50

Seputar PC Media Antivirus (PCMAV)

PCMAV

Sudah lama sekali saya tidak mencoba PCMAV, salah satu Antivirus lokal (Made in Indonesia). Dulu mencoba PCMAV ketika masih versi 0.9-an, dan ketika itu memang kemampuan mendeteksi virus lokal cukup bagus, tetapi masih kurang puas dengan kinerjanya yang terbilang cukup lambat baik fitur RTP maupun Clean-nya. Barusan mencoba lagi, saat ini versi 1.6

Setelah lama tidak mengikuti perkembangan PCMAV, mungkin saya termasuk yang terlambat. Karena selama ini menggunakan Free Antivirus dan jarang sekali mengalami masalah. Tetapi sebagai produk lokal (terlepas dari pro kontra diluar), maka PCMAV patut juga dicoba.

Sebelumnya, hal ini berawal ketika ada teman yang memberikan komentar bahwa ada software saya yang disertakan di CD PCMild Edisi 17/2008 (25 Agustus 2008 – 07 September 2008), langsung saja saya cek/beli dan ternyata benar. Program Shollu 3.08.2 ada disana beserta beberapa Islamic Software lainnya. Disertakan juga berbagai freeware termasuk Antivirus lokal PCMAV, maka langsung saja saya coba

Memang dibanding versi-versi awal yang pernah saya coba dulu, banyak sekali peningkatan, terutama proses loading yang lebih cepat. Dulu harus menunggu cukup lama hanya untuk loading saja. Ketika mencoba scan satu Drive dengan beberapa sample virus yang banyak beredar disini (baik lokal maupun non lokal) PCMAV sepertinya bisa mendeteksi virus-virus lokal dengan baik, sedang virus non lokal sebagian besar tidak terdeteksi. Scan seluruh file terbilang mengalami peningkatan cukup bagus, sekitar 100ribu file dan lebih dari 6000 folder dapat discan sekitar 20 menit.

Untuk selanjutnya saya mencoba menggabungkan database virus Clamav dengan PCMAV, sehingga database virus menjadi lebih dari 400.000, jumlah yang sangat banyak. Dengan tambahan database Clamav ini beberapa virus asing mulai terdeteksi. Tetapi sayangnya ada beberapa virus populer non lokal yang tidak terdeteksi seperti Redlof, almanahe.b, w32/lom1 dan w32/Parite (semua nama virus ini terdeteksi dari antivirus avira).

Sedangkan untuk RTP (realtime protector), setelah dicoba ternyata dalam kondisi idle menggunakan Memory yang cukup besar, lebih dari 70 MB (yang telah digabung dengan Database Clamav). Sehingga tidak jadi di aktifkan, dan tetap menggunakan Free antivirus lainnya. Fitur Clean-nya sendiri menggunakan memory lebih dari 90 MB, tetapi mungkin hal ini tidak begitu masalah, karena tidak aktif setiap saat, hanya waktu scan saja.

Fitur RTP merupakan fasilitas yang ketika dijalankan akan aktif bersama windows dan memeriksa file-file yang mencurigakan setiap saat, sehingga akan selalu menggunakan CPU dan memory komputer. Untuk menonaktifkan fitur ini setelah dijalankan, jangan lupa klik kanan menu RTP dan klik “Start Automatically” untuk menghilangkan tanda cek, sehingga file RTP tidak otomatis berjalan dengan windows ketika start up/booting. Kemudian baru klik “Exit”

Download PCMAV Terbaru

Menurut file Readme.txt (lisensi) yang disertakan PCMAV, antivirus ini bukan freeware maupun opensource, tetapi kita bebas menggunakan dan menyebarkannya asalkan memiliki majalah PC Media. Dan mungkin ini memang agak menyulitkan, karena setiap bulan harus membeli Majalah PC Media, walaupun itu kebijakan dan strategi pemasaran mereka. Tetapi di internet terdapat beberapa download PCMAV, misalnya :

Cek PCMAV Update Terbaru oleh http://akhdian.wordpress.com
Info PCMAV Terbaru oleh http://maseko.com juga telah ijin ke PCMAV dan katanya tidak masalah,

Selain itu jika search lewat google akan didapatkan download diberbagai tempat seperti 4shared, rapidshare dan lainnya. Tetapi dengan tidak adanya link download resmi dari PC Media, sangat mudah untuk menyusupkan virus, trojan, spyware ke download tersebut. Jadi sebaiknya juga lebih hati-hati (http://ebsoft.web.id).

