62

Tips mencegah Virus menyerang/masuk komputer kita

Sebaik apapun antivirus yang kita gunakan + Update terbaru pun tidak menjamin komputer bebas dari virus, karena virus selalu berkembang dan update anti virus [sebagian besar] hanya mengikuti perkembangan virus itu sendiri ( jadi ketika virus sudah menyebar, kemungkinan anti virus bisa mendeteksi baru beberapa hari kemudian ). Tetapi Komputer tanpa anti virus jauh lebih rentan untuk terkena virus

Bagi sebagian besar pengguna, mungkin artikel ini sudah biasa dan bukan barang yang baru lagi, tetapi bagi pengguna biasa / awam mungkin dapat bermanfaat untuk mencegah virus masuk / menular ke PC kita. Mengingat perkembangan virus dalam negeri yang begitu pesat. Hal ini mungkin karena banyaknya [adanya] source code yang menjelaskan cara pembuatan virus yang dipublikasikan secara umum, yang mungkin maksudnya sekedar tukar informasi saja, tetapi diluar itu kemungkinan banyak yang mengembangkan sendiri untuk membuat virus dan memancing programmer untuk mencoba-coba.

Beberapa hal yang perlu di persiapkan untuk mencegah virus masuk/menular ke komputer kita adalah:

  • Gunakan antivirus yang senantiasa di update, paling tidak seminggu sekali, jika online maka aktifkan auto update pada antivirus
  • Non aktifkan fasilitas autorun pada komputer kita, sehingga CD-ROM maupun flashdisk yang kita masukkan ke komputer tidak langsung menjalankan file yang ada di dalamnya. Bagi yang belum tahu, bisa dilihat caranya disini
  • Tampilkan semua ekstensi file windows, termasuk file system windows. Caranya : Di windows explorer buka menu Tools > Folder Options… kemudian pilih tab view Kemudian pilih (aktifkan) opsi “show hidden files and folder”, hilangkan check pada pilihan “Hide extensions for known file types” juga hilangkan tanda check pada “Hide protected operating system files (Recommended)”.
  • Periksa setiap flashdisk yang dimasukkan apakah ada file autorun.inf, jika ada coba dilihat isinya, jika mengacu ke sebuah file .exe, .dll atau .scr yang aneh / hidden, segera hapus file-nya atau scan dengan antivirus
  • Ini yang mungkin sangat penting : Jika komputer digunakan oleh banyak orang, minta agar pengguna berhati-hati sebelum menjalankan sebuah file, jangan hanya melihat icon-nya, tapi melihat ekstensinya. Misalnya file itu dengan icon ms word, excel, gambar, mp3 dsb tetapi kok berekstensi .exe, .scr, .vbs, .bat atau tidak sesuai dengan iconnya, harap diwaspadai
  • Gunakan tools / program seperti autoruns untuk melihat file/program apa saja yang berjalan ketika windows diaktifkan. Jika ada program yang aneh segera tanyakan kepada orang yang lebih tahu. Tentang autoruns bisa dilihat disini
  • Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada tambahan/masukan tips silahkan, diharapkan akan menambah keamanan dalam menggunakan komputer

ebta

62 Comments

  1. bukannya kalau show hidden files and folder diaktifkan, nanti banyak file temporary jadi kelihatan?yang gak biasa nanti malah jadi bingung mana file yg mau dia buka.

    Ya benar… mungkin point ini akan lebih tepat untuk mengecek apakah terdapat virus di komputer kita, karena sebagian besar virus menggunakan teknik menyembunyikan diri atau menyembunyikan file/folder asli

  2. Mas Ebta, sudah coba buat software sejenis anti execute program 16-bit 32-bit seperti software anti execute (temannya deepfreeze) punya perusahaan Faronic? Maksudnya kalau ada program sejenis yang absolutely free seperti software2 mas ebta bakalan sangat membantu.

  3. Mas, mau minta tolong… komputerku kena virus apa dan bagaimana cara bersihkannya. Yang pertama ikon Word jadi berubah ke ikon file tak dikenal, tp file tetap bisa dibuka pakai word. Lalu yg kedua tiap folder muncul namafolder dg extensi SUCKS. kalau dihapus lalu muncul file baru aneh2… ada juga muncul nama file hurufnya nggak karuan spt yyyyjjjjkkkknnn.. Tolong ya mas… thanks berat

  4. saya minta informasi tentang virus, semua tentang virus,dan bagaimana cara membuatnya. terimakasih. sukses selalu

  5. Mas Ebta,
    setelah sekian lama mumet dan terlalu mengandalkan Kaspersky (file terpaksa di delete) baru hari ini saya dapetin PCMAV RC19 dan berhasil ngatasin masalah file doc menjadi scr, salut banget sama programnya, tapi masih ada satu file scr yg gak ke detect, udah berulang kali di scan tetap aja gak ke detect tuh, kira2 apa lagi yang hrs saya lakukan?, sama satu folder dimana filenya sama sekali tidak bisa dibaca (hiden), kalo di scan nama filenya (doc) masih ada, dari jenis virus apakah ini? dan bagaimana mengatasinya..?

    terima kasih sebelumnya

  6. mas gimana jika virusnya bersembunyi di executable gimana cara ngliatinnya tanpa virus scanner…maklum komputer saya masih pentium 3 kadang kalo running virus shield komputerku jadi lambat…

    (aarrrrghh….saya berharap ada orang yang bikin virus di dokumen pdf sekalian…biar tambah penderitaan kita…sabar2 T_T).

