121

Belajar membuat blog/web dengan mudah menggunakan wordpress

Saat ini pembuatan blog atau web site terbilang cukup mudah, hal ini karena adanya suatu sistem yang disebut Content Management System (CMS), yang bisa dikatakan sebagai template web site. Dengan CMS kita tinggal mengupload (copy) CMS ini ke server, menginstallnya setelah selesai tinggal masuk ke administrator untuk mengatur dan mengisi artikel yang diinginkan. Banyaknya CMS opensource yang tersedia kadang membuat kita bingung untuk memilihnya. Tetapi jika masih awam dengan CMS, apalagi belum banyak tahu tentang web programming seperti saya, maka sebaiknya memilih yang sederhana dan mudah, seperti wordpress.


wordpress login

Jika para blogger / pengguna wordpress ditanya mengapa kok menggunakan wordpress? Mungkin sebagian akan menjawab karena kemudahannya dan konfigurasi yang relatif sederhana. Bagi pengguna awal biasanya tidak memerlukan waktu lama untuk bisa menguasai dan memahaminya. Sederhana bukan berarti minim fasilitas. Memang fasilitas bawaan wordpress sendiri mungkin masih belum mencukupi jika anda ingin web dengan berbagai fasilitas yang wah, tetapi dengan besarnya komunitas dan dukungan plugins yang begitu banyak, kita tinggal menambahkan fasilitas apa yang diinginkan. Mulai dari  konfigurasi administrasi, statistik, forum, iklan, artikel, kalender, dan sebagainya.

Bagaimana belajar membuat blog/web site dengan wordpress secara off-line ? Untuk melakukan hal itu diperlukan beberapa komponen yaitu : Apache ( berfungsi sebagai server ), MySQL (Database) dan PHP (bahasa pemrograman web). Coba ikuti langkah-langkah berikut :

A. Menginstall Apache, MySQL dan PHP

  1. Download Apache dan MySQL dalam satu paket Apache friends yaitu xampplite (basic package) dari situs www.apachefriends.org, www.xampp.org atau dari http://sourceforge.net (ukuran sekitar 46 MB) yang bentuk zip atau exe (diinstall terlebih dulu). Untuk mudahnya pilih saja yang zip.
  2. Extract xampplite ke drive yang diinginkan, misalnya C:xampplite ( memerlukan space hardisk sekitar 115 MB ). Jika download yang exe, install terlebih dahulu.
  3. Untuk mengetest apakan xampplite berhasil, buka folder C:xampplite, jalankan xampp-control.exe dan klik start di baris Apache dan MySql, tunggu sampai ada tanda
    bahwa keduanya berjalan dengan keterangan tulisan running.

    xampplite control

  4. Setelah keduanya berjalan ( ada keterangan running ) kemudian buka web browser anda ( mozilla firefox atau internet explorer ) dan ketikkan localhost lalu tekan enter. Maka jika instalasi berhasil akan ditampilkan pesan :
    Welcome to XAMPP for Windows Version …..
    Congratulations:
    You successfully installed XAMPP on this system!