Untuk melihat daftar Virus yang bisa ditangani PCMAV, bisa dibuka halaman PCMAV Virus List. Jika anda pernah menggunakan atau termasuk pengguna PCMAV, bagaimana pendapat anda dibanding Antivirus lainnya, baik lokal maupun internasional ? Silahkan disampaikan melalui komantar.

ebta

50 Comments

  1. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh ..
    Apa kbrs Ebta, mau sdikit kasi comment soal PCMAV.
    Sejauh yg sy tau, kemamapuan AV ini ckup baik dan
    bisa diandalkan, sdh sgt lama sy mnggnkan PCMAV & hanya menggunakn PCMAV+CLAMAV dikompie sy.. So far kompie sy mempan sm yg namanya VIRUS.. Team PCMAV sgt concern dgn prkmbngan virus di Indonesia. Well done & good job to PCMAV Team. Gunakan sgl kemampuan kalian utk berkarya. Bukankah sebaik2nya manusia adlh yg bermanfaat untuk sesamanya..
    Am I right?
    Nb:buat pr virus maker, berbuat & brpkirlah dgn bijak.. Gunakan kecerdasan klian dgn baik. Bahwasanya setiap perbuatan akn dimintai pertanggung jawabannya kelak.
    Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh…

  2. menrut saya PCMAV bagus krn bisa membasmi virus2 lokal dan luar, serta asli buatan dalam negeri
    “Cintailah produk dalam negeri”

  3. Assalamu’alaikum, mas Ebta.
    wah3x… makin sukses saja nih web… btw soal PCMAV emang yahud… hapus semua virus tanpa ciderai file yang kena virus… avira pss ku kejam, main hapus saja begitu diracuni virus…
    PCMAV kok kemarin gak bisa di update ya? “Error mulu”. ClamAV Update sampe 2MBan…
    oiya… mas Ebta kapan berkarya software lagi?

  4. Sama dah lama tdk ikuti Perkembangan AV yg satu ini..
    Perlu kita support spy ttp Free.. apa lagi virus lokal juga semakin “menggila”

  5. Iya ni, aga khawatir jg kalo download bkan dr situs resmi PC media. Soalnya beberapa kali, avastku udah detek PCmav yg udah terpasang sbg trojan.
    Oiya, pertanyaan: Kira2 kenapa ya ko setiap kali PCMAV dijlankan, ‘dia’ minta system restore dimatikan? Thanks..

  6. Assalamu’alækum & slmt menunaikn ibadah puasa sobat seperjalanan iman.
    Mo nanya : [lagi² nanya, ketahuan bodoh 🙁 ] ?
    ? Bgmn cara menggabungkn PCMAV & CLAMAV ? Tolong siapa sj yg bs, aku d bantu, klo bisa yg rinci. Makasih Bro Ebta & smuanya 🙂

  7. @yusetyo @Wen @Skyzofrenic
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Selamat menjalankan ibadah puasa..

    @.. All
    Terimakasih atas berbagai informasinya

    @yusetyo
    Ya, semoga sengan bulan Ramadhan ini, para pembuat virus bisa lebih sadar akan keburukan perbuatannya..

    @wen
    Iya, semangat bikin software baru agak menurun ni.. sepertinya perlu penyemangat baru 🙂

    @wawan
    Mungkin karena system restore ini sering dijadikan sarang virus. Dan mengakses file-filenya sangat dibatasi. Coba baca artikel berikut :
    http://ebsoft.web.id/2008/07/21/apa-itu-system-volume-information/

    @Skyzofrenic
    COba dibaca readme.txt, disana sudah diberikan penjelasan cukup mudah

  8. Ramadan Karim, Selamat Menjalankan Ibadah Puasa. Mohon maaf dari segala kesalahan…semoga bulan puasa ini menjadi awal yang baik di hari selanjutnya, ameen…..

  9. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh. Selamat menunaikan ibadah puasa buat semua saudaraku seiman, terutama Kang Ebta. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Trim’s untuk artikel2nya sbg al-ilmu yuntafa’ubih.JZK.

