47

Analisa dan percepat waktu booting komputer dengan Soluto

Proses booting (memulai) komputer yang lambat biasanya terjadi karena banyaknya program yang di install dan otomatis berjalan ketika windows mulai dinyalakan. Meskipun kita bisa melihat apa saja aplikasi atau program apa yang dijalan (misalnya dengan software autoruns), tetapi kita tidak tahu berapa lama waktu yang diperlukan.

Dengan sofware gratis bernama Soluto, kini kita bisa memeriksa perkiraan waktu booting setiap aplikasi yang ada di windows.

Proses booting atau mengaktifkan windows kadang menjadi tanda tanya besar bagi sebagian kita, terutama ketika proses ini memakan waktu cukup lama, dan kita tidak tahu sebenarnya aplikasi apa yang memakan waktu cukup lama tersebut. Soluto, merupakan software yang dibuat untuk memeriksa waktu booting windows dengan informasi cukup detail.

Saat ini (ketika artikel ditulis), Soluto masih dalam versi beta, artinya versi yang dirilis masih belum final, jadi kemungkinan masih ada kekurangan di sana-sini. Meskipun setelah saya coba, bisa berjalan lancar tanpa ada masalah.

Download dan Installasi Soluto

Untuk bisa menjalankan Soluto, minimal menggunakan Windows XP SP2, dengan 512 RAM. Bisa berjalan di windows Vista dan Windows 7 (baik 32 bit atau 64 bit ). Aplikasi harus di install dengan pengguna (user) yang mempunyai hak akses administrator. Selain itu juga diperlukan koneksi internet.

Soluto dapat di download dari http://www.soluto.com/Download/, klik saja tombol download. File ini hanya berukuran sekitar 872 KB. Setelah selesai jalankan program ini untuk memulai proses installasi.

Untuk versi beta, untuk dapat menginstall, diperlukan koneksi internet, jadi program akan download file-file yang diperlukan dari internet. File yang di download sekitar 7 MB. Selain itu di komputer harus sudah terpasang Microsoft .NET Framework ( tidak dijelaskan secara detail versi berapa, tetapi sepertinya versi .NET Framework 3.5 )

Tunggu sampai proses download selesai. Setelah selesai proses intallasi, komputer harus di restart agar aplikasi bisa berjalan.

Penggunaan Soluto

Setelah di install dan komputer sudah reboot (restart), jalankan Soluto. Pastikan komputer terkoneksi ke internet. Jika tidak ada koneksi internet, maka hasilnya tidak akan bisa tampil. Soluto akan terkoneksi internet dan mencari informasi dari databasenya (PC Genome), setelah selesai akan ditampilkan informasi seperti berikut :

Akan tampil daftar aplikasi dengan warna hijau, orange dan abu-abu. Ketika mouse di dekatkan maka akan ditampilkan informasi lebih detail termasuk perkiraan waktu booting. Warna hijau menunjukkan bahwa aplikasi ini bisa di non-aktifkan dari proses booting. Warna Orange ini terserah pada kita, kemungkinan bisa di non aktifkan. Sedangkan warna abu-abu, merupakan proses penting, sehingga tetap dibiarkan saja.

Untuk menon-aktifkan aplikasi, tinggal pilih menu pause di daftar aplikasi yang ditampilkan. Untuk lebih jelasnya dapat melihat video tutorial berikut :

ebta

47 Comments

  1. wah mantaP…mantap…… terimakasih mas Eb,seperti biasanya ijin downloadnya yah hehehe…….

  2. waduh…. sayangnya harus terhubung ke internet……
    hmmmmmm…..

  3. mas mana blog wordpress ditunggu nee…??

  4. bagus sih tapi saya gak punya koneksi ke internet tapi maksih akan informasinya oke 🙂

  5. hmm, sayang harus konek ke inet..
    tapi thx buat infonya mas..

  6. nie mas torik ph ya wah kykna penggemar website nie jg hehe….

  7. Pingback: Analisa dan percepat waktu booting komputer dengan Soluto | Software
  8. Thanks mas ebta…..nama programnya kok mirip nama orang jawa, apa yang bikin itu orang jawa yach…? mungkin harusnya nama programnya itu SUROSO Atau PURWANTO khan…lebih mantab……

    Oke mas thank’s u…..sekarang mau saya download trus ta praktekin……kebetulan dirumah PC ku kalo dinyalain lambat banget…

  9. Thx. Komp ane lambat banget pas booting. Thx bngt infonya.
    BTW ngga’ ada yang Offline Installer ya?

  10. Wah bagus sekali softwarenya mas, kebetulan proses booting komputer saya lagi lemot, thanks tutorialnya… 😀

  11. ok3 mas udh sya cba utk prtama kli kan hrs ke internet stlh itu prlu koneks1 internet mksh mas infonya mas itu xilisoft converter video itu license nya smpai kpn trs apa bdnya/keunggulan nya dgn winx hd video converter tp1 sya lbh ska pkai winxhd pnjelasn nya lngkp klau xilisoft krng thx mas ebta

  12. Mksh infona, Kang! Langsung donlot aja ah, mau nyoba.

  13. @cerita motivasi
    penggunaan RAM saat tidak terpakai di komputer saya sekitar 13 MB

    @lintaskomputer
    Iya, masih belum jadi
    belum punya banyak awktu luang..

    @Tohir
    Ya, mungkin terinspirasi orang jawa.. 🙂

    @mMamen
    belum ada versi offline ketika artikel ini dibuat

    @Saeful
    Saya menggunakan .NET versi 3.5 sudah bisa kok

    @ F3rd1n@ndus
    kalau xilisoft belum tahu sampai kapan masih berlaku… tidak ada keterangannya

  14. mas aku cuma repair windows aja koq bootingnya jadi lemoot gitu ya?? masalahnya apa? padahal program yang gak perlu udah gw nonaktifin semua. sama sebelum windowsnya di repair.

  15. info yang sangat bermanfaat kawan…..
    saya kira cuma perkiraan booting saja,ternyata software ini dapat memprediksi waktu booting setiap aplikasi.mantap ni kawam,terimakasih sudah share ya 🙂

  16. @cerita motivasi
    bukan sekedar MSConfig, tetapi punya fitur lebih detail, seperti lama waktu yg diperlukan masing-masing program, informasi detail dan lainnya

    @Ady Bangun
    lambatnya ketika sudah masuk windows (sudah tampil) atau ketika loading dg logo windows itu ?
    coba dicek dengan masuk ke safe mode

  17. pas install yang terakhir bagian download kok ga bs ya ada tulisan well this is embarrasing … error 72151 mohon bantuannya mas

  18. wah…banyak sekali ilmu yang saya dapat disini…terus berkreasi mas ebta….

  19. saya g bisa neh mas…waktu analyzing….luama banget….trus da lama tiba tiba hilang,g ada tampilan kyk gmbr gmbar mas to….

Comments are closed.