87

Dahsyatnya Letusan Gunung Merapi Kali ini

Kali ini saya berhenti sejenak menulis artikel tentang IT, apalagi suasana di kawasan Jogja dan Sleman yang memprihatinkan karena efek dari letusan Gunung Merapi. Saya sendiri yang saat ini tinggal di wilayah Sleman, sekitar 23-24 km dari puncak Merapi turut merasakan kedahsyatan letusan yang terjadi dini hari tadi. Meskipun begitu, Alhamdulillah kami sekeluarga (dengan si kecil “fafa”) dalam keadaan sehat, meski sempat mengungsi mengingat hujan pasir, abu dan bau belerang yang cukup menyengat.

Kejadian semalam sejak sekitar jam 11 malam ( 23.00 ) mulai terdengar gemuruh yang awalnya saya kira hanya suara guntur biasa, tetapi istri saya kaget ketika mulai merasakan getaran-getaran yang menyertai gemuruh tersebut. Sekitar jam 24.00 Saya segera mengecek keluar rumah dan melihat ke arah utara (gunung merapi), dan ternyata suara gemuruh-gemuruh itu berasal dari sana, sampai puncaknya sempat terjadi gempa vulkanik yang tidak lama kemudian di ikuti letusan gunung Merapi.

Beberapa menit kemudian mulai terdengar suara seperti rintik hujan yang agak keras, yang ternyata adalah hujan pasir dari letusan tersebut. Lama-lama hujan pasir semakin deras yang semakin membuat khawatir, terutama dengan anak saya yang masih berusia sekitar 3 bulan. Hujan pasir berlangsung cukup lama, dan bau belerang ketika membuka pintu sangat terasa, dan membuat kepala pusing.

Tidak sedikit keluarga (tetangga) yang segera meninggalkan rumahnya, yang hampir dipastikan mereka menuju ke selatan, menjauhi gunung Merapi. Awalnya saya berencana langsung meninggalkan rumah dengan istri dan si kecil “fafa”, tetapi karena hujan pasir dan abu yang semakin deras, saya masih fikir-fikir, karena selain resiko hanya dengan menggunakan kendaraan bermotor, pasti di jalanan macet.

Sambil memantau keadaan terkini melalui televisi dan Internet ( http://merapi.combine.or.id/ ), saya menunggu suasana agak mereda, sampai akhirnya sekitar jam 01.30 WIB kami memutuskan “ngungsi” ke rumah mertua saya di Piyungan Bantul, mengingat kekhawatiran akan kondisi bayi kami. Setelah perjalanan yang cukup menegangkan (karena hampir seluruh wilayah jogja hujan abu yang cukup deras sehingga jarak pandang juga pendek), sekitar jam 02.30 Alhamdulillah akhirnya kami sampai dengan selamat.

Beberapa Foto

Beberapa foto suasana jalanan di jogja, sleman dan sekitarnya yang sempat saya ambil pada keesokan paginya, Jum’at 5 November 2010.

Semoga musibah ini bisa mengingatkan kita untuk senantiasa mendekatkan diri kepadaNya, mengingat begitu dekatnya kematian dan lebih menyadarkan kita bahwa hidup di dunia hanya sementara. Dan semoga saudara-saudara kita yang terkena musibah, berada di tempat pengungsian diberikan kesabaran, ketabahan dan mendapatkan pertolongan Allah subhanahu wata’ala.

ebta

87 Comments

  1. “dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”( Sesungguhnya Kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah Kami kembali) (QS. Al-Baqarah 2 : 155-156)

  2. Kami sklg ikut berdo’a, smg mas Ebta sklg dlm lindungan Allah SWT dan smg dg adanya musibah ini mas Ebta sklg semakin mendekatkan diri kpd Illahi Robbi……. amiiiiiin…..
    Kami juga menghaturkan terima kasih sebanyak2nya, krn kami bisa mendownload software2 yg tlh mas Ebta upload di ebsoft.web.id, smg Allah memberikan pahala yg setimpal kpd mas Ebta…. amiiiiin…

  3. Insyaallah Allah swt. akan selalu menyayangi, mengasihi, n memberikan yang terbaik buat mas Ebta sekeluarga. Moga selalu diberi kekuatan n kesabaran menghadapi ujian. Terimakasih telah mengamalkan ilmu2 n karyanya lewat tulisan dan softwares yg sangat bernilai dan bermanfaat. Semoga Allah Yang Maha Kasih melipatgandakan pahala n karuniaNya kpd mas Ebta sekeluarga. Amiin.

