29

5 Cara Menghemat Bandwidth Internet, mempercepat browsing

Ada situasi ketika menggunakan internet kita harus benar-benar hemat dengan penggunaan bandwidth (banyaknya data yang kita gunakan). Misalnya pengguna modem yang perhitungan biaya bersasarkan quota (entah itu dalam ratusan MB atau GB). Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat bandwidth plus mempercepat browsing.

1. Menggunakan Opera Turbo

Opera Turbo merupakan fitur dari Opera Web browser. Jika Opera Turbo di aktifkan, makan pada dasarnya trafik internet akan melalui Opera server dan di kompress sebelum dikirimkan ke komputer kita. Halaman web yang di kompress pada umumnya relatif lebih kecil, sehingga menghemat dan juga bisa mempercepat browsing internet.

Opera menawarkan 3 opsi, mematikan opera turbo, mengaktifkan atau otomatis mendeteksi jika koneksi jaringan lambat, opera turbo aktif dan sebaliknya. Untuk mengatur Opera Turbo, klik icon kecil di status bar web browser Opera.

2. Mengubah User Agent Web Browser

Sebagian website akan melakukan pengecekan ketika ada pengguna yang membuka websitenya, apakah pengguna mengguna komputer, gadget (android, iPhone, iPad, blackberry) dan atau menggunakan web browser tertentu. Pengecekan biasanya dideteksi melalui user agent yang digunakan oleh web browser. Melalui user agent ini Website juga akan membedakan ketika dikunjungi melalui perangkat yang berbeda, biasanya jika dibuka dari gadget, tampilan akan lebih minimalist sehingga data juga tidak banyak, lebih berfokus pada konten saja.

Dengan menggunakan browser seperti Firefox atau Chrome, kita bisa mengubah user agent sehingga ketika kita membuka website, kita dianggap seperti user agent yang kita pilih. Untuk Chrome sejak versi 17 bisa menggunakan tools bawaannya, melalui setting di web Developer (Ctrl + SHift + I) atau bisa juga menggunakan add on seperti User-Agent Switcher for Chrome Untuk Firefox, bisa menggunakan Add-on User Agent Switcher

Cara ini mungkin tidak selalu berhasil, tetapi patut dicoba bagi yang ingin bereksperimen bagaimana tampilan website jika dilihat dari perangkat atau web browser yang berbeda.

3. Menonaktifkan beberapa fitur web browser

Beberapa fitur web browser bisa di nonaktifkan untuk menghemat penggunaan bandwidth. Misalnya ketika ingin membaca artikel saja dan kita tidak membutuhkan gambar, disetiap browser biasanya ada opsi untuk tidak menampilkan gambar. Selain itu, untuk website yang tidak interaktif, fitur javascript juga bisa di non aktifkan. Tetapi jika membuka web yang kompleks seperti Facebook, jika fitur javascript tidak diaktifkan, kemungkinan kita tidak akan bisa memanfaatkan fitur-fiturnya.

4. Matikan plugins atau add-on web browser

Ada sebagian add-on atau plugins web browser yang senantiasa koneksi ke internet baik untuk mengupdate mengambil data atau informasi tertentu atau lainnya. Plugins Firefox yang mengecek ranking sebuah wesbite disetiap alamat web yang kita buka, biasanya cukup memberatkan loading web yang kita tuju. Ada baiknya plugins seperti ini hanya diaktifkan jika memang diperlukan saja.

5. Menonaktifkan Scanner Link (URL) website antivirus

Antivirus biasanya menyertakan fitur untuk melakukan scan terhadap link atau URL yang dikunjungi. Jika hanya satu atau beberpa web saja mungkin tidak masalah, tetapi kadang setiap link hasil pencarian google discan dengan fitur ini. Meskipun fitur ini disatu sisi bermanfaat, tetapi terkadang cukup memperlambat loading sebuah website. Jika kita mengunjungi halaman web yang relatif aman dan memang ingin menghemat bandwidth internet plus mempercepat loading sebuah website fitur ini mungkin bisa di nonaktifkan.

29 Comments

  1. terima kasih infonya bro…, bermanfaat dan ini akan jadi amal sholeh anda. wasalam

  2. Mohon bantuan
    mohon bantuan donk, saya punya pc pake windows 7..
    saya cuma ada 1 user d pc itu. tapi tiba tiba ko, user nya pindah ke (temp//nama profile)
    akibatnya setiap buka pc selalu masuknya keuser itu trus.
    padahal udah saya coba hapus, tp setealh restar tetep aja.
    terimakaish..

  3. Sekedar sharing, silakan coba akses internet dg perantaraan server http://mlvb.net Dia berfungsi mirip opera mini yg mengkompres website shg berukuran kecil dan ditujukan utk perangkat mobile. Namun mlvb ini bisa digunakan baik pd browser pc maupun mobile. Cocok utk hemat bandwidth sekedar baca2 web dan tidak membutuhkan fitur flash dan sejenisnya.

  4. Mas, terima kasih banyak atas info yang sangat bermanfaat, khususnya bagi kami yang koneksi internetnya super lelet.
    Akan saya pelajari dan praktekan.

  5. tambahan mas ebta.. buat browsernya enakan pake chrome versi 23, dngn ntu kita bsa ngatur konten apa yg ditampilin/ diblok dngn mngklik bagian dekat url.. plus tambah addon flashblock, dan adblock.. 🙂 lebih ajib..

  6. tambahan, saya pake firefox dengan add-on modify header, mirip user-agent switcher

  7. tips yg bagus mas ebta, kalo saya biasa pake opera mini di desktop, runningnya pake microemulator, terbukti hemat bandwidth

  8. Mau bagi-bagi info juga. Hate-hati kurus bhs inggris. Bisa bisa kita tertipu kalo gak hati-htai. berikut Ini tipsnya memilih kursus bahasa inggris:
    1. JANGAN mau kalau disuruh membayar KONTAN dimuka untuk biaya kursusnya, Karena itu BUKAN JAMINAN suatu kursus kwalitasnya tidak ABAL-ABAL.
    2. Kalau ternyata kursus tsb terbukti ABAL-ABAL, atau Anda tidak bisa datang kursus karena berbagai sebab, Anda tidak akan pernah bisa MENGAMBIL uang Anda kembali dengan ALASAN APAPUN!
    3. JANGAN MAU aPABILA diminta membayar DP atau Tanda Jadi dengan alasan peserta kursus untuk bulan ini dibatasi atau bulan depan harga kursus naik, JANGAN MAU! Selama dua tahun lebih saya mengamati Lembaga kursus semacam ini, ternyata tidak pernah membatasi jumlah siswanya! Biaya kursuspun dari dulu sampai sekarang tetap sama mahalnya, naik turun selisih seupil saja! Apa sih namanya lembaga kursus bahasa Inggris tsb? Cari saja iklannya di koran-koran! Tiap hari terbit kok.
    Ingat! English is easy to speak and cheap! Bhs Inggris itu mudah dan murah…. murah!
    Cerita lngkapnya ada di
    http://english-hot.blogspot.com

  9. oo. ternyata begitu..
    pantes aja pls gwe cpet abis..
    smua add ons nya aktif..

    makasih sob..

  10. thank gan infonya.. modem ane gila borosnya..kalo mau kunjugi blog ane gan, buat referensi duniakuteknologi.blogspot.com

Comments are closed.