30

Koleksi Software Gratis Menganalisa Penggunaan Hardisk

Semakin lama penggunaan hardisk, tentu ruang yang tersedia (free space) akan semakin kecil. Nah ketika hal ini terjadi dan kita belum bisa membeli hardisk baru, kita perlu “beres-beres” untuk menghapus data-data yang tidak perlu dan yang banyak memenuhi hardisk kita. Untuk melakukan hal ini kita bisa menggunakan software-software gratis menganalisa penggunaan hardisk berikut.

WinDirStat

Software gratis dan open source ini merupakan aplikasi ringan dan mudah digunakan untuk menganalisa penggunaan hardisk. Kita tinggal memilih drive atau folder yang akan kita analisa, setelah proses scanning selesai, kita bisa melihat penggunaan hardisk yang bisa di urutkan atau dilihat berdasar data yang paling besar ukurannya, paling banyak jumlahnya serta ekstensi file yang paling banyak tersimpan di hardisk.

Dengan demikian, kita bisa memilih dan menghapus data yang tidak penting atau tidak digunakan lagi yang memenuhi hardisk. Software ini bisa digunakan di Windows 9x,ME, NT4, 2000, Xp, Server 2003, Vista dan windows 7. Ukuran download/installasi cukup kecil hanya sekitar 631 KB.

Download WinDirStat ( 631 KB)

Xinorbis

Seperti pernah saya ulah terdahulu di artikel Analisa lengkap penggunaan Hard disk dengan Xinorbis, Xinorbis merupakan software untuk menganalisa penggunaan Hardisk dengan fitur yang lebih lengkap. Pada mulanya software ini freeware, tetapi kini mulai berbayar. Meskipun begitu masih ada versi trial yang bisa digunakan selamanya, hanya saja fitur History dan Opsi tingkat lanjut (Advanced) tidak tersedia.

Meskipun dengan versi Trial (gratis), kita masih mendapatkan fitur yang lumayan banyak, seperti informasi penggunaan hardisk dengan berbagai atribut seperti : ukuran, jumlah file, tanggal, ekstensi file, top 101 dan lainnya (melalui menu Task). Juga tersedia menu export hasilnya ke format : html, xml, csv, text, format xinorbis dan juga dalam tampilan tree (pohon). Untuk versi portable, jalankan file x6.exe. Untuk versi installer, ada tambahan bisa menganalisa folder melalui klik kanan dengan Xinorbis Mini.

Dwonload Xinorbis Installer (6.8 MB), Xinorbis Portable (6.8 MB) atau Xinorbis Command Line ( ~1MB)

GetFolderSize

Software gratis ini mempunyai fitur yang hampir sama dengan WinDirStat, hanya saja tidak memberikan tampilan dalam grafik atau ilustrasi. Semuanya tampil dalam sususan file/folder dan kita bisa melihat berdasar ukuran terbesar atau jumlah file terbanyak dalam folder tertentu. Menu-menu lain juga standard dan masih terbatas. Dibanding dua analisa hardisk sebelumnya, proses scan juga terasa lebih lambat.

Selain versi installer, GetFolderSize menyediakan juga versi Portable sehingga cocok bagi yang ingin mencoba terlebih dahulu sebelum menginstall software ini.

Download GetFolderSize ( 2.3 MB & 2.4 MB )

SpaceSniffer

Software gratis analisa hardisk Portable ini mempunyai tampilan yang berbeda dengan software sebelumnya dan mungkin bisa dikatakan unik dan menarik. Proses scan hardisk juga bisa dibilang sangat cepat, dan sepertinya yang tercepat di banding software-software sebelumnya (belum melakukan pengujian secara intensif). SpaceSniffer menggunakan konsep TreeMap dan menampilkan grafik penggunaan hardisk dengan animasi.

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan struktur Treeview atau tampilan pohon seperti windows explorer, mungkin sedikit bingung ketika menggunakan atau membaca hasil analisanya, karena memang data ditampilkan dalam grafis/animasi. Tetapi mungkin ini merupakan alternatif bagi yang ingin tampilan berbeda dengan biasanya. Kita bisa melakukan filter (mencari data tertentu) melalui isian filter (misalnya mencari data yg lebih dari 2 tahun, bisa diisikan : >2years. Mencari file tertentu, memberi warna, dan tanggal Filter bisa diisi misalnya: *.jpg;>1mb;<3months;|:yellow ). Download SpaceSniffer Portable ( 1.4 MB)

FolderSize

FolderSize merupakan software gratis lainnya untuk analisa penggunaan hardisk. Tampilannya seperti windows explorer seperti halnya WinDirStat dan juga GetFolderSize. Selain menampilkan hasil dalam treeview, kita juga bisa melihat dalam tampilan grafik, baik dalam pie chart ataupun grafik batang (bar chart) plus animasi.

