44

Download Software Pengolah Grafis GIMP 2.8 (Free)

Jika kita sering mengolah gambar (images) dan memerlukan software grafis dengan fitur lengkap seperti Photoshop tetapi gratis, mungkin GIMP adalah jawabannya. Dan berita bagusnya, beberapa hari yang lalu gimp.org baru saja merilis versi baru dengan berbagai fitur baru yang menarik.

GIMP (GNU Image Manipulation Program) merupakan salah satu pengolah grafis gratis (open source) yang paling populer. Selain menjadi salah satu editor grafis utama di Linux, tersedia juga installer untuk sistem operasi lain seperti Windows, Mac OS X, Sun OpenSolaris dan FreeBSD. Sehingga pengguna Windows (XP SP3, Vista, 7, 8) bisa memanfaatkan dan menggunakannya secara gratis.

Terakhir kali saya mencoba GIMP sudah cukup lama dan jarang dipakai, karena melihat penggunaannya agak rumit, terutama dengan tampilan masing-masing window (tool) yang terpisah, sehingga setiap saat harus menyesuaikan letak masing-masing tools tersebut. Apalagi yang sudah terbiasa menggunakan Photoshop, biasanya tidak nyaman dengan window yang terpisah tersebut.

Tetapi hal itu sepertinya akan mulai berubah sejak dirilisnya GIMP 2.8 pada awal Mei 2012 kemarin.Versi 2.8 ini membawa banyak perubahan dan kesan rumit sebelumnya sepertinya akan mulai hilang. Selain itu, jika kita mencari alternatif software sekelas photoshop (kaya dengan fitur editing) yang gratis, mungkin GIMP adalah jawabannya.

Berbagai fitur baru

GIMP 2.8 hadir dengan berbagai fitur baru, termasuk yang merupakan permintan utama dari pengguna sebelumnya. Berikut beberapa fitur baru GIMP 2.8 yang cukup penting:

  • Single-Window Mode, setelah sekian lama menggunakan window-window yang terpisah (toolbox, layer, editor utama dll), di versi 2.8 kita bisa memanfaatkan fitur single-window mode. Dengan fitur ini, semua tool akan menempel pada aplikasi utama, seperti halnya Photoshop. Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Window > Single-Window Mode.
  • Multi-Column Dock Window, memungkinkan menampilkan banyak window (tool) dalam kolom dengan drag & drop. Fitur in sangat bermanfaat bagi monitor yang lebar maupun multi monitor.
  • Save and Export tampil dalam menu terpisah untuk memudahkan
  • Layer Groups, untuk menyatukan dua layer atau lebih ke dalam group, sangat bermanfaat jika bekerja dengan banyak layer dan perlu pengelompokan.
  • On-Canvas Text Editing, fitur untuk mengedit text langsung di canvas (gambar), tanpa harus menampilkan window terpisah seperti di versi sebelumnya.
  • Simple Math In Size Entries, kita bisa memasukkan operatir matematika seperti penjumlahan, perkalian ketika mengubah ukuran image.

Itu hanya beberapa fitur baru di versi 2.8 ini, dan masih banyak fitur lainnya yang semakin memperbaiki kualitas software ini. Untuk fitur baru versi ini selengkapnya bisa membaca release notes Gimp 2.8, sedangkan untuk berbagai fitur lebih lengkap tentang GIMP, silahkan menengok halaman features

Setelah menginstall dan mencoba GIMP 2.8 di Windows 7, ternyata cukup berbeda dengan GIMP yang pernah saya coba sebelumnya, penggunaannya terasa lebih mudah, proses pengolahan gambar relatif cepat, penggunaan tool-tool semakin mudah. Salah satu menu mirip photoshop yang cukup bermanfaat tetapi belum disertakan dalam installasi bawaan adalah “save for web” (optimasi menyimpan gambar untuk web dengan ukuran minimal). Tetapi hal itu mudah saja diatasi dengan menambah plugins semisal RIOT. Atau jika tanpa plugin bisa saja memanfaatkan menu menu > Export dengan beberapa langkah optimasi.

