46

Saya yakin ilusi optik ini akan "menipu" mata anda

Sebagian besar kita mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya ilusi optik atau sering diistilahkan dengan tipuan mata. Mulai dari garis yang panjang dan pendek, bulatan-bulatan warna hitam, garis-garis lurus terpotong dan sebagainya. Kali ini mungkin ada ilusi yang tergolong baru [minimal bagi saya] yang saya yakin mata akan tertipu.

Lihat gambar berikut dengan seksama, menurut anda apakah warna kota A dan B sama? Ulangi dan periksa dengan benar apakah mata anda memberikan informasi yang benar atau tidak.

Jika mata anda melihat warna kotak A dan B sama, luar biasa.. mata super mungkin. Tetapi jika anda melihat atau meyakini bahwa warna kota A dan B berbeda, maka itu adalah sebuah kesalahan (dapat dikatakan mata kita tertipu). Warna kotak A dan B adalah sama, jika tidak percaya silahkan dicek dengan software, di cetak atau ditest dengan apa saja. Atau lebih mudahnya cek animasi gambar berikut:

Dari ilusi diatas, warna kotak A dan B terlihat berbeda, yang satu terlihat agak gelap dan satunya terang mendekati putih. Pada kenyataannya blok A dab B warnanya sama, tetapi otak mengubah asumsi warna ini karena interpretasi global dari gambar-gambar disampingnya. Termasuk juga warna kotak B tersebut sama dengan warna-warna abu-abu yang ada di luar bayangan benda, tidak hanya kotak A.

Ilusi tersebut terkenal dengan sebutan ilusi warna sama (same color illusion) yang ditemukan oleh Edward H.Adelson dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1995. Jadi sepertinya saya yang ketinggalan. Informasi lebih lengkap dan berbagai ilusi optik lain bisa dilihat di Wikipedia tentang Optical Illusion

(ebsoft via dottech.org)

ebta

46 Comments

  1. Makanya jangan suka sok yakin dengan mengatakan ‘BENER LHO, SAYA LIHAT DENGAN MATA KEPALA SENDIRI LHO !! 😀

    Btw Kalo yg beginian buat saksi di pengadilan repot dong ?! 🙂

  2. A & B berbeda, mata kita tidak salah… Karena mata menangkap pantulan cahaya dari obyek… Mungkin hanya gradasi warnanya saja yang sedikit berbeda karena mata kita punya keterbatasan, dimana ini tidak berarti mata kita salah…

    Coba di print saja nanti hasilnya gimana, kita akan tau benar ato salah…

  3. Bener banget.
    Saya sudah buktikan dengan color picker di Photoshop.
    Kotak A dan Kotak B punya nilai sama.
    RGB (120,120,120)
    CMYK (54,46,45,11)%
    HSB (0,0,47)%
    Lab (50,0,0)

  4. CMIIW. Gambar diatas secara Gambar Teknik adalah gambar Isometri bukan gambar perspektif. yang secara penggambaran menggunakan teknis ukuran yang sama.
    Mungkin bagi orang tertentu (yang melihat dari sudut pandang berbeda) masih bisa melihat kalau gambar diatas ukurannya sama.
    Dan saya setuju dengan mas Adip Kusworo, biasanya yang bisa menipu ukuran adalah warna.

  5. Sy sudah coba cetak gambar di atas, lalu saya coba gunting dan keluarkan kotak A & B, maka warnanya tiba2 saja menjadi sama. Tapi ketika guntingan kotak2 tsb saya kembalikan lagi ketempatnya semula, tiba2 saja warna kotak A & B -seolah olah- kembali tidak sama.
    # Begitulah contoh gambaran kehidupan DUNIA yg telah menipu kamu ! Sedang kehidupan AKHIRAT adalah kehidupan yg sebenarnya. Allahu a’lam.

  6. kalo ngeceknya digambar trus diwarnain kira2 bakal sama gak ya efeknya ???

  7. saya juga sudah cetak.. ternyata memang sama!!
    tambah penasaran lagi saya masukan ke app edit gambar, periksa kekuatan warnya.. hasilnya juga sama..
    Heran..
    warna Huruf A dan B juga sama, ada apa dengan mata kita???

  8. iya yah kok bisa sama ya *bingung*
    ane cek pake aplikasi HTMLCol sama
    #787878
    tapi kalo dilihat kok beda *tambah bingung*

  9. biasa aja, tetep aja kotak A lebih redup dibandingkan kotak B.

  10. adakah disini yang yakin bahwa papan catur itu dari warna yang sama? hitam semua? saya tidak yakin bahwa kotak A dan B sama, berdasarkan dengan garis horizontal dari kotak B dan A adalah BEDA. Saya kurang sependapat dngan yang menagatakan kotak A dan B sama.

  11. Bagi yg masih belum (bisa) percaya bhw A dan B adalah sama adalah orang2 yg tidak mau (tdk bisa) menerima kenyataan, bahwa apa yg diyakininya selama ini (dan ingin ditularkan ke orang lain) ternyata SALAH!

