61

9 Penyebab Kinerja Komputer Semakin Lambat

Sebagai pengguna komputer, tentu semua ingin kinerja komputer kita bagus, respon cepat, akses data lancar tanpa harus menunggu lama dan sebagainya. Oleh karena itu ada baiknya kita mengetahui apa saja yang menyebabkan atau berpengaruh dengan lambatnya komputer kita. Berikut ulasan ringkas 9 hal yang paling sering menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat plus tips atau solusinya.

1. Malware (virus, worm, trojan, dsb )

Ketika komputer kita terkena malware ( virus, worm, trojan, dan sejenisnya), sudah hampir dapat dipastikan bahwa kinerja okmputer akan lambat. Virus akan sering menggunakan sumber daya komputer baik RAM atau CPU, termasuk juga senantiasa memantau aktivitas komputer. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kinerja aplikasi lain.

Solusi untuk mencegah ini bagi pengguna Windows adalah menginstall Antivirus dan tidak hanya berhenti disitu saja, tetapi rutin update antivirus tersebut. Jadwalkan paling tidak seminggu sekali jika komputer tidak online.

2. Spyware, Adware dan sejenisnya

Jika kita sering menggunakan komputer untuk ber-internet, jika tidak berhati-hati ada kemungkinan komputer bisa terkena spyware. Efeknya mungkin tidak begitu besar dengan kinerja komputer, tetapi bisa berpengaruh pada akses internet, dan berbagai hal yang menganggu kenyamanan berinternet dan yang lebih buruk, data-data penting (user, password, account dll) kita bisa di ketahui oleh si pembuat spyware ini.

Solusi bisa menginstall Anti-spyware yang juga senantiasa update, hanya perlu dipilah-pilah mana yang tidak banyak menggunakan sumber saya (resources) komputer kita, karena tidak jarang Antispyware ini menggunakan CPU dan Memory yang cukup besar. Jika antivirus sudah menyertakan, kita tidak perlu menambah. Atau gunakan versi portable, dan scan dari spyware secara berkala saja.

3. Banyaknya Aplikasi berjalan di belakang

Semakin banyak komputer kita dengan software, biasanya akan semakin memperlambat kinerja komputer, meskipun pengaruhnya ada yang relatif kecil dan ada yang besar. Penting untuk diketahui ketika menginstall software, cek apakah ada aplikasi yang senantiasa berjalan di belakang. Hal ini bisa di ketahui dengan program seperti Autoruns.

Solusi dalam hal ini adalah menggunakan sofware yang penting saja, pilih satu software jika ada beberapa software sejenis atau mempunyai fitur hampir sama dan jika ada versi Portable-nya maka bisa menjadi alternatif. Untuk mengurangi program yang berjalan di background, gunakan Autoruns, dan non aktifkan aplikasi background yang tidak penting. Untuk mengatahui apakah aplikasi yang di install akan menjalankan program di belakang, install software seperti WinPatrol.

4. Hard disk (HDD) yang sudah berumur

Ketika komputer kita masih menggunakan Hardisk yang sudah cukup lama (tua), mungkin lebih dari 5 tahun, maka kinerja komputer bisa semakin lambat. Untuk mengecek, kita bisa menggunakan software gratis HDD Tune dan sejenisnya (baca artikel: Periksa Kondisi Hard Disk Komputer Anda). HDD SATA normal biasanya rata-rata akses read (baca) sekitar 70 – 90 MB/s. Jika misal rata-rata akses HDD dibawah 50 MB/s maka kinerja biasanya akan terasa lambat.

Solusi ketika hardisk sudah sangat lambat, mungkin bisa dicoba dengan full format (awas, backup data terlebih dahulu). Meskipun untuk hardisk tua hal ini biasanya tidak akan banyak membantu, sehingga yang paling baik adalah dengan mengganti hardisk baru, dan jika masih ingin menggunakan hardisk lama, gunakan sebagai secondary hardisk saja.

5. RAM/Memori yang pas-pasan

Banyak sedikitnya jumlah RAM/Memori yang kita gunakan memang tidak bisa dibuat standard sama untuk satu komputer dengan komputer lain atau bahkan sistem operasi. Meskipun ketika akan menginstall Windows, ada spesifikasi minimal RAM, tetapi jenis aplikasi yang kita gunakan juga harus diperhitungkan. Untuk mengecek, buka saja Task Manager dan di bagian Performance periksa PF Usage dan juga Physical Memory yang menunjukkan total Memory fisik (RAM) dan sisa tersedia (Available).

Jika kita tidak sedang menjalankan aplikasi apapun, tetapi sisa RAM tidak lebih dari setengahnya, biasanya kinerja komputer akan lambat, maka harus diperiksa aplikasi apa saja yang menggunakan banyak memory (RAM), secara umum bisa dicek di tab Process, kolom Mem Usage. Jika memang RAM kita pas-pasan (misal windows XP dengan RAM 512 MB atau kurang, windows 7 dengan 1 GB RAM), maka solusinya termurah adalah mengurangi aplikasi yang banyak memakan memory. Solusi terbaik adalah Upgrade memory (RAM) (baca: Mengenal apa itu RAM ).

