88

Karakteristik dan Tips menjaga Flashdisk lebih awet

Tips Flashdisk

Tidak dipungkiri bahwa flashdisk saat ini menjadi media yang paling sering digunakan menyimpan data yang mudah di bawa kemana-mana. Tetapi sedikit yang memperhatikan masalah pnggunaan flashdisk ini. Mungkin karena kapasitasnya ber-Giga-giga, maka semua data dimasukkan, dan setiap saat dipasang di komputer ibarat hardisk mini. Bahkan ada yang isinya tidak hanya ratusan data, tetapi ribuan data.

Sedikit orang yang tahu bahwa flashdisk mempunyai umur, ibarat lampu TL yang mempunyai umur (misalnya tahan sampai 5000 jam). Begitu pula Flashdisk. Tapi apa ukuran umur flashdisk? Bagaimana menggunakan flashdisk agar lebih awet / tahan lama? hal-hal penting apa yang perlu diketahui tentang flashdisk ?


Beberapa hal yang menjadi Karakteristik Flashdisk
Beberapa hal yang mungkin perlu diketahui tentang flashdisk (murni USB Flash disk, bukan MP3/MP4) :

  • USB Flash Disk hanya bisa aktif jika ada arus listrik yang bisa diperoleh melalui port USB.
  • Beberapa Flash Disk memerlukan arus atau daya listrik yang lebih besar dibanding lainnya, sehingga kadang harus ditancapkan langsung di port motherboard ( tanpa kabel sambungan dan bukan port di depan) agar bisa terdeteksi.
  • Flash Disk tidak bisa terbaca jika kabel yang digunakan terlalu panjang, karena biasanya arusnya kurang kuat.
  • Flash Disk memiliki umur/masa pakai, misalnya 100.000 baca/tulis atau ketahanan sampai 10 tahun.
  • Kecepatan akses membaca lebih cepat daripada menulis di flashdisk. Misalnya membaca 16 MB/s sedangkan menulis 4 MB/s (satu dan lainnya berbeda-beda)
  • File sistem yang biasa digunakan adalah FAT atau FAT32, karena bisa diakses hampir dimanapun yang mensupport USB port. Meski bisa diformat sesuai dengan tipe sistem operasi, seperti NTFS.
  • Defragment file di flashdisk tidak diperlukan dan tidak berpengaruh ke kecepatan akses, karena flashdisk menggunakan Memory tipe Random Akses.

Bagaimana mengamankan data didalamnya ?

Satu-satunya jalan sepertinya dengan meng-enkripsi data yang ada di flash disk. Meskipun saat ini ketika membeli flash disk disertakan software yang bisa mengunci (lock), tetapi tetap bisa dibuka dikomputer yang tidak ada software tersebut. USB Flash disk kemungkinan tidak rusak meski terkena air atau bahkan terendam, asal sebelum dipakai dikeringkan terlebih dahulu.

Tips Menggunakan Flashdisk agar lebih awet

  • Jangan menyimpan file-file yang sangat banyak kedalam flashdisk, jika memungkinkan lebih baik di zip. Karena semakin banyak menyimpan file maka proses menulis flashdisk juga akan lebih banyak, sehingga umurnya juga cepat berkurang.
  • Jika tidak begitu penting, hindari mengedit langsung dari flashdisk. Alternatifnya copy data di komputer, kemudian di edit dan setelah selesai baru kembali di copy ke Flashdisk.
  • Jika tidak dipakai/digunakan, lepas Flashdisk dari komputer.
  • Usahakan selalu melepas Flashdisk dari komputer melalui “Safety Remove Hardware” dan hindari langsung melepas ketika sedah dalam proses membaca/menulis, karena bisa saja rusak akibat arus listrik.

Flashdisk satu dengan lainnya mempunyai umur dan kecepatan yang berbeda-beda. Satu lagi tips ketika membeli flashdisk, jangan hanya melihat harganya, tetapi juga garansinya, jika lebih mahal sedikit tetapi garansi lebih lama, maka pilih yang garansinya lebih lama. Semoga bermanfaat (http://ebsoft.web.id)

ebta

88 Comments

  1. Makasih banyak, aku baru tau ternyata FD juga ternyata ada umurnya, terus gimana pendapat mas dengan FD yang memberikan garansi Life Time, apakah maksudnya itu Produk Fdnya akan tahan selamanya hmmm