  12. Kita disini boleh berargumen.
    terserah apakah itu benar atau salah.

    Itu kan argumen mereka yang menyatakan salah, kalau anda benar ya itu argumen anda.

    mereka yang salah pun mempunyai dasar dan yang benar pun mempunyai dasar juga.

    gak asal ngomong.

    @M.Kanzah : bukannya tidak bisa menerima kenyataan, tetapi saya berkata dengan dasar. itulah gunanya moderator (admin) disini. anda jangan langsung memvonis bgitu saja, saya yakin saya berdasar gak cuman ngomong.

    buat teman2 disini, kita saling berbagi dan saling sharing, tidak menjatuhkan ddepan publik. Trimakasih buat teman2 semuanya dan saya sangat berterima kasih kepada mas EBTA, sangat luar biasa sekali sampai2 mata saya terkecoh mas. hehee.

    buat M khanzan trimakasih atas comment nya. anda benar dan saya belum beruntung tetapi saya berbicara berdasar. TERIMAKASIH ALL

    Assalamualaikum. 😀

  13. kayaknya gue harus bilang WOW deh. saya nggak percaya warnanya sama, begitu dicek kode warnanya ternyata A=B=#787878

  14. Supaya lebih yakin itu sama, untuk ngecek warna cukup gunakan saja kertas diberi sedikit lubang (sebesar diameter pensil) buat ngintip. Trus coba deh intip A kemudian intip B, ketahuan deh bahwa itu sama warnanya….
    Kalo pake software, meskipun hasilnya sama, tetapi mata kita tetap belum “puas”… ya toh….

  15. saya sudh buktikan dengan software..
    ternyata warna tersebut…
    silahkan anda potong gambar A & B kemudian tempelkan ke salah satunya.. maka akan terlihat jelas perbedaannya..
    A = #535353
    B = #787878
    coba di cek lagi ya ga…
    peace..

  16. A=B, yang membuat kelihatan tidak sama, krn ada bayangan tabung shg mata kita tertipu……….

  17. Saya tidak percaya…

    akhirnya saya pecah2 ndiri tuh gambar… ternyata benar…
    mata saya pun menipu saya…
    karena ada bayangan tabung… jadi terlihat lebih terang…

    🙂 terimakasih sharenya…

  18. itu bukan ilusi warna, tapi penipuan…..
    bagi kalian yang percaya kalau kotak A dan kotak B sama warnanya, itu sama saja kalian sudah kena tipu…..
    semua orang yang melihat kedua Kotak tersebut pasti akan mengatakan bahwa kedua kotak tersebut berbeda warna, karena itulah yang sebenarnya (Kebenarannya). ingat, teori kebenaran adalah apa yang diketahui benar oleh khalayak ramai.
    alasan2 yang sepertinya ilmiah yang mengatakan kedua kotak tersebut sama warna adalah hipnotis belaka (penipuan)…

  19. kesimpulannya, bukan gambar tersebut yang menipu mata kalian…
    tapi yang mengatakan bahwa kotak A dan Kotak B sama warnanya lah yang sebenarnya menipu kalian….

  20. #32 Aceng Cuanki
    Saya tidak sependapat teori kebenaran seperti itu.. tidak semua yang diketahui orang banyak itu adalah kebenaran..

    teknik diatas hanya salah satu contoh bahwa apa yang ditangkap mata sebenarnya bukan yang sebenarnya. Dan gambar diatas bukan hipnotis (bahkan sampai penipuan.. 🙂

    Tapi silahkan jika masih meyakini bahwa kota itu beda warna, tidak ada paksaan disini..

  21. Klo menurut saya.. itu teknik pencahayaan/ pewarnaan.. di tambah lagi warna yang berada di sekitarnya mempengaruhi perubahan warna Kotak A & B yang dasarnya warna 2 kotak tersebut adalah sama. itu menurut saya.. 😀

  22. sesuatu yg baru untuk saya, haghaghag XD …
    bagus adu argumentny all, saya menengahi saja_
    memang benar itu sama jika ditelusuri lebih mendalam.
    tp,seandainy dilihat langsung tanpa penelusuran/diteliti lebih lanjut_ semua orang pasti akan mengatakan kotak A dan kotak B berbeda. begitu juga saya.. :D,

    sukses aj, untuk semuanya… haghaghag

    nb:
    soal mata_ barang/benda yg nampak aj bisa membuat kita tertipu, apalagi yg tidak nampak. berhati-hatilah kawan,
    salam. haghaghag… 😀

  23. lo ngecek pake software, web ato apalah.. ya tentu sama lah.. kode2 dalam kompi udah dibuat kek gtu systemnya.. lo mau liat warna bisa nipu lo? beli noh papan catur, trus lo taruh tabung kek gtu jga.. kalo sama warnanya kyk software yg lo blg, berarti emg benar.. kalo kaga ya brarti sofware ma PC yg nipu lo lo pada..

    pas kotak B ditarik keluar bayangan kok malah menggelap? secara logikanya aja lah, sesuatu yang terang itu kalo keluar dari bayangan bakalan makin terang.. ni makin gelap.. yg gelap jga, di masukin ke area bayangan malah jadi lebih terang..