6. Konflik aplikasi atau program yang di install

Tidak jarang dua aplikasi dalam kategori yang sama bisa berakibat terjadinya konflik, yang semakin memperlambat kinerja komputer. Tanda-tanda terjadi konflik adakan komputer yang bermasalah setelah kita menginstall suatu software, padahal sebelumnya tidak ada masalah. Yang sering terjadi konflik biasanya di kategori software security, semisal antivirus.

Misalnya kita menggunakan 2 antivirus atau lebih. Meskipun beberapa antivirus bisa berjalan bersamaan, tetapi tetap tidak direkomendasikan, kecuali untuk pengguna ahli atau untuk ujicoba. Belum lagi ketika masih harus menginstall software security lainnya.

Jika ada alternatif berbagai software sejenis, maka jika memungkinkan pilih satu saja yang bisa mewakili, dan unggul dalam kinerja dan hasil. Terutama untuk jenis software yang banyak mengakses sumber daya atau sistem operasi.

7. Pemilihan Software yang kurang tepat

Tidak sedikit orang hanya ikut-ikutan (trend) dalam penggunaan software, padahal fitur yang diinginkan sebenarnya terdapat dalam software lain yang kecil dan gratis. Jika spesifikasi komputer kita memang minimal atau kita ingin bekerja dengan cepat, maka pilihlah software yang tepat. Software dengan ukuran besar tidak senantiasa lebih baik dan tepat bagi masing-masing kita. Berikut beberapa contohnya :

Ketika kita hanya ingin burning data ke CD/DVD, solusi tepat bisa menggunakan software ImgBurn yang hanya berukuran sekitar 5 MB atau software burning gratis lainnya yang relatif kecil daripada menginstall Nero Multimedia Suite yang berukuran sekitar 354 MB.

Ketika kita bekerja dengan data terkompresi ( zip, rar ), software gratis seperti 7zip yang hanya berukuran sekitar 1 MB seharusnya sudah mencukupi, daripada menginstall Winzip 15 yang berukuran hampir 13 MB dan juga tidak gratis (software kompresi gratis lainnya)

Jika menggunakan Photoshop 7 atau CS1/2 sudah mencukupi untuk kebutuhan grafis, maka menginstall Photoshop CS5 perlu difikir ulang, karena spesifikasi yang dibutuhkan cukup tinggi, sehingga kerja bisa semakin lambat.

8. Banyaknya Software yang terinstall

Meskipun software-software yang di install tidak berjalan di belakang, tetapi hampir setiap software selalu menambahkan entry (data) ke registry, sehingga semakin banyak software yang di install ukuran registry (windows) juga akan semakin besar. Karena registry ini akan di akses baik ketika komputer berjalan maupun sudah berjalan, besar kecilnya juga mempengaruhi ke kecepatan/ waktu respon-nya.

Solusinya adalah menggunakan software yang memang diperlukan saja, Uninstall software yang tidak penting dan gunakan Uninstaller seperti Revo Uninstaller agar proses uninstallasi lebih tuntas. Untuk membersihkan software yang sudah di uninstall, bisa juga menggunakan berbagai Utilities gratis.

9. Penggunaan Efek Windows yang berlebih

Windows Xp, Vista maupun windows 7 menyediakan opsi untuk menggunakan tampilan dengan berbagai efek. Jika komputer kita mempunyai spesifikasi yang bagus, tentu berbagai efek ini tidak menjadi masalah, tetapi jika ingin performa cepat, berbagai efek windows bisa di non aktifkan.

Misalnya Untuk windows XP, klik kanan My Computer, pilih tab Advanced dan klik setting bagian Performance. Kita juga melalukan tweak sistem untuk mendapatkan setting yang tepat dan cepat, dengan menggunakan software semisal X-Setup Pro.

Sebenarnya selain 9 hal diatas masih banyak sebab lain, seperti berbagai service windows yang berjalan yang sebenarnya tidak diperlukan, pemilihan dan pengaturan hardware yang tidak optimal, space primary disk (misalnya drive C:) yang diambang batas atau hampir habis, dan lainnya (ebsoft)

ebta

61 Comments

  1. Mas ada g software yg lebih ringan dibanding tuneUP dgn fungsi yg sama..?

  2. Wah, pas banget nih, kebetulan Notebook sering Hang ketika menggunakan Media Player Classic. Coba dulu ah…

  3. Betul-betul relevan, semua yang disampaikan telah saya alami sendiri dan temukan, sehingga cara mengatasi juga yang sama. Terima bang Ebsoft atas info semoga bermanfaat bagi kita dan pengguna komputer semua.

  4. tips aja, jangan terlalu banyak software yang berjalan otomatis (autorun)…

  5. assalamu ‘alaikum mas ebta,
    info yang bagus dan bermanfaat. mohon ijin untuk menyebarkan/memberitahukan kepada orang lain. jazakallah.
    wassalamualaikum.