  2. life time itu jika fd mati bisa d ganti bau sama distributor selama segel dis masih ada yang saya tau.
    tpi jika ndak da segel bukan lifetime lg. tapi udah modar garansinya

  3. gitu mz andi. jdi segel y harus ada.soryyy mz ebta aku yg jawab

  4. kadang ada dis yg masih trima 2 fd yg segelnya hilang tapi kena biaya transport sama ajakan

  5. Makasih banyak yah, jawabannya, kirain life time warranty itu garansi selamanya, ternyata garansi selamanya dengan syarat yah. Tapi kan segelnya mudah sekali lepas dan rusak. Bahkan tanpa diapa apain biasanya terkelupas dengan sendirinya hmmm

  6. Tambahan untuk garansi LifeTime, setahu saya selain itu, garansi ini juga hanya berlaku jika persediaan untuk flashdisk tersebut masih ada. Misalnya kita beli Flashdisk 512 MB dan saat ini produk tersebut tidak dibuat/diproduksi lagi, maka tidak ada garansi tidak berlaku.
    Untuk segel yang di Flashdik, sebaiknya memang di tutup dengan isolasi. Akan lebih baik jika mencari yang garansinya di Nota, bukan di Segel..

  7. trims atas tipsnya,sbnarnya dah cba w trapkan nmun trkadang ska nmu kndala disaat disafety…eh ga mao. ya udah solusinya w shutdown aj kmpternya or dicabut langsung (don’t try this oce)…………..berbagi ilmu memang mengasyikkan yaaaa. mksih ebsoft goodluck…

  8. @mr_s
    Iya, terkadang memang seperti itu, dan cara paling aman memang di shutdown, apalagi jika ada data cukup penting di Flashdisk.. Terimakasih..

  9. Assalamu’alaikum Warahmatullah,
    maaf mungkin udah lewat bahasannya, tapi karena aq baru beli FD, kata penjualnya garansi Life Time, dikirain memang seumur hidup, tapi garansi tidak berlaku kalau udah matot, jadi garansi berlaku kalau masih hidup, atau masih terdeteksi, gitu lho.
    trus aq mau tanya, kalau sofware buat repair FD ada ga ?
    terima kasih sebelumnya.
    Assalamu’alaikum Warahmatullah

  10. @Farid Andi
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah
    Terimakasih atas informasinya. Belum tahu kalau ada software seperti itu, karena biasanya kerusakan flashdisk merupakan kerusakan fisik jadi memang tidak bisa/susah di perbaiki

    @aji.coolkid
    Iya, itu mungkin bisa juga, tetapi dibanding proses baca tulis jauh lebih kecil

  11. biasanya di up dari 512 d ganti kapasitas yag besar dgn menambah
    uang tertentu. untuk adata/myflash tanpa segel bisa lifetime.
    tergantung merk sama distributor. kingstone 3thn di distro 5thn dr pabrik asal urus sendiri di sananya.

  12. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh
    sorry baru masuk lagi,aq sekarang pake fd jadul, samsung 128 ada system protect-nya (kaya disket), and juga aq ga pernah di “safety remove…” malahan aq pernah punya prolink 1 gb baru 1 bulan langsung rusak pake safety remove.
    buat Ebta and Aji.coolkid Terima Kasih.
    Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

  13. @sulis
    Iya, biasanya tukar tambah dengan kapasitas yang diatasnya ada yang bisa. Memang sebaiknya ditanya sampai jelas masalah garansi ini, agar kedepannya masih bisa garansi

    @Farid Andi
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Ya, seperti itu bisa terjadi. Selain karena komponen yang digunakan kurang berkualitas, bisa juga karena arus yang tiba-tiba tidak stabil (meski ini jarang terjadi). Terimakasih juga atas informasinya..

  14. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh

    wah artikel dan postingan anda banyak yang bagus dan membantu. semoga tetap eksis dan kaya manfaat.

  15. Assalamu’alaikum..
    Syukran atas tipsnya.. Pd dsrnya setiap barang ada umur ekonomisnya. Untuk urusan awet ato tdk, perilaku qta jg sgt berperan. Oiya sdikit sharing sj, bener jg ternyta manusia tdk pernah merasa puas. Sylah contohnya,,hehe! awal pertama sy punya UFD 128Mb, trs beli yg 256, lantas tertarik ganti 512, beli br yg 1Giga (coz yg lama diminta temen), skrg punya 2Giga..Tapi te2p nafsu pengen beli yg 4 or 8 Giga. Astagfirullah.. Thanks ya bang, udh dikasi ksmptan nulis comment yang terlalu panjang.
    Wassalamu’alaikum..