  4. Semoga Allah swt melindungi Mas Ebta sekeluarga dan lainnya. Ada hikmah dibalik setiap peristiwa. Siapa yang kembali kepada Allah swt, tidak menyombongkan diri serta ber istighfar kepadanya akan beruntung & selamat. Amin.

  5. saya merasa kasihan kepada para korban yang tdak berdosa
    moga – moga sampai sini saja bencana – nya agar dunia kita tidak berakhir mcam ni …..

  6. debunya Sangat Banyak Jangan Sampe Ke Rumah Kita
    Musibahnya

  7. sabar ya mas… hanya kesabaran dan sholat yang dapat menjauhkan kita dari bencana, kami dipadang saat ini juga dalam keadaan waspada, semoga kita semua selalu dilindungi-Nya, Amiin

  8. Allahu Akbar,
    Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan menolong mas Ebta dan seluruh keluarga serta seluruh saudara kita yang beriman kepadaNya.
    Semoga Allah SWT selalu melimpahkan berkah dan rahmatNya kepada keluarga mas Ebta serta seluruh saudara kita.
    Semoga keluarga mas Ebta ditingkatkan kesabaran, keihlasan dan ketakwaan kepada Allah SWT
    Dan semoga kita yang turut merasakan dan melihat kehendak Allah SWT turut ditingkatkan ketakwaan dan mendapat petunjuk

    Allahu Akbar
    La ilaha illa Allah wahdahu la sharik lahu; lahu al-mulk wa-lahu al-hamd; yuhyi wa-yumit; wa-huwa ‘ala kulli shay’in qadir
    Laa hawla wa la quwwata illabillahil aliyyil adziim

  9. Sabar mas….
    segala cobaan ada hikmah yachh….

    merapi emang lage mengeluarkan letusan yang belum keluar,,
    klaw d tv mgkin jarak teraman sekarang adalah 20 km…
    seharus ya pemerintah lebih tanggap, dan menyelamatkan penduduknya dengan titik teraman 35 km dri puncak merapi…
    smoga keluarga mas d lindungi Allah SWT..
    Amiiin….

  10. Dari sejak erupsi Merapi 26 Oktober, pingin kirim email nanya kabar tentang mas Ebta, karna mas Ebta pernah bilang tinggal di Sleman, tapi karna artikelnya tetap terupdate, jadi urung menanyakannya, logikanya kalo mas Ebta tetap update artikel berarti mas Ebta bukan lagi mengungsi. Lah sekarang sudah ikut2an mengungsi mas, moga mas Ebta & keluarga (juga warga sekitar merapi) baik2 saja dan selalu dalam Lindungan Allah SWT.

  11. Semoga Allah selalu memberi perlindungan pada keluarga mas ebta. Dan semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari semua peristiwa dan bencana yang ada di negeri ini.

  12. saya tinggal di bantul, debunya benar-benar sampai bantul dan sangan menyesakkan.. mudah-mudahan ini akan segera berlalu.. aamiin.. untuk warga jogja mari kita bersama-sama saling bantu-membantu dan juga memanjatkan doa ke Yang Maha Kuasa..

  13. Hujan abu merapi sampai juga ke bandung kemaren siang, mas
    semoga saudara2 kita disana teteap ridho dan sabar menghadapinya. semoga ini menjadi kafarat dan wujud kasih sayang Alloh dan Alloh yang akan menggantinya dengan sesuatu yang jauh lebih baik didunia inii atau sebagai tabungan pahala di akhirat kelak. Aamien

  14. Insya Allah kita lebih taqwa dan lebih mengenal siapa itu Allah Swt

  15. Pingback: Letusan Merapi Dahulu dan Kini :: Berita Nusantara
  16. innalilahi wainnailaihi rajiun.. saya turut berbelasungkawa atas bencana alam yang terjadi di merapi.

