81

Safe Mode, Manfaat dan Penggunaannya

Safe Mode

Bagi sebagian besar kita ( pengguna komputer) mungkin tidak asing lagi dengan istilah Safe Mode. Fitur ini di sediakan di sistem operasi Windows, untuk berbagai tujuan. Misalnya untuk memeriksa atau memperbaiki kerusakan pada sistem windows, menghapus virus, memeriksa kerusakan driver dan lainnya.

Bagaimana mengaktifkan Safe Mode dan apa saja yang dapat dimanfaatkan ketika kita sudah masuk Safe Mode ?

Apa itu Safe Mode ?

Safe mode merupakan opsi pilihan start up windows yang fungsi utamanya menangani jika ada masalah dengan sistem. Windows akan berjalan dengan kondisi minimal, hanya file-file dan driver yang penting saja yang di aktifkan, termasuk juga software-software tambahan sebagian besar tidak diaktifkan. Kemudian ketika sudah masuk safe mode, maka akan tampak tulisan “Safe Mode” di pojok atas windows.

safe-mode-warning

Cara Masuk ke Safe Mode

Salah satu cara yang dapat digunakan di hampir semua sistem windows termasuk windows Vista adalah dengan menekan tombol F8 ketika windows sedang booting ( atau ketika komputer mulai menyala dan tampil informasi Memory / hardware ). Setelah itu akan tampil beberapa menu pilihan booting komputer, seperti berikut :

safe-mode

Beberapa penjelasan dari Advande Options Menu

Selain menu untuk memilih Safe mode, ada berbagai menu lainnya yang bisa dipilih. Berikut beberapa penjelasan menu-menu tersebut :

  • Safe Mode, opsi ini berarti windows akan berjalan hanya menggunakan minimal file dan driver termasuk juga software-softwarenya.
  • Safe Mode with Networking, opsi ini seperti safe mode ditambah dengan driver sehingga kita bisa memanfaatkan Jaringan ( Networking)
  • Safe Mode with Command Prompt, sama seperti safe mode hanya saja program Command Prompt / MS-DOS Prompt ( cmd.exe) akan langsung aktif ( bukannya explorer)
  • Enable Boot Logging, windows akan membuat file Ntbtlog.txt, ketika start up dan informasi start up tersebut akan disimpan di file tersebut. File ini biasanya disimpan di sistem root, misalnya drive C:
  • Enable VGA Mode. Windows akan berjalan dengan tampilan mode minimal misalnya 640×480 atau 800×600. Biasa digunakan untuk memeriksa kerusakan atau error [driver] VGA (tampilan grafik windows).
  • Last Known Good Configuration, menjalankan windows menggunakan informasi registry yang telah disimpan ketika terakhir shutdown. Gunakan jika kita salah mengubah konfigurasi sistem, atau ketika windows gagal masuk ke tampilan utama.

Beberapa manfaat Safe Mode

  • Uninstall software yang sebelumnya menyebabkan komputer hang, error dan sebagainya. Kadang setelah di install program tertentu windows bermasalah, maka jika tidak bisa di uninstall melalui mode biasa gunakan Safe Mode.
  • Menonaktifkan aplikasi atau program tertentu. Untuk memudahkan setelah masuk ke Safe Mode, bisa menggunakan aplikasi Autoruns yang bisa diperoleh gratis dari SysInternals. Teknik ini juga bisa dimanfaatkan untuk memeriksa loading komputer yang lambat. Jika tidak ada Autoruns, bisa mengetikkan MSCONFIG di menu Run, untuk menjalankan Sistem Configuration Utility, jika sudah tampil dipilih melalui tab Startup.
  • Memeriksa permasalahan dengan tampilan grafik windows (VGA). Ketika tampilan windows bermasalah, bisa di cek dengan memilih “Enable VGA Mode”, jika berhasil dan tidak melihat masalah, kemungkinan masalah di driver VGA.
  • Menghapus file/virus yang tidak bisa melalui mode biasa. Sebagian antivirus masih bisa dijalankan di safe mode, dan bisa dicoba scan melalui safe mode. Kadang virus tidak berjalan di safe mode, meski banyak juga yg bisa berjalan/atif meski di Safe Mode.
  • Menjalankan System Restore jika sebelumnya diaktifkan, sehingga kondisi sistem bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya.
  • Menjalankan berbagai fitur dari Control Panel, Administrative tools dan sebagainya.
  • Membuka Registry Editor, baik untuk memeriksa maupun untuk mengedit sebagian isinya.