    xampplite success

B. Menginstall WordPress

  1. Download wordpress terbaru dari alamat resmi wordpress, yaitu : http://wordpress.org, atau langsung download file ini http://wordpress.org/latest.zip  ( terkadang tidak bisa download dengan download manager seperti flashget, DAP, IDM dan sebagainya, jadi gunakan saja download standard bawaan browser, misalnya dengan klik kanan dan pilih menu Save As.. atau Save Link As.. ukuran sekitar 1 MB ).
  2. Extract latest.zip tersebut di folder htdocs, dari langkah diatas berarti di folder  C:xampplitehtdocs ( copykan file latest.zip ke folder htdocs, kemudian klik kanan dan pilih extract here dengan  program 7zip, Winzip atau Winrar), akan dihasilkan folder wordpress yang berisi tiga folder, yaitu : wp-admin, wp-content dan wp-includes . Juga beberapa file *.php lainnya.
  3. Folder wordpress itulah yang nantinya menjadi nama web yang akan dibuka melalui URL, sehingga bisa kita rename terlebih dahulu, misalnya dari wordpress di ganti menjadi ebsoft sehingga kita nanti membuka web lokal kita dengan mengetikkan http://localhost/ebsoft ( tapi hal itu nanti ).
  4. Agar bisa dijalankan, maka wordpress harus diinstall terlebih dulu. Sebelumnya ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan ( pastikan Apache dan MySQL telah dijalankan, seperti langkah A nomor 3 diatas )
    1. Buka browser dan ketik localhost, kemudian pilih menu sebelah kiri bagian bawah phpMyAdmin ( atau langsung ketikkan di alamat browser http://localhost/phpmyadmin/
    2. Buat database baru dengan mengetikkan nama database di bawah keterangan Create new database, misalnya ebsoftdb kemudian klik Create.
  5. Setelah berhasil dibuat database baru, buka file wp-config-sample.php ( di folder C:xampplitehtdocsebsoft ) dengan text editor seperti Notepad, dan ubah
    datanya seperti berikut ( ini berdasarkan langkah diatas ) : putyourdbnamehere diganti ebsoftdb ( nama database
    yang telah dibuat sebelumnya ) lalu usernamehere diganti root dan hapus text yourpasswordhere sehingga tinggal titik dua (”), kemudian simpan dan close.
  6. Ubah nama file  wp-config-sample.php  menjadi wp-config.php .
  7. Langkah selanjutnya menginstall wordpress. Buka web browser kemudian isikan alamat URL : http://localhost/ebsoft/wp-admin/install.php akan
    ditampilkan tampilan welcome oleh wordpress.

    wordpress welcome

  8. Isikan Blog Title dan alamat email, kemudian klik Install WordPress >>
  9. Jika berhasil akan ditampilkan tampilan wordpress, success! Dan ingat password yang tampil , atau catat.

    wordpress success

  10. Untuk memulai pengaturan, mengisi artikel dan sebagainya, bisa langsung masuk ke admin panel, dengan mengklik link log in ( dari tampilan sebelumnya) atau wp-login.php. Atau bisa juga langsung mengetikkan alamat http://localhost/ebsoft/wp-login.php di web browser.

    wordpress login

  11. Ketikkan username : admin dan isikan password yang tampil sebelumnya, kemudian klik login>>
  12. Selesai… selanjutnya kita dapat mulai menulis artikel, menjelajahi dan mempelajari menu-menunya, jangan lupa mengganti passwordnya melalui menu User dan klik edit untuk username admin.

    wordpress admin

Semoga bermanfaat ( http://ebsoft.web.id )

ebta

121 Comments

  1. Saya juga pake XAMPP, installnya mudah gak belibet…
    Btw, itu tagnya kok bisa beterbangan..pake plug-in apa mas?

    mengenai tags itu.. coba klik link pojok bawahnya.. 😉

  2. WordPress emang ok, simple but powerfull. Mudah di customisasi sendiri. Plug-in melimpah, Theme juga banyak, update juga simple. Gak ada ruginya bikin Blog.
    untuk offline (bermain di lokal komputer) saya biasa menggunakan XAMPP (yg tanpa install, tinggal copy paste) gak harus ke C.

  3. terima kasih banyak
    Atas info
    yang sangat bermanfaat ini
    thanks

  4. lainlagi dengan saya buruk..begitu download xampplite yang 48 mb buat xp ga ada exe nya lalu download yang 19 versi 7zip apchenya ga jalan saya download lagi yang lainnya duh masya allah virus 32 beterbangan takut deh…tolong yang sudah berhasil kasih tahu dong…. mas ebta…please…jelasin lagi

    Jangan-jangan di komputer ada virusnya..
    Ketika menjalankan coba firewall windows atau aplikasi lain yang menggunakan apache di non aktifkan..

  5. kalau sudah jadi lalu gimana cara up loadnya ke wordpres..?
    bisa ga kita tambahkan templtes di xampp gimana..?