  17. Semoga Mas Eb & keluarga, serta seluruh warga sekitar merapi mendapat perlindungan dari Allah SWT.. Amin. Smg peristiwa ini juga bisa mendekatkan diri kita menjadi lebih dekat kepada Allah SWT kr tyt kekuatan manusia tidak ada apa-apanya dihadapan kekuasaan Allah.

  18. ngungsi aja mas, karena tawakal it dengan usaha,kalau kita udah usaha menyelamatkan diri, dan tetap terjadi sesuatu yang buruk pada kita berarti itu memang sudah memang kehendak Allah.
    jadi saran saya ngungsi aja dulu, kalau tempat ngungsi saya rasa banyak dari pembaca ebsoft bersedia menerima mas.

    apalagi mas ini kan guru bagi kami, para pencari ilmu komputer.

  19. semoga mas sekeluarga besar diberi kekuatan Allat SWT dan teteap dalam lindungannya, amien… amien… amien…

  20. Alhamdulillah, Kang Rohman dan Keluarga senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Semoga musibah ini bisa mengingatkan kita untuk senantiasa mendekatkan diri kepadaNya, mengingat begitu dekatnya kematian dan lebih menyadarkan kita bahwa hidup di dunia hanya sementara. Dan semoga saudara-saudara kita yang terkena musibah, berada di tempat pengungsian diberikan kesabaran, ketabahan dan mendapatkan pertolongan Allah subhanahu wata’ala. Amien Ya Robbal Alamin

  21. Semoga saudara-saudara kita di beri kekuatan olah Yang Maha Segalanya..

  22. Sy doakan antum senantiasa dilindungi Allah Swt dan diselamatkan dari bencana ini, amin.
    اللّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وَاْلهَدْمِ وَالْغَرَقِ وَالْحَرِيْقِ
    “Ya Allah, kami berlindung kpdMu dari kebinasaan,kehancuran, tenggelam (banjir bandang), dan kebakaran”.

  23. sungguh Menyedihkan .. semoga di berikan kekuatan oleh ALLAH SWT , untuk menghadapi semua cobaan nya .. amien .. 🙂

  24. sabar mas, ini hanya ujian sementara agar kita lebih mendekatkan diri kepada ALLAH SWT 🙂

  25. Turut prihatin atas musibah alam yg menimpa warga sekitar gunung merapi, terutama keluarga mas Ebta. Semoga bisa selalu sabar menghadapi musibah ini dan mas Ebta sekeluarga selalu dalam lindungan Allah SWT. Innalillahi wa innaillaihi roji’un..

  26. Semoga mas Ebta sekeluarga selalu dalam Lindungan Allah S.W.T, dan semoga bencana ini segera berlalu, Amin….3x Ya Rabbal Alamin…

  27. Semoga Allah senantiasa memberikan terbaik buat saudara kami disana. Dan semoga musibah demi musibah yang terjadi menjadi pelajaran bagi kita di seantero negeri, menjadikan kita lebih baik dan lebih baik lagi. Amiin…

  28. Semoga dengan adanya bencana/musibah ini, bangsa ini mau bertobat, karena maksiat ada dimana-mana. Ayo kita mulai dari diri kita, keluarga, sanak saudara, tetangga, teman dan semoga pimpinan² kita mau mengikutinya… Amin.

  29. Lebih baik ngungsi dulu Bos, Kasihan yang kecil. Mudah-mudahan masyarakat disana diberi kelapangan hati dan mendapat berkah/renungan dari kejadian ini (juga tentunya kita semua).
    Oya.. jangan ketinggaln laptopnya & modemnya biar bisa nulis terus…. (he..he..he..)

  30. kami di Papua juga turut merasakan derita saudara2 di sekitar merapi, jogja dan sekitarnya…
    ini sbg bahan instrospeksi kita, bahwa tidak ada yg lebih kuat didunia ini kecuali kekuatanNya..!!

