67

Tips menggunakan Restore my files untuk mengembalikan doc/xls yang terinfeksi virus

Saat ini sepertinya sudah banyak tools/program yang sudah bisa memperbaiki dokumen ( word, excel dkk ) yang terinfeksi virus. Berikut tips untuk mengembalikan file yang terinfeksi virus tersebut dengan program Restore my files, sekalian tutorial singkat penggunaan program ini. Karena mungkin banyak yang belum bisa menggunakan / memanfaatkan fasilitas yang ada.

 

Tutorial Restore my files

Tampilan program ini cukup sederhana dengan beberapa tombol. Berikut penjelasannya :

Menu di bagian atas :

  • Look in, Edit box paling atas adalah lokasi folder / drive yang akan dicari file / dokumennys ( bisa klik tombol browse disampingnya [ dengan titik tiga ] )

  • Extention, pilih atau isi dengan ekstensi file yang ingin dicari, biasanya *.exe.

  • Find, untuk mencari semua file dengan ekstensi yang diisikan

  • Stop, untuk menghentikan pencarian

  • Restore File, untuk mendeteksi file yang tampil apakah merupakan dokumen office yang terinfeksi virus atau tidak, jika ya akan mengembalikan dokumen aslinya, jika tidak akan diabaikan.

  • Stop Restore, untuk menghentikan proses Restore File

  • Delete infected files, untuk menghapus file yang lama ( terinfeksi ) setelah berhasil di kembalikan seperti semula.

  • Rename with, untuk mengganti ekstensi file dokumen yang terinfeksi virus setelah berhasil menggembalikan dokumen. Ekstensi file bisa diisikan di kotak sebelah kanannya. Defaultnya berisi _vrs. Jadi dika dokumen yang terinfeksi virus namanya dokumenku.exe akan menjadi dokumen._vrs.

  • About, tentang program dan cara penggunaan secara ringkas

Menu di bagian bawah ( mulai dari kiri ke kanan ) :

  • Select All, untuk memilih semua file yang ada di daftar file (hasil pencarian).

  • Clear All, tidak memilih satu pun file di daftar file.

  • Clear Result, untuk menghapus semua daftar file ( bukan menghapus file-nya, hanya daftar yang tampil saja )

  • Delete List, untuk menghapus daftar yang dipilih ( bisa dilakukan multi-select dengan menekan tombol ctrl+click atau Shift+Click untuk memilih file yang urut atau juga dengan drag mouse).

  • Delete files, menghapus file yang dipilih ( muncul konfirmasi )

  • Rename files, untuk mengganti ekstensi file yang dipilih dengan ekstensi disamping-nya. Default-nya sudah terisi dengan vrs (Akan muncul konfirmasi ).

Program Restore my files ini bisa mengembalikan file yang terinfeksi dan tidak tergantung dari berapa ukuran virus asli-nya ( saya sendiri sudah mencoba dan menemukan 3 varian virus seperti ini dan semua bisa dikembalikan dengan baik ). Tetapi saya sarankan untuk mengaktifkan opsi Rename with, baru setelah semua dokumen sudah berhasil dikembalikan dan tidak ada masalah baru file tersebut dihapus.

 

Cara Penggunaan

  1. Cari folder yang terdapat dokumen yang akan dicari, program ini juga akan mencari dokumen di sub folder tersebut.

  2. Jika terdapat file yang cukup besar mungkin lebih dari 20 MB dan jelas-jelas bukan virus silahkan dihapus dari daftar dengan menekan tombol Delete atau file tersebut dipilih dan klik Tombol Delete List.

