123

Memperbaiki kerusakan Sistem Komputer akibat Virus

System Repair Engineer

Komputer yang pernah terkena virus, malware dan sejenisnya biasanya banyak fitur yang tidak berjalan normal (sistem/windows mengalami kerusakan). Misalnya Task Manager, Run, Command prompt yang tidak bisa berjalan, dan kadang sampai file-file tertentu seperti EXE, COM dan lainnya juga tidak bisa dijalankan.

Kerusakan semacam itu biasanya bisa diperbaiki baik manual, menggunakan CD Windows atau dengan software pihak ketiga.

Jika kita mempunyai CD master windows, dan kerusakan cukup parah, biasanya masih bisa diatasi dengan memanfaatkan fitur Repair (baca : Cara me-repair (memperbaiki) Installasi Windows XP )

Kali ini akan dibahas cara memperbaiki sistem windows yang rusak baik disebabkan oleh malware, virus dan sejenisnya atau sebab lainnya dengan Program System Repair Engineer (SREng).

System Repair Engineer (SREng)

System Repair Engineer (SREng) merupakan sebuah program kecil (kurang dari 2 MB), portable dan gratis (free) yang di kembangkan oleh KZTechs.COM webmaster, Smallfrogs ( telah memperoleh penghargaan Microsoft Most Valuable Professional (MVP) for Windows Shell – di China dari 2004-2008). Program ini ditujukan untuk mendeteksi berbagai permasalahan umum sistem dan kerusakan umum yang biasanya disebabkan oleh virus komputer.

sreng-main

Untuk tingkat ahli (advance), program ini dapat digunakan untuk mendeteksi berbagai permasalahan dan memperbaiki sendiri. Sedangkan untuk pengguna biasa (awam), terdapat fungsi Smart Scan untuk memeriksa komputer dan menghasilkan report (laporan) sehingga disimpan untuk selanjutnya bisa di analisa dan diperiksa oleh orang yang lebih ahli.

Meskipun begitu, terdapat berbagai fitur yang langsung dapat digunakan meski oleh kebanyakan pengguna komputer. Berikut penjelasan beberapa fitur dan fungsinya yang bisa kita manfaatkan.

Boot Items

Menampilkan daftar program atau aplikasi apa saja yang otomatis berjalan ketika windows booting, baik dari registry ( termasuk item yang tersembunyi, UserInit dan lainnya), Folders, Task Scheduled, Services dan Boot.ini. Jika melihat adanya program yang aneh (mencurigakan), maka kita bisa menon-aktifkannya dengan cara menghilangkan tanda cek-nya.

sreng-boot-items

Setelah di dihilangkan tanda cek, maka klik tombol Refresh, untuk memastikan bahwa pengubahan telah tersimpan. Jika ternyata tanda cek kembali muncul atau muncul daftar baru dengan nama yang lain, merupakan indikasi kuat bahwa komputer sedang terinfeksi virus atau malware lainnya ( sebaiknya komputer/hardisk di scan baik dengan Bootable CD, virus scanner portable, atau memindah Hardisk di komputer lain dan discan dari sana).

System Repair

sreng-system-repair

Di menu ini ada beberapa fungsi terpisah, diantaranya adalah :

File Association

Menampilkan status ekstensi file-file umum seperti : .TXT, .EXE, .COM, .PIF, .REG, .BAT, .SCR, .CHM, .VBS dan lainnya. Jika Status tidak menunjukkan “Normal” atau kita tidak bisa menjalankan file dengan salah satu ekstensi tersebut, maka kita bisa memperbaiki dengan memilih ekstensi file yang bermasalah dan klik Repair.

Windows Shell/IE

Di bagian ini, kita akan melihat daftar-daftar pengaturan windows (setting) yang biasanya diubah/dirusak oleh virus, seperti :

  • Menu Start/Run tidak aktif
  • Registry Editor (regedit.exe) tidak bisa dibuka
  • Command Prompt, wallpaper, Control Panel tidak bisa diakses.
  • Drive di My Computer tidak terlihat
  • Tombol Log off tidak muncul
  • Menu “file” di windows Explorer tidak tampil
  • Icon di desktop tidak tampil
  • Folder Options tidak bisa diaktifkan
  • Tombol search (pencarian) tidak tampil
  • Windows Explorer atau system tray tidak bisa di klik kanan
  • Untuk menampilkan files yang tersembunyi (Hidden files)
  • Berbagai tampilan menu di Internet Explorer yang tidak muncul
  • berbagai pengaturan lainnya

Untuk memperbaiki setting diatas, pilih dari daftar yang ada dan klik Repair.

