73

Tips meningkatkan/mengoptimasi kecepatan akses Internet

Optimasi akses internet

Salah satu cara meningkatkan akses internet adalah mengatur /mengoptimasi konfigurasi atau setting di Sistem Operasi seperti Windows. Meskipun pengaruhnya bisa berbeda-beda karena akses internet juga dipengaruhi oleh banyak faktor seperti dari software, hardware, kesibukan trafik di jaringan yang digunakan dan lainnya.

Untuk Sistem Operasi Windos, kita bisa mengatur beberapa setting di registry atau bisa menggunakan beberapa software optimasi yang sudah tersedia. Berikut beberapa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan/optimasi akses internet.

1. TCP Optimizer

Program gratis ini menyediakan fasilitas untuk mengoptimalisasi koneksi internet yang kita gunakan. Sebelum melakukan perubahan dengan software ini, backup terlebih dahulu registry-nya, melalui menu File > backup Current Setting, sehingga jika nantinya ada masalah, kita bisa mengembalikan setting ke awal, meskipun sudah ada juga menu Restore Windows Default Setting, untuk mengembalikan setting windows bawaannya.

Cara pemakaian mudahnya di bagian/tab General Setting dan Advanced Setting ada pilihan Optimal Setting (bagian bawah) yang bisa diaktifkan. Program ini juga memberikan fitur advanced bagi yang ingin/bisa engedit registry windows yang berhubungan dengan koneksi Internet. Tetapi untuk memanfaatkan fitur ini, perlu banyak membaca Dokumentasi, forum dan penjelasan di websitenya.

Download TCP Optimizer ( 596 KB) informasi selengkapnya di speedguide.net

2. TCP-Z

Sebagian Windows, default-nya (bawaannya) hanya mengijinkan 10 koneksi setiap detik, sehingga hal ini bisa menyebabkan koneksi menjadi lambat, terutama jika kita menggunakan banyak aplikasi yang terkoneksi internet download melalui P2P, dsb. Pengaturan setting ini disimpan di file sistem tcpip.sys.

Dengan software ini kita bisa mengubah pengaturan banyaknya koneksi ini dengan mudah. Pengaturan bisa dilakukan hanya di memori komputer, sehingga tidak perlu restart komputer dan langsung terlihat hasilnya. dan tidak akan merusak atau mengubah file windows.

Software ini juga menyediakan fitur untuk melakukan patch ( mengganti atau mengubah file tcpip.sys), serta menginstall driver agar setting ini bisa permanen (tidak tergantung harus menjalankan program ini).

Bagaimana Penggunaannya ?

Setelah di download, buka file zip tersebut dan jalankan file TCPZ.exe ( atau TCPZ64.exe jika windows yang digunakan merupakan windows 64 bit). Ada beberapa tab disana, seperti berikut

  • Tab TCP yang memberikan informasi file tcpip.sys dan grafik banyaknya koneksi dan kecepatan download/upload.
  • Tab Patch, lihat bagian Patch Memory yang menunjukkan Old value dan New Value. Kita bisa mengatur New Value dengan menggeser slidebar disampingnya dan klik Apply. Untuk melihat hasilnya, gunakan untuk browsing, download atau lainnya dan lihat Tab TCP sebelumnya.

TCP-Z juga memungkinkan mengubah file-nya langsung atau menginstall TCP-Z Virtual Device Driver. Selengkapnya bisa dibaca dokumentasinya

Download dan informasi selengkapnya di http://deepxw.blogspot.com/ (543 KB)

3. Mematikan Fitur Auto Update

Di sistem operasi windows, setting default (bawaan) diatur agar windows senantiasa melakukan pengecekan update ketika terkoneksi ke internet, dan jika ada update terbaru akan langsung melakukan download tanpa konfirmasi. Sehingga tanpa kita sadari sering bandwith internet terpakai sedangkan kita tidak menyadarinya.

Kita bisa mematikan fitur ini dan jika ingin melakukan update bisa di proses secara manual atau mengaktifkan kembali di lain waktu. Mematikan fitur auto Update :

  1. Klik kanan My COmputer > Properties ( atau Pilih Start menu > Run dan ketikkan sysdm.cpl lalu tekan ENTER)
  2. Pilih tab Automatic Update
  3. Pilih Turn off Automatic Updates

4. Scan komputer dari Malware & spyware

Jika komputer terinfeksi malware ( trojan, worm, virus ) dan spyware, maka bisa menyebabkan koneksi atau akses internet lambat, tidak hanya kinerja komputer. Untuk scan spyware bisa menggunakan Spybot Search and Destroy, Spyware Terminator dan lainnya.