  3. Klik Restore File  untuk mengembalikan dokumen yang terinfeksi.

  4. Disarankan memilih opsi Rename files daripada Deleted infected files, nanti jika dokumen sudah kembali normal baru dokumen yang sudah direname tersebut dihapus

  5. Jika file tidak berhasil di restore coba lihat Tips Penggunaan dibawah ini.

  6. Jika file terinfeksi tetapi masih juga belum bisa di restore, silahkan email atau memberitahu.

 

Tips penggunaan

Terkadang file yang di restore muncul keterangan infected… tetapi tidak berhasil di restore. Ini biasanya terjadi jika dokumen tersebut berada di flash disk. Hal itu menunjukkan bahwa kemungkinan file itu terinfeksi virus, tetapi tidak berhasil membacanya. Bahkan terkadang file itu tidak bisa dibuka dan dihapus. Maka alternatifnya, silahkan dipilih
file-file tersebut atau pilih semua file juga tidak mengapa, kemudian silahkan di rename ( klik Rename files ) dengan mengisikan ekstensi baru di kotak sampingnya ( sudah ada text vrs, atau bisa diganti dengan yang lain ). Jika sudah berhasil, maka file yang tampil akan berganti ekstensi dari *.exe menjadi *.vrs.

 

Setelah ekstensi file diganti baru lakukan restore file. Biasanya tips ini berhasil mengembalikan dokumen tersebut. Sedangkan file yang tidak terinfeksi dan terlanjur di rename menjadi *.vrs silahkan di rename lagi ke ekstensi asalnya misalnya *.exe ( rename dengan program ini juga, caranya silahkan dicari file dengan ekstensi *.vrs )

ebta

67 Comments

  1. ana dulu pernah nyoba -> dapet dari temen.
    tapi tidak bisa. (komputernya jadi lemot gitu).
    Apakah karena komputer ana yang 64 bit?

    Tidak bisanya kenapa ya ? Programnya yg tidak jalan atau tidak berhasil mendeteksi. Mungkin bisa diperjelas…
    Pastikan menggunakan Restore my files 1.0 RC2.

  2. Boleh minta source code-nya gak?

    Silahkan email langsung ke saya saja

  3. Saya pakai program handy recovery untuk restore file yg di delete itu, tapi filenya tetep aja tidak ada lagi, yg ada cuma yg udah jadi *.exe (udah terinfeksi virus), kalo file tersebut di buka, isinya memang ada, tapi format penulisannya udah beda, dalam tulisan tersebut sudah banyak huruf yang tidak bisa di baca.
    Saya masih belum tau gimana cara mengembailakan file word/exelnya biar utuh.
    Do you have any idea??

    Sudah dicoba dengan restore my files belum ?
    File yang terhapus memang terkadang walau bisa dikembalikan, tetapi datanya bisa saja rusak.
    Atau coba dikirim ke email saya

  4. kalo kompi kita pake avg7.5 flash disk yg ada virus exe nya langusng di delete. nah penggunaan nya gimana nih ? antara my restore file dgn avg itu. dan apakah kompi yg bersih tdk akan tertular virus dari flash yang ada virus exe nya itu (kspoold-kalo ga salah namanya ya)…mohon pencerahannya, jzkallah atas bantuannya.

    –zeni—-

  5. Setelah file-nya di rename.. file yang fixed dilihat dimana?

  6. File yang telah diperbaiki juga akan berada di lokasi yang sama, bisa dengan ekstensi .doc, .xls atau .dat jika tidak berhasil mendeteksi apakah file word atau excel. File dengan ekstensi .dat silahkan direname menjadi .doc atau .xls.

  7. setelah direstore ada sebagian file yang membutuhkan sofwarenya lagi seperti original windows XP Profesional untuk mengembalikan data tersebut, jika tidak dilakukan data tersebut akan hilang, apakah ada yang tau bagaimana untuk mengatasi problem tersebut ?

  8. thanks atas info dan fasilitasnya. aq udah coba nih restore file yg kena virus di fdisku…. nama2 file ditemukan tapi ga bisa dibalikin lagi soalnya sebelumnya aq sempat scan pake McAfee. ada solusi lain ga ya tuk balikin filenya…

  9. thx bro ! telah bagi-agi ilmu sama kita-kita
    manjur banget dan maknyusss 🙂

  10. Situ pinter banget makannya apaan bro ! ^^
    Gue bangga banget kalo ada orang indo sepinter ente

  11. Saya kemarin coba recover dg restore my file,tapi hasilnya gagal semua.Kenapa ya bung ebta? tolonggg ya…thx

  12. Oh ya, jika ketika recover file keterangannya OK fixed, tetapi file yang dihasilkan ukurannya 0 KB semua. Itu bisa dikarenakan Antivirus me-lock file ( misalnya AVG ), jadi sebelumnya, matikan dulu antivirusnya dan ulangi Restore file.

