37

Software gratis Sumatra PDF, Kelebihan & Kekurangan

Dokumen PDF pasti tidak asing lagi bagi kita, dan salah satu program yang banyak digunakan untuk membuka/membaca PDF mungkin adalah Acrobat Reader. Tetapi sebagian kita mungkin juga tidak asing dengan pembaca PDF yang minimalist dan mempunyai ukuran sangat kecil + ringan Sumatra PDF.

Diantara berbagai software gratis pembaca PDF yang paling populer adalah Sumatra PDF, terutama karena sifatnya yang ringan, tersedia portable dan tidak banyak memakan memori komputer (tidak memberatkan). Sumatra PDF juga menjadi salah satu software di komputer yang saya gunakan, karena beberapa keunggulan dibanding PDF Reader lainnya.

sumatra-pdf-reader

Kelebihan Sumatra PDF

Setelah menggunakan softwre ini selama beberapa tahun terakhir, ada beberapa kelebihan yang saya rasakan dibanding software lainnya semisal Acrobat Reader, antara lain :

  • Ukuran yang kecil, sehingga ringan berjalan dan ringan di memori komputer (RAM)
  • Tersedia versi portable, sehigga mudah disertakan didalam flashdisk
  • Pencarian yang jauh lebih cepat, terutama jika dibandingkan dengan Acrobat Reader. Saya biasa membuka dokumen PDF yang halamannya mencapai ribuan dan ketika melakukan pencarian, Sumatra PDF dapat mencari jauh lebih cepat dari Acrobat Reader.
  • Menu minimalist, cukup nyaman ketika kita hanya ingin membaca dokumen PDF

Dari berbagai kelebihan diatas, yang paling saya apresiasi adalah ringan dan kemampuan pencarian yang cepat.

Kekurangan Sumatra PDF

Ada kelebihan tentu ada kekurangan, demikian juga selama menggunakan Sumatra PDF, ada beberapa kekurangan, sehingga jika membutuhkan fitur ini kita sebaiknya menggunakan pembaca PDF lainnya. Diantaranya :

  • Fitur minimalist, karena memang Sumatra PDF berfokus untuk membaca PDF saja. Sehingga jika kita ingin mengedit PDF, mengisi form, menambahkan anotasi dan lainnya, sebaiknya menggunakan software lainnya semisal Acrobat Reader atau Nitro Reader
  • Menampilkan halaman dokumen pada saat awal membuka PDF kadang terasa lambat (proses rendering). Tetapi ketika dokumen sudah pernah dibuka sebelumnya, dokumen PDF akan terbuka secara instan (sangat cepat).
  • Opsi print atau cetak dokumen tidak selengkap software lainnya. Jika ingin mencetak dokumen PDF dengan banyak opsi, saya bisanya menggunakan Acrobat Reader

Melihat beberapa perbandingan diatas, terlihata masing-masing sebenarnya mempunyai keunggulan dari sisi mana kita membuka/mengolah dokumen PDF. Jika kita hanya ingin membaca dokumen PDF, tanpa perlu edit dan dokumen ini sering dibuka, plus kita sering melakukan pencarian, Sumatra PDF sepertinya pilihan yang tepat, karena lebih unggul dari berbagai sisi. Tetapi ketika ingin mengedit PDF atau mencetak-nya dan ingin banyak opsi, sebaiknya menggunakan program lainnya.

Demikian sedikit berbagi pengalaman ketika menggunakan software pembaca PDF, semoga bermanfaat. Silahkan jika ingin berbagi pengalaman lainnya.

37 Comments

  1. Mas… kapan-kapan bahas donk Converter PDF gratisan yang bagus… TIA

  2. sumatra pdf juga bisa utk membaca file ebook dg extensi djvu (.djvu)

  3. emang bener mas, klo hanya tuk baca doank sumatra pdf udah lebih dr cukup…

  4. Sementara masih pake PDF X-Change Viewer. Udah cukuplah..

  5. Sumatra PDF memang simpel. Tapi saya lebih menykai Foxit Reader 6. Grafisnya lebih menarik, seperti Office 2013.

  6. Kalau sekadar mencari pembaca PDF yang gratis dan ringan namun tetap andal, cobalah Anda sekalian menengok STDU Viewer.

