43

Modifikasi Tampilan Windows XP-Vista-7 dengan CustoPack Tools

Modifikasi tampilan windows kini tidak menjadi suatu hal yang sulit, bagi pengguna windows XP, dengan tampilan yang lama mungkin tidak akan menarik lagi. Sebelumnya saya pernah membahas mengubah tampilan windows XP salah satunya dengan Transformation Pack. Kini dengan CustoPack Tools kita bisa mengubah tampilan Windows XP, Vista dan Windows 7 dengan mudah dan berbagai opsi modifikasi.

CustoPack merupakan software customisasi tampilan windows yang dibuat oleh tim crystalxp.net yang cudah cukup populer dengan customisasi tampilan windows. Software ini kompatibel dengan Windows XP (32bit), Windows Vista ( 32 dan 64bit) serta Windows 7 ( 32 atau 64bit).

CustoPack Tools menyertakan mempunyai fitur untuk memilih theme pack yang sudah di install, mengeditnya, membuat theme pack sendiri serta mengatur beberapa opsi CustoPack Tools. Ketika akan mengubah theme, kita bisa mengetahui bagian apa saja yang diubah. Pack yang disertakan bisa menyertakan pengubahan berbagai tampilan, seperti :

  • Standard Icons
  • Visual Styles
  • Backgrounds
  • Fonts
  • Cursors
  • Sounds/ Notifications
  • Logon Screen
  • Rocketdock
  • Color Folder Skin
  • DLL midifications
  • Tambahan software lain

Melihat kemampuannya, CustoPack Tools memang mempunyai fitur pengubahan lebih banyak daripada pengubahan dengan visual tyles biasa. Untuk Windows Xp, sementara terdapat 3 tampilan, yaitu Imod Inspirat (Mac OS X), Seven Inspirat (Windows 7) dan Windows XP Embedded Royale. Untuk Windows 7 terdapat lebih banyak tampilan yang bisa dipilih.

Install dan Download Pack

Untuk menggunakannya, Download CustoPack Tools (~ 29MB) kemudian install di komputer. Software ini belum menyertakan themes atau tampilan seperti diatas. Oleh karena itu selanjutnya download pack yang sudah disediakan dari halaman CustoPack Gallery, pilih sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Setelah itu jalankan (install) pack yang di sudah download, sehingga akan tampil di software CustoPack Tools.

Masing-masing theme mempunyai ukuran dan fitur yang berbeda. Misalnya untuk imod inspirat berukuran 18 MB, seven inspirat berukuran 24 MB serta windows royale 1.5 MB.

Setelah dilakukan pengubahan tampilan dengan theme yang di pilih, biasanya komputer harus direstart agar tampilan berjalan sempurna (jika program ditutup sebelum restart, muncul pesan kemungkinan terjadi kerusakan file, sehingga sebaiknya memang komputer di restart). Saya sudah mencoba menggunakan Windows XP SP3 dan berhasil menubah tampilan windows menjadi Mas OS X tanpa ada masalah.

ebta

43 Comments

  1. Asyiiik, meski dalam situasi yg sulit, mas Ebta tetap mengupdate artikel ITnya 🙂
    Terbukti kalau jiwa seorang ‘guru’ gak akan berubah oleh situasi apapun.

  2. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Thank’s atas infonya. Tapi waktu dicoba download, diminta masukin username dan password. Apa username dan passwordnya? Terima kasih atas assist nya. Wassalam

  3. thanks infonya mas tpi kok gak bsa ya buat win 7 ku munkin os beda ya mas thanks atas infonya

  4. Coba dulu ya mas,
    pengen ngrasain tampilan Mac OS di komputer sendiri.
    Hehe..
    btw, Saya yg 35km dari merapi msh was-was.
    semoga keluarga mas Ebta dilindungi dari bencana merapi ya mas.
    Amin
    😳

  5. Bikin komputer jadi lemot ga mas? yg ane tw pake “Transformation Pack” bikin komputer jd lemot.

  6. aslam
    mas kalo pake window xp original, masih bisa update ke microsoft ga?
    takutnya mlh crash dan dianggap bajakan
    tapi top intinya

  7. thanx banget ya om eb.. artikel2-nya sangat menarik dan menambah wawasan..

  8. perkenalkan nama saya Hendri dari subang jawa barat…artikelnya bagus-bagus, dan saya mau…numpang nyedot….salam buat semua bloger … trimakasih

  9. pengen juga ganti baju windows xp ku. tapi ane pake intel atom, kira2 kalo ane install aplikasi ini netbookku nasibnya gimana? takutnya ntr jadi lelet

  10. boleh jg di coba untuk mempercantik tampilan dekstop, tp apakah tidak mempengaruhi kinerja komputer?

  11. hihi.. saya termasuk pengguna xp sejati sekarang saya pake yang SP3 tampilannya cukup membosankan (gak ada bedanya dengan sp2) tapi Alhamdulillah ketemu postingan di atas jadi langsung kepengen nyedot plus ditambah ada pernyataan “Saya sudah mencoba menggunakan Windows XP SP3 dan berhasil menubah tampilan windows menjadi Mas OS X tanpa ada masalah.” jadi tambah seneng saya.. mantaplah pokok e..

  12. a,kum mas, makasi infonya…
    komputer saya ni, kalau saya letak background secara automatik dia akan bertukar manjadi background black, sekarang ni tak boleh langsung letak tema kat com …

  13. saya juga pengguna sp3, pengen juga ganti tampilan 🙂
    makasih infonya mas 🙂

  14. permisi .
    saya pake custo pack tapi mau ganti tema lain mau di uninstal ga bisa .
    gmna cara uninstalnya ya ?
    makasih
    (ada yg tau share ya )

Comments are closed.