Browser Add-ons

Menampilkan daftar plugins/add-ons (fitur tambahan) yang berjalan dengan web browser yang digunakan. Kita dapat melihat informasi detail, menyembunyikan atau menghapus add-on yang tidak diinginkan.

HOSTS File

Hosts file merupakan daftar host name dan mapping alamat IP. Misalnya terdapat baris sebagai berikut :

127.0.0.1 localhost

Berarti ketika kita mengetikkan localhost di web browser akan di mapping ke alamat IP 127.0.0.1. Untuk informasi selengkapnya bisa melihat http://support.microsoft.com/?id=108295

File ini bisa diubah oleh spyware atau malware agar ketika menulis alamat web tertentu sebenarnya dialihkan ke alamat IP yang tidak benar.

Winsock Provider

Akan menampilkan daftar Windows Socket API (Winsock), yang menangani masalah akses jaringan, terutama TCP/IP.

Di menu ini terdapat fitur “Reset All to default values”, yang dapat dimanfaatkan jika koneksi internet tidak bisa berjalan seperti sebelumnya (bermasalah) atau ketika tiba-tiba kita tidak bisa browsing, mengirim email atau operasi jaringan lainnya, padahal koneksi internet berjalan normal.

Tetapi ketika koneksi jaringan berjalan baik dan kita bisa browsing, mengirim email atau mengerjakan operasi jaringan lainnya, tidak disarankan untuk di Reset. Selengkapnya tentang Winsock

Advanced Repair

Terdapat dua pengaturan di menu ini, yaitu Recommended Fix Level dan Powerful Fix Level. Ada juga tombol untuk me-Reset Winsock, memperbaki Safe Mode dan Melakukan Scan API Hook ( tingkat lanjut).

Smart Scan

Smart scan akan melakukan scan komputer menghasilkan laporan secara detail tentang sistem komputer yang selanjutnya bisa digunakan oleh orang yang lebih ahli untuk memeriksa dan mengatasi permasalahan komputer.

sreng-smart-scan

Extensions

SREng mendukung tambahan fitur yang bisa ditambahkan secara terpisah (bisa juga membuat tambahan/plugins sendiri). Di Halaman Download SREng disertakan beberapa plugins seperti :

  • NTFS Stream Scanner, untuk memeriksa format NTFS dari adanya data berbahaya
  • Windows Shell Menu Manager, untuk mengatur windows shell menu seperti menu ketika klik kanan desktop dan lainnya.
  • File Figital Sign Verify, mengetahui dan verifikasi digital signature sebuah file.
  • Network Activity Monitor, memonitor aktivitas/status jaringan dan memberikan informasi detail tentang koneksi tersebut.

sreng-extensions

Satu hal yang mungkin agak kurang adalah belum adanya file bantuan (manual) yang berbahasa Inggris, adanya dalam bahasa China dan itupun masih membahas versi 2.5. Terlepas dari hal itu, program ini sangat bermanfaat dan bisa berjalan di sistem operasi : Windows 98SE, ME, 2000, XP 32bit, Server 2003 32bit, Vista 32bit, Server 2008 32bit.

.

Download System Repair Engineer

123 Comments

  1. assalamu’alaikum wr. Wb.
    Mantab kang,artikelnya. Izin download y,buat bantu kinerja antivirus nih. Btw berarti file2 asing yg aktif n bukan default sistem windows alias virus dkk bs ketauan y sm software ini?
    Hatur nuhun.
    Wass.wr.wb.

  2. Assalamu alaikum mas Ebta.
    Artikel yang menarik. Ijin download ya..
    Wassalam

  3. Maju terus mas, sepertinya artikel-artikel disini lebih top dari tempat laen

  4. hatur nuhun kang. bermanfaat pisan. ijin sedot kang

  5. Terima Kasih mas Ebta atas informasi bermanfaatnya,,moga2 makin hari makin banyak ilmunya …(sharing full ya mas) hehehe…
    wassalam.

  6. wah..ini dia yg saya cari capek banget bos kalo mesti harus install windows kalo habis kena virus.buat jaga2 bos sedot ah.

