47

Hati-hati dengan berbagai "Antivirus Palsu"

rogue - fake antivirus

Beberapa waktu terakhir muncul banyak “Antivirus Palsu” yang bisa berbahaya jika terinstall di komputer. Jika kita sedang browsing dan tiba-tiba muncul pesan untuk menginstall program atau antvirus tertentu atau pesan bahwa komputer kita terinfeksi virus, trojan, spyware dan sejenisnya, maka harus berhati-hati, bisa-bisa komputer kita di install antivirus palsu.

Mengapa Antivirus palsu ? karena melihat tampilan dan proses kerjanya, kita akan yakin bahwa program ini benar-benar antivirus atau anti spyware, malware dan sejenisnya dan hampir tidak tampak bahwa program ini menyimpan maksud tertentu diluar tampilannya yang terkesan antivirus.

Dalam dunia Virus-Antivirus (security), program ini masuk dalam kategori Rogue Security Program, yaitu software yang mengaku men-scan/mendeteksi malware ( virus, trojan, worm, spyware dan sejenisnya) atau berbagai masalah lain di komputer, tetapi pada dasarnya berusaha menipu atau mendesak penggunanya untuk membeli program tersebut dengan cara menganggu, menampilkan pesan yang tidak benar tentang kondisi komputer, menampilkan hasil scan yang tidak benar dan sejenisnya. Terkadang aplikasi ini ter install tanpa sepengetahuan pengguna atau tanpa ijin.

Coba dilihat beberapa contoh tampilan program yang mirip antivirus berikut (image credit by sunbeltblog.blogspot.com):

Windows Antivirus

Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah Windows Antivirus 2008, info.
Alamat website Windows-av. com

Micro Antivirus 2009

Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah MS Antivirus, info
Alamat website Microantivirus2009. com

Antivirus Security

Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah XP Antivirus, info
alamat website Antivirussecurity-solution. com

XP Protector 2009

yang juga merupakan clone dari Antivirus XP 2008

Total Secure 2009

Alamat website Totalsecure2009. com

AntiSpyware Pro XP

Aplikasi ini merupakan clone dari Antispyware 2008 XP

Antivirus Lab 2009

Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah Antispycheck. Beralamat di Viruslabs2009. com

AntiVirProtect

alamat website : antivirprotect(dot)com

Jika melihat tampilan contoh-contoh diatas, mungkin tidak terpikir jika produk-produk tersebut merupakan produk yang harus diwaspadai. Masing-masing produk tersebut mempunyai tingkat atau level bahaya yang berbeda-beda.

Meski sebagian mungkin hanya menampilkan pesan agar membeli program tersebut, tetapi sebagian lainnya mempunyai tingkat bahaya yang cukup tinggi, seperti membuka celah keamanan komputer, menganggu koneksi jaringan, modifikasi file sistem, mengumpulkan informasi pribadi, menggunakan banyak resources CPU/Memory komputer dan sebagainya.

Jika di komputer terdapat salah satu program diatas atau antivirus yang belum dikenal (asing / belum terpercaya), maka sebaiknya program tersebut di uninstall. Berbagai informasi tentang software sejenis juga dapat ditemukan di alamat http://sunbeltblog.blogspot.com. (http://ebsoft.web.id)

Sumber http://sunbeltblog.blogspot.com

ebta

47 Comments

  1. wah makasih banyak neh mas infonya, akhir akhir ini saya menemukan banyak kasus yang seperti ini, menscan secara online dan menyatakan ada virus yang terpasang di komputer, padahal scanner itu yang virus

  2. makasih atas infonya. bagaimana haknya dengan spywarebegone, asal dari microsmartllc.com, ini palsu ataukah bukan?

  3. wah gua sering nemuin masalah kaya gini ternyata seperti itu ya…hmm..
    thanks atas informasinya

  4. wah infonya agak telat soalnya aku udah dibuat pusing oleh anti virus 2009 bulan agustus lalu, tapi its karena ada daftar software sejenis yang perlu diwaspadai. thanks.

  5. wah infonya agak telat soalnya aku udah dibuat pusing oleh anti virus 2009 bulan agustus lalu, tapi its oke karena ada daftar software sejenis yang perlu diwaspadai. thanks.

  6. bisa nggak kompie aq kena virus.. cuz memory CPU jadi kepake 100% pdhl gak dipake apa2 alias idle.. tak coba pake AV gak detect.. solusi?? ehh sorry agak OOT.. masalahnya ngeliat di post anda ada tulisan “menggunakan banyak resources CPU/Memory komputer”…
    makasih

  7. yup bener banget. baru kemarin ana format ulang komputer gara-gara anti virus palsu itu. yang ganggu ana merknya micro AV
    bukan hanya ganggu tapi juga bawa trojan ke komputer ana sampe AVG ana di nonaktifkan. pokonya ancur dah komputer ana kemarin lusa.

