52

Tingkatkan keamanan Komputer (Windows) dengan WinPatrol

Terkadang dengan Antivirus saja tidak cukup untuk memproteksi komputer. Ketika ingin menggunakan banyak software/program keamanan kadang juga menimbulkan masalah mulai dari konflik, respon lambat, sering hang dan sebagainya. Salah satu software keamanan yang kecil tetapi mempunyai fitur dan kemampuan yang bagus adalah WinPatrol.

Dengan WinPatrol, proteksi komputer akan meningkat tanpa mengorbankan penggunaan CPU dan Memory yang besar.

Ketika kita menginstall program dan ditambahkan aplikasi lainnya atau ada yang ingin berjalan otomatis dengan windows, maka winpatrol akan memberi peringatan dan meminta ijin apakah proses tersebut kita ijinkan. Selain lebih terjaga, penggunaan CPU dan Memory akan senantiasa terjaga.

Beberapa fitur WinPatrol selengkapnya adalah sebagai berikut :

  • Menghilangkan dan menon-aktifkan startup program. Aplikasi untuk mengatur startup program harusnya menjadi software wajib bagi pengguna komputer yang ingin memperhatikan dan mengatur apa saja program yang otomatis berjalan di komputer. Fitur ini juga bisa kita dapatkan di program seperti autoruns
  • IE Helpers – Browser Helper Object – Toolbar. Ketika kita menginstall program tertentu, terkadang diselipkan pula aplikasi tambahan yang terpasang di web browser seperti Internet Explorer. Selain sering memperberat kinerja komputer, internet lebih lambat, masalah privasi, kadang bisa juga membuka celah keamanan lain. Dengan WinPatrol kita bisa mengatur dan menjaga dari aplikasi ini.
  • Scheduled Task. Windows mempunyai fitur scheduled task, yaitu menjalankan program pada waktu atau periode tertentu. Kadang fitur ini bisa dimanfaatkan oleh program jahat untuk menjalankan dirinya atau program lain dengan mengatur waktu tertentu. WinPatrol mampu melihat dan mengatur apa saja program yang terdaftar disini.
  • Service Manager
  • Menghapus atau mematikan Program berjalan (Active Task). Hal ini seperti kemampuan Task Manager dan bisa menjadi alternatif jika suatu saat task manager tidak berfungsi.
  • Menampilkan File-file tersebunyi, seperti halnya program kecil yang pernah saya buat Hidden File tool
  • Manajemen Cookie dan Filter terhadapnya.
  • Memonitor assosiasi tipe file dan mengembalikan ke semula. Bermanfaat ketika tipe file yang biasa bisa dijalankan, tiba-tiba tidak bisa dibuka. Misalnya file-file exe tidak bisa dijalankan.
  • Memonitor Hosts File
  • Mengatasi pesan peringatan yang muncul berulang-ulang.

Untuk Fitur selengkapnya silahkan melihat http://www.winpatrol.com/features.html atau melihat file bantuan yang disertakan di program. Melihat fitur-fitur diatas, mungkin banyak aplikasi sejenis, tetapi WinPatrol mempunyai kelebihan seperti ukurannya yang kecil dan tidak banyak menggunakan CPU/Memori sehingga tidak memberatkan kinerja komputer. Selain itu tingkat proteksinya bagus.

Penggunaan WinPatrol juga cukup mudah, dengan tampilan yang sederhana. Kita tinggal memilih tab-tab yang disediakan dan memilih menu yang ada. Ketika kita menutup Program ini, WinPatrol akan tetap berjalan dibelakang (tampil icon winpatrol di systray) dan memantau jika ada aplikasi atau tambahan file yang mungkin berbahaya dengan memberikan peringatan.

Download WinPatrol ( 971 KB) Alternatifnya bisa download dari Softpedia

52 Comments

  1. wah mas ebta makin keren nie dengan software2 free nya.. thnx ya mas..
    pertama !

  2. memang perawatan komputer seperti inilah yg penting dalam keseharian kerja kita. biar tambah okeh aja mas ebta…syukronlak

  3. syukron kang ,selama ini ane telah banyak terbantu dengan situs ini. semoga jerih payah nya ikut mencerdaskan generasi muslim mendapat balasan yg layak. semoga pula tak bosan bosan ya memberi kita kita hal hal yang berguna dalam hal pengetahuan dan ilmu yg berkenaan dengan komputer.salam

  4. Saluuut banget buat Mas Ebta & Mbak Echa, ku jadi bisa otak-atik komputer, bahkan menangani virus-virus nakal sekalipun berkat Web ini, smoga sukses terus… Thank You Master.

  5. wah, disini, infonya sangat membantu!
    terimakasih banyak!
    salam sukses selalu…

  6. Br0 bagus mana produk ini ama Glary utilities thanks ya salam knal

  7. nggak sia-sia belanggan disini
    ada aja yang baru 😀
    Jazzakalloohu Khoer… ,Mas

  8. Sipp dah, mantaff infonya mas, sundul up up.. ^^

    @Ibnu Majjah : Mas, kok e-book2nya gak bisa dibuka yah??? misalnya yg aqidah imam syafi’i.chm pas dibuka gak da isinya, knapa yah??? 🙁

  9. Mas, mw tnya knapa komputer saya restart trus stlh bbrpa mnit msk wndows, ini trjd stlh gnti hdd sata 80gb, spec com proc p4 2.8 ddr2 512 mb trms

  10. Memang software yang jayyid bwt komputer, terutama mengatasi respon yang lambat.. syukron atas infonya mas.

  11. Terima kasih Mas,saya selalu ikuti Web ini dan salah satu Web yang wajib saya kunjungi ,apalagi dengan Program2 gratisnya.
    Kalau saya sudah pakai Avira Antivirus , dengan Smadav serta Spybot, apa masih perlu pakai program WinPatrol ini?Terima kasih sebelumnya.

  12. mas klo make anti virus trus… make winpatrol ntr bahaya g tuk komputer???

    thanks so much.

  13. Pingback: Tingkatkan keamanan Komputer (Windows) dengan WinPatrol « Sandelrahma's Blog
  14. nanya ah tapiiii d jwb ga ya …..? liat yg lain dl lah…. he-he-he..pa gerangan mksd mu…? yg tau jwb di tggu 1x kalian… atau tepatnya pukul……..pukulan…. tank’s
    mas ebta softwearnya.

  15. sedoot dulu aaHH..!!!

    Uia mas Ebta saya uda nyoba software “hide folders”
    bermanfaat bgd.. ^_^
    Saya sampe penasaran dengan cara kerjanya tp msh nga ktemu,, heheh. tp ada yang menarik pas saya coba hide folder dengan nama “퀏셛됝鍔聎” 5 huruf CJK (Cina-Jepang-Korea). ada folder lain yang ikut terHidden. mungkin karena nama foldernya nga kebaca windows dan jadinya cuma kotak² jadi setiap nama folder yang jumlah karakternya ada 5 jadi ikut terhidde..

    aneh ya mas ^_^ hee

  16. Pingback: Tingkatkan keamanan Komputer (Windows) dengan WinPatrol « Henles88's.wordpress.com
  17. woah.. perlu dicoba nih, mksih mas infonya,
    eh mo tanya skalian mas, gimna cara IP komputer ga bisa diganti2/di hide iconya ato apa gtuh.., ada orang yg iseng ganti IP sembarangan, bisa ga icon network connectionya yg di control panelnya di hide ato diapain registrynya ato ada cara lain sy udah cari2 k google lom nemu2 nih.

    Tq sblmny..

Comments are closed.