43

StrokeIt, Menjalankan aplikasi hanya dengan gerakan Mouse

StrokeIt

Penggunaan Mouse komputer kita bisa lebih menarik dengan adanya aplikasi StrokeIt ini. StrokeIt merupakan program yang mampu mendeteksi gerakan (arah) Mouse kemudian menterjemahkannya menjadi perintah tertentu, sehingga bisa mempercepat dan mempermudah menjalankan program.

Misalnya, ketika ingin membuka Windows Explorer kita tinggal menggambar huruf E di layar dengan klik kanan mouse.

Berbagai kombinasi gerakan mouse bisa kita gunakan untuk menjalankan program tertentu mulai dari Windows Explorer, Internet Explorer, Mozilla, Winamp, Photoshop, Aplikasi Chatting dan sebagainya.

Program ini berukuran sekitar 136 KB, dan hanya memerlukan sedikit penggunaan memori. Selain itu, StrokeIt sudah mengenali lebih dari 80 gerakan mouse (mouse gesture), kita juga bisa membuat gerakan mouse sendiri dan nantinya kita gunakan untuk menjalankan atau memproses perintah tertentu. Proses pengenalan gerakan mouse ini biasa disebut dengan Mouse gesture recognition

Penggunaan StrokeIt

Pertama-tama, Download StrokeIt Personal yang merupakan program gratis (freeware), kemudian install. Setelah selesai, maka akan muncul icon StrokeIt (seperti mouse pointer) di pojok kanan bawah (systray).

strokeIt-systray-icon

Ketika Icon tersebut berwarna Putih, maka bertanda aplikasi aktif dan kita bisa menggunakan gerakan mouse untuk menjalankan program. Jika ingin menon-aktifkannya, klik kanan icon tersebut, sehingga warnanya menjadi Merah. Klik kanan lagi untuk kembali mengaktifkannya.

Penggunaanya, kita tinggal Klik kanan Mouse + Tahan, kemudian tulis/gambar di area layar, sesuai dengan kode yang diinginkan. Misalnya kita menuliskan huruf E dilayar seperti berikut :

strokeIt-sample

Maka selanjutnya StrokeIt akan memproses gambaran tulisan tersebut dengan perintah yang ada. Dari contoh diatas, akan ditampilkan (dijalankan) Windows Explorer (My Computer). Jika StrokeIt tidak mengenali perintah tersebut, akan muncul pesan seperti berikut (kita bisa menambahkan perintah baru atau mengabaikanny) :

StrokeIt-not-recognized

Perintah Bawaan StrokeIt

Stroke sudah menyertakan konfigurasi simbol bawaan, mulai dari huruf A sampai Z serta beberapa simbol garis. Selengkapnya bisa melihat daftar lengkap simbol

strokeit-symbol

Perintah-perintah yang umum antara lain :
– C = menutup window
– E = Membuka Windows Explorer
– N = Membuka lembaran baru (New)
– O = Open
– P = Print
– M = Menjalankan aplikasi email client
– W = Menjalankan web browser
– S = Menyimpan
– dan lainnya

Untuk melihat perintah bawaan dari simbol-simbol yang ada tersebut, bisa melihat informasi selengkapnya di halaman Actions

StrokeIt juga menyertakan fitur advanced, dimana kita bisa menambahkan/melatih simbol sendiri kemudian menjalankan perintah tertentu. Menu ini bisa kita akses dengan membuka StrokeIt (klik iconnya) kemudian pilih menu Edit > Learn Gesture… (Ctrl+L). (ebsoft.web.id)

Download StrokeIt

ebta

43 Comments

  1. wah,,, asik dong mas klo gtu.
    jdi mau coba nih.
    mksh mas infonya 😀

  2. wah asyik tuh k’………
    k’ ebta……klo mau download program delphi(installer delphi) dimana ya?….
    boleh taw g linknya??
    ^_^
    hihihihi……. ;D 😀

  3. ebsoft memang jagonya tips komputer, ke lokasi sob.

    Btw, dukung aku yah di kontes SEO Stop Dreaming Start Action dgn memberikan backlink. Sebagai hadiahnya akan sy kasih sebuah software pemasang iklan baris (Penambah trafik di blog kamu), mau?

  4. Hallo semua apa kabar?
    Saya ada tugas presentasi Speaking. Saya Mahasiswa Semester 4. Saya pingin presntasi tentang Pembuatan Special Effect pada Film yang dibuat dengan Linux. Ada yang tahu Link (alamat website) yang membahas langkah

  5. Assalamualaikum
    Mas, klo bwat di laptop masih bisa gak, misalnya operasi pke touchpad atau stylus, bkn pke mouse. Terima kasih.

  6. wah kayak nya bagus juga tuh software….
    coba ah.. koleksi software lagi
    thanks info nya

  7. Software yang mantap, Mas. Terimakasih atas reviewnya.

    Mas Ebta, jika ada waktu luang dan berkenan, tolong review Software Enso (http://www.humanized.com/enso/). Jika StrokeIt menggunakan Mouse, maka Enso menggunakan Keyboard. Fungsinya hampir sama.

  8. jadi makin berkurang gerakan tangannya, maksudnya ga perlu ngetik2 lagi…anyway patut dicoba.

  9. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Terima kasih buat ebsoft.web.id atas software gratisnya
    semoga berjaya selalu.. Amin!!!

  10. weh lumayan juga sih!

    Lumayan kalo Mouse ilang di curi maling bisa pake sofware ini hehhehe…..

    tunggu entar aja pasti ada layar monitor portebel hehhehe…

  11. Te..O..Pe Be..Ge..Te.. Pokoke buat bang Ebta, semua artikelnya TOP abizzzzzz. ini aq baru sekarang ksh comment, padahal banyak artikel yg dah aq praktekin ( lici’an yach..hehehe}
    but anyway, two tumbs up for Mr.Ebta. Keep Fastabikhul Khoirot…

  12. Wah, saya baru tahu sekarang cukup dengan gerakan mouse sudah bisa menjalankan aplikasi di komputer. Canggih sekali ya.

  13. Pingback: GEMOLONGKU
  14. lho mas kok pas tak coba nulis e kok gak bisa kebuka explorenya

  15. mas link donloadnya kok malah ke sponsor
    pny link yg bener gak????

  16. Thanks mas. Tapi agak susah tuk nulisnya, Kalo bisa mas ebta bahas dong software gratis seperti e-speaking. yang bisa ngjalanin komputer kita hanya dengan suara.

  17. Waw,,,,,luar biasa tuch……..
    keren abizz dechpokoknya……….

Comments are closed.