  10. Saya pake PCMAV cuman buat scan komputer aja buat jaga2 dari ancaman virus lokal, soalnya kalo pake yg PCMAV RTP (Real Time Protector) terlalu berat, kasian komputer gw ^-^.Jadi sehari2 saya pake norton tapi yg versi 2005 biar ga terlalu berat, dan selama ini komputer gw ga pernah dijebol sama virus….
    padahal dulu pake Mcafee sama AVG sering bgt dijebol virus.
    Mas Ebta mau saran dung, kalo bisa tolong dibahas tentang AV Nod32 soalnya saya liat di berbagai forum katanya nie AV ringan dan bagus bgt….
    Mas, sama forumnya tu ada yg nanya masalah RAM (isac.sure) kok ga dijawab mas, kebetulan saya juga mau nambah RAM mas ^-^
    makasi mas Ebta

  11. assalamualaikum mas,
    aku punya pcmav yang versi 1.6 tapi kok dari avira antivir kedeteksi ada virusnya ????
    thx b4……..

  12. menurut saya PCMAV bagus. cukup tangguh mengatasi virus lokal n mengembalikan dokumen yang dirusak virus. sayangnya PCMAV pure antivirus saja. tidak ada menu atau fasilitas lain seperti plug in pada antivirus ansav. juga tidak ada settingan yang bisa diatur oleh user. selain itu start up nya juga masih kurang cepat. tapi udah bagus kok, karena benar2 bisa menyelamatkan dokumen. karena banyak antivirus sekarang yang hanya mengandalkan pembasmian virus tapi gak bisa mengembalikan dokumen kita yang rusak.

  13. Mas, koreksi dikit ah. Yang wajib punya majalah Pc Media itu yang urusan kantor, kalo kita perorangan tidak diwajibkan. Makanya beberapa situs bisa menyediakan secara gratis. Coba deh baca lagi readme.txtnya. Update PCMAV bisa online atau manual di virusindonesia.com.

  14. Mas Ebta mau nanya mas tapi mohon maaf klo ga nyambung sama topik.
    Saya kan baru dpt UPS (Back-UPS Pro 420 APC), nah yg mau saya tanyain klo udah make UPS apa perlu make stabilizer/stavolt lagi mas?
    Tolong dijawab mas,soalnya udah saya cari2 info di internet (termasuk di situs resminya) tapi ga dijelasin di situs resminya….

  15. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Marhaban ya Ramadhan kepada hamba Allah sekalian..
    PCMav top banget karena penggunaannya simple n bisa menyelamatkan file2 (apalagi file2 penting yang terinfeksi virus). Namun menurut saya AV ini terlalu berat saat bootingnya. RTPnya malah sangat berat dan semakin memberatkan (makin ruwet buat PC saya). Saya sekarang sedang mencoba-coba mencari AV yang ringan n berkualitas handal. AVG 8.0 bagus tapi berat, Avira updater terbaru lumayan tapi sayang tidak memiliki kemampuan menyembuhkan file yang telah terinfeksi.

  16. Payah egk seru pc mav nya Kalau di banding avira egk ada apa2nya punya luar di kasih geratis giliran punya dlm neg harus bili majalahnya dulu

  17. Assalamu’alaikum…
    Saya sudah lama pakai PCMAV, dulu saya pernah pakai AVG tapi buat saya mengecewakan karena ketika saya scan pakai AVG langsung Windows saya jebol. Dan sampai sekarang saya pakai PCMAV karena lebih aman apalagi sekarang sudah bisa mendeteksi 407 ribu-an virus. Kalau di komputer saya sih (P4 2,26 GHz, RAM 256 MB), PCMAV RTP nya tidak begitu berat paling kita nunggu sekitar 1-2 menit untuk menyelesaikan loadingnya, yang penting komputer kita aman, betul nggak. Bravo untuk PCMAV! Dan untuk semua umat muslim, “SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA”… 🙂
    Wassalamu’alaikum….

  18. Nyambung lagi nih…
    Sepengalaman saya mengapa PCMAV RTP berat, bisa jadi di program yang ada di komputer kebanyakan, soalnya saya pernah menginstall beberapa program (padahal ada beberapa yang tidak saya pakai cuma coba-coba) ketika pakai PCMAV RTP lelet banget, nunggu 2-3 menit, tapi waktu saya dikitin programnya (hanya diinstal yang memang kita perlukan) ya itu paling nunggu paling lama 2 menit.

  19. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Mau tanya Kang Ebta dan sahabat2 semuanya,,, antivirus buatan dalam negeri yang bagus bangetzzz plus bisa nyembuhin file yang udah terinfeksi virus menurut kebanyakan orang kan PCMAV, klo yang buatan luar negeri apa ya???
    Ditunggu jawabannya!!! Syukran katsira, Jazakumullahu khairan katsira. ^_^
    Oia,,, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, smoga dilancarkan dan diterima oleh Allah SWT. Amin.