  7. Assalamualaikum wr. wb.
    Artikel yg komplit dan membuka mata kita tuk tak kuatir lg ma kompi kita, coz dah da software refairx…virus go to hell..!!
    Mas gpedit ma regedit gw kok ga bisa ya (disable)? Gmn ngatasinya?
    One more…mas tulis jg dunk tntang nge-FLASH HP…
    Thanx mas ebta…

  8. aslmkm.wr.wb.. jzkAllah for sharing,
    dcb dl deh n smg brmanfaat, syukron..

  9. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh !!!
    Jazakallah khairan atas ilmunya Kang Ebta.
    Salam untuk Keluarga.

  10. wah.. patut dicoba nih.. saya solusi nya biasanya repair windows nya langsung.. hmm..
    thanks ya bro

  11. Sangat informatif dan usefull. Thanks Mas Ebta Setiawan!
    Blog ini cocok diberikan penghargaan…

  12. wah thanks ya mas atas informasinya. akhirnya setelah berhari2 nunggu ada artikel baru juga…

  13. haturnuhun, manteb banget nich artikel…komp Q makin matep aza nich

  14. bisa ditambah ke menu ubcd4win ga mas, karna jika:
    – Menu Start/Run tidak aktif
    – Registry Editor (regedit.exe) tidak bisa dibuka
    – Command Prompt, wallpaper, Control Panel tidak bisa diakses.
    – Drive di My Computer tidak terlihat
    – Icon di desktop tidak tampil
    – Windows Explorer atau system tray tidak bisa di klik kanan
    – disable task manager atau disable autorun all media
    – ditambah lagi ga bisa masuk ke savemode.. wah kan repot juga ya mas, terutama untuk laptop. seandainya bisa dibuat bootable kan ajib tuh mas..

  15. Artikel yg bagus, Mas Ebta. Menambah pembendaharaan solusi repair trouble komputer yg biasa digunakan para IT Lover. Siip…

  16. Artikel yg bagus bro.. Wah ternyata g sia2 bertapax ya bro.. Bbrp mggu menghilang tp munculin artikel yg keren.. Tengkyu bro..

  17. iya nih.. bosnya cukup lama gak nongol. sekali nongol top markotop infonya.. dunlud ya…

  18. top banget mas ebta…..matur nuwon
    mungkin ini yg paling pas….ya mas….

  19. wuah, emang g salah aku tau situs ini
    selalu memberikan solusi solusi ampuh
    dan tentunya. thanks bos n keep up the good work.
    bnr y bhs inggrsnya? hahaha

  20. Makasih mas, tapi saya ga ahli menggunakannya, mohon bantuannya ya. Soalnya komp saya ga tau kena apaan tau tau kalo 1 jam aja setelah dimatiin dan listrik diputus, kemudian nyambungin listriknya lagi langsung nyala sendiri dan komputernya selalu ada tulisan:

    Legacy keyboard…detected
    USB legacy…..enabled

    Fixed disk 0

    CMOS/GPMU checksum bad
    CMOS date/time not set

    Press to run setup

    Gimana ya?

  21. wah .. alhamdulillah.
    pancen bener … mas ebta te o pe.
    membahasa solusi masalah sehari-hari. jazakallah.

  22. assalamualaikum, mas saya maunanya problemnya gini kamarin komputer saya kena virus sailty32. singkatnya avg yg saya pakai ko. kemudian saya coba pake antivir ternyata bisa.
    namun setelah bersih saya scan all & tryata antivirnya mendeteksi virus Heur disistemnya. sampai saya instal ulang windowsnya tetap tediteksi heur ya masih disistemnya. apakah bisa di perbaiki soalnya saya coba masuk ke msc.confiq malah tidak bisa. trimakasih

  23. Ini dia software yg gw tunggu akhirnya datang juga,Thanx Om Eb

  24. Assalamu’alaikum mas, numpang unduh y mas softwarenya…
    @arib
    virus sality/heur dpt di scan safe mode pke pcmav 2 atw bs pke avira ubcdwin yg tlah d update manual…insy allah(bs jg pke smadav rev3 safe mode)
    bwt mas eb good artikel, SREng sngt mmbntu mas

  25. kalau berkali2 show hidden filenya di centang, namun tetap saja ndak berubah, tetap don’t show hidden file. Itu kira2 kenapa mas?
    Apakah bisa di perbaiki dengan software ini. ?
    Trima kasih mass

  26. Terima kasih telah ngirim email. semoga bermanfaat

  27. gimana sih cara ngerubah trial menjadi free sih?