5. Software lainnya

Ada software lainnya yang menyertakan tools atau fasilitas untuk mengoptimalkan akses internet atau setting jaringan, dan kita tidak perlu langsung membuka atau mengedit registry. Misalnya Advanced SystemCare ( dengan Firefox TCP Optimizernya), TuneUp Utilities ( dengan TuneUp System Optimizer-nya) dan lainnya.

Jika mempunyai tips meningkatkan/mengoptimasi koneksi internet lainnya, silahkan dilengkapi (ebsoft.web.id )

ebta

73 Comments

  1. waghhttt
    mending pake firefox yang dah di optimize aja
    trus
    tcp/ip nya di perbesar dengan patch yang terbarunya

  2. Memang Susahh ya..Pake Windows…Cobain Linux (MANDRIVA Free 2009) Geh…

    Makasih…Mas

  3. @heru768
    Iya, sekalian nanti hasilnya mungkin bisa di informasikan disini 🙂

    @kacangitem
    Iya kalau khusus firefox, sepertinya memang memang ada tools khusus /add ons untuk lebih mengoptimalkan..
    kalau artikel ini tidak hanya firefox..

    @asep
    terimakasih mas, semoga ebsoft bisa semakin lekat di hati.. 🙂

    @infini3
    Iya, ditunggu infonya

    @POO
    Ya, saya juga ingin mencoba linux sepertinya

    @mata_kanan
    semoga besok bisa diperjelas maksudnya.. mungkin dengan plugins atau add ons

    @ 7 & 8 & 9
    Hmm….

    @torik
    sama-sama, ditunggu juga informasinya..

    @Popon
    tips ini tidak spesifik untuk hardware yang digunakan. Kalau modem sepertinya akan lebih bergantung dengan kualitas signal dan kepadaan trafik

    @Heryan Tony
    sama-sama mas..

  4. maknyus….saya udah coba mas pake IE7 dg modem K300i+IM2 Broom, terasa bedanya. lumayan lebih cepat dari sebelumya. Tapi klo di Opera ko sama saja rasanya. Thx ya…

  5. Mas, spyware terminator boleh di instal /boleh digabung nggak jika di komputer saya sudah ada anti virus?
    Trus mas sy mau coba pakai anti virus AVG 8.0, cm sy kendala anti virus Mc Afee sy ngga mau di Unistal, di remove malah jadi restat, di delete di registry editor jg ngga bs, pas start up masih menscan, punya cara lain nggak mas? txs yaaa, Met thn baru islam…semoga ebsoft makin maju n makin banyak ngasih ilmu he..he..:)

  6. saya pake tsel flash unlimited dengan modem huawei E160G, settingan koneksinya pilih yang mana ya?

  7. Info yg menarik di akhir tahun, abish T-Flash nya lelet banget. Update hasilnya menyusul ya!!! Thanks lho Ebta.
    Selamat taon baru !!!

  8. Mas Ebta, sebenernya ada pepatah jawa yang menyebutkan begini, “ono rego ono rupo” artinya kualitas apa yang kita dapat itu sebanding dengan berapa yang keluarkan…. kalo pingin cepet ya jangan pake internet punya telkom yang namanya SLOWDY… apalagi pake yang kosong delapan kosong sembilan delapan empat kali.. memang dengan tweak sana sini, agak membantu, tapi itupun tidak terlalu signifikan resultnya.
    kalo mementingkan kecepatan, ya silahkan …

    Tapi kalo pingin cepat secepat kilat beneran, minta bandwith besar, berharap cuaca cerah, minta instalasi dari provider dengan sistem sewa saja… nah, pilih yang seperti itu, dijamin download lagi dari rapidlibrary sebesar 6 Mb serasa copy paste…. (apalagi kalo punya account premium…;)wekekeke… nuwun mas…..

  9. Assalamualaikum Wr.Wb

    Apakah anda semua tau kalau selama ini Windows memakai Bandwit kita 20%? Untuk mengambil bandwidth kita kembali dan koneksi lebih cepat lakukan langkah berikut ini :

    Klik start, run trus ketik gpedit.msc
    Pada computer configuration – administrative template – klik Network.
    Klik Qos packet scheduler – Double Klik pada Limit Reservable Bandwith.
    Klik ENABLED reservable bandwith dan ubah settingannya ke 0 (nol)% habis itu Klik Apply dan Klik OK. Restart Komputer anda.
    Tapi semua itu juga tergantung dengan kecepatan koneksi anda sendiri. Tips ini bisa mempercepat koneksi anda jika memakai OS Windows XP dan Vista.
    Semoga Berhasil..