  6. Ass.Wr.Wb. Apakah hardisk format NTFS lebih cepat dibandingkan format FAT32 maz Ebta?? Apakah setting AHCI lebih cepat dibanding EHCI?? Trims atas pencerahannya. Wass.Wr.Wb.

  7. Nah… ini lho mas yang tak cari-cari makasih semoga komputerku akan lari lagi koyo jaran …

  8. makasih atas infonya mas, sangat berguna sekali untuk saya yang newbie

  9. alhamdulillah, infonya sangat berguna sekali..

    jazakallah kang eb.. 🙂

  10. Aku perhatiin betul soal masalah ini. Makanya aku raji maintenance komputerku dengan bersih2 sampah komputer (file2 registry yg gak kepke,dll). Tools andalah buat bersih2 komputer = TuneUp Utillities 2011 dan CCleaner. Biasanya aku juga matiin aplikasi kurang kepke yg otomatis jalan saat startup.
    Oya, mau share neh >> Mempercepat Windows, moga bermanfaat.

  11. klo aku mas…tiap buka web browser (terutama google chrome) nyedot banget RAMnya sampe menyisakan 15 %, efeknya udh jelas jd lelet, nghang ngga…lancar jg ngga
    kenapa ya??ekstrim bgt nyedot ramnya,soalnya aplikasi lain ngga begitu

    maklum RAMnya 512,hehe

  12. info yg mebantu sekali,khususnya bagi pengguna pc/laptop,tks

  13. Terimakasih informasinya bos. Permasalahan – permasalahan seperti ini yang mungkin tidak diperhatikan. Artikel yang bermanfaat makasih sekali lagi, Terus posting artikel-artikel yang bermanfaat bos.

  14. Artikel yang dikirim selaluuuuuu bermanfaat. Terima kasih, jazkallah khair katsir.

  15. Maaf om saya bertanya diluar artikel, gimana ya cara nampilin berapa kali artikel dibaca (2.684 View), di tema wordpress?

  16. (Om ebta permisi newbie di dunia komputer ingin bagi2 pengalamannya.)

    Ada solusi lain. Pake aplikasi portable kalo mau pake banyak aplikasi agar si registry gak tambah ruwet. Kalo mau sedikit usaha bisa kok bikin aplikasi porable sendiri. Manuaknya ada di portableapps.com

    NTFS memang lebih cepat dari FAT32 karena NTFS mempunyai fitur MFT (Master File Table) yang menyimpan informasi kedudukan file di dalam harddisk. Namun system file ini memepunyai kelemahan. Yaitu sangat mudah dieksploitasi oleh spyware/trojan. AHCI memang labih cepat dari EHCI secara AHCI dipake buat kontroler SATA sampe 3Gbps -_-‘ EHCI buat kontroler USB.

    Untuk masalah harddisk, gunakan apllikasi gratisan seperti CrystalDisk yang mempunyai fitur pengendalian AAM (Advanced Accoustic Management) dan APM (Advanced Power Management) yang sangat berguna bagi pengguna notebook.

    Alternatif Tune Up Utilities? Glary Utilities. Setelah saya coba fitur Registry Defragmenter-nya sangat ampuh.

    Untuk masalah memori silahkan googling CleanMem. Memory cleaner ini sangat mantap! beda dengan aplikasi lain (gratisan loh)

  17. @Xlywon
    Coba Glary Utilities, atau Ashampoo Win Utilities

    @endhie
    silahkan, asal tetap mencantumkan link sumber artikelnya

    @Kasdw
    wa’alaikumsalaam, waiyyakum

    @joel
    setahu saya tidak, pemilihan itu lebih tegantung pada fitur dan fungsinya. Kecepatan lebih tergantung pada hardwarenya

    @fadly
    karena memang RAM-nya 512 MB.. untuk windows saya berapa, chrome juga memerlukan RAM yang lumayan apalagi jika membuka banyak tab..

    @Lukman
    Bisa menggunakan plugins WP-User-Online
    http://wordpress.org/extend/plugins/wp-useronline/

    @Cyber King
    Iya dengan aplikasi portable bisa mengurangi ukuran registry.

  18. Guys…tengkyu peri mach atas semua infonya.
    It’s very usefull….GBU

  19. mas, kalau komputer yang kita on tu lambat untuk masuk, tapi kalau dah masuk com tu terus jak ke mozila firefox secara automatik, apa yang harus saya lakukan…makasi infonya mas, assalamualikum

  20. kalau gak salah, penyebab lain yang sangat berpengaruh adalah banyaknya font yang terinstal. terkadang, manajemen virtual memory yang buruk pada paging file juga berpengaruh. anti virus juga terkadang menyebabkan komputer jadi lebih memble. apalagi kalau doyan mengintstal lebih dari satu antivirus dalam satu sistem. dijamin mak nyus lambatnya! :p

  21. Pingback: 9 Penyebab Kinerja Komputer Semakin Lambat | AlgoritmaNews

Comments are closed.