  28. apakah lulusa rekayasa perangkat lunak bisa jadi hacker?

  29. kalo ada yang tau cara download anti virus yang baik hubungi saya ya di email:hardikaputra60@yahoo.com {plisssssss}

  30. Assalamu’alaikum, Mas Ebta.

    Tipsnya makin hari makin bagus aja nich. Tapi saya kangen dech sama software2 buatan, Mas Ebta. Kapan donk mau bikin terobosan baru lagi?

    Aku ada sedikit masukan nich :

    1. Mudah2an Super Autorun bisa diinovasikan lagi supaya bisa dipake di sistem FAT (Panda aja bisa), dan kalo bisa autorun.inf yang udah dibuat supaya dikasih atribut system dan hidden biar nggak ganggu pemandangan alias menuh-menuhin tempat;

    2. Hidden File Toolnya juga keren, saya nemu fungsi laen, kayaknya bisa buat delete file juga dech. Sekalian aja dibuat supaya jadi file searcher kayak Super Finder, tapi punya fungsi macem-macem, kayak undelete file dan atribute changer, atau apalah kalo mau ditambahin yang laen lagi;

    3. Kenapa nggak kalo emang tiap tool yang Mas Ebta buat dijadiin satu pack oleh sebuah Suite kayak Portable Apps. Khan keren tuh kayak Glary Utilities.

    Ditunggu yach respons nya.
    Moga2 Indonesia nggak ketinggalan teknologi karena ada orang2 kayak Mas Ebta. He,he,he…

    Wassalamu’alaikum.

  31. makasih bosssss ini solusi yang aku tuggu-tuggu selama ini soalnya capek install terus windosnya saya tuggu info lebih lanjut

  32. mas ebta gimana cara menjalankan plugnya saya udah download tapi nggak tau diexrak dimana
    NTFS Stream Scanner, untuk memeriksa format NTFS dari adanya data berbahaya
    Windows Shell Menu Manager, untuk mengatur windows shell menu seperti menu ketika klik kanan desktop dan lainnya.
    File Figital Sign Verify, mengetahui dan verifikasi digital signature sebuah file.
    Network Activity Monitor, memonitor aktivitas/status jaringan dan memberikan informasi detail tentang koneksi tersebu

  33. asslamukum, Ooo… gitu ya mas Aa.coy oke entar tak coba dulu,trimakasih.

  34. mantap dahhhhhh info – info nya

    Thank’s mas ebta

  35. Ass.Wr.Wb.
    Ini bisa dipakai utk cari duit bagi yg buka usaha servis komputer. Ini ilmu langka, tanpa donation lagi!!! Amal jariah, semoga Tuhan selalu mensejahterakan mas Ebta. Amin. Wass.Wr.Wb.

  36. kalo virus sudah terdeteksi tapi tidak bisa di clean dan di delete, apa penyebabnya…
    terima kasih infonya

  37. assalamualikum wr wb
    wah mantap aku lagi butuh pas dapat info
    aku sangat berterimakasih.maju terus dan lanjutkan

  38. assalamualaikum,,,,
    mas saya mau tanya,, kan saya sudah download program repair system ini, saya simpan di usb flaskdisk trus saya ekstrak di flasdisk, trus saya jalanin deh,,, saya otak-atik tu program, saya smart scan , trus sistem repair ekh,,,, trus flasdisk saya ga keditek ,, malah muncul tulisan unknow device?????
    kenapa ya mas????

  39. mas, klo hardisk failure bs dbenerin pake gnian jg g?? ud nyoba make UBCD4WIN g bs.

  40. mas sudah pernah dibahas belum program/aplikasi normal windows yang berjalan saat belum terinfeksi virus sehingga kita (yg awam tentu saja) bisa membandingkannya?

  41. Mas, kok ga jawab-jawab pertanyaan aku sih, padahal commentnya udah numpuk segudang lho?

  42. Mohon maaf sebelumnya, karena mungkin terlambat menanggapi komentar/pertanyaan teman-teman. Dan tidak semua komentar ditanggapi…

    @agung
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    iya bisa, fungsinya seperti program autoruns

    @Aerialsky (2)
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    semoga bermanfaat

    @Maman
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    silahkan..

