2 August 2008 - ebta

Tips meng-upgrade Komputer

upgrade computer

Dengan semakin pesatnya perkembangan komputer dan software (aplikasi) yang digunakan, kadang “memaksa” kita sebagai pengguna komputer untuk senantiasa meningkatkan kemampuan komputernya. Spesifikasi komputer standard yang dibeli 2 atau 3 tahun lalu, mungkin jika digunakan untuk aplikasi-aplikasi saat ini mulai terasa lambat.

Bisa saja membeli komputer baru dan komputer lama dijual. Tetapi harga komputer lama tersebut mungkin akan menurun tajam, maka alternatifnya adalah meng-upgrade komponen komputer. Apa saja yang perlu di upgrade dan bagaimana tips memilih komponen komputer yang tepat?

Disini saya hanya akan membahas 3 komponen utama yang paling berpengaruh ke kinerja komputer atau aplikasi yang dijalankan di Komputer, yaitu : Memory (RAM), CPU (Processor) dan VGA (Kartu grafis). Meski komponen lain seperti hardisk dan motherboard juga berpengaruh, tetapi 3 komponen tersebut yang pengaruhnya paling besar. Berikut penjelasan masing-masing dan pengaruhnya di komputer.

UPGRADE MEMORY (RAM)

Memory komputer merupakan komponen yang mudah untuk diupgrade. Untuk mengecek berapa besar memory komputer, klik kanan My Computer > Properties akan tampil informasi tentang komputer dan memory yang digunakan (Windows). Tapi yang tertera adalah memory yang digunakan windows, karena bisa saja sebagian kapasitasnya dibagi dengan VGA di motherboard.

Memory sangat berpengaruh ke kinerja komputer, karena setiap memproses aplikasi yang ada di hardisk, akan selalu disimpan terlebih dahulu di Memory dan baru di proses oleh Processor. Jika menggunakan Windows XP dan memory komputer hanya 128 MB, maka untuk menjalankan program-program standard saja kemungkinan akan terasa berat. Jika menjalankan aplikasi seperti Corel Draw, Photoshop dan aplikasi grafik lainnya dengan Memory 256 MB pun kurang optimal.

Untuk mengetahui seberapa besar penggunaan Memory, bisa di cek melalui Task Manager (Ctrl+Alt+Del), kemudian dilihat bagian tab Performance > PF Usage. Jika dipakai menjalankan beberepa aplikasi komputer dan memory yang terpakai hampir selalu penuh, maka upgrade Memory bisa meningkatkan performance cukup besar.

Untuk mengupgrade memory, tinggal membeli memory yang sesuai dengan memory komputer, dan memasang disamping memory yang sudah ada, karena biasanya disediakan minimal 2 slot Memory (tempat memasang memory). Yang perlu diperhatikan adalah jenis memory yang digunakan. Untuk komputer lama, biasanya masih menggunakan SDRAM, sedangkan saat ini rata-rata tipe DDR SDRAM (atau sering disebut DDR saja). Untuk DDR ada DDR1, DDR2 dan DDR3, dan ini harus sama tipenya dengan Memory yang ada di komputer.

Bagaimana mengetahui Tipe Memory di komputer ?

Jika masih mempunyai buku panduan (manual) Motherboard, maka disana dijelaskan tentang spesifikasi komponen yang didukung termasuk Tipe Memory. Cara lainnya adalah dengan software gratis CPU-Z yang bisa di download dari http://www.cpuid.com/. Dengan aplikasi ini bisa diketahui jenis memory dan Ukuran/kapasitasnya.

Jika komputer masih mempunyai memory 512 MB atau kurang, maka upgrade memory biasanya akan cukup membantu meningkatkan kecepatan komputer.

UPGRADE CPU (PROCESSOR)

Processor akan berpengaruh cukup besar ke kinerja komputer. Tetapi untuk mengupgrade processor tidak semudah mengupgrade memory, karena untuk melepas dan memasang beberapa CPU kadang harus memerlukan teknik khusus. Yang perlu diperhatikan adalah kesamaan socket CPU di motherboard. Untuk mengetahuinya bisa dilihat di buku Manual Motherboard atau dengan program CPU-Z.

Upgrade CPU akan meningkatkan kecepatan hampir semua program komputer, terutama program yang menggunakan perhitungan sangat kompleks seperti Matlab, Rendering animasi 3D, Programming, Pengolahan Citra/Image di Photoshop, Memproses grafik yang cukup banyak dengan Corel Draw dan lainnya.