Proses scan relatif sedang, dan hasil yang ditampilkan adalah informasi standard seperti ukuran file/folder, jumlah file/folder, serta informasi file lainnya. Karena tampilan seperti windows explorer, penggunaannya relatif mudah dan user friendly. Setelah di install kita juga akan mendapatkan menu klik kanan “Scan with Folder Size” untuk melakukan scan langsung folder tersebut.

Download FolderSize ( 1.3 MB)

Beberapa software lainnya

Selain kelima software diatas, masih ada beberapa software analisa penggunaan hardisk yang mungkin patut dicoba, karena sebagian cukup sederhana tetapi menampilkan data denganmenarik. Diantaranya sebagai berikut :

  • Disk Speed Fan, mampu menampilkan struktur hardisk dalam grafik melingkar dengan tampilan yang menarik dan penggunaan sangat mudah. Cocok jika hanya ingin melihat penggunaan file/folder di hardisk
  • RidNacs, menampilkan hasil dalam tampilan seperti explorer. Statistik urut berdasarkan persentase space di hardisk dan hasilnya bisa disimpan dalam format XML, HTML, CSV, TXT
  • Scanner, mirip dengan disk speed fan, menapilkan infomasi penggunaan hardisk dalam grafik melingkar. Aplikasi ini bersifat portable dan hanya berukuran sekitar 165 KB. Bahkan source code dalam Delphi juga disediakan

Kesimpulan

Cukup banyak pilihan ketika kita ingin menganalisa penggunaan space hardisk kita, mulai dari yang sekali klik sampai ayng mempunyai banyak opsi. Jika kita terbiasa dengan tampilan windows explorer, WinDirStat atau FolderSize mungkin pilihan yang tepat. Jika ingin tampilan yang beda dan ingin mencoba sesuatu yang lain, SpaceSniffer sepertinya patut dicoba. Sehingga mana yang lebih baik mungkin tergantung dengan kebutuhan dan kebiasaan kitqa masing-masing.

30 Comments

  1. saya suka kalau ebsoft juga promote perisian ‘Glary Utilities’. Banyak fitur yang bagus dalamnya, jadi saya rasa rugi kalau ramai yang terlepas menggunakannya. Ada 16 fitur asas, antaranya termasuklah Disk Usage Checker, yang mana serupa dengan dibincang dalam entri ini.

    glary utilities adalah percuma. (freeware)

  2. [ASK]
    Mas Ebta, klo pake plugin Adrotate itu bisa detect berapa jumlah klik yg menuju iklan tersebut gak ?
    Klo misal gak di rotate karena cuma 1 banner aja bisa gak ya ?
    Thanks mas, jawabannya.

  3. Wow keren banget. Terima kasih….terima kasih…terima kasih. Jazakallah khair.

  4. jadi bingung au pilih yg mana….coba semuanya aja deh anyway thank’s atas info yang bermanfaat ini mas ebta…

  5. Mestinya mas Ebta bisa bikin buku nih… atau saya saja yang kurang info. Salam sukses selalu mas Ebta.

  6. saya pakai Folder Size for Windows 2.4 (by Brian Oraas). Tampilan ukuran foldernya langsung di Windows Explorer (ada penambahan Column di win Explorer). cukup bagus & sederhana.

  7. lebih mantap pake TuneUp Utilities 2011 lebih lengkap cuy.

    klo urusan defrag fery fast gpl
    bisa defrag registry juga
    menganalisa penggunaan hardisk dsb.
    “(fitur tools bisa dibilang sangat komplit)”

    tanks 8-|

  8. Banyak ilmu banyak rizqi, banyak penglaman banyak ilmu.
    terimakasih info dan tipsnya.
    semoga bermanfaat.
    mohon ijin download ya.!!

  9. Pingback: Beberapa Tips Komputer « dimasnaghsoyus
  10. Pingback: File & Disk Manager lengkap dalam satu program, DiskBoss - Electronics and Photos
  11. Pingback: File & Disk Manager lengkap dalam satu program, DiskBoss - Article, Software and Online Business

Comments are closed.