    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  20. @Saiful Rochman
    Iya mas, selamat menjalankan ibadah puasa juga..

    @mursali
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh..
    Selamat menunaikan ibadah puasa juga mas, Jazakallah khoir

    @dhita.male
    Terimakasih atas masukannya, iya untuk NOD32 mungkin kedepan saya coba usahakan. Untuk forum, belum sempat juga. Ramadhan ini cukup banyak kegiatan juga.. tapi insyaAllah saya jawab

    @Andika
    wa’alaikumsalaam.. sepertinya yang terdeksi virus adalah database PCMAV. jadi ini tidak masalah..

  21. @andre
    Terimakasih atas review-nya mas Andre

    @Saya Totok
    Terimakasih atas koreksinya, mungkin saya kurang cermat memahaminya. Tapi apakah setiap yang membeli Majalah bebas menyebarkan PCMAV ya ?

    @dhita.male
    Tidak perlu, sebenarnya di CPU komputer (dalam sasing) itu juga berfungsi sebagai stabilizer.

    @Kiefa Dee
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Terimakasih atas review-nya juga, selamat menjalankan ibadah puasa..

  22. @hamsyah
    Iya, jika membandingkan dengan antivirus luar mungkin kurang pas, mungkin cocoknya dibandngkan dengan antivirus-antivirus lokal lainnya..

    @Sukma Saputra
    Wa’alaikumsalaam.. terimakasih atas informasinya, mungkin ada sebeb lain yang menyebabkan PC tersebut rusak ketika di install AVG.. Selamat menjalankan ibadah puasa..

    @akhdian
    Sama-sama mas, blognya juga penuh dengan hal-hal yang bermanfaat..

    @Cahyana Putra
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Kalau antivirus luar negeri biasanya tools untuk memperbaiki file yang kena virus dipisah, jadi tidak dijadikan satu dengan antivirus. Biasanya dimasukkan dalam removal tools, karena jumlah virus yang sangat banyak, sehingga sangat merepotkan jika setiap tools tersebut harus digabung dengan antivirus. Selamat menjalankan ibadah puasa..

  23. untuk mas skyzofrenic,
    coba anda kunjungi pcmav.indonexia.com. di situ juga disedikan download: PCMAV+CLAMAV dalam 1 paket (complete). Anda tdk usah repot2 lagi. Tapi, saran saya, mendingan ga ush digabungkan, alias PCMAV saja. Alasannya, proses scanning PCMAV+CLAMAV SANGAT LAMBAT!
    Selain PCMAV, anda pake antivirus AVG atau AVIRA. Dijamin mantab!. Silakan dicoba…..

  24. iya, saya jg setuju sm Mas Abu izza, PCMAV memang bagus bwat deteksi virus lokal, tapi kalo digabung sm ClamAV jd lambat sekali, lebih baik PCMAV nya digunakan sebagai Removal alias digunakan sewaktu2 aja. bwat virus luar pakai Avira aja or Avast..karna Freeware! daripada pakai AV yang bajakan yang rawan kena Trojan horse??

  25. mas ebta, sekali2 ulas tentang ANSAV jg dong. Thank you ya! software2 nya membantu banget. selaMat menjalankan ibadah puasa..

  26. @Yudha
    Iya terimakasih atas masukannya, saya coba usahakan juga. hanya sayangnya tidak ada versi free, jadi mungkin harus pakai versi Trial-nya..

    @agung
    Terimakasih atas tambahan informasinya

  27. assalamu alaikum wr wb
    saya pake pcmav juga. its oke aja. by the way mo nanya nih, kemarin waktu pake avg ada file sistem yang hilang karena dideteksi virus, hingga tampilan search tidak ada, tampilan sistem restore juga hilang jadi komputer ini bagusnya diapain??? di instal ulang atau ada cara lain///???
    thanks kalo dijawab

    wassalamu alaikum wr wb

  28. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh
    Saya hanya memakai cleannya saja itu karena sifat PCMAV yang protable (tidak perlu diinstall), untuk RTP maaf terlalu berat buat komputer saya yang miskin memory. Sebelumnya saya memakai AVG 8 Free. Tapi setelah melihat artikel mas Ebta test antivirus terbaik, mungkin akan saya coba yang lain.
    Untuk pengingat waktu Shalatnya, Jazakallah khoiron Mas Ebta. Kalo boleh kasih saran, masukin juga waktu imsak. Jadi pas Ramadlan seperti sekarang bisa gak kebablasan karena sudah diingatkan sebelumnya. Tentunya dengan option ditampilkan atau tidak.
    Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh.