UPGRADE VGA (Kartu Grafis)

VGA (Kartu grafis) merupakan komponen yang memproses image dan menampilkannya di monitor. Kemampuan VGA akan mempergaruh ke gambar yang dihasilkan di monitor, biasanya untuk menampilkan Animasi 3D, Game 3D, grafik 3D dengan kompleksitas yang tinggi dan lainnya. Jika tidak menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, VGA standard atau yang biasa menjadi satu dengan motherboard (on-board) biasanya sudah mencukupi.

Yang perlu diperhatikan ketika meng-upgrade VGA adalah slot yang digunakan. Ada slot AVG, PCI, PCI-E dan PCI-E 2. Untuk mengetahui bisa dilihat di buku manual motherboard yang disertakan atau melihat langsung di motherboard. Kemudian yang sering salah, hanya menilai besar Memory VGA saja. Karena yang lebih penting adalah Clock Memory VGA dan GPU Frequency (Processor yang ada di VGA). Misalnya VGA 128 MB dengan Clock Memory 500 MHz dan GPU 400 MHz akan lebih cepat dibanding VGA 256 MB dengan Clock Memory 400 MHz dan GPU Frequnecy 300 MHz. Jika sudah familiar dengan VGA, Bus Width (lebar jalur data) juga berpengaruh ke kecepatan VGA.

Untuk meningkatkan kinerja komputer dari segi software, silahkan dibaca artikel ini. Semoga bermanfaat (http://ebsoft.web.id)

Hardware / Tips & Tricks CPU / RAM / Upgrade / VGA /

Comments

  • ebta says:

    @ruddy
    tidak perlu…

  • iqbal says:

    Assalamualaikum!
    mas ebta yg slalu setia (mantaaap..!)
    klo mo ganti merek memory tapi dgn tipe yg sama gmn?
    misalnya, saya punya memory merk RC DDRram 128mb, trus mo ganti dgn merek V-Gen tipe DDR 512mb, bisa gk tuh..?

    Wassalamualikum

  • ebta says:

    @iqbal
    wa’alaikumsalaam
    Ini juga tergantung Motherboard (dia support atau tidak), tetapi biasanya masih bisa, dan performa-nya akan mengambil performa Memori yang terendah..

  • chabow says:

    Assalamualaikum….mau tanya mas klo cpu temp. normal nya brp derajat y…soal nya saya baru mengupgrade kompi saya tapi cpu temp. panas nya 55 – 80 derajat celcius saya rasa itu ga’ normal??? saya pakai mobo asus p5gc-mx, proc. intel pentium 4 3.0 Ghz…cpu fan msh standart!!! mohon pencerahan nya mas…thank’s B4

  • ebta says:

    @chabow
    wa’alaikumsalaam
    kalau pentium 4, diatas 60 atau 70 sebenarnya tidak normal, apalagi sampai 80 serajat.. meski suhunya bisa bertahan sampai 90-100 derajat
    Biasnya itu karena koneksi thermal paste dan fan ki[as tidak berhubungan dengan baik, atau karena kipas kotor.. juga saluran udara yang buruk

  • chabow says:

    Assalamualaikum…makasih mas,lanjut lagi ya!!!
    tp kondisi fan,mobo+proc. msh baru smua,tp saya coba ganti fan dulu aja deh…

  • aries says:

    pada mas ebta atau semua yang mau mambantu sya.saya baru install ulang tap driver saya rusak.bagaimana caranya bisa dapat driver kembali?type comp aq sony vaio pcg-grt55e/b.terima kasih sebelumnya.kalo bisa balas keimel aku yah?

  • ardha says:

    ass wr. wb..
    mau tanya-tanya nih bos…
    ane pake a*note Centurion C-8253 (RAM 1GB) sejak beli sih ga ada masalah, paling cuma agak2 panas2 dikit…
    masalah muncul pas gw upgrade RAM 2 GB (total jadi 3 GB). si laptop tuh ga tau knpa mulai suka hang. hangnya semau nya dia :(
    gw pernah cabut salah satu RAM nya (baik yang 1 GB or 2 GB) dan ga pernah hang.. tapi pas ane pasang dua2nya hang mulu..
    tolong dong pencerahannya. mungkin ada yang pernah punya kasus kayak ane…

  • Zombie_p4rt_H4CKER says:

    mas, cara share memory ke vga onboard gmn. ada gak softwarenya?
    triMs,..

  • Susilo Bambang Yudhoyono says:

    cara mengatasi chipset yang panas gmn? selain diganti dgn chipset yang ada fan-nya
    tolong bales ke e-mail saya.
    makasih,..