  8. Assalamu ‘alaikum….
    Syukron atas ulasannya, akhi al-kariim. ternyata tdk sedikit yg sudah jadi korban. Untuk teman2, pastikan Anda download Antivirus dari sumber yang terpercaya….
    Bravo ebsoft…

  9. wihhhh kurasa cuman software ja yang bajakan…we alah kok da antivirus yang bajakan…thankz yach kang informny…stay inform yach

  10. @agus (#3)
    Coba di cek informasinya / seach di blog sunbelt, atau bisa juga lewat google

    @embuhh (#7)
    bisa saja, coba di cek di task manager, aplikasi / process apa yang sering menggunakan CPU sampai 100%,,

  11. Jazakallah infonya….
    Akhir-akhir ini di kompi-ku muncul virus yg menamakan ‘google.htm’, dan virus tsb membuat aplikasi office jadi shortcut. saya sdh pake symantec & kaspersky tp tdk bisa, adakah antivirus yg bisa mengatasinya…

  12. iya mas ebta, saya jg prnah nemuin kasus sperti ini di warnet, kebetulan warnetnya ga pake antivirus sama sekali, pke nya deepfreeze aja. pas di rumah discan pke Avira kedetect Trojan. langsung saya delete!!

  13. tapi klo kompi kita selalu up to date antivirusnya, rasanya gak akan ada Antivirus palsu ini. walaupun pakai antivirus free macam Avira free atau Avast home.

  14. assalamu’alaikum
    crew web ebsoft, terima kasih atas infonya, karena sebelumnya pernah mengalami hal tersebut. dan memang dugaan saya benar itu merupakan sejenis virus atau malware.thanks

  15. mas… mkasih banyak juga atas informasinya,
    dan aku mau tanya apakah contoh tampilan antivirus diatas semuanya palsu karena leptopku pakai salah satu dari anti virus yang mas contain tp aku ngambil aplikasinya itu dari http://www.softpedia.com yang sudah terknal dengan inovasi”nya, tlong bls scptnya klau bnar gt entr akn saya langsng uninstal itu program mksih….

  16. Saya Posting Lagi Ya Artikelnya di blog saya, Nanti Saya Sponsorin, Temen Saya Pada suka liat blog buat liat virus baru, Memang Kebanyakan Isi Blog saya Tentang Virus, Makanya Saya Ambil Artikel ini karena saya nilai sangan bermanfaat, Oke

    Saya Minta Izin Dari Anda Ya…

    Kalau ada Waktu Silakan Kunjungi Blog Saya…

    http://azharnineteen.blogspot.com/

    Salam…

    Azhar Riztekki
    (azharrizteki@hotmail.com)

  17. @ubed
    Wah kalau softpedia menyertakan download, mungkin beda versi, atau mereka mungkin bisa saja salah mengetest..
    Lebih baik di uninstall saja, ganti dengan antivirus yang jelas terpercaya saja

    @Azhar Rizteki
    Silahkan, asal disertakan linknya dan gambarnya tidak langsung me-link ke ebsoft ( hot linking ) karena ikut serta menambah beban server ebsoft..

  18. Assalamualaikum

    Info tambahan.
    Untuk mengecek perkembangan antivirus/spyware palsu ini, silahkan dilihat di http://www.malwaredatabase.net. Infonya cukup up to date.

    Oh,ya. Menjelang Lebaran, saya ucapin, Selamat Menyambut Hari Kemenangan bagi yang telah menunaikan ibadah puasa dan membayar zakat. Minal ‘aidzin wal faidzin. mohon maaf lahir batin. Semoga tempaan di ramadhan ini akan terus membekas dan tidak hilang ditelan waktu.

  19. @Madsyair
    Terimakasih tamabahan informasinya mas, semakin melengkapi info tentang “fake antivirus”..

    Sama-sama Taqobbalallahu minna wa minkkum..

  20. Baru kemarin laptopku kena anti virus palsu ini yg sangat mengganggu, gimana cara ngilanginnya ya Mas?? Tolong dong….

  21. Thanx infonya, sebelumnya komputer saya sudah terkena micro antivirus, meyakinkan sekali ya, akibatnya malah AVG free saya nggak bisa update, dan program micro antivirus itu terus menerus memaksa untuk diinstall. Akhirnya, komputer terpaksa saya install ulang, hehe…

  22. @Azhari
    Sudah banyak yang mengulas masalah menangani antivirus palsu ini, coba di search dengan nama antivirus palsu yang sudah terinstall tersebut..

    @Alex
    Lumayan tambah pengalaman dan tambahan ilmu install ulang mas..

