7

Video tutorial Delphi "using KOL Component"

Salah satu keunggulan Delphi dibanding kompiler lainnya adalah dukungan komponen tambahan ( VCL ) yang sangat banyak, bahkan bisa dikatakan melimpah. Tetapi ada komponen delphi non VCL yang sampai saat ini banyak dan sering saya gunakan di project yang saya buat, namanya KOL. Bagi yang belu tahu, silahkan dibaca artikel-artikel berikut :

Atau lihat langsung websitenya http://kolmck.net


Video Delphi Tutorial

 

Dengan komponen ini, kita bisa membuat aplikasi sangat kecil, cepat dan efisien. Sebuah form kosong hanya berukuran sekitar 13.5 KB dan tidak memerlukan library tambahan lainnya. Beberapa teman mungkin kesulitan menggunaan komponen ini, karena memang tidak seperti komponen VCL. Berikut tiga video tutorial dasar menggunakan KOL.

 

Video turorial berikut dengan ukuran layar 800×600 dalam format wmv ( untuk menghasilkan file yang cukup kecil). Capture tampilan dengan Camtasia Studio.

  1. Empty form using KOL ( 1.2 MB, durasi 1 menit 56 detik )
  2. Reduce the exe size using sysdcu ( 894 KB, durasi 1 menit 57 detik )
  3. Using Icon ( 1.3 MB, durasi 2 menit 25 detik )

Tutorial di kompres dalam format 7z, sehingga diperlukan aplikasi seperti 7zip untuk mengekstrak tutorial ini.

 

7 Comments

  1. mas aku sudah instal power zip 7 sampai zip 10 tetap aja filenya gitu ga bisa di buka,trus numpang tanya mas saya pake delphi7 dapat beli ditoko bajakan jika saya membuat sofware atau program gratisan dan disebarkan diinternet kaya mas apa tidak akan ada masalah

    Coba gunakan 7zip ( http://www.7-zip.org/download.html ).
    Aplikasi ini opensource dan sangat saya recomendasikan. Saya cukup lama tidak menggunakan Winzip dan Winrar karena aplikasi ini sangat bagus dan gratis..

  2. Bisa juga pakai exe compressor bang. yang mana support dengan program delphi. dan hasilnya bisa kecil dan tidak bisa reverse code atau dilihat sourcenya.

    Tapi bagus artikelnya buat referensi ­čśÇ

  3. Ya.. hasil exe inipun juga bisa diperkecil lagi dengan exe compressor seperti UPX..

    Cuma yang perlu diperhatikan, sebagian antivirus masih menganggap file exe yang dikompresi sebagai virus, trojan dan semacamnya, sehingga harus hati-hati.

    Program shollu saya dulu pada awalnya saya kompress, dan oleh beberapa antivirus langsung dihapus, karena dianggap virus. Meskipun sudah banyak antivirus yang bisa mendeteksi, tetapi sebagian masih phobia…

    Dan exe compressor yang terbaik dan gratis menurut saya adalah UPX

  4. MAS EBTA,
    saya tertarik belajar delphi, bisa ndak saya pesan
    # CD video tutorial Delphi + Turbo Delphi
    # DVD Delphi Resources versi 1 atau 2

    tolong e-mail saya ya kalau ndak bisa?

    trim’s

  5. MAS TOLONG AJARI INSTALL kol DONG???? because kemari saya install, dah msuk pada panel delphi tetapi setelah saya coba buat berdsarkan video itu ternyata muncul pesan error yang menyatakan bahwa :
    [Fatal Error] Unit1.pas(11): File not found:

  6. iya mas tolong ajarin caranya install kol coz wkt aq coba install ada komponen yang ilang/g ada …..oia sekalian mw tanya apakah di delphi ada komponent yang namanya vc++……trimakasih

Comments are closed.