  16. Assalamu’alaikum wr wb.

    Senang bisa ikut bergabung di sini.

    Saya cuma mau kasih tambahan tips ketika UFD tidak bisa di Safe Remove. Itu biasanya karena ada file dalam UFD tersebuh yang masih digunakan oleh program lain.

    Cara untuk mengetahui program atau proses apa aja yang sedang mengakses UFD tersebut bisa menggunakan software kecil gratis, unlocker (http://ccollomb.free.fr/unlocker/).

    Program tersebut sangat membantu, karena dia bisa mengetahui lalu meng-unlock file yang sedang diakses. Setelah tidak ada proses yang mengakses UFD tersebut, insya Allah pasti gak ada masalah ketika di-Safe Remove.

    Wassalam

  17. @abdullah yuzi
    Wa’alaikumsalaam.. iya benar, btw terimakasih atas informasinya

    @Fadly
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Terimakasih mas atas masukannya.. insyaAllah bermanfaat

  18. saya mw tanya nih, saat ini banyak teman-teman saya yang sudah punya MP3/MP4, dan saya sudah membeli MP3 3buah dan semuanya rusak. masing2 setelah sekitar 6-7 bulan. MP3/MP4 teman saya juga mengalami hal tersebut, rusaknya bisa menyala lampunya tetapi ngak bisa logOn, jadi ngak bisa dipakai.
    kira2 kenapa yahh..?

  19. Saya cuma mo nambah sedikit tentang bagaimana bila UFD gak mo di Safely Remove..coba tekan Ctrl+Alt+Delete pada keyboard, lalu pada Task Window yang muncul pilih Tab Aplication, setelah itu cari/pilih aplikasi yang masih berjalan dari UFD. Kemudian klik End Task, setelah muncul kotak dialog klik End Now. Apabila sudah tidak ada lagi aplikasi yang masih aktif dari UFD, baru silahkan Safely Remove UFD-nya. InsyaAllah bisa.
    Selamat mencoba..

  20. Assalamualaikum
    Mas,minta tolong.Kan aq pnya flash disk
    tapi saat dimasukan ke USB tidak ke detect dan didampingi dengan flsh disknya panas serta anehnya flash disk temen saya dimasukan ke USB yangsama kok ke detect.
    Gmna cara memperbaikinya dan penyebabnya apa?
    Thanks a lot.

  21. @Nur Ilahiwan
    terimakasih atas tambahan informasinya, semoga bisa bermanfaat..

    @Priyo Tri Handoyo
    Wa’alaikumsalaam, mungkin perlu dicoba ke komputer lain. Jika ternyata juga sama, kemungkinan ada yang bermasalah dengan hardwarenya. Jika masih garansi sebaiknya di tukar saja..

  22. Dear Mas Ebta,
    Beberapa file dalam satu folder di Flashdisk telah saya hapus melalui Linux. Namun kemudian terbentuk folder bernama “trash”. Isinya cukup banyak. Ketika ditancapkan di port, terlihat “Autoplay, disertai gambar kotak-kotak yang tidak jelas. Saya bermaksud menghapusnya tetapi tidak bisa. Mohon bantuan teknis dan penjelasan Mas Ebta untuk menormalkannya kembali. Terima Kasih.

  23. @A. Suci Dewiyani
    Autoplay itu ketika dijalankan di windows/linux ?
    Saya kurang jelas dengan permasalahannya..

  24. bagus nich tipsnya!klo ada mo donk tips perawatan monitor laptop…terutama cara ngebersihin debu yang nempel.saat ini sy pake screen penutup aja.klo ada program yg berisi pendidikan tuk anak bagus juga tuh. thanks atas info dan program downloadnya.

  25. Mas, mau tanya kalo FD kita, diformat jadi NTFS. bisa gak?

    effectnya apa aj?

  26. Mas ebta saya mo tanya, flasdisk saya kena virus..
    extensi file .exe n nyerang aplikasi word ama exel.
    nah uda saya scan pake antivirus lokal n luar tapi ga isa
    cz setiap dy scan salah satu folder ato path flasdisk nya kadang tidak terbaca, trus ketika saya format hampir berkali kali ternyata isi di dalam flaskdisk itu masi ada. mohon pencerahannya ya mas ebta ^^

  27. @asep
    Iya, saat ini belum punya tips maupun laptopnya.. 🙂
    Terimakasih..

