52

Memperbaiki kerusakan Windows dengan Windows Repair

Ketika Windows XP, 2003, Vista, 2008 atau 7 mengalami masalah, kadang tidak mudah untuk mengatasinya. Baik permasalahan ini timbul akibat virus (malware), konflik aplikasi atau sebab lainnya. Tetapi, ada aplikasi kecil, gratis dan portable yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu Windows Repair (All ini One).

Sebelumnya saya juga pernah mengulas software portable & gratis dari tweaking.com : Simple Performance Boost, untuk meningkatkan performa (kecepatan) Komputer. Kini kita akan sedikit mengulas software bermanfaat lainnya untuk memperbaiki kerusakan windows, yaitu Tweaking.com Windows Repair (All in One).

Tweaking.com Windows Repair merupakan software yang didesign untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam Windows, baik Windows XP, 2003, Vista, 2008 dan 7. Disediakan 4 langkah penjelasan serta rekomendasi sebelum kita melalukan perbaikan (repair windows). Berikut penjelasan masing-masing langkah yang disediakan :

  1. Langkah 1 Disini dijelaskan sebelum melakukan repair windows, harus dipastikan bahwa komputer sudah bebas virus (malware). Karena jika komputer masih terinfeksi virus, proses repair kemungkinan besar tidak akan berhasil, malah bisa lebih buruk. Untuk memastikan komputer bersih, direkomendasikan 3 program :
    • Malwarebytes (scanner gratis untuk malware/virus)
    • TDDS Rootkit Remover
    • Microsoft Security Essentials (Antivirus gratis dari Microsoft)

  2. Langkah 2 Langkah Opsional (bisa dilakukan atau tidak, tetapi jika ada masalah dengan permission file sangat disarankan untuk melakukannya), yaitu mengecek File Sistem Windows dari Error. Langkah ini akan melakukan Cek Disk (ChkDsk) dan akan dilakukan setelah komputer restart terlebih dahulu. Klik saja tombol “Do it” di Step 2 jika ingin mengecek disk.
  3. Langkah 3 Langkah Opsional (bisa dilakukan atau tidak), yaitu melakukan pengecekan file-file sistem windows akan kemungkinan ada yang rusak, error atau versinya tidak sama. Langkah ini kadang bisa mengetasi berbagai masalah windows.

    System File Check akan melakukan scan file-file windows dan membandingkan dengan file asli (original). Untuk Windows XP dan 2003, diperlukan CD Master Windowsnya, sedangkan untuk windows Vista, Windows 7 dan yg lebih baru tidak memerlukan CD/DVD.
  4. Langkah 4 Langkah Pilihan (opsional), yaitu System Restore, baik membuat system restore baru (Create) atau membuka sistem yang sudah tersimpan dengan klik “Restore”
  5. Start repairs Menu utama untuk melakukan perbaikan windows. Pembahasan lebih lengkap di bagian bawah.

Lebih Details dengan Proses Repair

Ketika kita sudah memahami atau melakukan langkah yang dirasa penting dari langkah 1 sampai langkah 4, maka langkah terakhir adalah melakukan perbaikan (dari tab Start Repairs). Disini kita diberikan 3 pilihan : Basic Mode, Advanced Mode dan Custom Mode. Ketika di pilih salah satu menu tersebut kemudian di klik tombol “start”, akan muncul window yang menampilkan langkah apa yang akan dilakukan (kita juga bisa memilih atau tidak secara manual).

Berikut penjelasan lebih detail apa yang dilakukan dan dimana diperlukannya :