  7. Untuk mendeteksi virus dalam exe, saya biasa membandingkan file asli (yg belum terinfeksi) dan yang sudah terinfeksi dengan hexeditor. Buka saja 2 Hex Editor dan gantian membuka window-nya, maka akan kelihatan dimana perbedaannya.

    Itu jika kita mempunyai backup file aslinya. Cara lain bisa melihat timestamp ( Date Modified ) pada file yang bersangkutan, biasanya tanggalnya tertera saat virus menginfeksi file tersebut. Tetapi cara ini tidak menjamin, karena bisa saja tanggal file diubah setelah terinfeksi.

  8. mas gmn y cra mmbersihkn virus dr komp saya, virusnya udh dketahui oleh AVG updetan trbaru namanya ”Trojan.DQL” tapi cman variantnya,sedangkan file induknya g trdeteksi,tiap kali komp dhidupin virus itu muncl lagi dengan nama yg brubah2, besarnya 128 kb. Tolong bgt y mas…makasih.

  9. mas gmn y cra mmbersihkn virus dr komp saya, virusnya udh dketahui oleh AVG updetan trbaru namanya ”Trojan.DQL” tapi cman variantnya,sedangkan file induknya g trdeteksi,tiap kali komp dhidupin virus itu muncl lagi dengan nama yg brubah2, ukurannya 128 kb. Tolong bgt y mas…makasih.

  10. ma mo tanya nih…..
    komputerku kena vius, srtiap bika folder selalu muncul folder yang sama…diamping itu juga sering ngerestart…cara ngapus virusnya gimana yamas…masalahnya akusudah pakekaspersky, AVG, Ansav, Avas itu gak bisa cuman bisa ngdetek doank…nah setelah itu mucul lagi……..tong bantuannya ya mass…..makasih

  11. Saya mau tanya, beberapa hari yg lalu, saya membuka email, ternyata email itu kosong ( tidak ada pesan apapun ). setelah itu email saya di yahoo, tidak bisa dibuka, selalu PAGE CAN NOT BE DISPLAYED. tapi saya buka email saya yang lain, juga di yahoo, tidak ada masalah. saya coba dari komputer yang lain hasilnya sama. apa email saya terkena virus ? tolong bantuannya. Terima kasih.

  12. Mas, tolong kasih penjelasan kenapa komputer saya kalau di shut down lama sekali matinya bahkan sampai nga mau mati, makasih

  13. Mas, komputer saya dipasang Ubuntu Linux. Kenapa ya walaupun komputer yang lain pada ngeributin dan khawatir tentang virus, komputer linux saya tetap bekerja dengan normal dan aman?
    Mohon di bantu penjelasannya. Sebelumnya terima kasih.

  14. Wah..ini artikel that i’m searching for long long time..mo belajar bikin antivirus nehh author.. Oya kalo ada waktu send mail dong ke saya tutorial “antivirus making step” nya kalo bisa…Thanx.. : )

  15. Mantap memang trik2nya, tapi kurang lengkap and pasti masih ada yg laen. kalo ada yg lebih mantap tolong rekan2 sekalian sudi kiranya mengirimkan langsung ke alamat e-mail ini. apa lagi yg berhubungan dengan registry aku demen banget tuh. Ok thanx berat moga maju terus dunia IT indonesia.

  16. komputer saya kena virus war.32. kalo kalo di delete viusnya , komputer saya langsung restart, dan terkunci di menu log on walaupun sudah memasukkan nama dan password yang benar komputer saya tetap tak bisa log on. dan satu lagi , setiap saya menginstal sesuatu ( misalnya winamp ) setelah di restart pasti program itu tak bisa dijalankan. apa yang harus saya lakukan ?

  17. Kemungkinan File association *.exe telah diganti oleh virus, coba dicari di google tentang “fix exe File association” atau sejenis itu..

  18. Kalau saya sendiri sudah lama sekali tidak menggunakan McAfee, jadi belum bisa menjawab. Tapi pada umumnya jika virus terdeteksi antivirus, antivirus minimal akan bisa menghapusnya. Kecuali komputernya memang sudah terinfeksi virus tersebut..