    STDU Viewer

    Keduanya sama-sama tersedia dalam bentuk instal ataupun portabel. Ditinjau dari segi ukuran pun bedanya tidak jauh-jauh amat–STDU Viewer lebih besar sekitar 0.5 MB.

    Fitur-fitur yang disematkan dalam STDU Viewer tidak kalah jika diperbandingkan dengan Sumatra PDF, bahkan lebih unggul di beberapa sektor, antara lain sanggup membuka lebih banyak tipe berkas dokumen dan mencirikan tiap-tiap dokumen yang didukung tersebut dalam ikon yang berbeda. Di samping PDF, DjVu, dan XPS, STDU Viewer dapat digunakan untuk membaca dokumen berekstensi FB2, TXT, Comic Book Archive (CBR atau CBZ), TCR, PalmDoc(PDB), MOBI, AZW, EPub, DCX, plus beberapa berkas citra (BMP, PCX, JPEG, GIF, PNG, WMF, EMF, PSD). Satu keunggulan STDU Viewer yang paling signifikan ialah manajemen tab, yakni berkas-berkas yang dibuka bisa tersaji multitab dalam satu jendela yang sama serta tab berwarna. Fitur yang satu ini telah diakui mungkin tak akan pernah diadopsi oleh Sumatra PDF.

    Satu kekurangan yang ingin saya garis bawahi di luar kemampuan penyuntingan adalah kemampuan untuk membangkitkan pratilik shell. Yang dimaksud “shell” di sini adalah pemanfaatan ActiveX Internet Explorer guna membangkitkan tilikan pada file manager. Jika Anda mengaktifkan panel penilik Windows Explorer, Anda akan menemukan versi mini dari PDF yang bersangkutan dan langsung membacanya di situ. Para pengguna Adobe Reader ataupun PDF X-Change Viewer sudah tidak asing lagi dengan fitur ini. Untuk Sumatra PDF, kemampuan shell-nya belum mantap, masih dalam tahap membangkitkan gambar mini (thumbnail) tanpa bisa dizum sedangkan pada STDU Viewer hal seperti ini belum ada sama sekali.

    Tidak lupa pula, prinsip “gratis” yang dianut kedua program yang saya angkat ini mengandung artian yang berbeda. Gratis dengan Sumatra PDF berarti Anda-Anda diizinkan untuk memakainya tanpa syarat dan ketentuan apa pun sementara STDU Viewer gratis untuk pemakaian nonkomersial. Dengan kata lain, boleh jadi Anda harus mendaftar untuk menggunakan STDU Viewer di lingkungan kerja.

    Jadi siapa tertarik menjajal STDU Viewer? Mas Ebta, mungkin? 🙂

  7. #17 Technonesia
    Terimakasih atas masukan yang sangat banyak..
    segera saya coba insyaAllah

  8. Wah, aku juga pake SumatraPDF, karena support mobi, epub, djvu, yah tipe2 dokumen yg paling sering dibuka lah. Aku juga pake itu buat nge-print chm.

  9. kalo mo nyejajarin dg Acrobat X, aku mending Foxit Phantom yg Bussiness tuh

  10. wah review yang sangat membantu nich gan,..sebenarnya saya sendiri belum penah memakainya,. namun saya tetap menjatuhkan pilihan pada acrobat pro 6.0 meskipun versi jadul namun itulah yang saya miliki dan yang dapat saya maksimalkan,. salam kenal dari MANIAK SOFTWARE PC

  11. mas, kenapa saya tidak bisa akses yahoo.com dan gmail.com juga google dari firefox beowser saya. saya update ke yang terbarupun sama? tx

  12. beberapa warnet tidak menginstal aplikasi pembaca pdf, karena ukurannya yang kecil. sumatra pdf portable jadi aplikasi alternatif yag saya pakai

  13. maaf pertanyaan saya agak melenceng om. saya baru-baru download pdf converter. trus hasi convertnya berantakan. kira-kira aplikasi apa yang bagus untuk convert pdf?

Comments are closed.