    @alpijo (8)
    terimakasih doanya.,,

    @Steinesia (12)
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    kalau regedit coba aktifkan dengan software ini. Untuk HP, saya kurang berpengalaman..

    @lek JOn
    wa’alaikumsalaam..

    @alfitra
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    waiyyakum

    @Abi Nadia (16)
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    waiyyakum, syukron akh..

    @wildan (22)
    kalau dg ubcd4win, setahu saya manual ngedit di registry…

    @Ridwan (34)
    jika MoBonya sudah lama, coba ganti baterai CMOS yang ada. kemudian masuk ke BIOS, di setting tanggalnya, lalu di set ke setting default saja jika belum familiar..

    @Arib
    ketika install ulang, dipilih full install atau hanya install dari windows ?
    sality memang akan merusak file-file system windows..

    @auli
    dulu saya menggunakan theme CMS 2, dan ini merupakan hasil rombakan themes itu..

    @Aa.coy (41)
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    iya silahkan…
    terimakasih atas tambahan informasinya, semoga bisa membantu mas arib

    @nadjeeb
    waiyyakum, semoga bermanfaat..

    @Amattt (43)
    seperti sudah dijelaskan diartikel diatas, kemungkinan itu karena komputer masih terinfeksi virus. Sebaiknya

    @aljauhery
    wa’alaikumsalaam
    Iya itu perlu di update, minimal XP SP2
    coba liha link berikut :
    http://www.microsoft.com/windows/internet-explorer/support/system-requirements.aspx

    @brandals
    coba kunjungi saja http://www.yogyafree.net

    @RyanBram
    wa’alaikumsalaam…
    Iya, sudah lama tidak buat software lagi, salah satu sebabnya karena saat ini sudah banyak kesibukan (kerjaan) lain, sehingga waktu untuk programming semakin sedikit

    1. Usulan yang bagus, setelah melihat USB Vaccine, sepertinya itu sudah cukup, jadi super autorun blm saya kembangkan lagi

    2. 3. ya, lagi-lagi usulan yang bagus..

    Ingin juga kembali fokus programming seperti dulu-dulu, karena sayang sedikit ilmu programming jika tidak dimanfaatkan..

    Mohon doanya juga semoga bisa berkarya lagi disela-sela waktu yang tersedia..

    @rio
    letakkan file *.SRE di folder plugins…

    @Julianto
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Iya benar, semoga bermanfaat. Mungkin ini juga berdasar pengalaman pribadi saya..

    @pepen
    bisa jadi karena virus tidak hanya satu yang aktif, sehingga yang satu mengunci yang lainnya…

    @ontaunpak
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    jika FD di komputer lain tetap jalan, kemungkinan bermasalah dengan friver komputernya. tetapi jika di komputer lain sama tidak terdeteksi, mungkin bukan karena softwarenya, tetapi rusak karena arus listrik ketika melepas/memasang..

    @Ichsan
    kalau HDD, coba dilihat artikel-artikel fi kategori hardware… saya pernah membahasnya

    @masjaliteng
    iya usulan yang bagus, kalau aplikasi umum insyaAllah bisa, tetapi disamping itu banyak aplikasi lain yang berbeda-beda di tiap komputer…

    @Ridwan
    Iya maaf…
    hari-hari terakhir banyak kesibukan/kegiatan, selain agak menurun semangat nanggapi komentarnya.. 🙂

  43. kok saya punya portable saya exrak ke destop bukan instalan mas .saya pakai vista ultimate
    32 bit .mas ebta nggak ada folder plug

  44. kang, bingung ne cara guna’in’y..
    Yg bagian boot item. dari mana kita tw klw file’y mencurigakan.. trus klw udhkita refresh ada file baru yg munculkan artinya ada virus d’komputerqt, nah hbs ntu penyelasaian’y gmana..

  45. Ijin Bang DownLoad ulasannya mantap kalo ada masalah nanti aye nanya boleh khan….. trims

  46. mas d pc saya ada virus yg nyimpen folder virusnya udh saya atasi pake pcmav dan avg tp mslahnx pc saya ga bisa buka file yg d hidden sama virus … Biasanx sya buka tool trus view stlah itu show file hide tp tetep ga bisa

  47. komputer saya ada problem “microsoft feeds synchronization has a encountered problem and need …….
    bagaimana cara repairnya….

    mohon bantuannya bisa kirim via email..