    Yang kedua, bisa jadi Flash disk sudah penuh, sehingga tidak ada space untuk meng-copy file yang dihasilkan, sehingga ukurannya 0 KB.

    yang ketiga, jika masih gagal, copy-kan file yang terinfeksi yang ada di flashdisk ke hardisk komputer dan restore. Biasanya hal ini berhasil ( matikan Antivirusnya terlebih dulu).

    Juga perlu diperhatikan…
    hendaknya ketika merestore, pastikan selalu di backup filenya ( Pilih Opsi Rename Files dibagian atas, jangan pilih Delete Infected filed. Jika sudah yakin berhasil maka file itu baru dihapus).

  13. Saya sekarang lagi coba restore 3 file yg sudah saya copy ke harddisk,tapi sudah sekitar 30 mnt statusnya analyzing terus Bung Ebta sampe skrg,sebelumnya statusnya not detected.kenapa ya bung? tolong lagi bung..
    tx b4

  14. Kalau bisa, mungkin coba kirimkan sample satu atau beberapa dokumen yang terinfeksi via email ke ebta_s di email yahoo.com.

  15. saya kemaren ada masalah, seluruh file doc/xls di flash disk saya terinfeksi virus .exe, saya coba scan pake Avast antivirus n dikenali sebagai Trojan…n otomatis didelete ama Antivirus-nya, bisakah saya restore ulang file2nya menggunakan Restore My Files???
    mohon bantuannya…
    Tx b4…

    Cona gunakan software recovery untuk mengembalikan file yang terhapus. Ada artikel mengenai hal ini di kategori software. Dan sebaiknya jangan digunakan dulu komputernya untuk menjalankan program atau aplikasi.

  16. sory ana boleh tau ngga bagaimana cara dapetin software ini? karena file ana juga kenvirus semua thanks ya

    Coba dilihat dibagian download. Disana ada software restore my files

  17. setelah direstore …file yang tadinya terinfeksi ko jadi hedden yah…? folder option dah di set show hidden…tetep gak keluar tuh…bisa bantu gak…? trims balas via email juga boleh.

    Coba hilangkan juga check di “Hide protected operating system files (recommended)”
    Juga bisa dibaca artikel ini http://ebsoft.web.id/?p=81

  18. salam…
    nah klo semua data hilang bagaimana,termasuk windows karena komp adik saya terjadi begitu, semua isi folder hilang semua hanya ada sedikit di sistem, yang lain hilang semua. pake get data back ketemu tapi file doc rusak semua padahal itu tugas2 penting adik. mohon solusinya…..

    Saya juga pernah mengalami hal serupa, bahkan semua drive di hardisk telah diformat.
    Tetapi data-data sebagian masih dapat diselamatkan, dan sebagian lain sudah rusak. Ketika itu menggunakan recovery dari bootable CD (sepertinya Get Data Back juga). Coba baca juga artikel ini :
    http://ebsoft.web.id/2007/12/10/gagal-me-restore-mengembalikan-file-yang-terhapus/

  19. —————————————-
    Find, untuk mencari semua file dengan ekstensi yang diisikan
    —————————————-

    Boleh minta source code nya “Find” (delphi) di atas ??
    atau gak di posting aja ….

    Thx before 🙂

    Silahkan download source code Restore my files di bagian download. Disana ada source codenya

  20. salam,

    saya mau bertanya.
    bagaimana cara untuk mengembalikan data yang terhapus setelah men-scan data dari virus. saya memakai AVG pada saat men-scan data penting saya. please… mohon bantuannya.

    Bisa digunakan software recovery.. silahkan dibaca artikel ini :
    http://ebsoft.web.id/?p=113

  21. saya simpan data penting di flash, ternyata datanya kn virus. lalu coba discan dengan ansav e.. ternyata data nya hilang semua bagaimn cr menrestore ya agar dt tersebt dpt diambl kembali..thanks ats bantuanya….

