba lihat, sepertinya beda..
    kalau itu berhubungan dengan autorun..

  11. Thanks Mas Ebta.. It’s very useful.. Work on my Win7 πŸ™‚

  12. assalamualaikum mas Ebta,
    ini kabar yang bagus, sebagian besar virus yang beredar di ‘wilayah’ saya banyak yang meng-hidden-kan file. mudah-mudahan aplikasi ini bisa banyak berbuat untuk mengatasi masalah virus yang suka bikin ulah hiden file atau folder. ijin download dan menggunakannya. terima kasih, jazakallah.
    wassalamualaikum warahmatullahi wabaraakaatuh.

  13. Mas Ebta aku mau tanya’ untuk warna itu artinya apa yah? kalo kuning itu apa, kalo warna merah muda itu artinya apa? koz masih agak pemula sih… hehehehe….
    Terima kasih atas jawabannya

  14. mas..ada tidak software buat windows xp yg fungsinya buat mengganti wallpaper supaya bisa ganti2 gitu kaya windows 7..??

  15. @egie, coba unduh webshΓΈt
    @bindus abid, kyaknya beda cara operasinya buat soft punyamu ama HFT
    @ all, setelah dicoba gabungkan HFT ama AC ditambah dg SK [sality killer from Kaspersky Lab] dpt mengatasi script varian sality+confick
    # terakhir gunakan smadav

  16. Hebat mas. Develop software sendiri terus. Sebagai mahasiswa IT, aku mau mengikuti jejak mas Ebta. Ijin download tool ini mas.

  17. Kalau terpaksa saya sering pakai program JADUL “Norton Commander” versi DOS Mas..!! Kayaknya ini lebih gampang ya….

  18. mantab mas ebta..
    mas aku mau nanya, aku kan abis partisi hardisk aku 20 gb, partisinya pake bawaan windows. partisi itu untuk linux, otomatis kan drive c nya kurang trus klo aku mau ngembaliin nya ke drive c kembali gman mas? softwerenya apa? klo bisa softwere yg ngak berat thanks be4 mas ebta..

  19. Winrar juga bisa melihat file file yang terhidden atau tersembunyi koq..

  20. good software mas…
    cintailah produk2 indonesia, palagi free… ^^

  21. sory tumpang tempat tanya ..saya nak tanya mas cam na kalau nak hapus software yang tidak boleh guna di liptop ya, tq infoya mas

  22. akang thanks bgt atas info n softwarenya….
    berkat softwarenya data2 sy yg terhiden bisa sy buka lagi….
    sukses trus buat akang….

  23. Terima kasih bos, hampir saja FD ku format padahal datanya sangat penting…Sekali lagi Terima Kasih Banyak Atas Bantuannya.

  24. haha*
    masa g bisa buka file yang di hidden cie ???
    kand itu gampang ,,,,
    haha*

  25. Mas mau tnya klo digunaain buat cheat engine for games bisa?…. aku main rf, bisa g buat mbobol guard tools rf supaya bisa ngecheat di rf-online….?

  26. Assalamualaikum Mas Ebta
    bagaimana crax mengembalikan folder yg terhidden oleh SW winmend hidden folder? karena sy lpa meng unhide sblum install ulang OS..
    tlong pncerahannya
    trma kasih
    ideot.people@gmail.com

  27. Assalamualaikum Mas Ebta
    bagaimana caranya mengembalikan folder yg dihidden menggunakan Aplikasi winmend hidden folder? karena sy lpa meng unhide folder sblum install ulang OS akibt karena trkna virus..
    tlong pncerahannya
    trma kasih
    ideot.people@gmail.com

  28. sedikit usulan & saran aja :

    Hidden File Tool kedepannya agar ada fungsi select all pada setiap file yang diklik jadi tidak perlu mengklik satu persatu agar tidak ribet

  29. serta diharapkan kedepannnya disediakan fungsi repair untuk memperbaiki data yang corrupt terhadap ekstensi file .doc, .exe, .rar, zip dan kalau perlu ditambahkan jg fungsi tracker pemecah password atu pengconversi ulang ekstensi .zip atau .rar untuk menyelamatkan file .zip atau .rar yang sempat hilang passwordnya

  30. iya nich hidden file tool ngga ada fungsi untuk select all pada file pada hal kalau jumlah filenya ad banyak sampai puluh ribuan maka capek ngeklikinnya doank

  31. @foz4
    kalau menggunakan software, saya belum tahu, perlu di baca pentunjuk yang diberikan oleh software tersebut..

    @Aloysius @adhika
    terimakasih atas masukannya, semoga di versi berikutnya tidak lupa saya tambahkan
    sementara bisa menggunakan kombinasi Shift + klik untuk memilih semua/banyak file sekaligus, tidak perlu klik satu persatu

  32. Alhamdulillah, bermanfaat sekali, terima kasih atas infonya mas,,

  33. Wahh ,,, makasih banget nieh kang..
    sayah jadi bisa balikin lagi filenya jadi g di hide. πŸ˜€

Comments are closed.