  31. Tetap tabah ya,Mas..Semoga kita semua di beri kekuatan untuk bersabar dan Tawakal.
    Tidaklah akan menimpa kami melainkan apa yang telah di tentukan Tuhan kami terhadap kami.yaitu ALLAH swt

  32. Saya ikut berdoa, semoga “ini” hanya peringatan agar kita benar-benar ingat akan adanya kekuasaan Allah. Allah lah Yang Maha Kuasa, Maha Agung, Maha Berkehendak. Tiada kekuatan yang dpt melawan kehendak Allah. Sepintar apapun manusia (ciptaan Allah), tak kan sebanding dgn ilmu Allah. Sadarlah wahai manusia, jangan pada sombong.
    Dengan peringatan ini, marilah kita bersama-sama introspeksi diri, begitu banyak kesalahan kita, begitu jahatnya kita menyakiti alam (yang juga hamba Allah).
    Semoga saudara-saudara kita yang kebetulan terkena dampak peringatan Allah ini, diberi kesabaran dan ketabahan.
    Saudara-saudara yang lain, marilah kita bantu meringankan beban saudara-saudara kita di sekitar Merapi, dengan apa saja yg kita miliki. Setidaknya dengan DOA.
    Terima kasih para relawan, para dermawan. Semoga Allah yang Maha Tahu, membalas dengan balasan yg lebih baik. Amin…

  33. Mudah2an ada hikmah dibalik semua kejadian yang ada di negara ini, saya hanya bisa berdo’a untuk saudara2 yang terkena bencana mudah2an diberi kesabaran dan segera usai semua bencana yang ada, amiiin…

  34. Yang sabar ya… semoga ada hikmahnya
    Salam untuk Mbak Icha

  35. Semoga Mas Ebta dan keluarga selalu dalam perlindungan Allah, amin

  36. kami sekeluarga turut prihatin atas musibah yang menimpa saudara-saudara kami di jogja,sleman,bantul dan sekitarnya,semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi ujian ini.

  37. Oalah mas mas..
    Njenengan niku manggon teng jogja to? Lha kulo nembe ngertos,..
    Ingkang sabar ke mawon mas nggeh..
    Kulo dugi sulawesi namung saget ndonga aken, mugi2 cobaan meniko enggal dipun sampuni dining Alloh.
    Buat mas Ebta, Alloh pasti memberikan yg terbaik buat kita, hanya kita yg kadang2 tdk tau apa maunya Alloh.

  38. Saya sangat bersedih dan prihatin! Semoga Mas Ebta sekeluarga diberi keselamatan, ketabahan, dan semoga bencana segera berakhir!

  39. Pada saat saya membaca artikel ini, terus terang saya ikut merasakan apa yang mas ebta sekeluarga pada saat itu. Kepanikan dan kekhawatiran sudah barang tentu menyelimuti perasaan mas ebta sekeluarga. Mungkin tidak ada kata yang saya bisa ucapkan selain bersabar dan berdo’a bagi mas ebta sekeluarga dan penduduk jogja umumnya atas musibah yg terjadi saat ini. Mudah2an semua ini ada hikmah yg terkandung dibalik kejadian ini.

  40. Ya mas susah di jawa banyak penjahat KELAMIN makanya tuhan marah……..

  41. Ini adalah cobaan dari Allah SWT. Alhamdulillah Mas Ebta Selamat. Semoga ujian ini lekas berkahir dan saudara-saudara kita yang terkena musibah diberikan kekuatan iman lahir dan batin sehingga tabah dalam menghadapi cobaan ini. Allah tidak akan memberikan cobaan yang kita tidak sanggup memikulnya. Mudah2an cobaan ini sebagai peringatan buat kita semua bahwa Allah adalah Maha Kuasa dan kita harus selalu ingat kepada-Nya.
    Wassalam,
    Desriantoni
    Pekanbaru

  42. keputusan Tuhan adalah yang terbaik…
    semoga Mas Ebta Sekeluarga dan seluruh warga jogjakarta selalu dalam rengkuhan Tuhan…
    Dilimpahkan kesabaran, ketabahan dan keselamatan

  43. Pingback: Persatuan Insinyur Tawarkan Konsep Rehabilitasi Merapi :: Keuangan Nusantara
  44. Semangat & terus berdo’a di sanubari terdalam dihati kita rakyat, bangsa indonesia terutamanya

  45. Saya dapat merasakan suasana kepanikan luar biasa serta tatapan kosong bagi yang kehilangan rumah atau keluarga. Seperti kiamat kecil. Saya mengalami juga hal ini mas Ebta ketika tsunami di aceh, istri dan 1 anak sy hilang.
    Semoga mas Ebta sekeluarga Tabah dan tawakkal.

