28

Hati-hati scanning dokumen yang terinfeksi Virus

Ingin berbagi pengalaman, melanjutkan artikel sebelumnya tentang virus yang menginfeksi dokumen word dan excel. Hal ini karena penyebarannya sudah cukup luas dan aksinya cukup merugikan. Akhirnya setelah sekitar satu bulan lebih, antivirus dengan update terbaru sudah dapat mendeteksi virus dan dokumen yang terkena virus tersebut ( saya menggunakan AVG free edition dan sudah berhasil mendeteksi, untuk AV yang lain saya belum tahu ).

 

Saya sarankan hati-hati sebelum melakukan scanning dokumen yang terinfeksi virus tersebut. Ketika saya melakukan scanning dan AntiVirus berhasil mendeteksi, baik virus aslinya maupun dokumen yang terkena virus,  saya tidak mengecek settingnya dan ternyata semuanya filenya langsung dihapus. Karena beberapa file masih penting akhirnya saya harus mengembalikan file yang terhapus dengan software khusus. Maka sebelum melakukan scanning dokumen, silahkan dicek settingnya. Akan lebih baik jika dilakukan restore semua file yang terinfeksi terlebih dahulu, baru dilakukan scanning dengan antivirus.

 

Saat ini tools Restore my files versi terbaru sudah direlease, hanya ada 1 perbaikan pada versi ini, yaitu kecepatan mendeteksi file yang terinfeksi. Dibandingkan dengan versi sebelumnya proses deteksi jauh lebih cepat. Saya sangat mengharapkan masukan dan saran untuk tools ini, sehingga bisa lebih baik.

 

Download Restore my files 1.0 RC 2

ebta

28 Comments

  1. ini untuk virus yang ngubah word jadi exe itu bisa gak??
    yang ini logh kang kspoold

  2. Ya, memang tools ini dibuat untuk mengubah word dan excel yang menjadi exe

  3. Aku sudah coba restoremy file…. Hasilnya mantaaab man…. kspoold-nya langsung rontok. Tapi jangan lupa untuk cek di system-nya di C: karena kspoold-nya nongkrong di system

  4. bagaimana cara resetting avg yg kalo ketemu virus langsung dellete aja, mksh

  5. Untuk pengaturan apakah virus langsung di delete atau tidak, bisa aktifkan/tidak opsi “Automatically heal infected files” . Ada di dua bagian :
    – Shell Extention ( Klik kanan > Setting )
    – Di bagian Test Center, pilih Menu Test > Complete Test Setting (Ctrl+F4) dan Selected Area Test Setting (Ctrl+F5)

  6. mau tanya nih mas saya pengguna avira, bagaimana atau apa ada settingnya agar file dokument baik word maupun excel yang terinfeksi virus kalo discan atau dibersihkan virusya file dokumentnya tidak ikut terhapus makasih

  7. Tidak ada jaminan seperti itu, jadi lebih baik dipilih move to quarantine saja, jadi masih bisa dikembalikan lagi jika suatu saat diperlukan. Karena jika doc/xls terinfeksi virus maka kemungkinan akan dianggap sebagai virus, dan tidak semua doc/xls yang terinfeksi virus bisa di kembalikan ke dokumen aslinya..

  8. ass. wr.wb.
    saya adalah orang awam soal komputer, hanya bisa menggunakannya untuk aplikasi pekerjaan sehari-hari.
    permasalahan saya begini mas, pada saat saya scan flashdisc 2GB saya dgn AVG free edition, terdeteksi hampir sebagian besar file terinfeksi virus worm autnet dan file2 tersebut berubah menjadi .scr, begitu juga dengan folder2nya yang berakhiran .scr juga saya temukan file EXE dgn nama tuti.exe.(saya curiga ini biangnya…)
    karena saya tidak mengecheck settingannya, maka semua file tersebut terhapus(delete).
    setelah itu yang anehnya saat saya membuka drive FD saya, di properties terbaca kapasitas file tersimpan 1,13MB sedangkan yg terbuka hanya beberapa file word dan excel yang kapasitasnya tidak mencapai 1,13MB,juga satu file notepad tuti.my love…kemudian saya scanning kembali dgn AVG free edition dan folder2 tersebut masih ada dan dalam proses scanning, dgn kata lain folder2 tersebut menjadi hidden, hanya nampak pada saat dilakukan scanning, saya juga sudah coba mencari melalui search engine untuk folder atau file di FD saya tersebut tetapi tidak ada yang bisa saya temukan…saya coba menginstall recovery sperti yg disarankan mas, dan berhasil menemukan file2 saya tersebut tapi tetap dalam format .scr, ketika di recovery pun file tersebut tetap berformat .scr dan hanya berkapasitas 1b…
    yang ingin saya tanyakan:
    1.apakah file2 saya masih ada di dalam FD, jika “YA”, bagaimana cara membukanya?…..(saya udah mulai panik nih mass..)
    2. apakah file yang terdelete itu bisa dikembalikan? karena dari recovery file, semuanya hanya berkapasitas 1b dan berformat .scr?..(tambah Panik nih mas…)
    3. di vault nya AVG, folders n files saya yang terdelete tersebut bisa saya lihat
    3.APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN MAS….TOLONG SAYA !!!
    terima kasih atas perhatian dan bantuannya

    wass. wr.wb

  9. @radite
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    1. Untuk menampilkan file yang mungkin disembunyikan virus, bisa dibaca langkah-nya di artikel berikut :
    http://ebsoft.web.id/wp-admin/post.php?action=edit&post=81

    2. Software restore my files diatas hanya untuk mengembalikan doc yang terinfeksi virus dan tidak ada jaminan untuk virus-virus baru..