  • Reset Registry Permissions: Mengembalikan masalah perijinan Registry ke keadaan semula. Dilakukan jika terjadi masalah seperti gagal menginstall software, windows update gagal, registry tidak dapat diakses dan lainnya. Proses ini dapat memerlukan waktu yang agak lama, tergantung jumlah registry dan CPU
  • Reset File Permissions, langkah ini akan mengembalikan masalah perijinan file dengan memberikan hak akses sepenuhnya di drive C bagi administrator, system dan pengguna yang terdaftar. Dilakukan jika terjadi masalah seperti: tidak bisa menginstall aplikasi, update, program error, services tidak jalan dan lainnya
  • Register System Files, akan mendaftarkan (register) berbagai file DLL dan OCX yang ada di folder system32 serta SysWOW64. Ini dilakukan jika ada masalah dalam hal mendaftarkan file-file di folder windows sistem.
  • Repair WMI, memperbaiki masalah Windows Management Instrumentation (WMI) yang digunakan oleh berbagai aplikasi lain seperti misalnya Windows Firewall dan Windows Action Center
  • Repair Windows Firewall, untuk memperbaiki windows firewaall yang bermanfaat untuk mencegah koneksi dari luar ke komputer tanpa sepengetahuan kita
  • Repair Internet Explorer, untuk memperbaiki IE yang error jika masih menggunakan browser ini
  • Repair MDAC & MS Jet, untuk memperbaiki jika program atau aplikasi database yang memerlukan MDAC dan MS JEt bermasalah.
  • Repair Hosts File, memperbaiki hosts file yang kadang di ubah atau di edit oleh virus(malware).
  • Remove Policies Set By Infections, mengembalikan berbagai setting ke awal, seperti Task Manager yang tidak bisa dijalankan, tampilan desktop hilang, exe tidak jalan dan lainnya. COcok untuk memperbaiki setelah komputer terinfeksi virus
  • Repair Icons, jika tampilan icon tidak benar atau hanya blank atau putih saja, pilih perbaikan ini.
  • Repair Winsock & DNS Cache, untuk memperbaiki masalah koneksi atau jaringan yang rusak. Seperti misalnya kita tidak bisa terkoneksi jaringan atau internet padahal sebelumnya tidak ada masalah
  • Remove Temp Files, lebih ke arah pembersihan windows dengan menghapus file-file sementara yang tidak dipakai lagi (file temporary), kadang virus juga berada di lokasi ini
  • Repair Proxy Settings, Memperbaiki masalah proxy (proxy akan dimatikan), seperti misalnya kita tidak bisa terkoneksi ke website tertentu
  • Unhide Non System Files, akan menampilkan file-file windows yang disembunyikan oleh virus/malware yang seharusnya bukan file sistem.
  • Repair Windows Update, untuk memperbaiki jika windows update tidak bisa berjalan semestinya

Jika sudah memilih opsi-opsi yang akan dilakukan perbaikan (repair), selanjutnya kita tinggal klik tombol “Start” dan tunggu proses berlangsung.

Download Windows Repair (all in One) ( 595 KB)

ebta

52 Comments

  1. wah mas ebta,memang gak salah kalau ebsift mesti di Ctr-d, software nya pasti update, dan bermutu.Makasih mas, buat koleksi sama senjata sebelum komputer mesti di instal ulang..

  2. jazaakallaahu khairan mas ebta.. tp omg2 mas Ebta ke mana ya kok jarang reply komentar sekarang?
    ana sekarang aktif di web baru ana mas, mampir ya…
    http://sahab.web.id

  3. Tanya Mas Ebta, saya pernah repair windows Xp langsung dari CDnya. Setelah direpair, banyak aplikasi yang tidak bisa dijalankan, katanya serial number is missing. Waktu itu terpaksa install ulang berbagai program. Yang ini bagaimana? Apa aplikasi yang telah terinstal masih mana?
    Thx

  4. @dfajry: tak usah di-bookmark, daftarin aja email di kotak masukan yang ada di kanan atas, setiap ada berita terbaru dari mas ebta, pasti kita tahu asal rajin buka email (dg menggunakan webmail notifier di browser “si rubah api”

  5. Sekali waktu boleh tuh Ebsoft (Mas Ebta) mereview HIREN BCD. Cuma emng ukurannya gede dan aplikasinya bejibun. Tapi bisa di pilih (diulas) yg penting2 aja. Yg paling enak ada WinXP mininya. Sgt bermanfaat kalo dah gak bisa masuk windows.

  6. ebsoft makin ajib aja neey infonya…
    mantabbb….seeeeeeeppp….

  7. Pingback: Beberapa Tips Komputer « dimasnaghsoyus
  8. mas, kok notebookku gk bisa melakukan backup ya? tiap aku coba backup, nama destination backupnya kok gk muncul,harusnya kan drive c atau d gitu klo gk salah. tp pada notebookku gak muncul? dan klo tak liat pd disk management Status drive c nya tulisannya gini : healthy(Boot, Page File, Crash Dump, Logical drive)dan pada drive D nya : Healthy(System, Active, Primary Partition)begitu mas.. mohon pencerahan…

  9. Pingback: BEBERAPA TIPS KOMPI « jasonjoseph13th
  10. Kapan2 boleh tuh EBSOFT mereview / membahas HIREN BCD. Walaupun berisi bejibun aplikasi, tapi bisa dipilih yg penting2 aja..diantarnya mini windows XP yg sangat bermanfaat bila kita ingin membackup data di kompie sdh tidak bisa lagi masuk ke windows

  11. mas, kalo windows 7 saya gak bisa di hibernate ato sleep, jd pas “dibangunin” langsung ngrestart, bisa gak pake SW ini? ato ad solusi lain? thanks before….