Dengan di rilisnya versi ini, sepertinya saya akan mulai beralih menggunakan GIMP dari sebelumnya yang selalu tergantung dengan Photoshop (yang semakin membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi, belum lagi untuk mendapatkan linsensi harganya masih cukup fantastis).

Ingin mencoba? kunjungi halaman Download GIMP (72.6 MB)

44 Comments

  1. Ane biasanya cuma pake Paint.NET 🙂 Soalnya baru itu doang bisanya he he.
    Pengen juga nih belajar GIMP dari buku mini : “Desktop Publishing dgn Program OPEN SOURCE”.

  2. Dulu pernah pakai GIMP utk membuat ilustrasi. Karena kendala size brush nya yg tdk bisa sebesar photocop. Akhirnya kembali ke photocop edisi portable.
    Apakah di GIMP ini size brushnya sudah bisa segede photocop?

  3. Sebelumnya saya memang juga terkendala dengan ‘kerumitan’ tata letakknya karena mungkin telah terbiasa dengan photoshop. Kalau sekarang dilakukan perubahan keknya kudu ikutan mencoba, ki.

  4. Akhirnya dirilis juga, single window mode ini bener2 sesuatu… :p
    Setelah Dia yang implement, GIMP pun terpanggil juga. Mantab!

  5. Alhamdulillaah..
    GIMP 2.8 pas banget,
    jd semangat lg buat kreasi.
    Jazakallaahu khairan katsira..

  6. nice share mas ebta,.
    mas ebta, software untuk bikin tulisan/menggambar di layar monitor ada rekomendasi, tentunya yang gratis mas? write/draw on computer screen …
    🙂

  7. assalamualaikum mas ebta dan rekan2 semua
    aplikasi yang bagus, mohon ijin untuk ikut downld. jazakallahi khair.
    wassalamu alaikum.

  8. Assalamu’alaikum,
    Mas Ebta selalu mencetak ‘tiket’ ke surga.
    Izinkan saudaramu ‘SEDOT’ sampe ludesss
    Wassalam.
    Mus Koto

  9. Nice infonya Mas Ebta.
    Tapi, saya sudah install GIMP 2.6, kalo mau install yang versi terbaru, apa yang lama harus uninstall dulu?

  10. #4 reddy
    Ya, sudah bisa segedhe Photoshop..

    #16 adithgeek
    bisa menggunakan software screencapture yang ada editornya, misalnya PickPic
    http://ebsoft.web.id/screen-capture-mudah-dan-cepat-dengan-picpick/

    #22 Angga90
    saya belum menemukan petunjuk apakah harus uninstall dulu. Jika banyak setting yang sudah di set, mungkin dicoba untuk intall tanpa uninstall dulu. Jika tidak memerlukan setting lama, uninstall dulu saja baru install versi ini (clean install).

  11. wah, jazakallahu khoiron mas 😀

    sebenarnya saya pengen merekam screen monitor , sambil nulis atau gambar, (membuat video tutorial) punya rekomendasi software yg seperti itu mas…

  12. #25 Adithgeek
    Bisa coba “Free Screen to Video” :
    koyotesoft(dot)com/video-software/free-screen-to-video(dot)html

  13. Wah info menarik. Akhirnya GIMP jadi lebih asyik. Lama udah tidak gunakan lagi karena dulu kayaknya susah dan kurang lengkap menunya. Wah siap mencoba. Terima kasih infonya sip 🙂

  14. makasi om ebta. postingannya keren2… tapi yang ini baru denger ni softwarenya. kebiasaan pake PS. ijin download dulu om ya..

  15. GIMP memang pesaing utama photoshop yang hebat, tapi updatenya lama banget..dari 2.7 sampai 2.8 butuh berapa tahun tuch…

Comments are closed.