    @sat
    Bisa saja, tetapi sepertinya tidak berpengaruh..

    @Tommy
    Jika di format tetapi file didalamnya masih ada, coba di format di komputer lain atau format melalui DOS, Full format dan lainnya..

  28. mz klo fd minta format setelah selesai frtmat
    tetap aja minta frmat
    apa rusak fd nya

  29. @mr_s (8): sepertinya shutdown itu jurus terampuh. tapi saya terus terang hampir tidak pernah mencabut fd menggunakan safely remove hardware dan alhamdulillah komputer tidak pernah rewel. catatan: 1. komputer saya gak pake antivirus atawa deep freeze. 2. ini tidak dianjurkan terutama bagi anda yang mengidap penyakit asma dan jantungan! hoho…

    @a suci dewiyani (26): mungkin lebih baik kalau data dipindah ke hardisk dulu, kemudian fd diformat. fd sering diformat tidak akan terlalu berpengaruh terhadap usia fd.

    @sat (29): betul kata mas ebta. format NTFS gak akan terlalu pengaruh karena kelebihan NTFS adalah kemampuan menyimpan file yang besarnya sampai puluhan GB meskipun dalam bentuk satu file. karena fd sekarang umumnya baru berkisar 4-8GB, format NTFS tidak akan membawa keuntungan apapun selain terlihat keren *baca: aneh?!* saat dilihat di properties karena berformat NTFS.

    @sul: kalau gak salah dulu fd 128MB saya pernah begituh. trus diformat dari dos, beres. dari windows memang gak mau. gak tahu kenapa. mungkin ada hubungan 32bit windows vs 16 bit dos. *asal mode on*

  30. Ternyata banyak hal untuk menggunakan FD dengan baik, satu hal yang saya ga tau caranya adalah membersihkan FD dari virus, dengan tidak menghilangkan data yang ada

  31. @udomat
    Terimakasih atas tambahan informasinya, cukup membantu

    @siguru or
    Sebenarnya jika fasilitas autorun komputer dimatikan, maka FD bisa diperiksa tanpa antivirus..

  32. Saya punya flash merk nexus 512 MB tetapi ada beberapa data yang tersimpan di dalamnya yang tersembunyi dan tidak bisa dimunculkan di komputer.
    Yang ingin saya tanyakan bagaimana menampilkan data tersebut ?

  33. Pingback: Tips menjaga Flashdisk lebih awet « Guntar87’s Blog
  34. mas….blh nanya ga pst blh donk…….???kl ada tips untuk menghalangi virus msk ke FD gmn caranya atau buat firewall ut FD
    ksh tau donk mas……!!!!!!!

  35. @tui_456
    Flahsdisk media pasif, jadi dia sendiri tidak bisa mencegah apa saja yag dituliskan disana, termasuk virus..
    Kalu bisa mungkin dari windowsnya.. tetapi jika windowsnya sudah terinfeksi, maka dengan mudah menginfeksi flashdisk juga..

  36. Assalamualaikum Warahmatullah
    Mohon pencerahan, rekan saya beli FD KGSTN 4 GB. Ketika ditancepin di usb PC, dibaca di disk management [ comp. manag. ] 256 MB [ total kapasitas ]. Padahal punya saya merek A DT 2 GB, terbaca tetap 1,9 GB. Apa karena basis file system FAT & NTFS ?. Atau sistem konversi baca data dari pc yang membuat satuannya beda ?.
    Jazaakallaah, atas jawabannya.

  37. @tuti
    jika maksudnya di install di flashdisk, maka tidak bisa, tetapi mungkin AVG 7.5 bisa dijadikan portabel.

    @yudha indrastha
    wa’alaikumsalaam warahmatullah
    Mungkin kesalahan format, jika tidak ada datanya, di format ulang saja..

  38. Bang,bila d kompi sy g ada icon removable area d kanan pojok monitor,trus g ada tulisan safety remove hardware.Ada masalah apa ya ?!