    Wassalamualaikun Wr.Wb

  10. @hery768
    terimakasih atas laporannya mas..

    @Ari
    Untuk Spyware Terminator kemuungkinan masih bisa
    Coba untuk uninstall mcaffee, dicari tools uninstallernya, mungkin ada..

    @arie
    biasanya setting koneksi tergantung penyedia jasa telekomunikasi, bukan pada modemnya..
    OK.. terimakasih infonya,..

    @rudy
    ditunggu laporannya juga..

    @Desriantoni
    Kalau untuk masalah download, memang banyak, bisa DAP, Flashget, FDM, IDM, Orbit dsb

    @Nuvan
    Yaa saat ini memang bandwidth di Indonesia masih mahal..

    @sugiarto
    ya, ditungu juga reportnya

    @faisal
    terimakasih..

    @Andzz
    wa’alaikumsalaam warahamtullah wabarokatuh
    Iya tips itu juga bisa, tetapi hanya untuk Windows XP Proffesional. Untuk Home edition tidak tersedia..
    btw terimakasih infonya

    @alia
    sama-sama..

  11. Bagiku koneksi internet gak usah cepat-cepat, lambat yang penting selamat, apalagi kalo gratis,wah seharian nggak keluar kamar.

  12. To :
    Andzz :

    yup… sama persis dengan Tips yang ada di situs portalnya Slowdy.

    BTW, Internet Lambat = Boros Rokok.

  13. diVista ku juga ada tuch yang kaya caranya mas Andzz,udah aku coba…tapi belum terasa ngefeks….mungkin kembali ma providernya ya.hehehehe…

  14. Wow, tq nih mas atas infonya…
    ini yg saya cari-cari…
    Sekali lagi trims ya mas.

  15. Pingback: Tips meningkatkan/mengoptimasi kecepatan akses Internet - Blog-Muria
  16. Assalamu alaikum warahmatullahi wa barokatuh
    Informasi yg berguna….
    Mas ebta, mo numpang kasih taklimat :
    Bismillahirrohmaanirrohim
    Kepada Umat islam Indonesia dan di bumi Allah yg lain, diharapkan tdk berpesta-pora di malam tahun baru masehi, karena:
    1. tahun baru masehi ini adalah bukan tahun baru Islam; tahun baru islam adalah 1 Muharram, yang umat islam sendiri tidak peduli. Sungguh memprihatinkan.
    2. malam ini Muslim Gaza Palestina sedang dibombardir secara keji oleh Zionis laknatullah!. Maka, rapatkanlah barisan, gaungkan munajat secara khusuk, minta pertolongan kepada Allah agar muslim gaza/palestina diberikan kemenangan dan kesabaran…Berdoalah agar para Pemimpin Arab dan dunia Islam tidak bertingkah seperti Banci, penakut dan cinta dunia/hidup…
    3. menangislah malam ini, karena ketidakberdayaan muslim gaza dan muslim di seluruh dunia…beristighfarlah…
    Wassalamu ‘alaikum warahamtullahi wa barokatuh
    Syukron mas, ebta….

  17. Abu Izza@ bener juga kata anda mas. tahun ini memang bukan tahun barunya orang islam, memprihatinkan sekali umat islam di Indonesia yang tidak mempedulikan tahun barunya sendiri.

    buat ebsoft, saya ijin copy paste ya mas !

  18. numpang copy paste boleh ga mas?
    ntar aku kasih sumbernya kok

  19. menurut mas Ebta sendiri. untuk kemudahan mending yang mana antara tcp-z atw tcp optimizer. dan gimana juga dengan hasilnya, bagusan yg mana.
    makasih mas.

  20. @eidariesky
    salam kenal juga dari Jogja mas..

    @atok
    terimakasih informasinya mas..