  6. Ass. salam kenal boss, mau tanya boleh kan?…saya newbie, klo pertanyannya “anak tk” ma’af yaa…sebab saya g’ tau sama sekali apa & fungsi XAMPPlite dan WordPress,
    1. bisa g’ wordpress ini diterapkan di situs blogspot saya?
    2. Kenapa yaa…program database XAMPPlite (khususnya Apache), setting portnya tidak dapat running ketika dihadapkan pada program IIS dari windows saya? baru bisa ketika unistall IIS.
    3. saya dah download… (sampai langkah ke 5 yang b), saya buat nama local situsnya “shenaila”, tapi kok g’ ada ya namanya di folder C:xampplitehtdocsshenaila, adanya di C:xampplitehtdocswordpress, (karena perintah untuk mengganti nama “tapi hal itu nanti”, point 3). Jadi, bisa g’ setelah saya edit kemudian folder “wordpress”-nya diganti nama?
    4. ntar deh tanyain lagi klo saya ada troubleshoot, jg bosan yaa..
    terima kasih. Wass

  7. saya blum pernah pakai XAMPP. Sebenarnya, tujuan edit secara offline itu apa?. Apa untuk ketik artikel secara offline dulu baru nanti (kalo dah kehubung internet) baru di upload, atau tujuannya untuk setting juga?. Apakah XAMPP ni bisa untuk setting? misalkan menambahkan widget dan lain sebagainya?
    Kalo untuk ketik postingan secara offline dulu, baru kemudian nanti akan di upload (ketika dah ada koneksi) aku gunakan Zoundry Blog Writer. Program ini hanya untuk posting dan setting isi postingan. Tidak bisa untuk seting blognya. Zoundry ini bisa digunakan di wordpress dan juga blogspot.
    Saya dapat info dari blog teman saya http://www.previewssoftware.net/2008/01/zoundry-blog-writer-marvelous-software.html
    Secara pribadi saya sungguh suka software ini, soalnya bisa membantu tetep berkarya walau dirumah (gak harus ke kantor dulu tuk update blog)

  8. Mas,
    aku mau bikin hit counter, tolong ajarin dong langkah langkah detailnya…Thanks alot in advance yaa…

  9. aku mo tanya
    gimana sih caranya nambahan my blog statistik?kayak kampung blog gitu

  10. saya ingin belajar membuat web, tolong diajarin donk cara2nya dan langkah2nya juga. terima kasih

  11. Saya mau coba bikin Blog, sdh saya coba download file xampplite, tp kok gak bisa, mohon bantuannya agar saya bisa buat Blog yang instant dan bagus, TQ before

  12. Mas, mo nanya. Tolong dijawab ya. Saya punya blog di wordpress, alamatnya: http:/handysatria.wordpress.com saya sudah daftar di kampung blog n google adsense. tapi saya g bisa copy scriptnya. tolong ajarin ya.plis. Eh, ada yg mau tukeran Link g?

  13. saya sudah mencoba tutor yg ditampilkan, n berhasil .. tp saya kesulitan untuk meng-uploadnya ke hosting saya .. masa WP cuma make di localhost aja siih…

  14. Mas Ebta tlg krm panduanya yang jelas atau kalo ada versi pdf via e-mail

    biar lebih jelas lg.
    mks

  15. Untuk mengupload, jika menggunakan themes sendiri, upload saja themes tersebut. Kemudian, export artikel-artikel yang ada dari menu Manage>Export. Setelah di export, buka hasilnya (file xml) melalui menu Manage>Import.

  16. aslmlakum
    salam kenal mas…. saya ini pemula bgt n saya pgn bsa buat blog, terutama pake wordpress. tapi saya belum jelas kalo g da gambarnya yang detail.
    atas perhatinya, trimaksih banyak mas…
    wasalam

  17. ass.
    mau nanya gimana cara mengganti theme yang merupakan hasil download. mohon penjelasannya, ma kasih

  18. Assalaamu’alaikum..
    Saya mau nanyain bagaimana cara mengaktifkan dan memasang plugin ?..
    terimakasih…

  19. Tolong kasih tahu juga gmana upload file pdf dengan wordpress! Tq…!

  20. Halo
    Ini masalah XAMPP, itu dia capable dengan Vista juga kan

  21. asalamualaikum..

    saya pemula yg buta banget masalah web trus saya coba tutorial “Belajar membuat blog/web dengan mudah menggunakan wordpress” Proses A; sih tidak ada masalah cuma Point B; sampai dengan no.5 setelah create new database (no.4 point 2) saya coba buka file wp-config-sample.php ( di folder C:xampplitehtdocsebsoft )…setelah saya cari2 folder ebsoft tidak ada.