    :/ l

  24. kotak A sama dengan kotak B.
    Cara gampang untuk melihatnya,,,
    Coba anda lihat dari jauh dan jangan terpengaruh dengan bayangan yang lebih gelap yang diakibatkan oleh bayangan gelas disekitar kotak B.
    Maka kotak B akan kelihatan jelas sama dengan kotak A.
    Peace

  25. yg membedakannya adalah warna d sekitar kotak.
    itulah yg disebut dgn ilusi warna, seperti halnya bunglon, bunglon dapat berubah warna dgn lingkungannya (walaupun warnanya tidak terlalu sama dgn yg ditirunya) dan membuat mata kita tidak bisa melihat hewan tsb karena penaruh warna yg simetris dari lingkungan.

    kedua kotak itu berwarna abu2, namun diselipkan d sebuah kotak papan catur yg berbeda kolom. hasilnya kotak a lebih gelap karena disimpan dideretan kotak hitam dan kotak b lebih terang karena d simpan d deretan kotak putih. itulah pengaruh warna sekitar yg menciptakan ilusi, apalagi d tambah efek bayangan tabung yg menutupi lingkungan b. semakin hebat triknya.

  26. saya setuju dengan pendapat Illidan, kalau ingin membuktikan bahwa teori 2 kotak tersebut telah menipu kalian, buatlah peragaan dengan benda2 nyata, pake papan catur lah gampangannya, coba apa yang terbukti…..
    saya masih tetap dengan pendirian semula bahwa yang membuat teori 2 kotak tersebutlah yang berusaha mengalihkan pikiran kita supaya mengikuti alur pikirannya dengan teori optiknya…bisa saja sang pembuat teori tersebut (dengan programnya) membuat warna asal salah satu kotak tersebut berwarna merah, hijau, kuning, ungu dsb, dan pasti kalian semua (jika tidak berpikir panjang) akan membenarkan/mengikuti apa alur pikirannya…apa kalian semua akan begitu saja terhipnotis???

  27. berikutnya, menurut saya, kalian yang percaya bahwa 2 warna kotak itu sama, kalian sudah tertipu oleh yang membuat pertanyaan “menurut anda apakah warna kota A dan B sama?” pada awal pertanyaan, pembuat pertanyaan tersebut hanya menyuguhkan 1 contoh gambar yang benar2 secara kasat mata menggambarkan 2 warna gambar kotak tersebut berbeda, tetapi di rekayasa pembetukan gambar berikutnya malah mengecoh pandangan kita, kita dipermainkan dengan program ilusi gambar pada gambar ke 2…
    jadi, pembuat pertanyaan tersebut bisa dikatakan telah menipu kita semua….
    pertanyaan mengecoh seperti itu bukan sebuah pertanyaan yang bagus, karena dalam teori pengetahuan “dalam sebuah pertanyaan yang benar itu sudah merupakan 50% jawabannya” dalam pertanyaan tentang 2 warna kotak tersebut, 1% pun tidak ada unsur jawaban yang bisa membenarkannya….pikirkan itu…

  28. saya bisa saja percaya dengan teori itu jika hanya ada 2 gambar kotak yang jadi ilustrasi, bukan gambar2 teratur seperti gambar kotak2 papan catur seperti di atas….
    karena, pembuat papan catur akan banyak dikomplain orang kalau sebenarnya warna kotak di papan caturnya yang seharusnya berbeda ternyata sebenarnya sama? saya juga akan bingung, bagaimana bermain caturnya nanti??????

  29. @Aceng Cuanki
    Anda terlalu banyak cuap cuap dan (memaksa) memaparkan ‘teori kebenaran’ desuai dengan pemikiran anda.,
    Sesuatu yang sebenarnya cukup sederhana untuk dibuktikan dan memang sudah terbukti justru berusaha anda sangkal , saya tidak tau alasan anda, Mungkin anda tidak mau menerima kenyataan atau mungkin memang anda terlalu bodoh.

    kembali ke gambar, untuk membuktikannya mudah saja, silahkan anda gunakan software pengolah gambar , lalu anda uji kode hexa warna kedua kotak tersebut, saya jamin anda akan mendapatkan nilai sama,
    Namun jika anda masih skeptis juga terhadap komputer, silahkan pake cara primitif, ambil selembar kertas, buatlah 2 lubang yang hanya menampilkan 2 kotak tersebut. lalu lihat perbandingan warnanya.

    Banyak hal di dunia ini yang terjadi namun diluar pemahaman kita, seringkali kita berusaha untuk menjelaskan sesuatu yang sebenarnya diluar kemampuan kita, dan ujung ujungnya malah tersesat.,

  30. @Aceng Cuanki
    ternyata yang paling ketipu dan ter-hipnotis(pinjam istilah aceng) adalah dirinya sendiri… krna masih keukeuh bhwa kedua kotak tsb beda… yg sejatinya adalah sama
    kasian lo Ceng…

Comments are closed.