    @sofwan @Rama
    sama-sama

    @Abu Izza
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh.. silahkan akh
    semoga bisa mengingatkan dan lebih menyadarkan kita semua

    @nafasku.com
    silahkan.. asal menyertakan link sumbernya ( bisa di klik ke artikel aslinya)

    @mego
    saya coba sepertinya lebih berefek ke tcp-z, tetapi mungkin juga karena menggunakan software lainnya seperti advanced system care

  21. Assalamualaikum.
    Mas ebta….
    mau tanya…
    kalo di Tune up utilities kan ada yg disuruh tentuin kecepatan koneksinya…
    nah aku ga tau yg mana kecepatannya…
    waktu aku connect si disitu keliatan 230,4 Kbps
    aku pake modem HP CDMA Smart….
    koneksinya ikut yg wireless ato gmn??

    1 lagi, kualitas prosesor ngaruh ke kecepatan browsing ga??

    mohon bantuannya mas….
    thank…

  22. @YOFANSKY
    wa’alaikumsalaam
    Kalau 230,4 Kbps (biasa muncul di pojok kanan bawah) itu biasanya kecepatan maksimal yang di support modemnya. Kecepatan basanya tergantung provider/kartu yang dipakai..
    Prosessor sebenarnya tidak begitu berpengaruh ke kecepatan akses internet

  23. Mas Ebta makasi balesannya….
    kalo di settingan profile tune up utilities 2009 untuk optimalisasi koneksi internet kan ada pilihan….
    mending pilih mana untuk koneksi dia atas..
    1. Wireless (3G)
    2. Fixed line (12 kbps)
    3. Ato DSL (coz)
    coz belakangan ini ga maksimal koneksinya…
    punya artikel2 lain ttg koneksi cdma ga???

  24. Salam kenal untuk semuanya,terlebih untuk BOSS EBSOFT.WEB.ID
    TRIMS SOFT GRATIZ anya..semoga ebsoft mazzu teruz..sekalian nanya ah..gimana cara pake aplkasi TCP-Z nya?..maklum newbee nich..

  25. @yofansky
    sama-sama..

    @tonzky08
    Bisa di install driver permanen ( ada di folder virtual device) atau jika ingin mengetes, di tan Patch ada bagian “Patch Memory” digeser saja ke atas, dan klik apply. Lihat hasilnya

  26. trim’s bngt nich..@yofansky..pertama posting uda ada yg care…
    makin beta nich nongkrong di ebsoft..ntar aku tak coba dulu ya ..

  27. TANK’S TO ”ebta.s”,
    da bisa nich TCP-Z nya.setuju emang kayanya ngepek pake
    TCP-Z..tanks juga tuk @yofansky ,cuma bisa ngga ya speed browsing
    ama downl.lebih cpt lagi?..PR nich buat BOSS “EBTA S”..maaf ya boos..

  28. @rahma
    sama-sama…

    @tonzky08
    🙂 tidak mengapa… nanti kalau dapat tips baru mungkin bisa ditambahkan

  29. Thanx infonya mas.
    tapi waktu aku download link TCP Optimizer diatas.
    NOD32 2.7 punyaku mengenalinya sbg virus/trojan:

    ‘a variant of win32/Kryptik.AG trojan’

    Filenya bervirus? atau false alarm dr antivirusku?

  30. @Fathur
    kemungkinan memang false alarm, karena aplikasi ini bisa menbugah salah satu file windows (patch) sehingga memang rentan dianggap virus

  31. Mas Kalau dipakek Untuk wrnet biar koneksinya cepet gmn ya ? ?

    aku makek SPEEDY OFFICE . . . sory kalau pertanyaan nya

    malu-maluin *_*

  32. @Rian
    Sepertinya bisa juga di komputer server, tetapi seperti yg saya tulis, pengarunya bisa mermacam-macam dan mungkin bisa juga tidak terlihat

  33. assalamualaikum!
    mas ebta, klo internet pake modem eksternal USB kualitasnya bagus gk ya?

  34. @Iqbal
    wa’alaikumsalaam
    biasanya itu tergantung signalnya juga, jika pas bagus dan tidak banyak yg menggunakan maka biasanya juga bagus

  35. Pingback: Tips meningkatkan/mengoptimasi kecepatan akses Internet « Yosua1987’s Weblog
  36. mkasih mas, saya coba…Mga brmanfaat
    Klo sofware lainnya ada gk?thanks

  37. Mas, Kalo TCP-Z itu bisa di default ga settingannya?

  38. mas itu ngerubah registry ga? soalnya ak pernah pk yg seperti ini … eh malahan printer spooler nya kena!!! :((
    gak bisa ngeprint ..

  39. coba di setting dengan about:config….ubah pip jdi 64…oedin kemaruk….

Comments are closed.