  12. WMS Idle muncul pada proses trun of itu apakah termasuk kerusakan kerusakan windows juga? apa bisa diperbaiki dengan windows repair?

  13. Master2 sekalin…gimana Ini Saya Ga Bisa Pakai CMD.exe Eror….Gimana Solusinya..apa g bisa di repair…..

  14. memang kata yang pantas untub ebta ” luar biasa dan terima kasih” untuk semua update software dan informasi yang joszz buanget. kutunggu yang lebih dahsyat lagi mas ebta !!! salam

  15. Terima kasih mas atas info repairnya
    Kalo sempat mampir ya di blogku

  16. @rey
    kalau ingin yang instan dan tidak perlu tahu step-stepnya mungkin memang menggunakan advanced system care saja..

    @Galuh
    Betul…

    @nizaar
    waiyyakum, iya kadang belum sempat nanggapi komentar2 yang masuk di artikel..

    @Mizani
    kemungkinan dalam repair registry windows di ganti dengan registry original, sehingga berbagai setting program yang disimpan di registry tidak ada lagi, jadi harus install ulang program2 yang ada..

    @joel
    tidak bisa
    karena program ini berbasis windows, jadi harus dijalankan melalui windows
    kalau tidak bisa booting, gunakan live CD

    @Krd
    Inginnya begitu,
    hanya saja masih ragu dengan legalitas software tersebut, karena menyertakan mini XP didalamnya..
    khawatirnya nanti ebsoft malah dipermasalahkan dengan hal itu

    @dies
    backup menggunakan apa ya (termasuk menggunakan windows apa)?
    apa bawaan windows

    @wisnu
    hibernatenya jalan, tetapi ketika di bangunkan bermasalah ya ?
    coba periksa hardisk dan RAm-nya…

    @dhidhi
    bisa dicoba tips di artikel ini
    http://www.troublefixers.com/end-program-wms-idle-message-on-windows-shutdown/

    @suakcot
    silahkan lihat langsung di websitenya, bagian bawah..
    karena tidak bisa di link langsung ke aplikasinya..

    @surya
    sudah mencoba aplikasi diatas belum ?
    terutama cek Repair Hosts File dan Remove Policies Set By Infections

  17. master….
    saya gx bisa akses localdish d wah…
    entah masala ap…
    di situ tulis error…

  18. Apa Bisa Memperbaiki cmd.exe error (0xc0000142)????
    Mohon Solusi..Trimaasih

  19. Om Ebta Setyawan and friends… mohon informasinya donk, kemana saya sebagai fans berat website ini bisa mengirim pertanyaan/komentar/usulan ? Terima kasih banyak om atas informasinya.

  20. Semua Sangat Berguna untuk pemula maupun yg sudah Mahir.. terima kasih atas informasinya…

  21. Mas ebta saya mau complain karena stelah saya terapkan software tweaking ini di laptop saya (toshiba, windows XP), stelah restart, tiba2 saya jadi ga bisa masuk lagi karena tiba2 windows minta password.saya merasa ga pernah setel password, jd saya ga tau passwordnya.saya coba username pakai administrator juga ga bisa.masuk via safe mode juga ga bisa.gimana dong mas?

  22. #43 dhiyu
    mohon maaf baru menanggapi komentarnya
    Untuk melewati password gunakan software semisal Kon-Boot
    Soalnya saya coba lihat di forum software ini belum menemukan permasalahan seperti itu

  23. makasih om infonya, banyak juga software untuk ini jadi bingung pilih yang mana…

  24. hemmm…menarik banget infoya mas ebta….salam kenal dari saya mas!!! ajibbbb

  25. mas ebta,ada software photoshop cs5 gratis gak??? yang portable..??

  26. salam mas ebta. knapa ya akhir2 ini sering muncul command prompt di laptop saya tiba2..? sering sekali sekitar 2 sampai 3 menit sekali dengan waktu yang sangat singkat. ada apa kira2..? awalnya saya mengira karena virus. sampai saya coba software ini karena takut sebab fake anti virus juga. tapi tetap seperti itu. anti virus saya tidak mendeteksi adanya virus mas. mohon pencerahannya mas. terimakasih.

Comments are closed.