    Sebelumnya, flashdisknya jangan digunakan dulu…
    coba download salah satu aplikasi dari artikel ini http://ebsoft.web.id/?p=113 untuk melihat file-file yang telah terhapus untuk di recovery. Semoga berhasil..

  22. Mas yg sy hormati…sy sdh pake restore my files thd file2 ‘ penting’ flashdisk sy yg terinfeksi virus .exe mjd _vrs …spt saran mas, pertanyaan saya :

    1. Mengapa stlh mjd _vrs file2 itu hy berubah tampilan saja…dan jelas sy masih tak bisa membukanya…

    2. Apakah ada langkah2 lain stlh file2 tsb mjd _vrs? ( saya yakin ada yg salah/kurang dari ‘saya sendiri’ dlm memproses penyelamatan data tsb )

    Sblmnya saya ucapkan terimakasih atas dibuatnya situs yg sgt berguna ini…mohon email sy bila sempat…krn u/ mendpt jawabannya sy belum tahu hrs cari dimana dlm situs ini.

  23. Oya mas..file2 sy di flashdisk bukannya terhapus…tapi berubah/ terinfeksi mjd .exe semua (tampilannya mjd kotak2 spt amplifier tuh…ngeri amat…stress sy mas..sy ingin sekali tampilannya mjd file folder lagi spt awalnya…sementara ini sy br berhasil merubahnya mjd tampilan _vrs file)…oya mas..bila jwbn-nya tdk via email…biar sy buka situs ini lagi…semoga ada jwbn-nya segera…trima kasih & mohon pertolongannya.

    Ardh14n 08156199945

  24. Oya..satu lg mas (maaf)…dgn Restore My Files itu apakah hanya file berupa “word, excel, dkk” saja yg bisa diperbaiki? …sebab file di flashdisk saya ada juga ada file jpg, gif, audio, video, sampai software juga ada mas…tlg ya mas…trima kasih!

  25. Restore my files dibuat hanya untuk mengembalikan dokumen office yang terinfeksi virus brontok dan temannya ( untuk versi awal ketika meluas penyebarannya saja). Saat ini banyak teknik baru yang digunakan virus menginfeksi file, sehingga tidak ada jaminan Restore my files bisa mengembalikannya. Apalagi jika file tersebut dienkripsi oleh virus..

    Jika ada data sangat penting dan terinfeksi virus, coba dikirim ke email saya di gmail atau yahoo..

  26. Mksh jawabannya….sy jd tmbh ilmu, oya mas ebta…satu ya…kalau untuk data jpg, gif, serta audio/video yg ada dlm flash disk saya..pake software apa agar bisa sembuh dari virus *.exe itu?
    Saya sdh coba pake recover_files, namun yg terlihat setelah analyzing/serta undelete :
    – Path semuanya 0
    – Semua data tertulis ‘Tumpuk’
    – Semua memori data terlihat normal (jpg, gif, wmv,mp3,dll)
    – Semua informasi berwarna merah

    Data-data ( Folder2) di flashsisk tsb ketika di open spt biasa masih terlihat .vrs serta ketika dilihat properties-nya flashdish 1GB itu terlihat penuh (tinggal 9,98MB/ biru semua…serta tdk ada space wrana pink lagi sm sekali) padahal waktu sebelum terinfeksi virus masih ada sisa sekitar 154MB mas…
    Saya ingin mengembalikan folder2 itu agar kembali normal (kuning lagi)…gimana ya mas Ebta?

  27. Assalamu’alikum Wr. Wb.
    Mas tolong perbaiki Restore Myfile RC2, karena untuk file office yang terinfeksi KSpoold.tmp belum bisa di perbaiki. Terima kasih sebelumnya mas, Info di tunggu, atau kirim info ke dedehendriono@gmail.com.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  28. ass.saat ini komputer ana sering shutdown sendiri kemudian muncul gambar wanita rambut kriting.
    terus komputernya ga bisa diapa-apain…
    ketika di-restart paling bertahan maximal 10 menit, dan mati lagi muncul gambar itu lagi. antum tahu kenapa? solusinya?
    jazakumullah khoiron katsiiro.
    tolong dikiriim ke email ana.