  46. Syukur Alahamdullilah kami ucapkan kegadirat Allah SWT yang telah semua rahmatnya bagi kita semua….amin. Untuk Mas EBTA sekeluarga kami ucapkan turut bersimpati atas apa yang telah Allah SWT berikan, dan semoga kita semua semakin sadar akan Kebesaran-Nya. Karena kita manusia hanyalah hamba-Nya, semoga Allah SWT menerima taubat kita……

  47. Jika memang ini adalah ujian dari Tuhan, maka ringankanlah. Jika ini merupakan adzab bagi bangsa Indonesia. Ampunilah kami ya Tuhan.

  48. Kami sekeluarga mendoakan semoga mas dan keluarga serta orang-orang yang mendapat cobaan musibah selalu mendapat lindungan dari yang Maha Melindungi serta diberi kekuatan bathin dalam menjalani semua cobaan ini
    Amin.

  49. Allah tidak akan memberi cobaan diluar kemampuan umatnya, segala apa yang dikehendakinya pasti ada hikmahnya. Kmi sekeluarga turut berdoa semoga Mas EBTA dan warga disekitar merapi diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan, amien….

  50. semoga musibah ini cepat selesai. semoga bangsa ini segera sadar akan kebesaran tuhan. larilah kembali kepada Allah ” FAFIRRU ILALLOH” sebelum bencana yang sebenarnya terjadi. itu hanya peringatan bagi kita. bukan bencana tuk masyarakat jogja dan sekitarnya.

  51. semoga bencana ini cepat selesai. ini hanya salah satu petunjuk akan kebesaran Allah larilah kembali kepada Allah ” FAFIRRU ILALLOH” sebelum bencana yang sebenarnya terjadi.semoga bangsa ini tabah dalam manghadapi ujian ini.

  52. Rychan sekeluarga di Cilacap mendoakan supaya mas Ebta dan saudara-saudara yang lain yang tertimpa musibah diberi ketabahan lahir dan batin… amin, saya juga disini merasakan hujan abu gunung merapi, tapi tidak terlalu tebal… semoga cobaan ini segera berakhir… amiin

  53. Semoga korban tidak bertambah lagi dan Merapi segera berhenti letusannya, semoga Mas sekeluarga dan masyarakat lainnya disekitar Merapi tabah dan sabar menghadapi cobaan ini..

  54. saya turut ikut merasa sedih atas peristiwa yang menimpa warga di jogya, semoga warga tersebut semakin tabah akan musibah ini, dan terlebih kepada bapak dan sekeluarga tetap semangat dalam menjalani hidup ini, dan tak henti2 nya dalam membuat informasi-informasi yang terbaru tentang komputer…. semangat ya pak…

  55. Mas Ebta, kami sekeluarga turut prihatin atas semua kejadian musibah yang terjadi di negeri kita ini. Semoga kita semua di beri kesabaran dan ketabahan dan menjadikan musibah ini untuk instropeksi diri akan prilaku kita di hadapan Nya. Tiada daya dan kekuatan bagi kita kecuali dengan pertolongan dan kekuatan dari Nya. Semoga kita semua masih diberi rasa empati, kekuatan dan kemampuan untuk dapat menolong dan membantu sesama kita yang terkena musibah, amiin

  56. Pokokx sy sng mas Ebta sekeluarga dpt mengantisipasi dg baik keadaan buruk ini, sehingga buah hati tercintapun bs selamat. Kita sm2 mendoakan YANG TERBAIK UTK NEGERI INI.