  39. @Ibnu-adjiachmad
    Kadang seperti itu memeng bisa terjadi, gunakan saja software USB Safety Remove atau software sejenis

  40. Pingback: USB Flash drive (Flashdisk) tiba-tiba tidak terdeteksi/error | Informasi dan Teknologi
  41. Bang mau minta tolong nih..FD aq kerendem air n pas di colokin ke pc data gak bisa dibuka karena minta format terus. Gimana ngakalinnya ? data di FD tsb sangat penting banget…tolong nih..

  42. @hanry
    apakah sebelumnya sudah dikeringkan ( dipastikan sudah benar-benar tidak lembab/berair ), jika masih ada airnya memang bisa rusak ketika dipasang pertama kali..

  43. Dear Mas Ebta,
    Beberapa file dalam satu folder di Flashdisk telah saya hapus melalui Linux. Namun kemudian terbentuk folder bernama “trash”. Isinya cukup banyak. Ketika ditancapkan di port, terlihat “Autoplay, disertai gambar kotak-kotak yang tidak jelas. Saya bermaksud menghapusnya tetapi tidak bisa. Mohon bantuan teknis dan penjelasan Mas Ebta untuk menormalkannya kembali. Terima Kasih.
    reply
    coba aja delete pake unlocker

  44. kang mo nanya neh
    aku punya FD aneh. ku punya 4 gb, didalam FD ada fileku total ukuran 700 MB tapi pas di buka KOSONG melompong!!
    Tapi kalo ngopiin File ke FD ada tampilan Foldernya tapi file serta folder yang lain Kosong!!

    Gimana yach kang ada caranya mengembalikan!!
    dan terutama ga kena Virus karna udah di attrib kagak ada File Virus!

  45. @chapey
    iya coba dengan software unlocker

    @Andri
    apa jika di format juga sama saja seperti itu ?

  46. @andri
    sama mas punya sy Kingston 4Gb jg kyk gtu, klo pas dibuka kosong (pdhl ada isinya) dan di my computer hanya tertulis removable disk . setelah sy cabut (safety remove) trus sy colokin lg n dilihat di my computer udah tertulis kingston yg didalamnya sudah ada isinya.tp sy ndk tau knp bisa bgtu,mungkin mas ebta tau?

  47. Mas, klo kita klik kanan icon safely remove computer, tick Display Device Components, pilih USB Flashdisk-nya, pilih tab menu Policies, disitu tertera default windows adalah Optimize For Quick Removal. Jadi USB Flasdisk bisa dicabut langsung dari port-nya. Pls cek. Salam.

  48. @irvaninside
    jangan lupa memberikan link artikel asli atau sumber-nya..

    @valen
    mungkin perlu dicoba dengan explorer selain bawaan windows..

    @Hardi
    Sebaiknya jangan langsung dicabut, karena itu maksudnya hanya optimasi bukan berarti bebas pasang cabut. kan ada dua “Optimize for quick removal” dan “Optimize for performance”

  49. as salammu ‘alaikum
    mas klau tenyata telah terjadi kerusakan,gmna mas??
    secara tak sengaja fd telah tercabut,semntra kita lupa ‘blom safety remove hardware’ shngga pda saat mw dgunakan fd tidak terbca lagi di computer?
    apakah fd msih bsa di perbaiki atau di service kmbali???
    terimah ksih sblomnya!!

  50. as salammu ‘alaikum
    mas klau tenyata telah terjadi kerusakan,gmna mas??
    secara tak sengaja fd telah tercabut,semntra kita lupa ‘blom safety remove hardware’ shngga pda saat mw dgunakan fd tidak terbca lagi di computer?
    apakah fd msih bsa di perbaiki atau di service kmbali???
    terimah ksih sblomnya!!

  51. Pingback: Tips mem-Format Flashdisk dengan File system NTFS « Johan’s Pratama Wordpress
  52. Pingback: Format Flashdisk dengan File system NTFS « mtfauzi’s blog
  53. Menurut artikel, agar FD bs lbh awet usahakan melepas FD dengan safety remove hardware. Trus bgmn cara melepas FD klo FDnyatidak bisa di eject???atau safety remove hardwarenya tidak ada???

  54. ass mas mp4 saya ga bisa membaca videonya gimana cara memperbaikinya….?? sebelumnya makasih

  55. @Rahma
    Jika memang tidak bisa, dan ingin cara paling aman, maka komputer dimatikan dulu..

    @yusuf
    wa’alaikumaslaam
    itu video bawaan mp4 atau dari luar ? jangan-jangan meski formatnya didukung, tetapi codex-nya beda..