Safe Mode merupakan fitur standard Windows dan terkadang cukup bermanfaat untuk beberapa masalah seperti diatas, walaupun terkadang seperi virus juga bisa aktif didalam mode ini, sehingga menggunakan safe mode saja tidak cukup. ( ebsoft.web.id)

ebta

81 Comments

  1. assalam mualaikum,,
    komputer dikantor sya terinfeksi virus,, instal program AV ga bisa, buka Task Mnjer ga bisa, trakhir sya coba buka Safe Mode, tpi jga ga bisa, tlong donk mas gimna spaya firus nya musnah, langkah2 apa sja yg harus sya lakukan ??????
    sya sngat mngharapkan jwabannya mas, tanks ya mas ??????

  2. Mas, antivirus apa saja yang bisa menghapus virus di safe mode ?

  3. Bagus juga buat menambah pengetahuan…
    soalnya ku jarang sekali tuk masuk ke safe mode…
    tanks…

  4. thanks banget bro atas informasi ini…ternyata banyak banget kegunaan dari safe mode ya…gue aja mulai dulu engga pernah pake tuh safe mode, karena gak tahu kegunaannya.

  5. @mas ebta
    makasih mas infonya

    @hendri
    coba scan dl pk antivirus lokal yg portable (ndk perlu install) misal pcmav, smadav atau ansav

  6. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Bahasan yang lagi dicari, Mas Ebta sdr gnti CPU sblmnya OS nya dah d backup Ghost,tp wktu sy restore dri image ghost tsb windows g jln (Blue Screen) atw Bluescreen trs Restart gtu aja blak balik,ktnya itu krn image ghost berbeda sama hardware yg baru nach mnrt info bs dperbaiki Via “safemode” dgn menghlngkan driver VGA, dah sy cob msh ttp, mgkn Mas bs bantu kash pencerahan dgn mslh ini via safemode tsb

  7. Yah gw Tlat lg Deh kasih Comenty.Emang susah yah Ngedudukin Coment No 1.Ebsoft Terbukti Emang paling banyak pengunjungnya.Sukses

    Djahe-kunyit.blogspot.com

  8. mas aq kok gak bisa masuk safe mode ya. setiap pilih safe mode komputerq selalu restart dan mengulang terus. begitu juga jika q pilih Last Known Good Configuration, bisa jelaskan kenapa?

  9. hai..hai…
    mas mo tanya nich…
    komp q g bisa di Safe Mode…
    dah q coba berkali-kali…
    gmn caranya supaya bisa di buat Safe Mode pada bootingnya…???

  10. mas,da virus/spyware br nih, nyebarnya lwt jaringan windows. skarang kantor bnyak yg kena, cm br dikit yg mrasakan efeknya. hmpir ditiap2 share docs kompi da file hlatgk.exe n di folder c:. Gk tau ni virus pa sjenis worm. selain itu di folder my doc da file2 aneh sperti : mlevsfdk.exe, jlpooc.exe, pisfcny.exe, sgslrvrs.exe. Di kompiku dah teratasi pke NOD32 dg strict clean. Cm dikompi2 lain kantor,sbagian bsar pke symantec, ssuai standar kantor emng hrus pke tu AV.
    Udah da yg kena efeknya, mgkin dah parah, kompi setelah start up restart, klo pun bs masuk, setelah jalanin file2, langsung restart.
    Mungkin da info wat bersihin ni virus/worm n mmperbaiki windows-nya?? makasih b4.