  23. thank’s bgt maz mba taz informasinya,ak jd lebih waz2 m berbage antivir,,,waSss

  24. Thanx bwt mas Eko atas infonya
    Saya tgg info terbaru n tak lupa Minal Aidzin Wal Faidzin
    🙂

  25. Oke banget nih artikel..buzet dah mirip bgt yah sama antivirus yang asli…klo gak hati2 bisa2 ketipu terus2an..bahaya..
    makasih yah atas infonya yang sngt brguna ini..

    gw bantui sebarin deh…
    thanks to ebsoft

  26. wahhh…pkoknya ebsoft is the best deh….makasiih artkel2nya ya mas,,,,smoga tambah sukses……moga2 tuhan membalas kebaikan nya…….

  27. mau tanya nih, comp saya jadi korban anti virus palsu ,nama nya internet antivirus pro,saya mau uninstall,tapi ngak bisa2,bagaimana cara menguninstall sofware ini?tq seblmnya

  28. @johan
    Biasanya caranya berbeda-beda, sudah coba search di google. Misalnya “Remove Antivirus Pro” atau sesuai nama antiviru palsu tersebut, biasanya sudah banyak yang menjelankan..

  29. waduh kpala da mo pecah ne tiap x onlen masalah Internet Antivirus Pro q muncul z. minta d isi no registrasi pula
    klo di abaikan compie q jd lambat. mouse jg susah gerak
    parah ni… 🙁
    tlg carikan dunk no registrasiny klo ada… strez ne

  30. @V14
    Di uninstall saja, kemungkinan itu Antivirus Palsu. Tapi mungkin un install saja tidak sepenuhnya memecahkan masalah. Coba search di internet tentang cara me “Remove” antivirus itu..

  31. gara-gara virus palsu inilah laptop gue harus di format ulang dengan resiko kehilangan data. Itu tuh yang namanya windows antivirus. Kebetulan norton sudah expire, sementara pake AVG free, lalu waktu browsing kita pikir pesan dari AVG (wong baru kenal tampilan AVG)nyatanya si brengsek itu yang terinstall

  32. @Joko
    Iya, tahun 2008 ini memang berkembang antivirus palsu. Penyebarannya juga cukup banyak..
    Harus lebih hati-hati..

  33. hmm boleh nambahin ta??
    saia juga pernah mengalami hal seperti itu, yakni AV yang terinstal tanpa izin empunya. Setelah saia pake AV yg terpercaya ternyata itu AV palsu adl virus, kl tdk salah ada kata” worm-nya (judul AV’a)

  34. Pingback: Anti Spyware Gratis dengan fitur Lengkap, Spyware Terminator | Informasi dan Teknologi
  35. assalammu’alaikum,
    duwh,,saya bingung ni,,di laptop saya juga ada tu,,
    yg antivirus 360 alhamd dh ke detect ma kaspersky,
    tp skarang ada lg ni,,pro antispyware 2009,,
    awalnya saya kira sistem saya bner2 dh kena,,
    tapi alhamd itu boongan ya?truz aqu pake ‘malwarebytes’ anti malware,kira2 itu bner2 dh keapuz blm yha?
    thx

  36. waduh telat nih tau nya coz keliatannya saat ini komputerku kena tuh namanya “Internet Antivirus Pro”, Abis scan dia minta register untuk ngilangin virus yang ketangkep,anjir buat dapet no register aku kudu bayar 19,95 US$, emang sih sebelum ada antivirus tuh kompi ku keliatannya dah kemasukan virus coz buat buka folder eh malah masuk menu open with…. ada yang isa bantu gak ya hu hu hu hu hu…….
    males banget kalo harus format kompi lagi…

  37. Mas mau tanya nich,,,,

    Kmaren kan ku download ansav di 4shared terus ku instal,
    awalnya mouse sama speaker nya tuh ga pa- pa
    Tp stelah di instal ko ga jalan ke 2 2nya

    1.dah ku beliin mouse yang baru masih ga jalan jg
    2.dah di instal ulang jg tetep ga jalan

    Pa ini merupakan dampak dari ansav td
    masalahnya waktu belum diinstal ga da pa2 ko ???????

    DITUNGGU JAWABANYA YA MAS…..

    TERIMA KASIH

  38. @Hengky
    Coba dicari di google nama antivirus palsu tersebut ditambah kata remover/removal

    @WD’mouse
    Sebaiknya diperiksa di drive selain C akan adanya virus. Jika sudah yakin bersih baru install ulang (pastikan driver hardware termasuk sound sudah di install). Jika masih juga sama, bisa jadi ada kerusakan di Motherboard (meski ini sangat jarang terjadi)

  39. bos, gmna cranye bwt ngbantai tuh antivirus sialn, cz PC gw kna yg kya gmbr d ats tuhy….
    tlng infonya ya….thank’s b 4….

Comments are closed.