  • ebta says:

    @ardha
    Bisa jadi salah satu RAM bermasalah, atau memang motherbardnya tidak support RAM lebih dari 2 GB, kalaupun support mungkin bisa bermasalah. Dan saya rasa, 2 GB sudah cukup besar..

    @Zombie
    Di setting melalui BIOS..

    @SBY
    beli fan untuk shipset dan dipasang sendiri, atau ditambah fan di Mobonya

  • ardha says:

    thx bos,info nya…
    btw, mnrut vendornya yanng ane baca di guide book nya mobo nya support ampe 4 GB
    ape karena kepanasan kali yach… terus kalo kepanasan cara ngatasi panas pada laptop gmna yach bos…
    thx once again

  • raf says:

    thx informsinya, tp d cpu sya, mengupgrade memory dri 512 mb ke 1 gb dgn pc 5300 p yng keluar hanya 512 mb pc 5300, pa yng menybabkan trsbt
    gymna ya bozzzz
    tlg dong????
    motherboard nextboard p4 dgn slot memory 2 ddr1 dan 2 ddr2

  • alfi94 says:

    @ ardha
    kemungkinan laptop mu langsung detect ramnya sebagai dual channel mode. biasanya jika dual channel mode nyala, kedua ram harus sama kapasitasnya (mis 1GB + 1GB atau 2GB+2GB) kalo dual channel jalan dengan ram 1GB+2GB biasanya error / hang.
    solusinya dengan mematikan fitur dual channel… googling aja ya

    @ mas ebta
    kurang 1 komponen terpenting dalam PC… yaitu Power Supply. kalo PSU nya jelek (baca: abal-abal) dengan rating 100rb-an, biasanya bisa memperpendek komponen yang kita pake…
    kaya kasusku gara2x pake PSU bawaan casing, kedua harddisk ku mati (baca: gosong) semua dataku ilang….!
    ada yang punya solusi? padahal udah ganti mobo hddnya sama yang setipe, tapi tetep ga jalan…!! huhuhu…

    nice post mas ebta

  • sobirin says:

    Hallo teman netter

    ada yang punya Driver untuk sony vaio pcg-6j2l ga?
    kalo ada please hub aku di agsobirin@gmail.com ya

    thanks

  • irfan ismail says:

    saya mau tanya mas,.. sya punya notbook merknya axio intel seleron trus memory yg terpasang didalamnya 256 MB tpi yg terbaca pada properties my computer hanya 180 MB kmudian sy mengganti dengan memory 512 MB tapi hasilnya ttap jga sma… mohon solusinya.. ni alamt email sya mas iiphan@rocketmail.com n tenks seblumnya

  • Mat Indo says:

    Assalamu`alaikum

    Bertuah sy jumpa blog ini

    Mas, sy ada cpu lama selalunya sy guna untuk percubaan software2 yg baru sy dload. Mas Eb ada cara tak nak OC biar laju

    Intel PIII 733MHz, SDRAM 128 X 2, Mobo QDI Advance6A, CSet VIA,
    BIOS v6.00PG kalau tak silap Phoenix.
    Sy dah selongkar setting BIOS tapi tak jumpa gak cara nak OC.

  • Ebeh says:

    Ass.
    0m mau tny,kom Q P3 800an mhz,mau ganti HD lama 20 gb maxtor ama 80 gb.Kalo g slh,sbelum beli HD hrs th dulu tipe mobo kita sata,IDE,dll ato bukan.
    Masalahx Q g tau mobo & HD q sata/IDE.Gimana cari thx?Q g pny Buku bwan mobo,di mobo jg g ada
    tempelan2 info tipe mobo.
    Kalo lhtx dr HD lama bs g?

  • ateng garnadi says:

    Ass.wr.wb
    Om,mo tanya nich klo pake”ebooster”bisa lebih cepet gak-
    ( PIII,RAM:512MB )menjadi spt RAM:1GB..(bpk.ateng@yahoo.com)

  • Pramana says:

    Hi pak,
    Saya beli PC dengan motherboard ASUS P5KPL-AM SE, dengan RAM bawaan VISI-ON DDR2 1GB 800MHz.
    Waktu saya tamnbahkan DDR2 VGEN 1GB PC-6400, PC nggak bisa boot.
    Padahal kedua slot RAM berfungsi (dites hanya di slot 2 pun, kedua DDR2 tadi bisa jalan).
    Namun kalau kedua slot digunakan, jadi hang.
    Mohon petunjuk..

  • choliz says:

    bro lo gudangnya ilmu, terus berkarya bro…
    dengan mengeluarkan artikel artikel yang bermutu…
    maju terus…. maju ebsoft gua akan terus membaca lo…

  • 1 2