  29. wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh

    @abdul samad
    coba dengan menjalankan perintah di Program > Run ( atau melalui Command prompt) ketikkan “sfc /scannow” tetapi diperlukan CD Master Windows XP-nya

    @endro
    Iya memang RTP sepertinya lumayan masih berat..

    Memang sengaja tidak disertakan waktu imsak, khawatirnya nanti dikira waktu imsak itu batas tidak boleh makan/minum..
    Biasanya waktu imsak yang tertulis itu hanya di tentukan 10 menit sebelum shubuh..

    Sebenarnya ada rencana pesan yang berdasarkan menit waktu sholat tertentu, sehingga bisa mengingatkan beberapa menit sebelum waktu sholat tertentu

  30. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh
    maaf nih mas baru pertama kali berkunjung ke webnya mas ebta, rasanya senang sekali,seperti datang ke dokter.mas, mau tanya gimana caranya mengup-date anti virus misalnya:AVG 8 Free atau Avira sedang PC kita tidak terkoneksi internet.terima kasih mas.
    wassalam

  31. @winarno
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh

    Ada tutoral panjang lebar tentang update avira jika tidak selalu koneksi ke internet. Demikian juga AVG ( meskipun untuk avg 7.5 tetapi Avg 8.0 prinsipnya juga sama ), coba di search di blog saya..

  32. Mas Tol Dong untuk Komp Pentium 2 windows Me antivirus yg cocok apa masalah nya q Takut barng kali ada virus masuk.Sekarang q cm pake PCMAV.Tol Bantu y.Thanks

  33. @Tyan
    Jika menggunakan free, coba avast atau bitdefender. Kalau PCMAV tanpa tambahan database dari clamwin, maka hanya bisa melindungi dari virus lokal..

  34. Bang kalau gabungin ckamav dengan pcmav gimanah, q dah download clama ver 0,94 n masih pendukung file yg lain tp cari nya sulit pleace bantu I

  35. @Tyan
    Ada keterangan caranya di file README.TXT yang disertakan dengan PCMAV. Coba dicek, disana telah dijelaskan dengan detail..

  36. PCMAV memang bagus buat yang cinta produk dalam negeri, sayangnya jika anti ini tidak bisa mengatasi virus (virus suspected) disuruh mengirimkan ke redaksi PC Media.
    Yang jadi kendala, aku ini oon

  37. @abi_ozy
    Jika diminta mengirim ke PCMAV, berarti belum masuk di database virus PCMAV (mungkin [varian] virus baru). Lebih baik jangan hanya menggunakan PCMAV saja, gabung dengan antivirus non lokal, seperti Avira, Avast dll

  38. Saya mo tanya soal FD saya gak sengaja tercuci. Pada saat saya cek di komp,ternyata masih bisa. Tapi Icon yang seharusnya bergambar FD (Removable Disk) malah berubah menjadi icon Folder. Setelah saya Format ulang FD saya tetap berIcon Folder. Nah FD saya itu sebenarnya terkena virus atau ada kerusakan di dalam FD saya (FD saya Imation Nano 2GB). Tolong buat siapa aja yang bisa cara mengatasi FD saya. Oiy,trus ada software untuk memperbaiki FD. Terimakasih…..

  39. @DG
    Coba saja di cek di komputer lain, apa juga sama berganti icon folder. Jika sama, kemungkinan didalamnya ada file autotun.inf yang mengeset icon tersebut. Jika tidak sama, kemungkinan hanya komputer-nya sendiri dan itu tidak masalah

  40. Saya masih setia dengan PCMAV.
    Untuk virus2 lokal, AV yang satu ini sangat bisa diandalkan.
    Trims ya bos infonyaaaaaaaaa

  41. @Baz
    Untuk melihat virus apa saja yang bisa ditangani, silahkan membaca file README.TXT yang disertakan dalam PCMAV

  42. saya adalah pengguna setia PCMAV, mulai dari versi 1, nya sampe yang terbaru sekarang yaitu versi 2.0. Kinerja yang di berikan AV ini sangat bagus. saya tidak pernah lagi kebobolan virus.
    karena apabila flash disk di colok ke komputer, PCMAV-RTP langsung men-scan dengan sendirinya tanpa mengganggu aktivitas kita.
    pokoknya pake PCMAV gk bakal rugi deh…..

  43. Aku cinta Produk dalam negeri !!! PCMAV , lambat tapi selamat . Bravo PCMAV

Comments are closed.