  11. Assalaamualaika ya ahlal syurga, kang ebta beberapa Komputer di kantor inna yang inna instal pake XP SP2 ko ga bisa safe mode (F8) hanya keluar tampilan dos lalu kemudian restart terus apakah ada kaitannya dengan system volume information yang di turn off makasih kang ebta ( kritik : kang ebta kalo ngasih jawaban ke inna terlalu singkat ) 🙂

  12. mas aku mu tanya soal mainboard neh!!
    klo Mainboard yang onboard bedanya sama ga onboard pengaruhnya apa klo dipasang vga external??mohon bantuanya ya mas..
    klo bisa,,tlg jelasin dampaknya apa aja??trims

  13. kalau safe mode saya sering menggunakan untuk internetan gratis di warnet (maksudnya mbobol)

  14. Alhamdulilah saya tambah lagi ilmunya tentang komputer makasih ya mas infonya .thanks

  15. terima kasih baget mas untuk info yang mas kirim ke email saya,ilmu komputer saya jadi bertambah.
    tolong, jangan bosan-bosan ya mas untuk tetap kirim informasi perkembangan komputer.

  16. Saya setuju kalimat terakhir

    Safe Mode merupakan fitur standard Windows dan terkadang cukup bermanfaat untuk beberapa masalah seperti diatas, walaupun terkadang seperi virus juga bisa aktif didalam mode ini, sehingga menggunakan safe mode saja tidak cukup

  17. alaikum salam, trimakasih banyak informasi yg saya spt dr safe mode yg baru saya tahu,waalaikum salam,

  18. @hendri
    wa’alaikumsalaam
    jika sudah seperti itu biasanya saya menggunakan recovery CD ( Antvirus bootable CD) atau scan hardisk di komputer lain

    @Andika
    Avira bisa, kalau yg lain saya belum tahu

    @infini3 @skr @blogngeblog @valen
    sama-sama

    @najmi
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Iya jika hardware berbeda, file image memang kemungkinan tidak akan berjalan.. jika lewat safe mode juga tidak berhasil, kemungkinan memang tidak bisa

    @rudy
    sama-sama

    @Djahe
    Terimakasih.. btw kok namanya djahe-kunyit.. hehe

    @yuda @bonifacius
    Coba Installasi windowsnya di repair, dengan CD Windows…
    Atau jika bisa masuk windows coba gunakan CD windows dan ketikkan SFC /SCANNOW di menu Run

    @bny
    Mungkin melalui NOD32 bisa periksa jenis virusnya, lalu di cari informasi tentang virus tersebut

    @innaazzahra
    wa’alaikumsalaam
    harusnya itu tidak berpengaruh..
    terimakasih kritiknya, memang jika bisa singkat saya jawab singkat, karena harus menanggapi puluhan bahkan bisa sampai ratusan komentar..

    btw “ahlal syurga”-nya dihilangkan saja ya, sepertinya kurang bagus..

    Sekarang sudah panjang sepertinya

    @Henry
    sama-sama..

    @gha
    pengaruh ke kinerja setahu saya tidak ada, hanya RAM yg sebelumnya dipakai vga onboard akan menjadi RAM komputer penuh..

    @Muhsin
    hehe… begtu ya..

    @Tyan
    sama-sama

    @Saskia
    Iya, jika sudah berlangganan dan tidak ada masalah informasi akan dikirim ke email, insyaAllah

    @ardi
    Jadi hanya kalimat itu yg setuju mas ardi ?? hehe

    @Abu Izza
    wa’alakumsalaam
    sama-sama akh..