  29. ass.saat ini komputer ana sering shutdown sendiri kemudian muncul gambar wanita rambut kriting.
    terus komputernya ga bisa diapa-apain

  30. thax…
    tas ilmunya..keren banget..buat nuammbah wawasan..
    salam buat tim eb soft…

  31. Salam,

    mau tanya dong, software ini bisa recover file .xls ato .doc yang diganti virus jadi scrap(.shs) gak?
    Kompie saya kena virus (kayaknya trojan backdoor), file2 office hampir berubah jadi scrap(.shs)…
    gimana ya balikinnya?

    Apa sudah pasti file tersebut kena virus, file scrap merupakan fasilitas di windows/office agar aplikasi satu dengan yang lain bisa kompatible. Coba file scrap tersebut di drag dan di tarik ke halaman Microsoft Word (jika file word).

  32. komputer q tu programnya kena virus semua, terus aku scan kok programnya jadi ilang semua? seperti “star, all program, dll” cara ngembaliin gimana ya? please jawab ya… jadi sekarang komputernya nggak bisa buat apa-apa.

    Coba booting dari CD dengan Bootable CD seperti Ultimate Boot CD for Windows (UBCD4Win), scan virus-nya dulu (dengan Antivir Personal atau antivirus bawaan yang lain), kemudian restore registry-nya ke kondisi sebelumnya. Untuk UBCD4Win bisa dibaca artikel Virus Removal dan Recovery CD, UBCD for Windows

  33. Saya sudah coba gunain restore my files, dah sy rename jadi *.vrs tapi Bung Ebta statusnya koq not detected kalo ga analyzing….kenapa ya mas? tolongin ya..
    thx

  34. Kalau seperti itu bisa karena beberapa hal :
    – File masih di lock oleh antivirus, misalnya AVG
    – Restore my files tidak bisa mendeteksi, karena mungkin virusnya tergolong baru. Apalagi Restore my files digunakan untuk virus kspool yang sudah cukup lama.
    – Dokumennya sudah di enkripsi atau diacak-acak oleh virus, atau itu bukan dokumennya lagi..

  35. maaf mas, mungkin tidak nyambung ya.
    Saya bingung mau mendownload ppt dari authorstream, bagaimana caranya? butuh banget nih untuk bahan pembelajaran di sekolah. makasih banget sebelumnya.

  36. Thx.. mas ebta software restore my files dah bisa aku praktekan buat bantuin temen yang kesusahan… makasih boss//

  37. thank mas file ku juga kena dan aku juga coba software yang mas info tapi aku ndak bisa lagi restore file vrs ke exe
    karena aku ada file program harkdisk , sebelumnya thank ya

  38. Mas program restore my files tempatnya ada dimana?saya dah muter – muter nyari di komputer saya gak ketemu!

  39. komputer qu kena virus image
    pke apa ya anti virusnya

  40. mas gmn cara ngebalikin dari format vrs ke xls nya lg ya?
    bingung saya mas…
    penting bgt…..

  41. file vrs sebenarnya merupakan file aslinya, yang sebelumnya exe. Bingungnya dimana ?
    Kemudian software ini dibuat untuk mengembalikan dokumen yang terinfeksi virus, yang sempat beredar luas sekitar setahun yang lalu, jadi saat ini tidak menjamin bisa berhasil.

  42. Bagaimana jika file doc/xls/ppt yang terinfeksi, yang ukurannya sudah berubah menjadi 0 KB dan kalau dibuka tidak ada informasi apa-apa, apakah file-file tersebut masih bisa direstore kembali / diselamatkan ? Karena File2 tersebut sangat penting isinya maka bantuannya sangat diharapkan. Saya menggunakan NAV 2005

    terima kasih sebelumnya

    salam

    Aan

  43. @aan
    Jika ukurannya 0 KB itu bukan file aslinya, coba di cek mungkin di hidden. Jika tidak ada, kemungkinan filenya sudah di hapus..