    yg saya mau tanyankan localhost itu apa sih? trus contoh create database itu dengan contoh nama ebsoft apakah bahasa sytem atau bisa aja misalnya bikin kldb (kaleldatabase maksudnya), pertanyaan yg lain apakah software C:xampplite, sama dengan C:xampp yg saya innstall (maksudnya xampp yg saya install di directori c bukan C:xampplite, tapi C:xampp

    waduh mas sori banget agak merepotkan sama pertanyaannya 🙂

    terimakasih banget sebelumnya, wassalam..

    klel

  22. Maaf lama baru njawab pertanyaan2nya..

    @herlas
    theme yang sudah di download di extract ke folder “wp-content/themes” disana sudah ada dua folder/themes : classic dan default

    @Hans Hilmi
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Extract plugins ke folder “wp-content/plugins” dan mengaktifkannya bisa dibuka menu plugins dan pilih link Activate.

    @Andy Says
    Saya belum tahu juga… mungkin ada yg sudah pernah coba?

    @k’lel
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    harusnya ada file wp-config-sample.php. Jika tidak ada mungkin downloadnya tidak lengkap. Localhost sederhananya merupakan default nama komputer kita jika diakses melalui web (sebagai lokal server). Ya bisa memberi nama database dengan yg lain. Ya bisa dipakai juga, hanya yg lite beberapa fasilitas tidak disertakan. jadi lebih lengkap xampp.

  23. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Bikin buku tentang wordpress mas, nanti aku jamin pasti beli (satu eks lho …)

    Wassalamu’alaikum

  24. mo nanya mas…sy masih kebingungan mengupload desain yang dah jadi di local host. gmana caranya supaya bisa diaktifkan menjadi web yang hidup bukan offline? mohon ditunjukan cara-nya/ tahapannya. tks bgt

  25. @Mirat @ Amar0ke
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah..
    Bikin buku ya… sebenarnya usulan yang bagus, tapi mungkin belum untuk saat ini.. ada lagi yang mau beli.. 😉

    @setyo
    Upload file-file tambahan (bukan dari wordpress) yang dipakai. Misalnya seperti gambar. Kemudian untuk isinya (post), tinggal meng-eksport melalui menu admin wordpress Manage>Export. Nanti tinggal memasukkan ke web kita melalui menu Manage>Import

  26. instalasi xammpp dan wordpress di rumah lancar,cuma saya gak punya akses internet.saya pny flashdisk 4g,mauku;aku ng-edit site ku dirumah(UFD),terus di upload waktu ke warnet.bisa nggak?aku coba pakai WOSX belum berhasil jga tuh !!tolong dong!!!

  27. @jirjis
    bisa juga, nanti tinggal mengupload file-file yang diubah dan tambahannya. Untuk konten atau isinya bisa di upload dengan menu Export-Import di wordpress (jika isinya belum banyak sekali). Saya belum pernah menggunakan WOSX..

  28. thank info nya mas,. ini sangat berguna bgt …
    gw mo sedooooot dolooooo ah ….. :d

  29. we..eeh.
    aku iseh bingung ming lumayan membantu informasine
    aku tak belajar dulu tx. yah…

  30. @dudul
    jika tidak mengubah file wordpressnya (php) kita tinggal upload isinya saja melalui menu export-import di admin dan file/gambar tambahan yang kita gunakan..

    Sebelumnya install wordpress di server/hosting yang sudah dibeli..

  31. nanya mas, klo sdh bikin bs gak almt “localhost”-nya dihilangin, biar spt py bos ini “ebsoft.web.id” atau gmn kek yg ptg gak ada embel2 didepan/blkgnya, gmn caranya bos

  32. @dudung
    sepertinya bisa seperti itu, wah tapi saya lupa pernah melihat caranya dimana. Karena menurut saya tidak penting sekali sih, jadi tetap saja menggunakan localhost..
    Jika ada teman-teman yang tahu mungkin bisa sharing…

  33. He…mungkin aku yang terakhir komentar, artikelnya bagus banget bikin kita lebih tau kayak aku (newbie)kasi juga tutorial bikin templatenya ya Mas Eb”!!!
    thanks

  34. @hasnayuku
    OK.. sama-sama

    @komang
    Ini juga bru belajar template, sementara baru utak-atik CSS-nya saja, belum fokus membuat template. Tapi sepertinya menarik

  35. aku tunggu tutorial mas EB” & sampe jumpa di komentar2 berikutnya 🙂

  36. umur blog saya baru kira-kira 2 minggu, dan tutorialnya banyak membantu saya. thanks ya.
    kalau ada kesempatan mampir ke blogku yach

  37. @komang
    Iya, terimakasih..