  19. dari dulu gak pernah ngerti dan gak pernah tahu gimana caranya pake safe mode windows

  20. assalamualaikum mas ebta!
    ane mo nanya nich software yg mempercepat download seperti IDM, masdownloder, aresflashdownloader dan sejenis nya itu mana yang paling cepat proses download nya? makasih!!!

  21. askum..wr.wb,,,
    mas ebta,, cara menghapus virus pake safe mode gmna yach???
    soalnya … sekarang lagi pake” avast versi 4.8

    mohon pencerahannya…

    thanks ” sebelumnya….

    moga postingan mas ebta selalu .. bermanfaat bagi newbi ini.

  22. Assalammu’alaikum wr,wb…
    Mas,Sy ada sedikit trouble di slh satu PC di warnet sy…
    Stlh ada yg make PC tsb,slnjutnya saat di start sekitar 2 menit setelah log in tiba2 restart sendiri…
    Lalu Sy instal ulang,krn Sy branggapan mungkin kena virus…
    Utk 2 hr pertama aman2 aja,tiba2 mslah yg kmren itu mncul lagi,dia restart sendiri..
    gmn cara ngatasi nya Mas???
    Oya,anti virus yg bagus utk di warnet apa ya..???
    Sebelumnya makasih ya Mas…
    Wassalam

  23. @geacell
    jika ada dugaan virus yang sebabin restart, ya coba aja hardisknya discan pada pc yg antivirusnya terupdate. cek juga setingan bios & OSnya ada yang korup ga.. ternyata bersih,setingan biosnya bener&OSnya juga bagus, ya cek hardwarenya mungkin ada yang bermasalah.
    cek temperatur mobo&prosesor apakah terlalu panas ga, biasanya untuk setingan bios mobo tertentu panas 85

  24. @balita
    sama-sama
    semoga ketika sudah mengunjungi bisa meninggalkan komennya.. 🙂

    @ayahshiva
    setelah membaca diatas, apa juga masih belum tahu

    @Distara @dj’s
    sama-sama..

    @damrioboy
    wa’alaikumsalaam
    Iya ini mungki jadi PR saya untuk mengetest mana yag terbaik/tercepat, selama ini belum tahu mana yg tercepat..

    @chits
    sami-sami

    @indra
    wa’alaikumsalaam..
    seperti biasa, setelah masuk safe mode, jalankan antivirusnya. Tetapi ini tidak menjamin berhasil..

    @geacell
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    apakah sudah di scan dengan antivirus, mungkin terkena virus..
    antivirus bagus ? kaspersky, avira, nod32 atau yg lain asal update online juga aktif..

    @ryan
    berarti mungkin jarang ada masalah…

    @Imam Suharjo
    Ya mas, ketikasering install software dan hang kadang juga bermanfaat..

    @wildan
    wah ternyata sudah dijawan lengkap mas wildan..
    matur nuwun… 🙂

  25. mas.,.,.sya mw tnYa,.,cara biar pas booting ga mucul safe mode gmn ya?? mslhnya komptr sya pas booting mncl safe mode trs jd lambat booting nya.,

    Dtungggu JwbnYa,.,

    ThankZ,.,

  26. @Black12
    Jika booting langsung muncul safe mode, biasanya ada masalah dengan komputernya. Jadi sebaiknya ketika di safe mode diperiksa sistemnya

    @Gaizca
    sama-sama…

  27. sebelumnya selamat ebsoft.web.id masuk di peringkat 37 se nasional . . . selamat pak 🙂

    hehe..bagus banget infonya…

  28. Yup … info-info ebsoft memang top markotop.

    Makasih mas, udah membahas tentang safe mode.

  29. mas ada pertanyaan lg nieh.hiehehe..
    klo boleh tw knp mboard yg vganya onboard kok lbih kecil ukuranna di bdg ga onboard???matur nu’uun
    maav ya klo pertanyaan tdk sswai temanya,,

  30. @gha
    sepertinya tidak begitu deh, mungkin itu hanya sebagian saja. Onboard atau tidak biasanya tidak berpengaruh ke ukuran motherboard..