    3. Coba dicari di internet informasi mengenai nama virus yang menginfeksi tersebut, biasanya ada penjelasan/solusinya.

  10. gini mas TA saya kena virus pas di scan langsung terdelet(terhapus) semua.ada cara mas untuk mengembalikan file tersebut.mnta tolong mas
    terimah kasih banyak

  11. mas, aku mau tanya…

    komputerku kna virus, file wordnya berubah jadi exe yang besarnya 68 kb. komputernya uda di install ulang. setelah install ulang beberapa saat kemudian “search” windowsnya ilang. apa komputer tadi masi virusan dan gimana cara menghancurkan virusnya? thanks..

  12. assalamualaikum

    mas, aku mau tanya…

    komputerku kna virus, file wordnya berubah jadi exe yang besarnya 68 kb. komputernya uda di install ulang. setelah install ulang beberapa saat kemudian “search” windowsnya ilang. apa komputer tadi masi virusan dan gimana cara menghancurkan virusnya? thanks..

  13. @budi
    Iya jika sehabis di install ulang search-nya hilang bisa saja masih terkena virus.. coba di periksa apa saja yang berjalan bersama windows…
    Cara terbaik adalah dangan scan melalui komputer lain atau jika tidak bisa dengan LiveCD (bootable CD)

  14. Ass. Wr wb mas sy mau nany tentang instal windows via flash disk sy pk aplikasi pe2usb tea he8 bwt mskin ke flash diskny, alhamdulillah brhasil tp ketika brhasil booting ada tampilan file/minint/system32/biosinfo.Inf can’t loaded eror code 14 pres any key 2 cntnue akhrny gagal trus instalny, mas pny solusiny? Tlg ya.

  15. @Balqis
    wa’alaikumsalaam warahamtullah wabarokatuh ( mungkin akan lebih baik salamnya tidak disingkat.. ya kan)

    saya sendiri belum pernah mencoba dan mengalami hal seperti itu, jadi belum bisa banyak membantu. COba di cek saja apa isi file biosinfo.inf tersebut

  16. kalau file doc dan exe yang terinfeksi dan ada di flasdish gimana cara menyelamatkan karena kalau disacan langsung delete dan hilang gimana cara mengembalikan daru flas dish yang terdelete

  17. @halim
    coba gunakan antivirus lokal, dan perlu diperhatikan bahwa tidak semua file doc yang terinfeksi bisa diselamatkan

  18. Ass.
    Saya ada info sedikit nih!
    Buat Mas2 yang Files yang terkena Virus lalu di scan antivirus jadi Filesnya hilang. Coba pada komputernya dibuka Folder Option > View > Show Hidden Files > Hide Extensions > Hide Protected. Entar bakalan terlihat Files yang Hidden dan Files tersebut di Open so SaveAs lagi supaya normal kembali. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Kalau ada info lain kasi infonya sama saya ya.!!
    bye 10x

  19. @Rotua
    wa’alaikumsalaam (sebaiknya salamnya tidak disingkat… )
    Terimakasih atas masukannya, meski cara itu kadang tidak berhasil..

  20. ass.wr.wb
    Ilmu yang sangat bermanfaat, thanks ya….materi tentang jaringan semoga segera dimuat…sekali lagi saya sangat beruntung bisa mendapatkan ilmu hari ini…wss.wr.wb

  21. Saya udh coba restorenya, bagus banget hehehe, tapi masih ada yang ga kena restore itu gimana ya? kayanya sich yang ada passwordnya ga kena restore dech?

  22. Mau tanya gmn ya? yg file terpassword ada yg terecover, tp ada juga yg ngga? Tp ada file .xls yg ga terecover malah nongolnya kaya gini(Lap Gudang T-SEL 2009.xls~RF678f0c). Gmn ya? pa ini file dari virus vault?

  23. @deddy
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    sama-sama mas..

    @Suharjobong
    iya kalau di password belum ditambahkan, di restore manual saja.. pernah saya bahas cara manual
    Kalu file xls saya kurang tahu, mungkin juga seperti itu

  24. gmn nih untuk file word yg kena virus scan, dibuka aplikasi word tp mouse gak jalan klik kiri maupun klik kanan mati,akhirnya pake tab doang

  25. menurut aye sebenarnya g hilang karena scanning dokumen yang kena virus pakai avg or dll. coba deh run->cmd->attrib /? -> enter -> attrib -s -h *.* /S /D -> enter deh..lalu refresh di tempat scanning…coba ajjjj

  26. Ada software yang bisa ngembaliin file jpg yang sudah berubah jadi exe karena virus ga? tolong neh file foto2 penting saya jadi exe semua, kalo direstore dan dibuka sm antivirusnya kedetect sebagai virus lagi..

Comments are closed.