37

Account gratis dari Pingdom, layanan Website Monitoring

Pingdom website monitoring

Belum lama ini Pingdom, salah satu website yang menyediakan layanan website monitoring (uptime/downtime) memberikan satu account gratis dengan berbagai fitur monitoring seperti ketika menggunakan layanan berbayar, termasuk fitur informasi/peringatan melalui sms dan email jika website/blog kita mengalami down (tidak dapat diakses).

Bagi anda yang mempunyai blog/website, tentu merupakan layanan yang pantas dicoba. Apa saja yang kita dapat dengan mendaftarkan di Pingdom ini ?

Sebelumnya saya pernah membahas salah satu layanan gratis Pingdom untuk memeriksa kecepatan akses sebuah website (baca : Bagaimana mengetes web site/blog anda?) . Dengan tools ini kita bisa mengecek berapa lama website kita tampil disertai dengan detail waktu untuk tiap komponen seperti HTML, CSS, Gambar, Script dan lainnya.

Website Monitoring

Sebenarnya layanan Pingdom yang utama adalah menyediakan informasi dan statistik secara detail performa website kita (uptime/downtime). Layanan ini sebelumnya hanya tersedia untuk versi berbayar dengan biaya sekitar $9/bulan atau $35/bulan. Saat ini kita bisa mendaftar dan memperoleh satu account gratis. Beberapa fitur utamanya adalah sebagai berikut :

  • Uptime report, memberikan informasi seberapa tinggi tingkat ketersediaan website kita. Jika setiap saat website dapat diakses (up/berjalan), maka uptime akan bernilai 100%. Kebalikan dari Uptime adalah Downtime, yaitu lama waktu ketika sebuah website tidak dapat diakses.
  • Response time report, memberikan informasi lama/waktu tanggap sebuah website. Biasanya dinyatakan dalam ms (mili detik). Semakin kecil response time, maka website akan semakin cepat diakses.
  • Detail Log, memberikan informasi secara detail status error atau response time setiap waktu dari berbagai lokasi yang berbeda.
  • Notification History, menampilkan informasi pesan-pesan yang telah dikirim, baik email atau sms.
  • Public Reports, jika kita ingin menampilkan statistik website agar bisa diakses oleh umum.
  • Email report subscription, memberikan fitur laporan (statistik) yang otomatis dikirimkan ke email baik harian, mingguan atau bulanan.

pingdom-statistics-2

Dengan menggunakan account gratis ini, kita bisa mendaftarkan sebuah website dan kita bisa melihat, menganalisa serta menerima laporan performa website tersebut. Kita tidak perlu menambahkan kode apapun di website kita, karena semua statistik dilakukan oleh Pingdom sendiri. Fitur Account gratis ini adalah :

  • Berlaku untuk satu website ( di istilahkan dengan Checks )
  • Maksimal informasi lewat sms sebanyak 20 sms.
  • Informasi/peringatan lewat email tidak dibatasi
  • Semua fitur yang telah dijelaskan sebelumnya.

Untuk mendapatkan informasi/peringatan lewat sms, maka kita harus memasukkan no telp/HP. SMS ini berlaku internasional. Jika 20 sms telah habis, maka informasi lewat HP tidak akan ada lagi, kecuali kita membeli account Basic atau Business (yang disediakan fasilitas membeli voucher sms baru).

Jadi berbeda dengan website statistik yang biasa kita lihat. Jika website statistik berfokus kepada banyaknya pengunjung atau kunjungan (unique view, pageviews dsb), sedangkan website monitoring memberikan informasi tingkat ketersediaan atau availability (uptime/downtime) sebuah website. Sehingga jika website kita down, akan dikirim informasi baik lewat sms atau email.

Cara Pendaftaran

Untuk mendaftarkan diri, silahkan buka https://www.pingdom.com/signup dan pilih menu Free Signup yang ada di bagian bawah tawaran Basic dan Business. Atau langsung saja buke https://www.pingdom.com/signup/free/

pingdom-free

Setelah itu, isikan beberapa data yang diperlukan seperti nama depan, nama belakang, email, no HP ( jika ingin informasi bisa dikirim lewat sms) dan Country. Setelah selesai dan klik Sign up Now, maka selanjutnya kita bisa menambahkan website dan berbagai pengaturan lainnya melalui menu Checks. Selengkapnya silahkan dilihat di http://www.pingdom.com/services/ di bagian Configure checks and alerts.

ebta

37 Comments

  1. assalamu ‘alaikum
    artikel bagus, mau dicoba mas….
    (talking2, number one neh…?!)

  2. Info yang sangat bermanfaat, thanks infonya mas…

  3. Kalau yang gratis dan sms-nya nggak terbatas ada nggak ya? Masa’ cuma 20 aja?

  4. Pingdom ini nantinya bisa ngabisin bandwidth gak. Karena websiteku bandwidthnya kecil, cuman 500 MB / bulan.

  5. Artikel bagus, (kelihatannya) Mas. Tak ke TKP, dulu (komen dulu, baru baca)

  6. cek TKP dulu….apa berguna ngak ya untuk blogku ,tunggu review yg udah make dulu.

  7. @Bagus
    kalau dengan pingdom belum ada. Karena memang fitur ini perlu biaya yang tidak sedikit 🙂

    @Muhsin
    seperti dijelaskan diatas, setahu saya tidak akan menghabiskan bandwith..

    @Reza
    berarti membuat website dulu hehe 🙂

  8. Assalamualaikum wr. wb. info yang bagus Kang….

  9. boleh dicoba ni trik. mas ebta, kunjungi blog saya ya! http:bloggerinside.co.cc

  10. @download skripsi
    beda dengan feedjit, kalau ini untuk memonitor website jika down.. dan kita bisa mengatahui statistik waktu down setiap harinya

    @Cakka
    1 account yg free yang untuk satu saja.. kalau ingin dua register lagi dengan email dan nama lain

    @aswar
    wah ni bukan untuk di sedot lho..

  11. Terima kasih infonya. Sebelumnya saya menggunakan host-tracker, tapi karena masa freenya da abis. sepertinya pingdom layak juga untuk di coba.

  12. ok, thanks ya mas… saya lagi coba2…. lumayan buat alternatif selain Google Analytics 😀
    thanks

Comments are closed.