    @indrayana
    Tetap semangat ngupdate blognya, tadi sempat mampir sebentar
    Designnya bagus..

  38. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

    saya coba install Xampplite—> sukses…siip

    install wordpress—> mentok di langkah 7 —> keterangannya Object not found!

    The requested URL was not found on this server. If you entered the URL manually please check your spelling and try again.

    If you think this is a server error, please contact the webmaster.
    Error 404
    localhost
    09/06/08 17:01:26
    Apache/2.2.9 (Win32) DAV/2 mod_ssl/2.2.9 OpenSSL/0.9.8h mod_autoindex_color PHP/5.2.6

    dah coba di install ulang sama aja, coba pake WP versi indonesia sama juga…kira-kira knapa ya?

    terima kasih atas tutorialnya & jawabannya

  39. o’ya sekedar tambahan, di XAMPP Control Panel ada keterangan:
    Install Directory:
    *** WARNING: Directory mismatch ***
    Status Check OK
    tapi untuk Apache dan MySql ada indikasi “Running”

  40. @ranyliq
    Terimakasih atas informasinya, semoga bisa bermanfaat..

    @hanif
    Sepertinya ada yang bermasalah dengan Xampp, itu menggunakan yang zip atau installasi ya ? Mungkin ada konflik ?

  41. @indra
    saya kurang tahu detailnya, tetapi banyak template khusus WP untuk iklan baris, mungkin kebanyakan berbayar..

  42. makasih infonya sangat berguna nih….mas bahas iklan baris make wp dong?…

  43. Salam kenal Mas,
    Saya akan coba tips2nya. Biar agak “pinter” kyk s’pean..
    Tq. Sukses & sehat selalu…

  44. Assalamua’alikum ww

    Mohon dibantu mas (maklum Newbie), instal udah kelar pas mo masuk ke halaman administrator kok ada message gini:

    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:xampphtdocsWPwp-config.php:1) in C:xampphtdocsWPwp-login.php on line 267

    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:xampphtdocsWPwp-config.php:1) in C:xampphtdocsWPwp-login.php on line 279

    Setelah log in di Administrator yg muncul sbb:

    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:xampphtdocsWPwp-config.php:1) in C:xampphtdocsWPwp-login.php on line 267

    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:xampphtdocsWPwp-config.php:1) in C:xampphtdocsWPwp-login.php on line 279

    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:xampphtdocsWPwp-config.php:1) in C:xampphtdocsWPwp-includespluggable.php on line 595

    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:xampphtdocsWPwp-config.php:1) in C:xampphtdocsWPwp-includespluggable.php on line 596

    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:xampphtdocsWPwp-config.php:1) in C:xampphtdocsWPwp-includespluggable.php on line 597

    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:xampphtdocsWPwp-config.php:1) in C:xampphtdocsWPwp-includespluggable.php on line 770

    dan gak ada yang lain mohon solusinya mas?, boleh japri aja.
    Matur nuwun
    Wassalamu’alaikum ww

  45. Assalamu’alaikum
    Mas Ebta saya dah download sampai sya coba tiga2nya, tapi gak bisa running paling bisa salah satu, itu aja langsung hilang jadi tulisan runningnya gak bisa hidup terus, apa ada masalah dengan downloadnya atau bagaimana?
    wassalamu’alaikum

  46. @xpeed
    wah saya kurang begitu tahu dengan itu,..

    @epulsa
    maturnuwun , semoga sukses..

    @mn hudi
    saya sebenarnya kurang begitu paham dengan PHP. Dulu kalau tidak salah pernah mengalami hal serupa, tetapi sudah lupa solusinya. COba search di google kalimat error diatas. Saya dulu begitu, dan ketemu permasalahannya..