  44. boleh minta petunjuk untuk menginstall betwin? Q punya masalah seputar betwin, padahal setingan awal kedua monitor sudah bisa menyala semua, setelah configuration wizard hny monitor 1 yang nyala sedangkan monitor 2 tdk pernah menyala.

  45. Mas aq punya fd yg terinfeksi virus, sdh discan pake avira dan sdh didelete (atau mungkin q’tine, sory lupa. next aq scan lagi pake pcmav n kedapatan lagi virusnya termasuk autorun.inf nya
    nah yang bikin aq penasaran tuh begitu compnya aq set untuk bisa dilihat “protected operating systemnya” di fd jadi keliatan files wordnya (hidden). aq coba pulihkan tapi fasilitas hidden (klik kanan, properti,view)kok nggak bisa diklik ya. filesnya sih gak penting cuma pingin tambah ilmu aja sapa tau next bisa amat berguna.
    Tks pencerahannya.

  46. @barnan
    Iya itu namanya hidden system, gunakan saja tools Hidden file tools ( di halaman download)]
    atau melalui MS-DOS, ketik

    ATTRIB -s -h -r /D /S

  47. Saya kemarin scan virus pake AVG, tapi settingan AVGnya menginclude file yang ter password sebagai threat. jadi file saya masuk ke virus vault. tapi saya ga tau, pas saya hapus dari virus vault. hilang deh? Gmn dong?

  48. @Suharjo Bong
    saya kurang tahu pasti, tetapi mungkin bisa dicoba dengan berbagai software recovery yang ada

  49. need help
    file ms word saya berubah menjadi 0 kb
    kalau di buka,ms word minta di install karena ada file yang corrupte
    ada yang bisa bantu
    tq

  50. mas bisa kasih tau saya g’ aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk mempercepat koneksi internet dan kecepatan download walaupu bandwith sedikit lemot

  51. @thuser
    coba di repair installasi ms word

    @guntur
    coba masuk ke forum..
    sepertinya ada teman yang pernah membahas ini

  52. mas file office saya sih masih benar nama dan extensinya tp ketika di buka tampilannya jadi kotak – kotak ky bhs planet sy coba pke Restore my files tp ttp ga bsa buka tu file mhn bantuannya, tar tak krm deh filenya .
    syukron jazilan

  53. mas, folder fileku semua berbentuk aplikasi. klo dibuka mala g bisa. tolong dong mas cara kembalikan datanya gimana??????
    pls

  54. tolong dong.. saya sudah pakai restore my files dan sudah melakukan petunjuknya.. tapi data saya tetap tidak bisa kembali…

    semua data yang terinfeksi adakah skripsi saya..
    tolong ya…

  55. Kalo cara U/Ngembaliin format Jpg yang Terkena virus Bagai Mana???
    Ciri2 Kerusakan File nya… : File menjadi Huruf,simbul2yg gga jelas gitu….. dan file nya ngga bisa di buka….

  56. om ,maaf om mo nanya nih bagi aku pntg bgt jawabanya,kompiku kena virus trs udah aku sacn pke avira,trs program windosnya masih bisa di buka di shorcut destop,tapi di drive c gak ada semua program2nya/apa bisa di tampilkan lagi om di drive c nya,trs carane gmn om tolong bgt om,aku orang awam yg baru bljr kompi,bls cpt y om!! di emailku

  57. Bagaimana cara mengembalikan data word dan excel yg jadi kotak – kotak

  58. as..tolong bantuannya..data yang terkena virus ukurannya lebih dari 20mg. tidak dapat direstore..

  59. mas mau tanya niy. file saya bentuk .doc gak tau kenapa apa kena virus ataupun rusak dgn sebab lain. terus kalau dibuka munculnya kotak dialog yang isinya kotak2, tertulis (file conversion) yang saya tanyakan gimana siy caranya kembalikan file tersebut!! makaci

  60. mas.. mau tanya
    ms.word,excel,powerpoint saya bisa dibuka tetapi tidak bisa diketik,diedit,disave,dll…
    ada bacaan “This command is not availble because the document is locker for edit” itu kenapa ya?

Comments are closed.