15

Membuat program dengan ukuran exe yang kecil

Artikel ini diperuntukkan bagi programmer delphi, minimal sudah pernah menggunakan program delphi. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi anda yang ingin belajar pemrograman delphi.

 

Jika kita membuat sebuah form kosong saja, maka akan dihasilkan file exe yang berukuran sekitar 290 KB dengan delphi 5, 360 KB dengan delphi 7 dan lebih besar lagi untuk delphi 2006. Walaupun kapasitas memory dan hardisk saat ini bisa dibilang lebih dari cukup, tetapi jika kita hanya ingin membuat program sederhana, ukuran seperti itu mungkin terlalu besar, belum lagi ditambah komponen lainnya dan harus di distribusikan melalui internet. Maka adakah solusinya agar aplikasi yang kita hasilkan memiliki ukuran yang kecil ?

 

jawabnya ada… sebenarnya bisa saja aplikasi tersebut di kompress dengan tools seperti UPX, yang bisa menjadikan aplikasi lebih kecil menjadi setengahnya atau lebih. Tetapi ada beberapa kelemahan menggunakan Exe compressor seperti UPX tersebut. Alternatif lainnya adalah langsung menggunakan fungsi-fungsi windows API (Application Programming Interface), file yang dihasilkan dijamin akan kecil. Tetapi dengan ini pemrograman jauh lebih sulit dan mungkin sangat menyita waktu hanya untuk membuat sebuah form kosong saja. Bagi programmer delphi ada komponen khusus yang sangat powerfull, supaya aplikasi yang dihasilkan berukuran kecil, cepat seperti menggunakan windows API secara langsung, bahkan mungkin lebih. Komponen ini namanya KOL ( Key Object Library ). Bagi yang belum pernah mendengar tentang KOL, bisa dilihat artikel tentang ini disini

 

Tertarik menggunakan komponen ini ?

Penggunaan komponen ini berbeda dengan komponen standard delphi lainnya. Setelah komponen ini diinstall ( sama seperti instalasi komponen lainnya ) maka untuk membuat sebuah program langkahnya sebagai berikut :

  1. Buat project baru ( File > New > Application )
  2. Save All Project ( File > Save All ) dan biarkan namanya unit1.pas dan Project1.dpr
  3. Tempatkan komponen KOLProject ( dari tab KOL yang sudah diinstall) di Form1
  4. Isi Property projectDest di komponen KOLProject1 tersebut dengan nama Project, misalnya Programku
  5. Tempatkan sebuah komponen KOLForm di Form1
  6. Gerakkan / geser salah satu komponen KOLProject atau KOLForm untuk menghasilkan kode tambahan di source codenya
  7. Klik Save All, kemudian tutup semua project ( Close All )
  8. Buka folder dimana file project ini disimpan, dan hapus semua file yang bernama Project1 (Project1.cfg, Project1.dof, Project1.dpr dan Project1.res)
  9. Buka project Programku.dpr dan Compile atau Run
  10. Jika langkah benar, akan dihasilkan file Programku.exe yang besarnya sekitar 22 KB

 

Program yang dihasilkan masih belum mempunyai icon, tetapi jangan khawatir, icon bisa ditambahkan nantinya. Ukuran 22 KB jauh lebih kecil dibandingkan dengan komponen standard yang mencapai 360 KB. Bahkan ukuran ini masih bisa diperkecil. Download komponen tambahan sysdcu yang sesuai dengan versi delphi yang digunakan, dan sertakan dalam Library path urutan pertama ( di menu Tools > Enviromment Options ). Kemudian Compile / Run lagi… maka aplikasi yang dihasilkan akan berukuran 13.5 KB …!!

ebta

15 Comments

  1. Mas bagaimana pengaruhnya jika menggunakan komponen pihak ke tiga misal TMS, Raize, dll apa tidak konflik atau harus menggunakan komponen khusus KOL seperti yg ada di situs KOL http://kolmck.net/ .Bagamana pendapat Mas?

    Harus menggunakan komponen yang sudah ada atau bisa juga membuat komponen sendiri dari KOL.
    Jika menggunakan komponen selain itu, tidak kompatible

  2. Saya buat file exe dari installshield dari delphi 7. Tapi sering ada trouble. Kadang kurang file dll.
    Tahu ga program yang mudah untuk buat file setup yang mudah ? dan juga aplikasinya ga jalan kalo pake sistem copy. Bisanya setelah melalui install

    Itu tergantung dari komponen tambahan yang dipakai, termasuk database. Jika menggunakan ActiveX, maka perlu menyertakan dll yang digunakan, demikian juga jika menggunakan Database Paradox atau BDE maka perlu menyertakan BDE juga.
    Untuk membuat setup yang mudah bisa digunakan inno setup atau NSIS, selain itu masih banyak installer lain yang bagus dan gratis

  3. Thanks.. it’s really help.
    lanjutkan mas…
    request optimasi perfoma 😀

  4. mas Ebta, ada gak komponen lain untuk bikin file kecil selain KOl ?saya dah pake KOL tp koq bentrok ya… ga bisa digabung dgn komponen dr Jedi, error

    klo bisa tolong buat tutorial bikin komponen dr kol, maksudnya komponen lain yg blum ada seperti page control dll, atau kompatiblitas komponen KOL dgn komponen lain (misalnya Jedi)

  5. Kalau komponen lain, sepertinya belum ada..
    kalau hanya ingin mencari tambahan komponen untuk KOL, seperti tab control/page control silahkan mengunjungi http://kolmck.net/

    Disana juga ada penjelasan bagaimana membuat komponen dengan KOL.. yang jelas komponen dalam KOL tidak bisa digabung dengan komponen standard (VCL)

  6. mas, q da install komponen kol,,,
    trus klo dah terinstal, didelphi nama komponennya apa?
    q koq g menemukan ada komponen baru terinstall(kol)???

  7. saya sempat membuka http://kolmck.net/
    dan mengikuti cara yang ada disana
    bisa di run c, dan aplikasi emank cm 21 kb…
    tp aplikasi yg jalan blank….
    g spt sblm q pk perintah2x kol…
    gmn slusinya???

  8. @biorkoff
    nama komponennya “KOL”
    maksudnya blank seperti apa? apa tidak ada iconnya?
    Coba download 3 tutorial video tentang KOL di badian Delphi stuff

  9. Mas saya mw tya nihh
    gimana cara nya buat autoran hasil program vb

  10. @Hierarch
    masukkan nama program dan lokasinya di Registry
    HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionRun
    Atau bisa juga di folder start up

  11. mass
    pada tgl 19 maret 2009
    kol nya kok g busa ku donlut yaa

    jika sempat kirimi kol ke email ku yaa

    thanks

    ws.wr.wb

  12. This website is trying nice, but till this time, translation of Hindi language very little like nursery class student.

  13. ass. mas mau nanya cara mebuat program yg udah kita buat menjadi autorun melalui instalsheld gmna ya mas???thanks

Comments are closed.