    @tonee
    sudah di jawab di artikel lainnya ( krn komentarnya sama.. )

  31. Untuk sharing masukan,Untuk komputer yang tidak bisa masuk safe mode,itu disebabkan oleh virus yang mendisable (menghapus ) registry windows. sebagai cara virus agar tidak bisa (sulit) untuk dihilangkan.Misalnya: virus sality dan virut.salah satu varian virus infektor yang halus dan cerdas 😛

  32. info nya bermanfaat banget, smoga bnr2 mjd ilmu yg bermanfaat shg pahala mengalir terus….btw gini mas komputer tmptku untuk buka windows explore kok ga bisa ya, jd ketika start klik kanan explore hny klr seperti jendela waktu klr tampilan awal stlh booting n balik lagi tampilan awal. dan yang kedua mas komputer pny temenku untuk searchnya ga bisa dibuka ketika diklik ga ada reaksi apa2 task manager jg ga fungsi alias ga bisa dibuka…untuk langkah awal smua udah saya scan dgn avira update terbaru tp masih ttp…klo masalah yang pertama mau saya scan pake flash disk ga bisa krn explorenya ga fungsi. makasih mas klo bisa di email ke saya

  33. @rockers
    hmm… sepertinya itu efek terkena virus, jika sudah bersih dari virus, mungkin bisa dicoba di repair windowsnya atau dengan software tweak mungkin bisa..

  34. mas direpair windowsnya caranya gimana…trus nanti program database di komputerku ilang ga mas? suwun

  35. MAS EBTA mw nanya….kalo folder option di windows gk bs jalan itu krn virus ato sistemnya yg error….thank

  36. om,mz,paklek mnt tlng ajarin cr instal ulang komputer dunk..please..q msh bru dlm dunia komputr jd mo bljr bnyk ttg kmptr..thanks sebelumnya….
    n ksh tau web tmt bljr kmptr dll yg brhub dgn kmptr thanks.. .

  37. Mas mau nanya..
    Saya kemarin habis uninstall SQL Server.. Tp uninstallna ga bersih.. Trus skrg saya pgn install ulang jd ga bersih..
    Gmn dunk carana bersihinna..??
    Tolong panduanna..
    Butuh banget neh.. Keburu dipake SQL Serverna..
    Makasi.. 🙂
    Oia kirim k email juga yah..

  38. @rockers
    silahkan melihat artikel terbaru saya tentang repair windows

    @kechux
    itu biasanya karena ulah virus saja

    @brekele
    wah ini penjelasannya panjang lebar dan perlu screenshot, jadi tidak bisa dijelaskan disini..

    @Ichsan
    iya, asal tetap menyertakan sumbernya..

    @Lusiana
    Tentang SQL server saya belum tahu, karena memang hampir tidak pernah memakainya..

  39. Ass. Saya punya problem dengan laptop saya… Merk toshiba system windows vista. Ketika saya sedang scan anti virus, jari saya tertekan tombol fn dan seketika blue screen…setelah saya matikan dan restart muncul label toshiba seperti biasa tapi tidak berlanjut walaupun sudah ditunggu sampe 1 jam. saya coba restart lagi & tekan F8 untuk ke safe mode, F5 juga tapi sami mawon..tidak mau (ngambek). Saya pilih alternatif install ulang dengan driver asli (sudah seting ke boot drive)juga tidak ada reaksi..hanya kedap kedip sebentar…berhenti. Nach teman-teman/ pakar-pakar yg baik bisa ga’ kasih solusi..kira2 apa ya…? Tk atas bantuannya, wass.

