14

Setting Waktu Sholat di Shollu 3.06

Mungkin banyak pengguna shollu yang belum mengetahui beberapa fasititas yang disertakan dalam program shollu atau cara pengaturan program. InsyaAllah akan saya coba sedikit menjelaskannya. Berikut dimulai dari menu pengaturan waktu sholat.

Secara default ( setting bawaan ), Shollu akan menggunakan wilayah Yogyakarta. Untuk wilayah-wilayah lain silahkan memanfaatkan data yang telah disertakan di program Shollu. Caranya ( dengan asumsi menggunakan bahasa Indonesia ) :

  1. Klik waktu sholat, kemudian klik tombol “Pilih Area” yang ada di pojok kanan atas, maka akan tampil window Area.

  2. di Window “Area” klik pilihan di bagian Buka data, dan pilih data yang tersedia. Disertakan data Cities ( sekitar 2000 kota-kota di dunia ) dan Indonesia ( wilayah setingkat
    kabupaten seluruh Indonesia ). Misalnya Pilih Indonesia.

  3. Akan ditampilkan Propinsi di sebelah kiri dan wilayah setingkat kabupaten disebelah kanan. Pilih data disebelah kanah. dan Klik tombol “Gunakan Data”

  4. Setting Lokasi, Garis Lintang dan Garis Bujur akan terisi dengan data yang telah dipilih. Anda bisa mengganti atau merubah setting ini secara manual.

  5. Tentukan setting lainnya, terutama Zona waktunya. Untuk WIB=7 untuk WITA=8 dan WIT=9
  6. Silahkan diisi ketinggian tempat, default=0

  7. Pilih konvensi yang sesuai, keterangannya bisa dilihat di help file. Defaul=Dinas Geologi Mesir. ( setelah install pertama kali pastikan “Dinas Geologi Mesir” diklik lagi, karena data yang tersimpan terbalik, yaitu nilai Gd dan Gn)

  8. Klik Simpan dan selesai.

Silahkan dilihat di halaman Utama, terlihat jadwal sholat kemarin, hari ini ( dalam tanda tebal) dan besok. Untuk jadwal sholat berikutnya berwarna merah. Jika jadwal tersebut ada selisih beberapa menit dengan jadwal setempat ( yang sudah ada ) silahkan ditentukan dengan menambah atau mengurangi waktu dengan beberapa menit di bagian “Waktu Sholat” untuk masing-masing waktu sholat.

Dibagian bawah merupakan keterangan pengaturan waktu sholat. Jika memerlukan data yang lebih detail, sampai kepada lokasi desa masing-masing kecamatan, bisa di download data tambahan ( shollu placenames ) di http://ebta.cabspace.com dan ditempatkan di folder Instalasi Shollu3 “placenames”. Jika masih ada pertanyaan atau kesulitan mengenai setting waktu sholat, silahkan email ke kami.

Update
Untuk shollu placenames, silahkan download dari halaman download, jika tidak tersedia, silahkan email atau request melalui komentar

ebta

14 Comments

  1. ass pengelola yth.
    saya ery safrianti seorang dosen peneliti dari jurusan Elektro FT UNRI, seorang mahasiswa saya sedang merancang sebuah alat untuk pennjukkan waktu sholat digital otomatis yang dapat dipakai diseluruh tempat di Indonesia dan berlaku abadi, data yang dipakai mengenai lintang dan bujur lokasi didapat dari depag, namun tidak dilengkapi dengan referensi yang jelas( data hanya berbentuk fotokopi) agar data yang dimasukkan ke program tersebut valid dan diyakini kebenarannya mahasiswa saya tersebut memerlukan referensi yang jelas sumbernya (mempunyai pengarang/penyusun data dan penerbit), apakah pengelola shollu dapat membantu kami dalam hal ini? atas informasinya kami ucapkan terima kasih

  2. aku kok tidak menemukan waktu shalat, yang selanjutnya dipilih areanya, ada dikanan atas lalu akan muncul window area dst, dst dst.
    salam
    marufhasan

  3. @ery safrianti
    Sampai saat ini saya sendiri belum mempunyai referensi buku yang menjelaskan tentang hal tersebut. Sepertinya buku tentang astronomi. Coba dicari dulu lewat Google atau Wikipedia. Kalau ada rekan lain yang memiliki sumber referensi mungkin bisa membantu …

    @marufhasan
    Setelah di klik Waktu Sholat, dipilih tombol Pilih Area, maka akan tampil daftar wilayah dan lokasi koordinatnya.

  4. Assalamualaiku
    lho kok ngaco jadwal sholatnya? Aku tinggal di Pontianak, udah ku seting sesuai dengan kotaku. Menurut versi shollu, magrib di Pontiank Jam 18:18, Isya 19:33. Setahu aku, magrib di Pontianak tidak pernah melewati jam 18 WIB. Gimana Boss!

    Wassalam

    Wa’alaikum salaam warahmatullah…
    Saya sudha mencoba dikomputer saya kota pontianak tgl 5 Jan 08 Maghrib jam 17:52 WIB.
    Mungkin setting lainnya perlu dicek lagi

  5. Ass,
    saya bru sj intall n gak ada tulisan wkt sholat sperti dsebutkan d ats n wkt saya buka titleny shollu[main page window]. Dan tdk dlm bhs indonesia, tp bhs inggris. Atw mgkin ada kslhn wkt donlot? saya gak tw 🙁 Bantuin cara ngaktifinnya y,,, THX be4

    wassalam

  6. Aslmkm.
    makasih berat buat aplikasinya
    semua berjalan dengan baik
    syukron katsiron

  7. Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu….
    Mas tolong tuk setting tempat jember, jawa timur.Mohon anda kirim via email coz terkadang kurang tepat waktunya 🙁
    Makasih….
    Wassalam

  8. Saat ini shollu terakhir versi 3.08.2, jadi pastikan menggunakan versi tersebut

    @elita
    wa’alaikumsalaam ( sebaiknya salamnya tidak disingkat ya.. )
    ada pengaturan bahasa kok

    @Aris
    wa’alaikumsalaam
    sma-sama mas

    @dupid
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    di pilihan area/tempat ada wilayah Jember, di daftar Jawa Timur. Apakah masih tidak cocok ? Mungkin langsung kirim ke email saya saja..

  9. saya pengguna Shollu 3.06 Area DKI Jakarta.
    Kok Waktunya Tidak Tepat (Lebih Cepat)
    Tlng Dibantu.Wassalam

  10. Allhamdulilah sudah Saya download dan waktunya sudah sesuai,trim. semoga allah membalas kebaikanya.

  11. ass..
    alhamdullilah saya udah mendownload program shollu nya,kepada yang membuatnya ( Ebta Setiawan )beserta tim nya, saya ucapkan banyak terimakasi, program shollu nya bermanfaat banget…

  12. makasih ya aplikasix…
    bagi seorang muallaf seperti saya sangat membantu
    saat saya beraktifitas di depan komputer serta bekerja…

    semoga anda menerima pahla yang sesuai dengan aplikasi yang tlah anda buat ini
    karena aplikasi ini berupa freeware
    salam hangat dari saya

    reishard fernandes

  13. JADWAL SHOLAT ABADI OTOMATIS :
    1. Adzan tiap waktu sholat
    2. Jadwal sholat fardhu berlaku 100 tahun
    3. Garansi 1 tahun
    4. Dapat digunakan di seluruh dunia
    5. Menggunakan seven segmen / dot matrik *
    6. Terdapat tilawah 24 jam *
    7. Terdapat Count Down Iqamah *

Comments are closed.