  56. Pingback: » Memperbaiki Hard disk yang terkena Bad Sector tarmizi.andi
  57. um..saya sering sekaLi mencabut langsung fLashdisk saya sebelum di “safely remove hardware”. Itu dikarenakan jika saya mengkLik tombol tersebut yg akan keluar peringatan “the device generic volume cannot be stopped right no. Try stopping the device again later.”

    Apakah karena flashdisk saya bervirus?bagaimana jaLan keLuar’a mas?tolong dibantu..sebeLumnya terimakasih.

  58. @anna
    bisa jadi komputernya kena virus, tetapi bisa jadi karena aplikasi lain ada yang menggunakan FD tersebut…
    Apa jika di komputer lain juga seperti itu ?

  59. Pingback: ceritakomputer.com » Blog Archive » Tips mem-Format Flashdisk dengan File system NTFS
  60. thanx sudah ada blog seperti ini. saya bisa belajar disini.

  61. Bagaemana mengatasi fd yg terkena firus yg banyak?

  62. aq terkadang juga gitu kayak mr_s,cz lupa nyafety,ingatnya mlah dah di shut down,kadang FD NYA Tu yang ga mo di safety.

  63. “Satu-satunya jalan sepertinya dengan meng-enkripsi data yang ada di flash disk. Meskipun saat ini ketika membeli flash disk disertakan software yang bisa mengunci (lock), tetapi tetap bisa dibuka dikomputer yang tidak ada software tersebut. USB Flash disk kemungkinan tidak rusak meski terkena air atau bahkan terendam, asal sebelum dipakai dikeringkan terlebih dahulu.”

    gmana cara taunya kalau ada softwarenya ituh ya?
    dulu 2 tahun yang lalu FDq masuk ke bak cucian,trus aq keringin.Sekarang sich udah gapapa,cuma aq liat agak karatan gitu bagian luarnya,kira2 di dalamnya karatan juga nggak ya?sekarang sich umurnya dah 4 tahun-an

    trus,aq punya kingston 4 gb,tapi di coba di buka di open office kok gak bisa ya?tp di buka di XP ke detect tuch…

    ehm,kalau mau milih FD ituh enaknya yang paling bagus merek apa?

    oh iyah,katanya denger2 kalau FD baru ituh juga udah ada virusnya,bener gak sech?

  64. Pingback: kokoysitikomariah » Blog Archive » Tips mem-Format Flashdisk dengan File system NTFS
  65. ruar biasa……
    semua artikel tentang anti virus sangat bermanfaat
    SALAM SUPER !

  66. hmm… cuma mo nambahin,….
    bkn nya klo flashdish generasi 2 gb tuh bisa d cabut tanpa “safely remove” terlebih dahulu…..

  67. saya punya masalah dengan kingston DT II 101 2 GB,tanpa sengaja saya mendelete software bawaan kingston(secure data traveler)yg telah saya isikan kuota 300 mb buat privasi!sehingga kapasitas kingston menjadi skitar 1,6 sekian mb!bagaimana mengembalikan kapasitas volume yg hilang(300mb)??karena setelah saya format,,kapasitas yg tersedia tetap 1,6gb!!!mohon jawabannya!!thanks

  68. saya ingin bertanya saya mempunyai mp4 merk jazz dengan kapasitas 1 gb…………
    namun belakangan ini data dalam mp4 sekaligus bisa untuk FD
    tidak terbaca..?
    apa penyebanya..??
    bagaimana cara mengatasinya..?

    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  69. Tips mem-Format Flashdisk dengan File system NTFS
    Format NTFS

    Sebagian kita mungkin jarang memperhatikan tipe file sistem yang digunakan Flashdisk kita, apakah itu NTFS, FAT32 atau FAT. Untuk mengetahui file sistem yang digunakan, klik kanan Flashdisk di Windows Explorer dan pilih Properties. Di sana terlihat tipe File System yang digunakan.

    Tetapi ketika kita akan mencoba mem-format melalui windows Explorer, mungkin disana tidak ada menu NTFS, adanya hanya FAT32 dan FAT. Bagaimana cara mem-format NTFS dan apa bedanya dengan FAT32 dan juga FAT ?

    fat32-file-system

    Mengapa NTFS ?