  57. Mo Komentar Apa ya, lha wong tempat saya lebih parah daripada Sleman. Semoga saja tidak terlalu lama Merapi menyalak. Kita yang tiap hari keliling dari tempat pengungsian yang ada di Magelang Sangat prihatin. Ini baru beberapa hari, lha kalo sampai 1 bulan atau lebih ….?????

  58. Kami sekeluarga turut bersedih dengan apa yang dialami saudara2 kita di lereng merapi dan sekitarnya, semoga cobaan ini semakin mendekatkan kita dengan yang Khaliq, kepada mas Ebta dan sekeluarga semoga yang Kuasa selalu melindungi, Amin ya Rabbal Alamin

  59. Tuk Semuanya Sdr yang ada disana ..kita turut prihatin dan berdoa semoga setelah semua ini diberikan ketentraman dan kenyamanan ..spt Indonesia yang dulu…yang jarang terjadi bencana..mudah2an semuanya cepat selesai..aamiin

  60. kami turut prihatin…doa kami,semoga mas Ebta sekeluarga selalu dalam lindungan Nya

  61. Pingback: Kementan Masih Mendata Hewan Milik Pengungsi :: Harian Nusantara
  62. Jazakumullah khoir
    Alhamdulillah sampai saat ini tidak terjadi letusan seperti hari jum’t dini hari kemarin..
    semoga ini bisa menjadi peringatan kita semua..

    Jika ingin mengetahui perkembangan Merapi :

  63. semoga Allah SWT memberikan perlindungan kepada keluarga mas ebta dan seluruh saudara kita yang mengalami musibah ini Aaamiin..

  64. Semoga Allah SWT memberikan ketabahan, kesabaran dan juga perlindungan kepada keluarga mas ebta dan semua korban musibah merapi ini, dan semoga dikuatkan iman Islam kita semua. Semoga ini menjadi pelajaran buat kita semua yang masih hidup untuk kembali mengingat Sang Pencipta kita, Allah SWT.

  65. Innalillahi wainna ilaihi roji’uun.Cepat atau lambat semua akan kembali lagi kepada Allah subhanahuwata’ala.

  66. ikut brduka ya mas, smoga mas ebta diberikan ketabahan dlm mnjalani ujian ini:)

  67. Allah Ta’ala berfirman,

    “Tidak ada sesuatu musibahpun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah…”

    QS ath-Thaghaabun:11

    Semoga musibah yang diujikan kepada manusia bisa memperkuat keimanan manusia tersebut. Lebih mengingat kepada Allah, bahwasanya hanya Allah yang mempunyai kekuasaan.

    Astaghfirullah.

  68. Mudah-mudahan dengan kejadian tersebut,
    Iman kita lebih ditingkatkan kepada ALLAh SWT.
    dan semuanya itu hanya cobaan.

  69. Marilah kita jadikan ibroh apa yang telah menimpah suadara – saudara kita di yogja , mentawai dan dimanapun…sesungguhnya kejadian-kejadian itu telah Allah tetapkan 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi ini sebagaimana sabda Rosulullah Muhammad sholallahu alaihi wasallam dalam shohih muslim..dan yang pasti ada banyak pelajaran bagi kita semua..terutama jauhilah syirik…bukankah kesyirikan itu adalah kedholiman yang besar disisi Allah…allahu a’lam.

  70. Mas Saya minta bantuan, bagaimana mengatasi Printer Canon iX4000 yang terus blinking (lampu power dan resumenya) blink bergantian. tempat Catridenya tidak mau jalan baik terpasang Catride atau tidak. saya sudah coba Nyari di Mbah Google reseternya yag ada cuma bentuk Doc secara manual. saya sudah coba tapi tetap gk bisa. mohon solusinya??? kalo punya Software Reseternya tolong kirimkan ke saya di email ini(salaja77@yahoo.co.id). makasih sebelumnya.

  71. Semoga kita semua tetap dlm lindungannya. Saya jd teringat syairnya Ebiet G. Ade: “Anugrah & bencana adalah kehendaknya, kita mesti tabah menjalani. Hanya cambuk kecil, agar kita sadar, adalah DIA diatas segalanya”. Smg kita trmsk orang yg tabah, baik ketika menerima anugerah maupun ketika ditimpa bencana, Amin…

Comments are closed.