  40. mas,,, tlong dong,, gmn cranya normalin tampilan komputer,, saya,,?.

    soalnya,,, klo saya mau masuk normal mode,, selalu gagal,,,

    dan ngerestart sendiri,,,

    mohon,, bantuan nya mas,,,

    terima,,, kasih,,,

  41. @alx
    wa’alaikumsalaam ( masukan… salamnya agar tidak disingkat 🙂 )
    memang agak anek, hanya dengan tombol fn bisa berakibat seperti itu ya ?..
    saya sendiri kurang tahu..

    @agus
    biasanya itu terkena virus ( meski bisa juga masalah lain seperti hardware). Coba scan dengan bootable CD atau melepas hardisk kemudian discan di komputer lain..

  42. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
    mo minta tolong nih mas
    bisa cariin alamat untuk mendownload vga enggak!!! yang free..
    klu bisa/klu mau… sebutin aja apa syarat2nya oke…..

  43. assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu

    aku mau minta tolong banget nih mas!!!
    tolong cariin alamat untuk mendownload vga…..
    klu mas mau nanti saya kirimkan tipenya…..
    soalnya saya udah cari tapi engga ada yang cocok mas…..
    tolong banget yah…
    klu bisa yang free

  44. @pandi
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    untuk VGA harus jelas merk dan tipenya apa, karena ada puluhan merk dan ratusan tipe VGA yang lokasi downloadnya juga berbeda-beda

  45. Pingback: TEKHNISI KOMPUTER » Blog Archive » Hack Password Windows 7,Vista,XP,Ubuntu atau Fedora
  46. Makasih Yah Mas Atas Infonya…..

    Lam Knal Mas….

    Wassalam……

  47. komp gua masalah ada pada error ntbtlog.txt alisa corrup dan unreadable so gimana cara atasinnya apa gua hrs instal ulang ato ada cara lain?

  48. makasih banyak atas infonya, jadi banyak tahu nich.

  49. Assalamualaikum….wr…wb………
    mas saya punya masalah dengan laptop saya, windowsnya xp sp3. laptop saya hang gara2 saya memasang smadav setelah sebelumya saya memasang Deeppreeze. Ketika baru dihidupkanpun laptop saya hang. saya sebenarnya ingin menguninstal smadav atau deeppreze saya, tapi baru hidup beberapa detik saja laptop saya hang sehingga saya tidak bisa menguninstal smadav atau deeppreze secara normal. Yang jadi pertanyaan saya, bagaimana cara agar saya bisa menguninstal deeppreze lewat safemode. soalnya mau instal ulang laptoppun nggak bisa karena deeppreze masih aktif.

  50. ada g cara biar kita bisa dapet chip poker hold em yg ada di facebook secara cuma-cuma…

    tambah lagi biar kita bisa menang trz…

  51. Pingback: Hack Password Windows 7, Vista, XP, Ubuntu atau Fedora « Pusat Hacking SE-Dunia
  52. ketika komputer dihidupkan muncul 4 pilihan yang 1 normal 2….3 safe mode 4…..tapi setelah ditekan angka 3 safe mode windows tidak muncul dan hanya keluar garis datar di pojok kiri atas…..gimana yach pemecahannya terima kasih sebelumnya…..

  53. wah artikel na bagus banget.
    besog lagi bahas tentang cara hilangin virus lewat safe mode dunk mas,,,,,

    thank

  54. bos wah gimana nih abis saya masuk safe mode pas rebooting malah kaga muncuk tampilan booting bios plus kaga bisa windows lagi monitor nyala tapi kok NO SIGNAL gitu trus PC nya sih tetap nyala gimana tuh bos tolong kasih tau yeeee…. itung itung amal bos…. dibales yah tar saya dimarahin sama bos saya dikantor berabe deh

  55. All ada yg bs ksh tahu gk. nih komputer kok kl buka folder atau apa kalu di minimize tiba2 ilang. di toolbarnya gkada. misalnya buka my coputer di toolbarna gk ada. ini ada virus atau apa sih. tolong dong kasih solusinya…

Comments are closed.