    @yono
    wa’alaikumsalaam
    kalau sudah hidup dan mati, kemungkinan ada konflik dengan aplikasi/service lainnya. Bisa juga di blok firewall

  47. @abum
    Bisa menggunakan menu Export Import di WordPress administrator. Tetapi kalau gambar, harus di upload secara terpisah, mungkin dengan FTP Manager, seperti FileZilla..

  48. susah juga boss, saya sempet putus asa ktika mau uploads image tidak bisa,…

  49. @afif
    hehe.. kadang memang bikin pusing ketika menemukan permasalahan yang tidak ketemu solusinya.. tapi jangan putus asa.. maju terus.. 🙂

  50. gi mna caranya klo buat blog pribadi WordPress dangan menggunakan domain website tp bukan localhost.

  51. @Muhammad Iqbal
    Maksudnya menggunakan domain berbayar, misalnya .com itu ya?
    TInggal Upload semua file wordpress ke server yang baru, biasanya mendapatkan username dan password. Untuk mengupload bisa menggunakan FileZilla..

  52. @evan
    kalau berhubungan dengan pembuatan website, penggunaannya hanya seperti diatas, tidak perlu setting macam-macam..

  53. Ada yang tau gimana cara upload blog yang pake XAMPP ke server biar gak isi export/import???

  54. @SeVenZ @kakikukaku
    sama-sama..

    @komang
    gunakan menu export dari phpmyadmin, tetapi nanti juga harus punya akses database ke server..

  55. thanks mas atas share infonya…dulu juga gue belajar WP pertama kali secara offline jadi enak melakukan modifikasi pada blog sebelum terlihat secara online

  56. halo mas eb,
    saya sudah instal wp dan sukses semua. tapi ketika hendak login, ndak bisa. padahal saya udah gunakan password yg digenerate sama wp dgn user admin.

    muncul pesan
    ERROR: Incorrect password.
    ERROR: Cookies are blocked or not supported by your browser. You must enable cookies to use WordPress.

    padahal cookie firefox saya udah aktif. kok aneh ya..
    jadi wp-offlinenya tdk bisa diapa2in nih. tolong mas kalo ada solusi & pencerahannya.. thx

  57. @komang
    sama-sama

    @blogngeblog
    Iya memang selain itu juga lebih cepat dalam memproses-nya

    @chris
    Mungkin ada plugins atau aplikasi yang memblok akses cookies ?

  58. mas, gimna langkah2 nya klo kita membuat BLOG/WEB secara online ????

  59. @wi5hkey
    sama-sama…

    @rere
    wah kalau masih perih di mata, lebih baik ganti monitornya saja.. hehe

  60. mau tanya saya masih awam banget masalah cms
    klo untuk instal dll bisa
    tapi yg bingung tuh pas upload di internet gimana yah?
    kan klo pake xampp tuh offline
    nah klo kita udah buat blog offline nah upload ke internet gimana? tuluung 🙂 masih bingung

    hatur nuhun

  61. @ikrar
    Dll ( di install di server ? ) biasanya tidak bisa, kecuali kita mempunyai server sendiri..

    Upload bisa menggunakan fileZilla atau FTP Client lainnya. dan harus mempunyai account http://FTP..

  62. bismillah, gini sy sdh install xampp dan sdh running, tp pd saat tulis localhost di browser tdk bs jalan, yg sy tanyakan ketika ingin menjalankan localhost,apakah pd saat sedang online ato offline. J azaakumullah

  63. Mas Ebta
    saya telah mencoba urutan belajar membuat blog seperti diatas . tapi pada item B poin 4.2 Buat database baru dengan mengetikkan nama database di bawah keterangan Create new database, misalnya ebsoftdb kemudian klik Create.” Tapi setelah saya create tidak langsung jadi tapi selanjutnya muncul perintah selanjutnya “create new table on database” dst.. bagaimana untuk melanjutkannya. trims

  64. @abdul khalil
    offline atau online sama saja, tetap bisa. Asal xammp sudah dijalankan dan aplikasi apache dan mysql sudah aktif

    @teguh
    Jika sudah muncul tulisan “Database NAMA_DATABASE has been created” berarti database sudah berhasil dibuat. Tidak perlu membuat table