    Thanks

  48. Assalamualaikum wr. wb.
    Bgni mas.. Kompi tmn aq t’kena problem yakni..
    Ktk booting, kompi lgsg pd menu F8 (safe mode, dll), pd ‘start windows normally’ lgsg aq klik kmdian mncul tlsan …file missing or corrupt : system32/driver/ntfs.sys
    Pa file NTFS-nya rusak? Trs gmn cr ng-repairx mas? Coz ga bs masuk k windows XP. Plis help me…thanx mas ebta..

  49. @rio
    Kalau gitu di buat folder dibawahnya, namanya: Plugins

    @je 41
    memang ini harus sering belajar, atau ditanyakan ke orang yg lebih tahu. Kalau sudah seperti itu, silahkan melihat berbagai artikel yang membahas tentang membasmi virus..

    @mustofi
    sudah coba diperbaiki dengan program diatas ?

    @Surya
    Mungkin bisa membaca tulisan berikut :
    http://support.microsoft.com/kb/926447

    @Stenesia
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    COba gunakan CD Master windows XP-nya. Disana seharusnya ada menu repair, selengkapnya bisa membaca artikel berikut :
    http://ebsoft.web.id/2009/03/23/cara-me-repair-memperbaiki-installasi-windows-xp/

  50. kak ebsoft, mau tanya, bedanya sama tune up utilities apa?
    trus bagusan mana daripada cara yang tadi itu?
    makasih banyak yah 🙂

  51. wew…. luarrrrrrrrr biasa boz… berkat system engin repaur yang dia atas. skrang kompor gw sehat kembali… trimakasih yang bwaaaaanyak boz..

  52. Ass…mas…izin donlot System Repair Engineer nya ya…???

  53. assalamu’alaikum mas..
    terima kasih buat info yg bermanfaat nya, semoga menjadi ladang amal..amiin

    wassalam

  54. mantap banget aplikasinya ….. makacih buanyaaaak…. mas ga ada artiket tentang cara bikin website tau blog ya…. kan lumayan mw bikin buat kantor biar lebih di kenal…. and lebih mantap lagi…..

  55. Aku juga benci dech sama dia. Orang mana sih Virus itu ? yuk … samperi saja beramai-ramai biar kapok. Setuja … ???

  56. sorry ya mbak ebta agak g nyambung. tp aku numpang sedikit ya>>>(^_^;)
    Cara gampang dapat duit untuk beli Software Antivirus Asli gak usah pake yang bajakan lg…

    Anda calon mahasiswa yang tertarik pada dunia dan pemasaran dunia, dan mau coba peluangan untuk ikut SURVEI PEMASARAN dan dapat DUIT IKUT Kuis SURVEI online aja dan pelajar belajar cari uang online dijamin gak habis biaya kok, malah dapat hasil lumayan tu.. http://www.awsurveys.com/HomeMain.cfm?RefID=ys

    Uangnya dicairkan ke rekening PAYPAL(daftar juga ya) lalu dapat beli Antivirus Asli dengan SALDO didalam PAYPAL. thanx

  57. Komputer yang pernah terkena virus, malware dan sejenisnya biasanya banyak fitur yang tidak berjalan normal (sistem/windows mengalami kerusakan). Misalnya Task Manager, Run, Command prompt yang tidak bisa berjalan, dan kadang sampai file-file tertentu seperti EXE, COM dan lainnya juga tidak bisa dijalankan.

    Kerusakan semacam itu biasanya bisa diperbaiki baik manual, menggunakan CD Windows atau dengan software pihak ketiga.

  58. Assalaamu’alaikum…….

    Mas Ebta Terima kasih ya atas infonya dan penjelasannya!Mas, saya mohon izin untuk download ya, saya banyak belajar mengenai ilmu komputer yang sedang berkembang, sekali lagi terima kasih ya Mas Ebta!tetap semangat dan selalu sukses, Amin

    Wassalaamu’alaikum……….

