27

Monitor Penggunaan Bandwidth Internet dengan NetMeter

Ketika kita bekerja dengan koneksi internet dan perhitungan biaya internet tergantung pada penggunaan bandwidth internet ( jumlah Download dan Upload), maka software untuk memonitor bandwidth internet merupakan kebutuhan yang cukup penting. Ada begitu banyak software gratis untuk memonitor penggunaan internet ini, salah satu yang terbaik adalah NetMeter.

Software semacam ini tidak hanya diperlukan oleh pengguna internet dengan perhitungan berdasarkan quota, tetapi kita kadang juga ingin tahu berapa kecepatan internet saat kita gunakan. Hal semacam ini pun bisa kita dapatkan di NetMeter. Beberapa software monitoring sebenarnya sudah saya coba, tetapi sampai akhirnya saya memilih NetMeter, karena selain ringan, terdapat fitur-fitur yang menarik.

Beberapa Fitur NetMeter :

  • Monitor penggunaan bandwidth internet secara real time
  • Menampilkan informasi dalam bentuk grafik dan atau text
  • Informasi tampil di tampilan window paling atas dan ukurannya dapat diatur dengan mudah (resize)
  • Program yang kecil sehingga tidak memberatkan komputer
  • Bisa mengatur tampilan, font dan warna NetMeter
  • Menyimpan statistik informasi penggunaan internet harian, mingguan, bulanan dan total
  • Bisa diatur agar memberikan peringatan jika bandwidth harian, mingguan atau bulanan melebihi quota tertentu

Penggunaan NetMeter sangat mudah, hampir tidak perlu konfigurasi, tinggal install dan jalankan. Tampilan statistik bisa disesuaikan (resize), apakah akan menampikan grafik atau hanya text saja. Jika warna tidak sesuai, klik kanan IconTray dan pilih Options. Banyak hal yang bisa diatur melalui Options ini, termasuk pesan notifikasi, tampilan bytes dalam KiloBytes (KB) atau KiB (KibiBytes), 1 KB = 1024 bytes dan 1 KiB = 1000 bytes.

Jika kita ingin tahu Statistik penggunaan bandwidth internet sampai saat ini, harian, mingguan atau bulanan, tinggal klik kanan NetMeter dan pilih Total. Statistik Informasi harian ini juga bisa di simpan (export) melalui tombol Export.

Kelebihan lain selain gratis, juga tersedia source kode-nya, sehingga bagi anda programmer (Delphi), bisa mengembangkan sendiri software ini (program ini dibuat dengan Turbo Delphi Explorer 2006, yang dulu pernah di distribuskan secara gratis). Software yang hanya berukuran sekitar 590 KB ini dapat berjalan di semua platform Windows, dan dapat didownload dari halaman Download NetMeter, termasuk source kodenya. Alternatif download juga bisa didapatkan di Softpedia.

ebta

27 Comments

  1. siip dah, kebetulan ak pake koneksi time based, boleh dicoba tuh, buat pendamping acm 🙂

  2. mas … ternyata banyak ilmu yang tidak aku tahu dan … bener-bener bikin aku bingung … dan aku musti belajar …
    trims segala informasinya

  3. thanks mas, sip lah….nanti mau di tes..

    cuma bagaimana dengan komputer yang internetnya di pake secara LAN ?, ada 4 komputer.. apa harus di install juga program netmeternya disetiap komputer, terus hasil total bandwidht pemakaian perbulan disetiap komputer di total semua ?

  4. I dah pake NetMeter dari tahun lalu. Waktu itu dapet kuota 2GB internetan gratis perbulan, jadi bisa diperiksa dah sampai mana penggunaan kouta realtimenya..

  5. Trima kasih infonya. Tolong share juga dong cara menghemat bandwidth internet semacam squid sekalian cara pakainya.

  6. kalau internetnya menggunakan paket unlimeted sepertinya ga perlu gunakan ini yah
    my blog duniakita

  7. assalamualaikum mas ebta,
    saya sudah gunakan download dan langsung saya pasang. semoga banyak manfaat, terima kasih, jazakallah.
    wassalamualaikum

  8. makasihya atas infonya n sangat bermanfaat sekali n sekalian numpang share

  9. software nya ga aman nih mas…merusak computer saya..tanks..cari yang bener-bener aman mas.

  10. Mas Ebta, kalau internetnya sudah connect, lalu tampilan grafiknya tidak keluar, DL:0 Kb/s UL:0 Kb/s, padahal sudah mengetikkan alamat web di web browser (dilanjutkan dgn menekan Enter tentunya…) , apa bisa disimpulkan koneksi internetnya saat itu buruk/jelek? Kebetulan saya memakai modem 3G-CDMA dengan paket internet unlimited. Kalau bisa disimpulkan koneksi internetnya buruk, kan saya bisa klaim (memberikan informasi) ke operator yang bersangkutan.

    terima kasih sebelumnya 🙂

  11. @tohir
    jika akses dari satu komputer kemudian dibagi ke 4, maka cukup satu. Tetapi jika masng-masing langsung akses melalui Switch/Hub, maka memang harus per komputer.

    @DP Budi S
    pastikan pengaturan di tab General dan “Network Interface to monitor” sudah benar. atau coba-coba pilih salah satu dan lihat apakah trafiknya terlihat..
    jika internet jalan tetapi DL dan UL masih 0, kemungkinan salah memilih Interface tersebut..

  12. waah aplikasi mantaap.
    baru tau bisa ngecek” bandwidth ….
    ijin coba dlu yaa..

    thx mas ebtaa 🙂

Comments are closed.