  65. oya thanks jawaban sebelumnya…. trus maaf karena awam sekali dunia maya.. setelah semua selesai kita buat trus biar bisa masuk di internet alias bisa di liat orang lain di internet caranya bagaimana mas.. trims

  66. @teguh
    kalau itu harus membeli domain dan hosting (jika yang berbayar).. kalau yg free mungkin bisa mendaftar domain di alamat co.cc

  67. Waduh, pusing juga buat web, harus A-I-U-E-O , ternyata lebih enak buat blog gak perlu upload,tapi kekuranganya gak bisa buat file download dan kecepatan download relatif rendah, parahnya gak bisa pake accellerator…. Jadi ada solusi ngak mas? Terus kalau mau buat sambungan halaman posting gimana mas? Rencana Saya mau pake blogspot+50webs(hosting+we.bs(domain)

  68. @Habar
    Jika memang ingin serius dan bisa dikustomisasi memang harus berani keluar uang ( untuk membeli hosting dan domain.. )
    tetapi jika ingin belajar sulu mungkin bisa dengan domain gratis dari co.cc dan hosting dari 000webhost

  69. Mas kalo domain gratis kecuali co.cc dan hosting gratis kecuali 000webhost.com dimana.
    Hasilnya sesudah buat kurang memuaskan menggunakan domain co.cc dan hosting 000webhost.com, dan juga menu dan fitur yang disediakan kurang..

  70. Mas saya sudah install XAMPP dan WordPress di Lokal Komputer, semuanya sudah beres tapi pada saat login kok di browsernya blank ya ?? gak muncul apa apa kan mestinya muncul form login ya ?? trus pas di coba di jalankan http://localhost/wordpress/ kok nge-blank juga ya ?? Apanya yang salah .. Terima Kasih ..

  71. komplet sekali panduannya.thank banget. sangat membantu

  72. @Edhoyz
    Kalau tidak salah edit file yang bernama host yang ada di windows sistem..

    @andy
    kalau domain gratis saya belum tahu
    kalau hosting gratis ada di my-php.net kalau tidak salah, tetapi ada teman kemarin yg bilang katanya lambat..
    Saat ini sebeiknya beli domain dan hosting sendiri saja, harganya juga cukup kompetitif..

    @opik
    apakah apache dan mysql sudah dijalankan ?
    melalui xampp control panel..

  73. assalamu’alaikum
    terimakasih banyak mas ebta..
    ulasannya sangat bermanfaat dan sangat membantu kita2 yang awam tentang dunia internet khususnya blog…
    terus berkarya..n semoga terus berkembang web nya…

  74. mas mau tanya, kalau saya pakek AppServ bisa nggak yach??
    kalau bisa bagaimaa caranya??

  75. Mas Ebta, boleh nanya??? Di web ebsoft ini kan ada forumnya. Saya sudah coba mengikut tutor di atas… Tapi agak masih agak bingung… (maklum newbie) kan saya ikut nambahin juga Simple Press Forum tapi kok ketika masuk forum kok sidebar sebelah kana masih ikutan. Gmn cara ngilanginnya, ya? Kalo di ebsoft kan ketika klik forum sehalaman muncul forum aja gak pake sidebar. Makasih, maaf kalo kepanjangan 🙂

  76. bro!!! mending mana wordpress/ joomla buat bikin web sekolah yg ada forumnya??? q uda nyoba bikin di joomla, tapi mentok!!! susah bgt,, kurang informasi!!

  77. thanks infonya boss, sangat mencerahkan. cuman saya punya masalah, setelah instalasi selesai kemudian mencoba apache dan mysql, pada saat start hanya apache yang mau running, sedangkan apachenya ngambek. Apa yang musti kulakukan? saya pakai xp sp3.
    thanks

  78. tutorial yg lengkap dan jelas,sangat membantu untuk pemula,thanks informasinya

  79. Bagus sekali
    infonya.. … lalu gimana caranya meng-upload file tadi dari localhouse ke server
    internet?
    tonton

  80. makasih infonya sngat membantu buat saya…mf aq baru belajar nih…

  81. trims untuk infonya. btw, kalo menurut anda lebih mudah mana antara blogspot dengan wordpress?

  82. Thank’s bgt infonya,, bgus bgt bwt pemula spt Q,, jelas bgt.

Comments are closed.