  59. ini habis instal ulange
    instal windows -driver – anti virus+update baru yag laen

  60. @Lutfi
    kalau tuneup lebih kearah untuk mengoptimalkan kinerja PC, bukan untuk perbaikan yang sudah terinfeksi virus

    @erwin
    wa’alaikumsalaam
    aamiin…

    @mustofi
    silahkan melihat kategori blogging tutorial
    http://ebsoft.web.id/category/blogging-tutorial/

    @Ucup
    ralat : saya bukan mbak.. 🙂
    Ya saya juga pernah mendengar, ada laporan juga bahwa mereka tidak membayar ke semua membernya. Cuma agar hati-hat saja

    @sulis
    wa’alaikumsalaam
    sepertinya ada software konflik atau sejenisnya. Kalau hanya informasi itu saya kurang tahu..

    @andryani
    wa’alaikumsalaam
    Terimakasih atas dukungannya…

  61. jazakumullah khairan. Sangat bermanfaat sekali akh, ana baru saja benerin netbook punya temen yang habis terkena virus.

  62. Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarokaatuh

    Ana juga berterimakasih atas adanya website ini. sangat banyak sekali membantu. Semoga bisa terus menjaga keikhlasannya, dan semoga lebih luas lagi manfaatnya. tolong do’akan ana juga supaya bisa meniru amal baik antum.

    Syukron jazakumullah khairon

  63. @mudha
    waiyyakum.. walhamdulillah..

    @Misbah
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Jazakallah khoir atas doanya..
    Semoga antum bisa beramal yang jauh lebih baik dari saya..

  64. bedanya sama tune up utilities apa mas ebta?

  65. mas ebta folder/file saya sering dibuka sama orang lain.
    bagaimana cara untuk mengunci file/folder tanpa software tambahan..? makasih

  66. mas tolongin saya…. komputer kantor saya terinfeksi virus surabaya…. setealah saya pakai smadav untuk mendeteksi… lumayan mas tapi ternyata dokumen di pada ilang mas…. tapi klu lewat pencarian ada mass… udah di coba saya repair pake sreng tetep aja…. lewat tool/ folder option/ show hiden tetep aja…. jadi giman dong solusinyaaa… tolongin masss…

  67. mas tolongin saya…. komputer kantor saya terinfeksi virus surabaya…. setealah saya pakai smadav untuk mendeteksi… lumayan mas tapi ternyata dokumen di pada ilang mas…. tapi klu lewat pencarian ada mass… udah di coba saya repair pake sreng tetep aja…. lewat tool/ folder option/ show hiden tetep aja…. jadi gimana dong solusinyaaa… tolongin masss…

  68. Assalamu’alaikum..
    mas saya minta program djvu viewer…ya?
    jazakAlloh khoiron kathiro

  69. Pingback: memperbaiki kerusakan komputer « searcher of light
  70. mas mnta tlng pc g bs buat new conection wizard.stiap mw msk slalu hang.sblmnya gpp.apakah pngrh winzip yg slalu extrax downloadan?

  71. mas…
    saya minta tolong donk.
    window pc saya ter update,,jadi tampilan nya blank…gmna cara nya tanpa harus instaall ulang..thanks tolong email saya jika mau menolong saya

  72. Kalau mau bagus pakai Advance System Optimize. Saya udah coba lebih ampuh dan lebih keras dari Tune Utilities dan Norton System Works. Thanks

  73. laptop saya dell inspiron mini 1011. OS XP Home SP3.
    kalo problem shutdown/restart yg ngehang bs diatasi pke software ini ga?

    trims

  74. makasih infonya ,lengkap banget nich.praktek dulu nich..

  75. Boss program ini sama ga dengan deep freeze,tool kits,advance system care…tolong info nya ya..terima kasih

  76. mas, sy coba gunain program ini (SREng). dan waktu sy cek di bagian boot items-registry banyak yang diberi tanda ceklis, padahal sy cek dengan ccleaner ataupun autoruns tidak sebanyak itu. beberapa ada yg berwarna biru beberapa berwarna hitam.

    saya coba hilangkan ceklis di windows desktop update dengan keterangan bagian data regsvr32exe /s /n /i:U shell32.dll tapi ceklis nya tidak mau hilang. ada yg bisa dihilangkan ceklis nya dan ada yg tidak.

    itu virus bukan mas? saya scan pk antivir(selalu update)tidak terdeteksi adanya virus..
    tolong ya mas, trims

Comments are closed.