  19. mas,, kmpter sy t’kena virus. sy blum tw cara hilanginnya.(blum tw msalah virus).. d’drive C dan drive D muncul file jpeg yg jika d’buka tidak t’dapat gambar apa2.. sy sdh sring mnghapusx tp file i2 muncul kembali.. t’kadang jg tiba2 muncul gambar topeng yg d’sertai artikel kalau dy i2 virus.. sy pux anti virus norman tp virus itu tdk t’dteksi. virus apakah itu? bgmn cra menghilangkannya? tlng bntuanx..

  20. @.. #24
    Coba install antivirus lainnya jika masih bisa. Misalnya Avira antivir. Jika gagal, mungkin ada 2 alternatif, scan hardisknya di komputer lain atau scan dengan antivirus melalui bootable CD (misalnya UBCD4Win) ada artikelnya di ebsoft. tetapi cara kedua harus download file yang cukup besar untuk membuatnya..

  21. bung klo avast itu sebenrnya menghapus file yah alnya kadang ada folder jadi exe pas kita remove langsung g kebaca .klou kita buka dikomputer lain baru kebaca lagi foldernya ada alternatif lain ga buat ngebuka tanpa menghapus data yang ada didalamnya???
    please solusinya okeh

  22. @T-Bone
    Itu sepertinya bukan foldernya yang jadi exe, tapi file/virus yang menggunakan icon folder, dan folder aslinya di hidden(sembunyikan) oleh virus, sehingga bisa terlihat di komputer lain..

  23. @ Antok
    Virus windows ngga bakal bisa jalan di linux. Itu karena file runtime virus windows beda sama di linux. Misalnya file runtime visual basic yaitu msvbvm60.dll ngga ada di linux. Terus systemnya juga beda, jadi beda lagi cara penginfeksiannya. Misalnya di linux kan ngga ada registri editor. Itu sebagian kecil alasan kenapa linux aman dari virus. 🙂

  24. bagaimana cara mengembalikan internet connection sharing pada service di windows

  25. @Nanda
    terimakasih mas atas bantuan jawabannya

    @reza fahmi (29&30)
    Jika maksudnya sharing akses internet, mungkin setting IP-nya ada yang bermasalah.
    Informasi setelah start error kurang jelas.. mungkin bisa ditambahi informasi errornya seperti apa, dimana dsb..

  26. saya mau kasih masukan sedikit
    sebagai referensi saya sejak 1 tahun yang lalu memakai anti virus symantec
    anti virus ini sangat bagus menurut saya..semua virus yang ada pasti habis dihajar anti virus ini..update juga gampang
    tinggal buka google trus ketikan update symantec..
    kalo mau update database virus pilih yang x86.exe
    nih saya ada link donwload symantec
    http://rs341.rapidshare.com/files/149180351/Symantec.zip
    monggoh mbok ada yang mau coba..
    cuma saran saya spesifikasi komputer kudu bagus
    paling gak p4 2.0 Ghz RAM 512
    soalnya auto protecnya memakan banyak memory..
    terimakasih

  27. @c0ky
    daripada download dari rapidshare..
    Lebih baik mencoba versi OEM yang gratis. Saya saudah menulis artikel terbaru tentang tips mendapatkan gratis NAV 2009 dan NIS 2009..

  28. mas say a mohon bantuannya dong?!

    laptop saya install anti virus kok gak bisa yaa?? trus ada pesan klo masternya terinfeksi virus, tapi klo masternya di install di komputer lain bisa. akhirnya saya coba format drive C nya, setelah itu langsung saya install antivirus tsb. tapi setelah semua drivernya saya install, kenapa antivirusnya malah g bisa dibuka dan bekerja dan ada pesan file is modified. lalu saya coba unnstall antivirusnya juga tidak bisa dan keluar pesan yang sama. kenapa ya mas??? padahal kan sudah saya format???

  29. @ Insan
    antivirus yang mau di instal apa?
    trus yang kasih konfirmasi “File is modified” sapa?

  30. saya pake avira antivir personal mas. saya install antivirusnya sebelum semua driver laptop diinstall ternyata biasa aja, tapi setelah semua drivernya diinstall, malah saat antivirusnya dijalankan terdapat pesan setup.exe has been modified. klo antivirusnya diinstall setelah semua drivernya diinstall malah keluar pesan klo masternya antivirusnya is damaged or infected by virus.

    mohon bantuannya mas..!

    Thx.

  31. @insan
    maaf telat,

    coba make installer avira lain, download lagi gitu, trus burn ke CD baru di install, soalnya riskan kalo laptop mas ada infeksi virusnya..

    jadi instal Avira-nya dari CD, bukan dari flashdisk ato harddisk, smoga aja bisa…

    karena kalo udah masuk laptop sepertinya langsung ke-infect..

