29 June 2010 - ebta

Koleksi Software gratis Monitoring File dan Folder

Sebagai pemilik komputer, kadang kita ingin menjaga privasi file dan folder di komputer. Kita ingin agar perubahan file dan folder yang ada di windows bisa senantiasa kita pantau atau di awasi. Untuk melakukan hal ini, kita bisa menggunakan software-software gratis monitoring file dan folder. Berikut ulasan singkat 5 software gratis untuk monitoring file dan folder.

Mengapa Perlu Software Monitoring ?

Software seperti ini bisa bermanfaat bagi pemilik komputer yang komputernya digunakan oleh banyak orang. Untuk mencegah atau memantau ketika ada perubahan file, maka software monitoring sangat penting.

Selain itu, ketika komputer digunakan pribadi pun, software monitoring juga bisa bermanfaat untuk mengawasi file/folder dari perubahan yang mungkin dilakukan oleh aplikasi lain seperti virus, trojan dan sebagainya. Karena tidak jarang virus/trojan melakukan perubahan (bahkan merusak) terhadap file/folder tertentu.

Watch 4 Folder 2.0

Watch 4 folder merupakan aplikasi portable untuk memonitor perubahan file dan folder. Baik ketika ada pembuatan,perubahan nama file/folder, menghapus file/folder, file assosiasi yang berubah, free space yang berubah dan lainnya. Ketika hal itu terjadi, dapat diatur agar menjalankan file exe/bat atau memberi pesan popup.

Penggunaan software ini relatif mudah, tinggal dipilih folder yang ingin di monitor, kemudian atur settingnya dan klik Start Monitoring. Aplikasi dapat di set agar merjalan di background (systray). Software ini dapat berjalan di Windows 2000/NT/XP/Vista/7. Sayangnya aplikasi ini tidak bisa menambahkan lokasi folder yang berbeda, hanya satu folder dan sub foldernya.

Download Watch 4 folder di Softpedia ( 554 KB)

DirMon

DirMon akan memonitor pembuatan file baru atau penghapusan file. Ketika hal itu terjadi, kita dapat mengatur untuk menjalankan program tertentu, tidak terbatas hanya file exe saja. Juga dapat mengatur file dengan ekstensi tertentu yang dimonitor.

Tidak seperti aplikasi sebelumnya, DirMon harus di install terlebih dahulu untuk menjalankannya. Dan hanya mempunyai fitur untuk memonitor satu folder saja. Selain itu di komputer harus ada minimal diperlukan Microsoft .NET 3.5 agar bisa berjalan.

Download DirMon.zip (548 KB)

DevEnterprise Directory Monitor

Directory monitor memberikan fitur untuk memantau ketika ada perubahan file seperti modifikasi, penghapusan, pembuatan file baru. Bisa juga memantau file sharing di jaringan. Menjalankan aplikasi tertentu ketika terjadi perubahan file, dan pesan popup.

Sayangnya installasi software ini harus online, dan di komputer harus ada Microsoft .NET 3.5 SP1.

Download DirectoryMonitor.exe (485 KB)

TheFolderSpy

Software monitoring yang satu ini merupakan software yang terkecil dan bersifat portable. Tetapi meskipun kecil ( hanya sekitar 90 KB), tetapi mempunyai beberapa keunggulan dibanding software sebelumnya. Fiturnya seperti monitoring pembuatan file, penghapusan, rename, perubahan atribut file, ukuran file dan lainnya.

Seperti software lainnya, TheFolderSpy juga bisa berjalan di background. Kelebihannya adalah kita bisa menambahkan folder yang berbeda, dan tidak terbatas pada folder dan sub foldernya. Selain itu, informasi perubahan dapat disimpan dalam file text (log file).

Download TheFolderSpy.rar ( 53 KB)

PC Inspector File Guard

Dari berbagai softawre di atas, mungkin PC Inspector File GUard merupakan software yang paling lengkap fiturnya. Selain dapat memonitor file dan folder, software ini dapat juga memonitor “service” yang berjalan di background komputer. Ketika terjadi perubahan, aplikasi ini dapat otomatis mengirimkan email ke alamat tertentu.

Aplikasi ini harus di install terlebih dahulu, dan komputer juga perlu di restart sebelum mennggunakannya. Ukuran file installasi juga relatif besar dibanding software lainnya.

Download pci_us_fsguard.exe ( 7.5 MB)

Featured / Software directory monitor / dirmon / file monitor / folder spy / fs guard / pc inspector / software monitoring / thefolderspy / watch 4 folder /

Comments