    NTFS merupakan format file system Windows terbaru setelah FAT32, dan mempunyai beberapa kelebihan seperti kemampuan menyimpan tambahan informasi mengenai file/folder (metadata), fitur keamanan, kompresi data, struktur yang lebih baik dan lainnya.

    Selain itu, tipe NTFS bisa digunakan untuk mem-format ukuran yang lebih besar, Untuk FAT hanya 2 GB, FAT32 8 TB ( 8.000 GB), sedangkan NTFS bisa sampai 16 EB ( 16 juta TB ). Meskipun demikian, tetap saja NTFS ada kekurangannya, seperti tidak terbaca di Win9x dan proses baca tulis ke disk yang lebih sering.

    Karena tiap file/folder menyimpan informasi yang lebih banyak (metadata), maka proses baca tulis tiap file/folder akan lebih sering daripada tipe FAT32 atau FAT, sehingga untuk flashdisk, mempengaruhi umur (daya tahan). Mengingat Memory Flashdisk mempunyai batasan baca tulis. ( artikel tentang menjaga flashdisk agar lebih awet bisa dibaca disini : Karakteristik dan Tips menjaga Flashdisk lebih awet )

    Mengaktifkan format NTFS di Windows Explorer

    Bisa saja kita mem-format USB Flashdisk dengan tipe NTFS dengan bantuan HP USB Format Tools. Tetapi sebenarnya Windows Explorer bisa melakukannya. Untuk mengaktifkannya bisa diikuti langkah berikut

    1. Buka System Properties dengan cara Klik kanan My Computer > Properties (atau dengan tombol Keyboard Win + Break )
    2. Buka tab Hardware kemudian klik tombol Device Manager
    3. Pilih Disk Drive dan pilih Flashdisk yang ingin di format dengan NTFS, klik kanan, pilih Properties.
    4. Setelah terbuka pilih Tab Policies
    5. Pilih Optimize for performance dan klik OK
    usb-device-properties
    6. Setelah itu coba klik kanan Drive flashdisk di windows Explorer dan pilih menu Format, maka disana seharusnya sudah muncul File System NTFS.

    Yang perlu diperhatikan adalah ketika opsi ini diaktifkan, setiap mencabut flashdisk harus selalu melalui Safety Remove Hardware. Jika pilihan adalah “Optimize for quick removal” maka sebenarnya flashdisk bisa langsung dilepas, tanpa Safety Remove hardware

    Test antara NTFS, FAT32 dan FAT

    Saya telah mencoba beberapa perbandingan (terutama proses meng-copy data) dengan tipe yang berbeda-beda, dan hasilnya sebagai berikut :

    * Copy 11 file (ukuran masing-masing sekitar 170 MB) total sekitar 1.8 GB
    NTFS 04:44 ( 4 menit 46 detik )
    FAT32 05:09 ( 5 menit 9 detik)
    FAT 04:46 ( 4 menit 46 detik)
    * Copy 1.297 files (ukuran antara 1 KB sampai 23 KB) dengan total 8,23 MB
    NTFS 29 detik
    FAT32 56 detik
    FAT 58 detik
    * Kapasitas setelah di Format
    NTFS 2.038.044.672 bytes Used space 12.937.216 bytes (12.3 MB)
    FAT32 2.046.959.616 bytes Used space 4.096 bytes (4.00 KB)
    FAT 2.050.686.976 bytes Used Space 0 bytes

    Terlihat proses copy data dengan NTFS, relatif lebih cepat, tetapi ukuran setelah di format sedikit lebih kecil karena memang diperlukan space tambahan yang lebih besar untuk informasi file/folder (metadata). Jika flashdisk sering digunakan untuk proses baca tulis dan tidak begitu memerlukan fitur-fitur NTFS, seperti keamanan data, maka memilih tipe FAT32 mungkin akan lebih baik.

    Artikel berikutnya insyaAllah akan membahas tentang memanfaatkan tipe NTFS untuk melindungi Flahsdisk dari Virus yang akan membuat, menghapus atau memodifikasi Autorun.inf dengan program sederhana yang saya buat “Super Autorun”

  70. MAS SAYA PUNYA KINGSTON 8GB DAN ADA LOCKERNYA. TAPI SAYA DELETE DAN SEKARANG FLASHDISK SAYA YG TADINYA 8GB MENJADI 763MB ..TOLONG CARIKAN SOLUSINYA BAGAIMANA BISA KEMBALI LAGI MENJADI 8GB.THANKS

Comments are closed.