    .:: nizaar ::.

  32. mas saya mau tanya kalau komputer terkena virus tapi komputer tersebut belum ada antivirusnya…????ya terus aku instal antivirus tapi anti virusnya nggak aktif…???
    gimana tuh..???

  33. @nizaar
    terimakasih ikut berpartisipasi aktif di blog ini.. 🙂

    @insan
    Ya, benar saran mas nizaar

    @iwan
    Iya biasanya akan seperti itu, karena virusnya sudah aktif duluan.. saya pernah menulis tentang berbagai cara menangani virus. Coba dilihat di kategori virus..

  34. Tolong,
    kompi ku asal d jalankan program selalu minimize,
    g bisa d jalankan,
    coz jd minimize terus,

    baik exploler,aplikasi dll,
    poko’nya program yg ada d taksbar selalu minimize,

    itu kenapa ya?
    Apa dampak dr virus ato setingan yg eror?

  35. @Imand
    coba gunakan Alt+Tab, apakah juga tidak bisa..
    bisa jadi memang disebabkan virus atau program asing/lainnya

  36. assalamuallaikum m,as ebtaa
    mas..mau nanya nih,,
    norton antivirus dibanding Avira lbih bagus manaa ?
    trims
    wassalam

  37. @dhenny hirosue
    saya belum tahu, karena belum pernah mencoba

    @ruddy
    saya juga belum pernah mencoba Norton terbaru jadi belum bisa membandingkan, tapi mungkin bisa melihat berbagai artikel saya tentang test antivirus

  38. mass aku add YM mas, dan aku pasang link mas di blogku yah..
    moga tidak keberatan makasih

  39. Ya nie artikel yang bagus juga…….
    Tapi kalao Q pake avast 4.8 pro
    Kalau Lokalnya pake pcmav

  40. Ao…..salam kenal deh. Aq pny mslh nih ada malware yg nyarang di kompt. gua. nih malware bikin kaco register gua. AVG, Avira, PCMAV, Spyware Terminator, HiJack Thiz dah gua cb coba dg update terbaru. Rev : Smua Antivirus dah terupdate smua. Ada yg bs bantu gua ga’? Intinya : malware ini bikin register windows gua.

  41. @The flashdisk lover girl
    Kalau ngopy CD caranya bukan seperti itu, gunakan menu Copy CD to CD biasanya ada gambar (icon) 2 CD, bisa juga menu seperti clone CD..
    Itu jika ada 2 CDROM, cara lain dengan mengcopy isi CD menjadi Image ( file ISO) kemudian file image ini baru diburning ke CD

    @Afif
    sebenarnya bisa menambah widget, audio, video dll…

  42. Mas mo nanya, da komp kena virus folder ney.
    Tp bukan spt biasanya, biasanya khan icon folder tp ext .exe. Tp ney ext nya ttep file folder. Semua folder jd 128 Kb semua. Kira” tuh virus apa Gmana cara ngilanginnya???

    Thx b4

  43. @Nelsya
    Untuk virus sebenarnya kita mencari file masternya (inti) jika sudah didapat, maka bisa dihapus ( entah dengan antivirus atau manual), kemudian masalah folder yang banyak itu bisa dihapus manual. ( Folder seharusnya tidak ada ukurannya, jika ada seprti itu (128 KB) kemungkinan itu buatan virus saja )

  44. mas ebta kl untuk program lain sperti xpoler buka internet,memang pertama minimize tp pas suda pke alt+tab mau seperti biasa,tapi kalo buka excel dan word, tidak mau maximize sama sekali..
    tolong bantuannya..
    thanks…

  45. saya kira kurang etis, Jika komputer digunakan oleh banyak orang, minta agar pengguna berhati-hati sebelum menjalankan sebuah file, malah ga laku warnetnya karena ga dikasih kebebasan. harusnya ada penangkalnya selain yang disebut diatas.

  46. Mas! Minto tlg ne, cpu aku dah nyala tp d monitornya ga ada, pdhl monitor msh bgs, udh d cb pake cmbo tv bagus, mau di apain ini?

  47. Lam kenal, i baru gabung neh! I mau update komptr dong. bisa donx kirimin update-an nya ke e-mail kalo bisa secepatnya, oceh lah…
    thanx ya for u SYMANTEX, wish u …my comptr will be clean and good will.
    my req.
    Ben10

  48. Mas tolong jawab saya , saya habis download AVIRA tapi setelah saya buka dia menghilang entah kemana. Ngga seperti yang lain ada kotak dialog set up. Ini kenapa ya ? apakah berbahaya ya? Terus saya harus bagaimana ? Tolong ya Uum and Mas-mas .Makasih banyak lho.

  49. Berarti ada virusnya itu Pake smadav aj dulu.. Atau instalnya lewat CD..

Comments are closed.